Friday 22 April 2016

Sabang Destinasi Honeymoon Favorit Pariwisata Aceh

Peta Wisata Sabang di Pelabuhan Balohan

Tak harus ke Bali apalagi sampai ke luar negeri jika ingin menikmati suasana romantis dan berbeda untuk berbulan madu. Sabang,  kota kecil  yang terletak di ujung paling Barat Indonesia  menjadi pilihan saya dan suami untuk honeymoon.

Kenapa Sabang?
Sebagai pengantin baru, tentu saja kami ingin bulan madu kami menjadi momen yang berkesan dan tak terlupakan. Alam yang indah, biaya yang murah, kuliner yang enak  dan penduduk  yang ramah menjadi  salah satu alasan  kami memilih Sabang  sebagai destinasi honeymoon.
Sabang  merupakan surga wisata bahari, karena  hampir seluruh bagian kotanya dikelilingi oleh pantai. 7 pantai yang ada di Sabang ini  memiliki pesona dan keunikan tersendiri untuk dikunjungi.
Air yang jernih bak Kristal, pemandangan dalam laut yang menakjubkan dengan keanekaragaman jenis ikannya tergolong tinggi sebanyak 538 ikan hias berwarna-warni dan terumbu karang  yang bervariasi dan dalam keadaan baik ada di sana. Bukan saja sebagai objek wisata yang potensial tetapi sangat berguna untuk penelitian dan pendidikan.
Hanya di Sabang kita bisa menikmati pemandangan yang sangat menawan baik di darat maupun bawah lautnya. Dalam sekali pandang kita bisa melihat gunung, laut, danau, pulau-pulau kecil dan hanya perlu berjalan sepanjang 80-100 meter sudah bisa mencapai gunung berapi.  Tak heran jika Sabang selalu ramai dikunjungi oleh  wisatawan lokal dan turis mancanegara.
Wisatawan lokal dan mancanegara tampak mengantri tiket kapal cepat menuju ke Sabang

Menuju Sabang

Dari Banda Aceh tersedia dua jenis kapal penyeberangan yaitu kapal cepat dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dan kapal ferry dengan jarak tempuh 2 jam.
Saya dan suami memilih menggunakan kapal cepat agar bisa segera menikmati eksotisme Kota Sabang. Dari jauh sudah terlihat antrian panjang  wisatawan lokal dan mancanegara tampak mengantri tiket kapal cepat menuju pelabuhan Balohan Sabang. Antrian ini bisa bertambah panjang di saat weekend atau libur panjang. Hingga kapal penyeberangan menambah frekuensi penyeberangan sampai malam hari karena membludaknya penumpang.

Kapal cepat yang akan mengantarkan kami menuju Pelabuhan Balohan Sabang

Menjelajah Sabang
Angin sejuk berhembus selama perjalanan kami menggunakan kapal cepat, sesekali tampak beberapa jenis ikan berenang dibirunya laut yang cukup tenang saat itu. Tak terasa 45 menit telah berlalu dan kami telah tiba di pelabuhan Balohan Sabang tempat perjalanan honeymoon kami dimulai.
Pelabuhan Balohan Sabang, Awal perjalanan honeymoon kami dimulai

Tak jauh dari pelabuhan, tersedia berbagai jenis transportasi yang siap mengantarkan para wisatawan lokal dan mancanegara. Berhubung saya dan suami juga tidak membawa kendaraan kami memilih untuk rental sepeda motor, sehingga kami bebas untuk mengeksplorasi kota Sabang, dan mengabadikan setiap moment menarik yang ada. Tapi berhubung perginya cuma berdua jadi ngantian ambil fotonya
Wisatawan Mancanegara menggunakan becak menuju Pantai Iboh

Salah satu rental sepeda motor yang terdapat di pelabuhan
Kontur Sabang yang berbukit membagi Kota Sabang menjadi dua bagian yaitu Kota Atas dan Kota Bawah.  Banyak landmark baru bermunculan sejak terakhir kali saya menginjakkan kaki di Kota Sabang sewaktu masih kuliah dulu. Seperti  Landmark I Love Sabang  yang menghiasi jalan Simpang Elak, Teupi Layeun dan Nol Kilometer tempat favorit para turis untuk berfoto.
Landmark I Love Sabang, tempat favorit para turis untuk foto
Pantai Iboih
Setelah puas foto-foto di landmark baru kota Sabang perjalanan kami lanjutkan menuju  pantai Iboih. Dari Sabang menuju Pantai Iboh banyak pemandangan menarik yang bisa diabadikan. Untung naik motor. Parkirnya gampang jadi bisa gesit jeprat-jepret mengabadikan moment. Saya sangat menikmati honeymoon ala backpacker dengan mengendarai motor ini karena bisa selalu mesra sepanjang jalan.
Iboih memiliki 2 pantai yang indah, yaitu Teupin Sirkui dan TeupinLayeu. Air yang jernih dan pasirnya yang putih merupakan ciri khas pantai Iboih.
Snorkeling di Pantai Iboh

Bermain Kanoe di Pantai Iboh
Berfoto sejenak di pantai Iboh
Pemandangan di Pantai Iboih
Di sini, saya dan suami menghabiskan waktu untuk snorkeling, bermain kano dan juga menikmati sunset dan sunrise tentunya. Peralatan snorkeling dan kanoe kami sewa dengan harga relatif murah di rental yang berada di tepi pantai Iboh.
Sementara untuk menginap kami memilih cottage dengan pemandangan ke laut langsung dengan tariff Rp.100 ribu/ malam (7 tahun lalu sekarang kisaran harganya 300 rb)
Di saat malam tiba suasana romantis kian menjadi nyata sambil menikmati cahaya bulan purnama dan duduk berdua di ayunan yang terbuat dari anyaman tali yang ada di cottage, kami saling berbagi cerita hingga malam semakin larut dan akhirnya kami memutuskan untuk beristirahat agar bisa menikmati sunrise esok pagi.
Sabang Pariwisata favorit Aceh
Pemandangan menuju Pulau Rubiah
Destinasi honeymoon kami di Sabang selanjutnya adalah Pulau Rubiah. Disini  kami menghabiskan waktu untuk snorkeling, menyaksikan keindahan taman  bawah laut, dan ikan berwarna-warni yang berenang diantara batu karang yang sangat mengesankan.
Sabang Pariwisata Favorit Aceh
Pulau Rubiah dengan taman bawah lautnya yang mempesona, tempat favorit snorkeling bersama pasangan
Pantai Sumur Tiga
Masih belum puas snorkeling di Pulau Rubiah, kami melanjutkan destinasi honeymoon kami ke Pantai sumur tiga   untuk mencari suasana yang berbeda. Pantai ini dinamakan Sumur 3 karena ada 3 sumur yang berada di pantai tetapi airnya masih terasa tawar. Sumur ini telah berusia puluhan tahun dan memiliki sejarah bagi penduduk sekitarnya.
Aktivitas snorkeling di sini lebih aman jika dilakukan di sore hari karena ombaknya cenderung lebih kecil. Oya, di pantai sumur tiga ini juga terdapat  wisata sejarah berupa benteng-benteng peninggalan Jepang.
Berpose di Pantai Sumur Tiga
Pantai Gapang
Daya tarik pantai ini terletak pada pohon-pohon besar yang berdiri tepat di bibir pantai dan memberi nuansan teduh sekaligus menjadi ciri khas pantai ini yaitu pohon Gapang. Disini kami lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersantai menyusuri pantai, dan menikmati hembusan angin dan pemandangan para wisatawan yang memancing maupun snorkeling.

Gerbang Menuju Pantai Gapang
Tugu 0 Kilometer Sabang

Ini merupakan destinasi wajib yang harus dikunjungi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Sabang. Saat kami datang, tugu ini masih dalam tahap pemungaran agar para pengunjung lebih betah dan nyaman berada di sini.
Tapi tenang pemungaran tugu 0 km tidak mengurangi keindahan dan kenyamanan ketika berada di tempat ini. Soalnya suasana di sekitar tugu yang banyak ditumbuhi pepohonan membuat tempat ini sejuk dan adem banget.

Tugu kilometer 0 Indonesia

Sabang Fair

Ketika pertama kali menginjakan kaki di Sabang Fair yang terbayang langsung adalah Taman Ratu Safiatuddin yang berada di Banda Aceh tempat diselenggarakannya Pekan Kebudayaan Aceh Setiap tahunnya dimana banyak anjungan-anjungan yang mewakili masing-masing kota. Begitu juga di Sabang Fair anjungan-anjungan menawan tertata rapi disini dan setiap tahunnya akan ramai sekali dikunjungi ketika Sabang Fair tiba.
Kawasan Sabang Fair di waktu malam
Masih banyak destinasi wisata di sabang yang ingin kami singgahi,  seperti  air terjun di daerah Pria Laot, kolam air panas belerang di Keuneukai, Gua Sarang Taman Merpati, Kerkhoff, kawah volkano di Jaboi namun apa daya cuti honeymoon yang kami punya sangat singkat.

Tapi setidaknya keinginan untuk mencicipi nikmatnya kuliner Sate Gurita akhirnya kesampaian. Tak lupa sebelum pulang kami menyempatkan  diri untuk membeli oleh-oleh berupa bakpia Sabang dengan aneka rasa serta beberapa souvenir lucu berbentuk gantungan kunci yang menjadi ciri khas Sabang.
Ah, Sabang pesonamu benar-benar tak bisa dilupakan, semoga suatu hari nanti kami bisa menginjakkan kaki kembali ke kotamu mengulang kembali destinasi honeymoon favorit yang pernah kami lewati.

11 comments:

1. Tarif menginap nya murah banget. Aku kalo lihat pantai cakep gini suka mupeng, hahaha

Replies
    1. iya mbak untuk yang backpackeran pas banget :)

Delete
  2. Baru tahu nih kota Sabang memang memiliki destinasi yg elok nan menawan☺

3. keren nih lautnya, murah lagi,, jadi pengennnnnn

4. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

5. Mbak foto cottagenya manaaa? 100rb doank? Puengeeeen.. dulu pernah baca postnya marischk prudence, nginep di sabang cuma 300rb di pinggir laut, lha mbak khairiah dapet 100rb..

ReplyDelete
  6. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Sabang Destinasi Honeymoon Favorit Pariwisata Aceh".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

ASUS ROG Phone 8 Gaming Phones Premium

Dulu , ada empat kriteria utama yang aku terapkan jika memilih smartphone. Jepretan hasil   kameranya harus bagus, baterainya tahan l...