Thursday, 14 January 2016

Beda Negara Sama Permainannya

Kalo ngomongin permainan masa kecil bikin saya nostagia ke masa lalu. Sebagai anak yang lahir di dekade 80-an tentu saja saya sangat puas bermain baik di dalam maupun luar ruangan. 
Aneka permainan pernah saya mainkan dari permainan yang sama sekali nggak pakai alat peraga/alat bermain hanya bermodal lagu seperti lagu: 

Ular naga panjangnya bukan kepalang, menjalar-jalar, selalu kian kemari, umpan yang lezat itu yang dicari ini dianya yang terbelakang. (kurang lebih lagunya seperti itu)
Hingga permainan yang memerlukan alat bantu seperti lompat tali (kami menggunakan  karet gelang, yang disusun hingga panjang seperti tali). Sorodot gaplok (permainan ini menggunakan pecahan genting), congklak, ular tangga, monopoli, bongkar pasang, jalangkung dan masih banyak lagi.
Sebagai 6 bersaudara kami suka memilih permainan yang bisa kami mainkan bersama seperti permainan ular tangga. Permainanan ini merupakan permainan favorit yang paling sering kami mainkan ketika bulan puasa tiba, karena permainan ini tidak menguras banyak tenaga dan ancaman dari batal puasa pun bisa dihindari :)
Permainan ular tangga ini juga yang sedang saya coba ajarkan cara bermainnya pada anak-anak, karena melalui permainan ular tangga ini banyak juga hal yang bisa dipelajari oleh anak. Seperti melatih berhitung secara berurutan, melatih mengendalikan emosi mereka disaat mereka kalah karena mendapatkan ular dan harus melangkah turun agar mereka tidak terlalu sedih. Ketika mereka menang karena mendapatkan gambar tangga agar tidak terlalu gembira serta melatih mereka untuk bersabar untuk mencapi target.
Pertama kali saya membelikan permainan ular tangga untuk anak-anak ketika Vinka berusia 4 tahun dan adiknya berusia 2 tahun lebih.
Tapi belum Vinka benar-benar  mengerti  cara bermainnya, kertas permainan ular tangganya keburu dirobek-robek Shidiq.
Berfoto dengan adek-adek dariIslamic Science University of Malaysia


 Membuat saya bertekad untuk membuat ular tangga raksasa yang melibatkan anak-anak dalam proses pembuatannya dengan begitu anak-anak jadi lebih menjaga mainannya.  Manfaat lainnya membuat ular tangga raksasa agar lebih mudah dimainkan dan yang pasti Shidiq akan lebih sulit untuk merobeknya.
Pucuk dicinta ulam  tiba, belum sempat saya membuatkan mereka ular tangga raksasa. Ibu mertua mengundang adik-adik mahasiswi dari Islamic Science University of Malaysia yang saat itu kebetulan shalat di meunasah  tempat ibu mertua biasa shalat untuk datang ke rumah.
Letak penginapan mereka yang tak jauh dari  rumah kami membuat mereka menyanggupi permintaan ibu mertua untuk datang ke rumah sebelum mereka kembali ke Malaysia.
Di rumah mereka melakukan simulasi gunung berapi  dan juga memberikan 2 kertas permainan besar yang sudah dilipat sambil menjelaskan bagaimana cara memainkannya dengan dialek Malaysia yang kental. Selepas mereka pulang saya paham apa mereka jelaskan tadi. Ternyata kertas permainan yang mereka berikan adalah kertas ular tangga  raksasa yang dadunya harus saya buat sendiri

Ular tangga, permainan dua negara
Salut deh sama-sama anak-anak dari Islamic Science of Malaysia yang datang ke Aceh dan mengenalkan permainan mereka yang ternyata sama dengan permainan kita. Makin semangat deh untuk ajarin anak-anak permainan yang saya tahu agar permainan yang dulu saya mainkan tidak sekedar kenangan saja





50 comments:

  1. Huawww ular tangganya besar bsnget ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inget waktu kecil nih. Tapi, iya itu gede banget ulet tangganya

      Delete
  2. Wah kalo gede gitu petanya puas bgt ya maen ular tangganya :)

    ReplyDelete
  3. ular tangga memang permainan populer ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak tira upin dan ipin juga main:)

      Delete
  4. Wow gimana bikinnya tuh ular tanga besar bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. kertasnya diisolasi dan diberi nomor dan warna

      Delete
  5. Mbak Harie apa kabar? URL nya ganti ya mbak? Sudah lama blog mbak nggak nongol di blog list saya. Saya kira memang istirahat dulu karena hamil :)

    Semoga kehamilannya lancar ya mbak, aamiin

    Itu ular tangganya besar sekali mbak pasti menyenangkan buat anak-anak karena bisa berjalan diatasnya sambil berhitung ya. Sukses deh GA nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ganti domain jadi khairiah.com sejak juni, tapi jarang update karena pening kalo lama2 depan laptop, makasih mbak anjar

      Delete
  6. saya waktu kecil juga sering main ular tangga. sekarang sekali-sekali masih main ular tangga waktu seru-seruan bareng teman-teman :)

    ReplyDelete
  7. Hwa gede banget ular tangganya.

    ReplyDelete
  8. Wah, ular tangganya gedenya banget, yang jadi pemainnya si anak malah. Btw salam kenal, kunjungan balknya ya di http://amir-silangit.blogspot.co.id/2016/01/mengenang-era-90-dengan-memainkan.html terimakasih :D

    ReplyDelete
  9. Wow keren banget, anak-anak jadi bidaknya langsung he he he.

    ReplyDelete
  10. Permainan tradisional yg kini mulai banyak ditinggalkan di negeri ini, di beberapa negara tetangga malah dibuat kompetisi. Gobag Sodor contohnya. Beberapa 2ndry school di Sin mengadaptasi permainan tersebut untuk kegiatan fun relaxing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya ayo kita sebagai ortu mengenalkan permainan tradisional kita pada anak2

      Delete
  11. soalnya satu rumpun kita ya sama mereka :)

    ReplyDelete
  12. aiih ular tangganya kereeeen

    ReplyDelete
  13. Memang banyak yang sama dengan Malaysia apa di negeri ini :)


    Terima Kasih sudah ikut GA saya dan mbak Lidya

    ReplyDelete
  14. wuahhhh ular tangganya gedeee, suka mbakkk, mainan masa kecil banget nih, sering mainin pas zaman SD

    ReplyDelete
  15. waah kreatif membuat ular tangga raksasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, neh buatan anak Islamic Science Universty of Malaysia

      Delete
  16. lho ini khayalan saya dulu,coba ular tangga itu besar.. kita bisa lompat sana kemari. Namanya anak2 gak mikir capeknya

    ReplyDelete
  17. wah..wah..ada ular tangga gede bangeet..
    ahh ikotan nyobain donk

    ReplyDelete
  18. astaga besarnya... kalau naik tanga capek tuh, wakkakakaka serunpasti klo maen banyak orang, dempet2 maen dorong2

    ReplyDelete
  19. ular tangga adalah permainan yang bisa dimainkan semua usia yah Mbak :)

    btw ular tangganya besar banget Mbak :)

    ReplyDelete
  20. kreatif sekali mbak, jadi pingin ikut buat ular tangga buatan sendiri. Terima kasih sudah berpartisipasi ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak buat ular tangga raksasa anak-anak pasti suka

      Delete
  21. Waaaah asik banget gede begitu.. jadi pengen bikin juga buat Jiwoo :D

    ReplyDelete
  22. Mantab bnget ular tangganyaaaaaaaaa jd pengen hheh

    ReplyDelete
  23. seru bgt itu pasti mainan ular tangga segede gitu :D.. yg jd poinnya kita sendiri ;).. asal sabar dan kreatif aja bikinnya ;)

    ReplyDelete
  24. ular tangganya gak terlalu besar yaahh ? hehe.. tapi luar biasa, 6 bersaudara yang main ular tangga di bulan puasa bukan cuma bermain buat nunggu waktu berbuka, poin lainnya juga bisa menambah erat tali silaturahmi antara keluarga.. semoga semakin bahagiaa.. :)

    menjaga kesehatan persendian juga penting, silahkan -> obat pengapuran tulang belakang

    ReplyDelete
  25. Terimakasih untuk informasinya, semoga bermanfaat untuk kita semua.
    Salam kenal dari kami.
    Obat-Jantung-Koroner-Tradisional
    Obat-Migren-Tradisional
    Obat-Kolesterol-Tinggi-Tradisional
    Obat-Liver-Tradisional
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal