Monday, 3 August 2015

Program BNI Berbagi Membuat Kami Memiliki Tempat Wisata Gratis yang Berkualitas

Kesejukan langsung menyapa ketika memasuki Hutan Kota BNI


Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia  dan dengan  semangatnya berprestasi dan berbagi. BNI mempunyai misi untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab lingkungan dan komunitas. Untuk mewujudkan misi tersebut, BNI telah mendesain program  Corporate Social Responsobilty dalam  enam bidang  yaitu bidang pendidikan, kesehatan, pelestarian alam, sarana dan prasarana umum, bantuan bencana alam dan pengetasan kemiskinan.
Sebagai warga kota Banda Aceh sekaligus sebagai  seorang ibu salah satu program berbagi  BNI yang paling saya rasakan  manfaatnya adalah program pelestarian alam. Dimana BNI bekerjasama dengan Pemerintah kota Banda Aceh, Yayasan Bustanussalatin, masyarakat Tibang dan warga sekitarnya merubah daerah yang semula berupa rawa-rawa  dan mengelolanya menjadi Hutan Kota.
Memang di Banda Aceh sendiri sudah memiliki berbagai ruang terbuka hijau yang terdiri dari beberapa taman dan tersebar di berbagai lokasi. Namun yang paling luas dan popular adalah Hutan Kota BNI Banda Aceh yaitu seluas 7,15 Ha
Masterplan Hutan Kota BNI Banda Aceh sumber
Banyak sekali manfaat yang saya  pribadi dan masyarakat Nanggroe Aceh Darussalam khusunya bagi warga kota Banda Aceh rasakan dengan adanya Hutan Kota BNI  antara lain:
Sebagai sarana rekreasi favorit keluarga yang murah meriah.
Jembatan sebagai pintu masuk ke Hutan Kota BNI
Murah karena untuk masuk ke Hutan Kota itu gratis…tis..tis hanya dikenakan biaya untuk parkir kendaraan saja dan kita sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di Hutan Kota seperti jembatan penyeberangan, jalur pejalan kaki, musholla, tempat wudhu, toilet, jembatan tajuk pohon (Ramp Canopy Trail), jembatan atas bakau (Magrove Boardwalk) area pepohonan, kolam bakau dan pembibitan, lapangan basket, juga taman tematik dan taman kontemplasi yang merupakan lokasi favorit di Hutan Kota BNI.
Bahagia rasanya melihat anak-anak gembira berlari dan bermain di alam terbuka menikmati angin yang berhembus dan matahari yang bersinar hingga mereka mandi keringat  disini dibandingkan melihat mereka  bermain di mall yang jika keseringan malah secara tak langsung mengajarkan mereka gaya hidup komsutif.
Sebagai sarana olahraga
Hutan Kota juga menjadi sarana olahraga bagi warga kota Banda  Aceh.  Dikala sore hari atau saat weekend tiba kita bisa melihat beberapa anak muda bermain basket atau futsal dengan memanfaatkan lapangan olahraga yang ada.  Saya  sering sekali membawa anak-anak saya untuk jogging pagi atau sekedar berlari-lari kecil disini. 
Anak-anak bebas berlari-lari di Hutan Kota BNI
Sebagai sarana edukasi
Ada 25 jenis habitat burung yang menetap disini dan 95 jenis pepohonan dengan jumlah total saat ini mencapai 3500 pohon termasuk tanaman buah dan tanaman langka.  Belum lagi hewan-hewan kecil lainnya seperti ikan kepala timah, kepiting kecil yang terdapat di tambak.
Dengan dilengkapi dengan papan nama di setiap pohon memudahkan saya untuk mengajarkan dan memberitahu anak-anak saya  tentang berbagai jenis vegetasi dan fungsi ekologi. Hutan Kota BNI membuat saya bisa  mengenalkan dan mengajarkan anak-anak saya cinta pada alam sejak dini.
Vinka dan shidiq sedang mengamati ikan kepala timah
Oya suami saya dan juga beberapa komunitas fotografi sangat suka melatih talenta mereka dalam mengabadikan moment disini karena setiap sudut Hutan Kota ini sangat menarik dan sayang jika tidak diabadikan melalui lensa kamera.
Hutan kota juga dimanfaatkan beberapa komunitas  lainnya untuk melakukan berbagai kegiatan seperti  kajian  Alquran yaitu kegiatan dengan beberapa orang anggota duduk mengelilingi sang pemateri membaca ayat-ayat suci Al-Quran kemudian mendengarkan siraman  rohani yang diberikan.
Tempat Bermain
Beberapa mainan yang berada di Hutan Kota BNI
Di Hutan Kota juga tersedia berbagai sarana bermain untuk seperti ayunan, jongkat-jangkit, tangga berbentuk setengah lingkaran dan masih banyak lagi. Membuat anak-anak  betah berlama-lama disini.
Fungsi Kesehatan
Udara  di Hutan Kota BNI ini segar banget apalagi ketika angin berhembus sepoi-sepoi. Rasanya setiap kali saya kemari kepala terasa ringan karena udara yang segar bisa mempengaruhi tingkat kejernihan darah yang mengalir ke otak. Memandang tumbuhan hijau membuat mata saya segar dan perasaan menjadi lebih tenang.
Dan masih banyak lagi manfaat yang saya rasakan sebagai warga kota Banda Aceh dengan adanya Hutan Kota BNI. Terima kasih banyak kepada BNI dengan program berbaginya  yang berhasil memberi kami satu tempat rekreasi gratis dengan banyak fungsi dan kebaikan yang bisa dipetik. Semoga BNI semakin berprestasi dan konsisten dengan program berbaginya.

22 comments:

  1. Kak hairi... Liza mau nulis ttg ini jugaa...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. BNI hebat banget ya mak.. baru tahu ada bank yang banyak jasanya

    ReplyDelete
  3. Wuih.... BNI mmg sesuatu ya :)

    ReplyDelete
  4. Salut bangeeet sama BNI, program seperti ini lhoooo yang penting dicontoh oleh bank atau perusahaan lainnya :)

    ReplyDelete
  5. selain di bidang finansial, BNI juga ternyata banyak menyumbang manfaat lain y mb

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Wah, keren sekali. Gratis tapi fasilitasnya bagus, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak indi alhamdulillah banget punya Hutan kota

      Delete
  8. Serius, Mak. Aku baru tau bahwa BNI ada program-program semacam ini karena baca-baca postingan para peserta lomba BNI loh. Ckckck. Ke mana aja sih aku. Keren keren. Jadi iseng wondering, apakah bank lain juga punya program serupa nggak yah? Anyway, good luck lomba nya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu yang saya nggak tahu mak apa bank lain punya program berbagi kaya BNI. thank you yaa mak :)

      Delete
  9. Program BNI yang ini keren banget ^^b

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. Selamat buat kitaaa :)
    Sejak awal sudah nebak tulisan ini menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Arin, ini pertama kali menang lomba blog

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal