Thursday, 24 October 2013

“Notebook Makin Tipis, Bikin Emak Makin Produktif. Tipis Itu Nggak Harus Mahal”


Kemajuan media informasi dan teknologi dirasakan oleh hampir  seluruh lapisan masyarakat Hal ini dikarenakan pengaksesan media informasi dan teknologi ini tergolong sangat mudah atau terjangkau untuk berbagai kalangan, baik untuk para kawula muda, orang tua, orang kaya maupun menengah ke bawah. Bahkan pada umumnya, saat ini anak-anak usia 4 hingga 12 tahun yang menjadi pengguna paling banyak dalam memanfaatkan kemajuan media informasi dan teknologi pada saat ini.
Kemajuan media informasi dan teknologi untuk perkembangan anak itu bagaikan dua sisi mata uang logam, satu sisi berdampak positif, sisi lain merupakan dampak negatif. Dampak positif dari penggunaan media informasi dan teknologi ini antara lain memudahkan seorang anak dalam mengasah kreativitas dan kecerdasan anak. Adanya beragam aplikasi digital seperti mewarnai, belajar membaca, dan menulis huruf tentunya memberikan dampak positif bagi perkembangan otak anak. Tinggal klik semua informasi, game akan tersedia.
Dampak negatifnya  kedekatan anak-anak pada orang tuanya mulai tergeser dengan gadget-gadget yang ada. Sehingga tak salah kalau kemudian timbul slogan “teknologi mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat” .






Mengkhawatirkan memang, tiga perkembangan penting anak yaitu pergerakan, sentuhan dan semakin meminimalkan hubungan dengan individu lain karena gadget. Yang menyebabkan hilangnya kepekaan terhadap stimulasi alami. Interaksi dengan orang lain berkurang., anak cepat puas dan menjadi pribadi yang tidak sabaran karena terbiasa menggunakan teknologi yang bisa mempercepat segalanya dan merasa pengetahuan yang dibacanya di internet adalah pengetahuan yang terlengkap dan final.

Solusi yang diambil dengan menjauhkan anak dari teknologi juga tidak mungkin dilakukan di zaman informasi sekarang ini. Anak sekarang sudah pintar-pintar, orang tuanya tidak menggenalkan  kepada dunia maya dan gadget, mereka bisa dapatkan dari teman. Daripada mereka sembunyi-sembunyi belajar dari teman yang belum tentu diajarin yang baik, kenapa tidak kita sebagai orang tua yang langsung mengajar dan mengenalkan mereka pada dunia maya dan gadget sedari mereka kecil.
Perlu dibuat  suatu kesepakatan, aturan main yang harus diterapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan. Serta penjelasan mengapa begini mengapa begitu ketika anak menggunakan bahkan sampai dibelikan barang berteknologi tinggi. Kemudian kesepakatan itu disepakati bersama kalo perlu dibuat hitam diatas putih dan diberikan sanksi yang tegas apabila ada yang melanggar.
Disini peran ibu sebagai pembimbing, pendidik  anak yang pertama dan utama perlu ditingkatkan dalam menyikapi dampak   dari perkembangan teknologi informasi yang ada, karena kurangnya pengawasan orang tua bisa membuat anak menjadi salah asuh dalam penggunaan teknologi dan komunikasi. Oleh sebab itu, seorang ibu yang ideal harus mengupdate pengetahuannya dengan banyak membaca. Seorang ibu harus berwawasan luas dan tidak gagap teknologi (Gaptek). Karena untuk mencetak generasi yang berkualitas, dibutuhkan pendidik yang berkualitas juga.

Untungnya sekarang telah ada Acer Aspire E1-432 (http://www.acerid.com/2013/10/acer-aspire-e1-432-notebook-tipis-dan-hemat-daya-berkat-prosesor-intel-haswell-4th-gen) Notebook tipis dan Hemat Daya Berkat Prosesor Intel Haswell 4thGen yang mampu memenuhi segala kebutuhan kita neh (emak-emak) dengan harga yang terjangkau.
Aspire E1-432 merupakan jawaban Acer bagi spAcer yang memerlukan fungsi esensial sebuah notebook, tanpa mengorbankan ukuran form factor/dimensi. Bentuknya yang 30% lebih tipis dibanding notebook konvensional, menjadikannya tetap bersahabat untuk para pengguna dengan mobilitas tinggi.

Daya tarik utama dari notebook ini adalah penggunaan prosesor Intel Celeron 2955U yang sangat memuaskan dari segi efisiensi daya yang ditawarkan (TDP 15Watt), dan juga performa terutama dari segi grafis yang mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya.
Bagi spAcer yang senang bermain game dan khawatir notebook menjadi cepat panas jika dimainkan terus menerus, jangan khawatir! Dengan form factor yang digunakan ini, Acer memberikan solusi pendinginan yang memadai, sehingga suhu kerja dapat terjaga dengan baik, selama ditempatkan pada permukaan yang rata (bukan kain, karpet, dll).

Dengan segala fitur yang ditawarkan tersebut, harga notebook Acer Aspire E1-432 sangat bersahabat hanya Rp.4.749.000,- saja. Aspire E1-432 sudah tersedia di pasaran Indonesia. Sangat cocok bagi sahabat spAcer yang membutuhkan notebook dengan keperluan all-arround, namun dengan harga yang kompetitif.

Jadi ibu paling gaptekpun bisa mudah googling di dunia maya dengan Acer Aspire, dan menemukan jawaban semua pertanyaannya. Beneran tipis itu nggak harus mahal. Mari jadikan teknologi sebagai sahabat kita. “Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan AcerIndonesia.”





25 comments:

  1. Ayo Mak sahabatan dengan teknologi,

    ReplyDelete
  2. ayo mak, smangat terus,...kita semakin banyak belajar dan menmanfaatkan teknologi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat...ayo...sama2 jadi ibu yang nggak gaptek

      Delete
  3. “teknologi mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat” ungkapan yang betul ya mak...tulisan keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, mudah2an ada manfaat dari tulisan ini...terinspirasi anakku kalo dah main game dihp,,,,aku berasa dicuekin, serasa jauh jadinya...makasih yaa dah mampir

      Delete
  4. Good Luck yah mak :)

    http://chemistrahmah.com

    ReplyDelete
  5. Banyak yang mau nih, hehe, tipis ngirit gitu loh, palagi gratisan :D good luck yah. :)

    ReplyDelete
  6. Iya mak keponakan yg umur 5 tahun uda bisa nyalain laptop sendiri dan main game pula, anak jaman sekarang emng super2.. good luck ya mak ^^

    ReplyDelete
  7. baru nggak buka blog, sehari karena tepar begadang nulis kemaren...eh dah banyak yang comment,
    terharu baru sekarang di blogku banyak yang comment makasih yaa mak...dah pada mau mampir, aduh kudu off lagi dari tadi redam cucian belum sempat nyuci karena si adek rewel....

    ReplyDelete
  8. emang ya teknologi itu menjauhkan yg dekat dan mendekatkan yg jauh..hehehe

    ReplyDelete
  9. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih juga dah mampir melihat blog saya

      Delete
  10. Hai, Mak! Terima kasih sudah berpartisipasi. Good luck, ya! :)

    ReplyDelete
  11. Hai mak, mampir nih. terima kasih sudah berpartisipasi ya, salam hangat :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal