Wednesday, 9 December 2015

Finger Painting Yuk

Bermula dari Vinka yang dipilih oleh ibu gurunya untuk ikut lomba finger painting di sekolahnya. Di situlah pertama kalinya aku mengenal aktIvitas seru dan menyenangkan untuk dimainkan bersama, nggak hanya vinka yang lalai dengan aktivitas seru ini, mama dan shidiq juga ikut ketagihan. 

Untuk memulai aktivitas finger painting ada beberapa peralatan yang harus disiapkan antara lain karton putih yang dipotong ukuran a3, piring kecil untuk wadah cat (kami menggunakan piring kue plastik yang biasa ada dipesta, murah meriah 7000 bisa dapat 25 piring plastik), tisu basah atau kain lap dan alas koran, cat warna biru, merah dan kuning, oya warning, aktivitas ini bisa membuat baju dan celana juga si kecil kotor tapi jangan khawatir tinggal kucek pakai sabun bersih kok pakaiannya,

Hasil finger painting vinka

Kesulitan utama dalam mewarnai, menggambar atau finger painting bagi anak tk itu jika kertas yang digunakan berukuran A3, karena mereka harus mengatasi rasa lelah dan bosan.
Diantara mengambar, mewarnai, finger paintinglah yang paling susah, karena anak-anak  harus menggambar langsung menggunakan cat yang ada di kertas yang disediakan. bagi anak-anak yang memang suka menggambar ketika melihat kertas kosong sudah ada gambaran untuk menggambar apa, tapi bagi yang tidak terlalu suka, mewarnai background atau latar langit, atau rumput akan sangat membantu mengisi kertas yang kosong, tapi bagi anak yang kreatif mewarnai latar terlebih dahulu justru membatasi kreatifitasnya.
Kami menggunakan cat merek super tempera yang merupakan bahan serba guna untuk mendukung berbagai  kegiatan kreatif, mudah dicuci dengan air dan tidak meninggalkan bekas, tidak beracun dan tidak menimbulkan alergi jika terjadi kontak langsung dengan kulit sesuai deh untuk finger painting. 
Bahannya cukup kental, bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan seperti sablon,bila dicampur tepung bisa untuk membuat relief dan yang paling kusuka warnanya semakin cantik jika terkena cahaya matahari, rasanya apapun yang kita gambarkan sesederhana apapun akan kelihatan cantik.
cat yang kami gunakan untuk finger painting
Oya, bagi kalian yang nggak mau repot, atau berantakan  atau jadi kotor karena finger painting ada kok aplikasi digital untuk finger painting walau tentu saja sensasinya berbeda tapi tetap sama-sama seru dan menarik.
aplikasi finger painting yang bisa didownload di google play







10 comments:

  1. Jd keinget jaman nadia TK kak kami suka bikin finger painting juga. Maksoh udah diingetin lagi kapan2 boleh ni bikin lagi hehehhe

    ReplyDelete
  2. Wah bisa dicoba nih di rumah. Biasanya di sekolah aja anak saya main finger painting ini. Makasih infonya, Mbak :)

    ReplyDelete
  3. seruuu yah Mbak, bisa main bareng anak.. hmm pengen juga ahh nanti main finger painting ama Faraz, makasih sharenya yah Mbak :)

    salam kenal yah Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mbak :)met main sama faraz

      Delete
  4. Wahhhh, jaman TK banget nih. Disuruh finger painting hasilnya malah coretan geje kayak benang ruwet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D, coba dilatih terus pasti lebih keren

      Delete
  5. Beberapa hari yang lalu anak saya juga habis belajar finger painting. Di sekolahnya tapi, saya cuma dapat ceritanya aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sekali-sekali praktek dirumah finger painting bersama si kecil seru lho mbak

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal