Friday, 13 October 2017

Deteksi Dini Kanker serviks

Deteksi Dini Kanker Serviks penting dilakukan untuk menekan angka penderita kanker Serviks. Andai deteksi dini kanker serviks dilakukan sejak awal pasti  banyak nyawa wanita yang bisa tertolong  termasuk  nyawa tetanggaku.

Tetanggaku termasuk salah seorang penderita kanker serviks, sayangnya ketika mengetahui  dia menderita kanker  tersebut, penyakitnya  sudah memasuki stadium IV usaha pengobatan hingga ke luar negeri, seperti tak berarti setelah menjalani serangkaian pengobatan pun  nyawanya tetap tak bisa diselamatkan.

Memang kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium  awal.  Keterlambatan dalam diagnosis ikut berpengaruh pada  jumlah kematian diakibatkan kanker ini.

Biasanya , kanker telah menyebar ketika seorang  memeriksakan kondisinya sehingga pengobatan yang dilakukan juga semakin sulit.

Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012  WHO mencatat semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks, yaitu kisaran usia 21-22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun di tahun 2012. Penelitian WHO menyingkapkan kurangnya tindakan skrining penyakit kanker di Indonesia. Khususnya untuk skrining kanker serviks yaitu sitologi serviks dan ulasan asam asetat.

Screening untuk kanker serviks juga dikenal dengan sebutan pap smear. Melakukan pap smear secara rutin sangat penting untuk menangkap sel pra kanker dan mencegah perkembangan kanker serviks.

Harapan hidup penderita kanker servik tergantung pada diagnosis stadium kanker serviks yang diterima.

 Stadium kanker serviks bertahap dari satu hingga empat, di mana stadium ini menggambarkan tingkat perkembangan dan penyebaran kanker. Angka harapan bertahan hidup setidaknya lima tahun setelah didiagnosis kanker serviks, dikelompokkan ke dalam status stadium:

Stadium 1 – 80-99 persen
Stadium 2 – 60-90 persen
Stadium 3 – 30-50 persen
Stadium 4 – 20 persen
Tidak ada satu cara khusus untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. Tapi masih ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker ini.

Jadi teman-teman ayo deh periksakan diri ke rumah sakit, klinik atau laboratorium terdekat yang menyediakan fasilitas pemeriksaan pap smear. Ayo cegah sebelum terlambat.
Referensi :
http://www.alodokter.com/kanker-serviks


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal