Monday, 29 June 2015

Makan Masakan Jepang di Kantin Hana

Sebenarnya udah lama banget ingin cobain yang namanya mie ramen dan masakan Jepang lainnya. Tapi takut nggak sanggup makan soalnya dengar-dengar masakan Jepang itu banyak yang berupa ikan mentah gitu. Sedangkan aku ikan masak aja kadang-kadang nggak sanggup makan, berasa anyir dihidungku. Sejujurnya aku sangat picky eater. Kata papa Vinka kalau model-model kaya aku, susah bertahan hidup di Jepang :p, karena kebanyakan makanannya berbahan dasar ikan dan  kurang rasa untuk lidah indonesiaku, kecuali kalau masak sendiri tentu saja :P.
Oya balik lagi ke masakan Jepang kalau di kota besar mungkin udah sering makan-makanan Jepang yaa. Tapi buat aku yang rada katro ini, beruntung banget waktu acara arisan anak-anak arsitektur 99 kemarin dulu diadakan di kantin masakan Jepang. namanya kantin Hana. Letaknya di belakang wisma Darussalam bersebelahan dengan lapangan tugu Darusalam.

Peta Kantin  Hana
Kantin Hana ini bukanya hingga jam 9.30 malam. Namanya juga kantin harganya bersahabat banget dengan kantong para mahasiswa dan pelajar. Hanya membayar  10.000 rupiah kita  sudah bisa menikmati satu porsi takoyaki.
Takoyaki sekilas bentuknya mirip dengan bakso tapi lebih lembut rasanya karena isi dalamnya berupa daging gurita. Menu lain yang dipesan untuk arisan kami adalah ramen dan sushi gulung.


Takoyaki menu pembuka di arisan kemarin
Ramen
Pemilik kantin spesial mendemotrasikan cara membuat sushi gulung pada kami dia acara arisan kemarin. Sebelumnya demo tentu saja tangan kita harus steril jadi cuci tangan dulu sebelumnya.Bahan-bahannya sederhana nasi putih,  aku lupa nasi putih itu dikasih apa yaa biar nggak lengket, timun, wortel yang sudah dikukus, tuna,  telur dadar,nori, selada, alat pengulung.
 
Persiapan bikin sushi gulung

 Bahan-bahan bikin sushi gulung

Foto bareng pemilik kantin Hana yang asli orang Jepang
Sayang neh aku lupa nanya nama Ibu pemilik kantin Hana yang asli orang Jepang.  Ibu ini ramah sekali dan juga sangat care apa-apa yang kurang atau apa yang kami butuhkan selama di Kantin Hana. Nah buat yang mau icip-icip masakan Jepang dengan budget minim boleh banget main kesini.

20 comments:

  1. wuahhhh kalo yg masak asli org jepang, udh jaminan enak lah ya mba ;)..Aku tuh pecinta makanan jepang.. bangetttt ^o^..terutama sushi dan sashimi..yg mentah2nya ga amis mba... tp jgn makana di sembarang resto... kalo di jkt sih aku mnding makan di resto jepang yg mahalan tp ikan2nya bnran segar... kalo yg murah justru rasanya ga enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu mbak, baru tahu neh, ada juga masakan jepang yang nggak enak

      Delete
  2. Sekeluargaku suka ikan, baik yg masak santan ala Melayu maupun mentah ala Jepang. Tp hati2 milih ikan segarnya yang sehat, lebih baik memang di resto spt ini, jangan beli di supermarket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh supermarket memang bagus yaa kualitas ikannya atau hanya supermaket tertentu aja yaa

      Delete
  3. pengen deh kesana icip-icip makanan jepang

    ReplyDelete
    Replies
    1. datanglah ke aceh kantin hana menu paling mahal harganya cm 18rb

      Delete
  4. Kalau saya suka ikan yang setengah matang; tidak terlalu matang dan tidak mentah seperti masakan orang Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah perlu skill memasak yg hbt tuh mas masak ikan nggak terlalu matang dan tidak mentah

      Delete
  5. aku juga belum pernah makan ramen mba, ngga kekinian hihihi penasaran tp belum sempat bertandang...wah otentik ni a masakan jepangnya, yang punya org jepang

    ReplyDelete
  6. Harganya cukup terjangkau yaa.. biasanya kan masakan Jepang itu mahal-mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak makanya disebut kantin bukan restoran

      Delete
  7. wah, makanannya murah2 ya, mba. pengin nyobain sushinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya murah-murah harga paling mahal hanya 18rb untuk ramen special

      Delete
  8. kalau saya sekeluarga malah seneng banget sama menu ikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarga saya juga kecuali saya, kalau saya ikannya milih2 udang, cumi :)

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal