Monday, 30 January 2017

7 Jurus Manjakan Si Kecil Agar Tetap Betah Selama Perjalanan Naik Kereta Api


Melakukan perjalanan jarak jauh bersama anak kecil, jelas mengharuskan kita memberikan perlakuan khusus padanya. Segala yang kita pilih untuk perjalanan ini haruslah membuat si kecil selalu nyaman, sehingga mereka tidak rewel, tidak merepotkan kita, dan tidak stres atau bahkan jatuh sakit.

Dalam perjalanan jarak jauh, kereta api bisa menjadi pilihan moda transportasi yang tepat untuk kenyamanan si kecil. Pasalnya, moda transportasi darat ini jelas lebih leluasa bagi si kecil untuk beraktivitas sepanjang perjalanan. Selain itu, anak-anak umumnya lebih suka dengan kereta api karena kereta punya pemandangan indah sepanjang perjalanan. Lagipula, kereta api tidak akan membuat si kecil rewel akibat kupingnya sakit sebagaimana pesawat terbang yang memiliki tekanan udara lebih berat.

Setelah yakin memilih kereta api sebagai moda transportasi, Anda bisa langsung pesan tiket kereta api secara online di website Traveloka untuk mempersiapkan perjalanan menyenangkan bersama si kecil. Berita terbaru, Traveloka sudah menambahkan opsi pesan tiket kereta api dalam layanan booking online-nya. Setelah tiket di tangan, jangan lupa lakukan tips ini saat perjalanan bersama si kecil nanti.

1. Bawa Makanan Kesukaan Si Kecil
Perjalanan dengan kereta api memiliki fleksibilitas lebih tinggi dibanding naik pesawat. Itu tandanya, Anda bisa lebih leluasa membekali si kecil dengan makanan dan minuman kesukaannya. 

Sediakan semua dengan porsi yang cukup sesuai lamanya perjalanan. Dengan makanan yang cukup dan digemari si kecil, pastinya selama perjalanan dia tak akan rewel. Untuk balita, Anda juga bisa membawa termos untuk menyeduh susu hangat kala si kecil mulai gelisah.


2. Pilih tempat duduk ini
Jika punya bujet lebih, Anda bisa naik kereta api Eksekutif yang memiliki tempat duduk sofa dengan bantal dan selimut gratis untuk kenyamanan sempurna si kecil. Namun, KA Bisnis dan Ekonomi pun sebenarnya sudah nyaman dengan tempat duduk memanjang tanpa sekat, yang membuat si kecil bisa tidur selonjoran dengan lega. 

Di kereta api, jarak dan ukuran tempat duduk cukup luas dibanding pesawat terbang. Artinya, Anda dan si kecil tetap bisa beraktivitas, bahkan istirahat selama perjalanan tanpa rasa pegal. Untuk si kecil yang sudah mulai aktif dan bisa berjalan, mereka biasanya lebih suka duduk di samping jendela.


3. Sertakan Mainan Favorit
Gerbong kereta memiliki ruang cukup luas, sehingga memungkinkan si kecil bisa bermain dengan mainan kesukaannya. Oleh karena itu, Anda bisa membawa serta mainan tersebut dalam perjalanan kali ini. Tak hanya terbatas pada gadget, Anda bisa membuat si kecil tetap sibuk dan nyaman di dalam kereta api dengan membawakannya buku gambar atau mewarnai, boneka, mobil-mobilan, bahkan alat masak-masakan 

4. Jangan Lupa Bantal dan Selimut
Meskipun tempat duduk sudah empuk dengan bantalan sofa, kita tetap harus memastikan si kecil bisa tidur nyenyak selama perjalanan, terutama perjalanan yang memakan waktu belasan jam. Bawakan bantal mungilnya yang empuk untuk ganjalan kepala. Biarkan si kecil tidur selonjoran di kursi penumpang bersama Anda. 

Agar Anda juga tetap nyaman selama menemani si kecil istirahat, bawalah serta bantal leher. Perlu diingat, AC dalam gerbong kereta biasanya sangat dingin. Oleh karena itu, jangan lupakan selimut tebal untuk si kecil. Bila perlu, sertakan jaket, sarung tangan, dan kaus kaki.

5. Bawa Barang Secukupnya
Berjalan-jalan dengan si kecil pastinya memberikan Anda tugas tambahan. Selain mengawasi barang sendiri, Anda juga harus menjaga si kecil agar tetap aman dan nyaman sepanjang perjalanan. Agar tidak kerepotan sendiri, bawalah barang secukupnya.

 Bawa yang benar-benar dibutuhkan dan penting untuk Anda dan si kecil. Sebaiknya, batasi bawaan hanya 1 koper/tas besar, 1 ransel untuk barang Anda, 1 tas selempang perlengkapan si kecil, dan 1 tas ransel si kecil yang berisi barang-barang kesukaannya.

6. Siapkan Buku Bacaan Menarik
Mengingat perjalanan dengan kereta api bisa sangat panjang, maka si kecil perlu kita sibukkan dengan banyak cara. Benda favorit selain mainan adalah buku bacaan. Tentunya, sangat menyenangkan mengajak si kecil membaca cerita selama perjalanan. 

Apalagi, dengan membacakan cerita, si kecil pasti lebih mudah tidur. Alangkah lebih bagus jika membawa buku bacaan yang berkaitan dengan kereta api. Sembari menikmati perjalanan, Anda bisa bertukar cerita dan mengajarinya tentang kereta api secara langsung.

7. Ajak Si Kecil Menikmati Pemandangan
Selama kereta berjalan, Anda akan melewati banyak tempat menarik dan pemandangan cantik. Seringkali saat melewati tempat yang ikonik, petugas kereta akan menerangkan informasi menarik seputar tempat tersebut selayaknya sedang tur keliling kota. 
Nah, kita bisa membangun antusias si kecil dengan mengajaknya membahas seputar pemandangan yang Anda lihat sepanjang perjalanan. Hitung-hitung jalan-jalan sambil belajar!

26 comments:

  1. aku suka ajak bermain teka teki sama anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mbak tira udah sering yaa naik kereta dgn anak2

      Delete
  2. kalok aku, yg paling ampuh bawa mainan favorit si kecil,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo masih kecil banget lalainya pake mainan

      Delete
  3. Salam kenal Mba :)
    Jika bawa bayi menang sebaiknya Naik kereta minimal Bisnis karena suasana lebih senyap singga si kecil bisa istirahat dengan tenang. Pernah bayi saya naik kereta ekonomi susah banget istirahatnya, karena suasananya lebih ramai solusinya saya puterin video lagu anak2 kesukaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang jadi emak kudu kreatif yaa mbak

      Delete
  4. Thanks tipsnya mbak. Sebagian juga sudah saya terapkan saat membawa si kecil bepergian :)

    ReplyDelete
  5. Semua sama dg persiapan aku Kalo naik kereta, ditambah pilih jam perjalanan di siang hari, anak lebih nyaman.kayak main aja taunya udah nyampe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih tipsnya kirain lebih nyaman pergi pas malam karena anak bawaan ngatuk tidur tau2 dah nyampe

      Delete
  6. Anak-anak saya paling sekarang tidur atau asik main hape kalau lagi di kereta :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah gede makin gampang diajak berpergian yaa mbak

      Delete
  7. Iya nih perlu secara naik kereta biasa kami lakukan saat perjalanan jauh seperti mau ke Jawa bagian Tengah atau Timur. Trims Tipsnya :)

    ReplyDelete
  8. Makanan dan mainan wajib hukunmnya dibawa hehe
    TFS

    ReplyDelete
  9. aku kadang suka ngeliat anak kecil lagi maen maen dikereta :D
    cucok tipsnya mbak, bisa dibagi ke tanteku nih hihi

    ReplyDelete
  10. Kalo perjalanan jauh, harus siap makanan dan minuman ya buat jaga-jaga kalo si kecil laper :)

    ReplyDelete
  11. iya mba kalau bawa si kecil memang kudu bawa bekal plus mainan yg disuka agar gak rewel

    ReplyDelete
  12. pemandangan yg oke salah satu cara membuat mrk anteng di perjalanan

    ReplyDelete
  13. Kalau Saya sering mudik dengan sikecil dengan kereta dan Alhamdulillah senang tidak rewel, diajak ngobrol lihat pemandangan tak berasa sampai kadang tertidur.

    ReplyDelete
  14. membawakan mainan favorit anak kayak nya harus tu di bawa :)

    ReplyDelete
  15. Bantal dan selimut.. feels like home banget hehe... jangankan anak kecil, aku sendiri aja supaya nyaman ya bawa sesuatu yang nyaman untuk dipeluk.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal