Thursday, 12 October 2017

Dua film Animasi yang Aman Ditonton Anak-anak

Mencari tontonan untuk anak-anak,sekarang ini susah-susah mudah.Filmnya mungkin memang berbentuk animasi tapi ide cerita, gaya bahasa bahkan gesture  tubuh dan cara bicara tokoh-tokohnya terkadang memang lebih layak ditonton oleh orang dewasa daripada anak kecil

Kalaupun ada yang sesuai ditonton oleh anak kecil, ada saja kurangnya.  Contohnya di film Upin dan Ipin yang memang cocok untuk ditonton untuk segala umur. Memang banyak pesan moral yang didapat dari film itu  seperti ketika opah dan bu guru mengajak mencintai barang lokal, menjaga kebersihan  dan masih banyak lagi.

Tapi ada juga kurangnya walaupun itu sedikit, yaitu adegan ketika Upin dan Ipin mengisengi Kak Ros, atau ketika Upin Ipin menemukan anak Ayam Atok kemudian dimarahi oleh Kak Ros.
Upin Ipin bernyanyi kemudian menyebut kata Musang  sambil melirik ke arah  Kak Ross  dan tertawa ceria. Hal Sepele itu justru yang jadi masalah apalagi jika ditonton oleh anak-anak yang memang lagi masanya untuk meniru hal-hal di sekitar.

(Soalnya anakku  yang TK pernah  langsung praktek,  Bilang Musang penuh arti  dan mengarah padaku seperti tatapan Upin dan Ipin  dalam film. Kalau dibiarkan bisa makin menjadi, harus diluruskan  jangan dia meniru halyang kurang baik dan jawaban anakku saudara-saudara ketika di nasehatin seperti itu.

“Upin, Ipin kok boleh?”
Jadi sejak saat itu aku mulai selektif memilih film yang boleh ditonton anak-anak. Cara memilihnya juga cukup mudah. Satu dampingi ketika anak-anak nonton dan benar-benar menyimak dan menghayati setiap kata-kata yang dikeluarkan  para tokohnya.

Cara dua nonton duluan filmnya sebelum anak-anak nonton kalau bagus boleh anak-anak nonton kalau enggak, lebih baik anak-anak nggak dikasih tau ada film ini atau dikasih tau alasan kenapa film ini tidak boleh anak-anak tonton.

Berdasarkan pengamatanku setidaknya ada dua film yang benar-benar aman ditonton oleh anak-anak. (Kok hanya dua? Satu karena keterbatasan waktu nontonku, dua karena koleksi tontonan anaknya kurang, ketiga karena ada saja adegan tempelan yang sebenarnya nggak perlu atau merusak  kalau episode1 aman episode 2nya nggak aman, kurang lebih seperti itu).
Film-film itu antara lain:

1.Cloud Bread (roti awan) yang sekarang masih tayang di RTV Sinopsi tentang roti awan bisa dilihat di Wikipedia. Bagaimana dua tokoh utama di film ini Hongbi dan Hongshi  di awal episode menatap kea rah jendela dan melihat ada awan tersangkut di pohon. Mereka mengambilnya dan memasukan awan ke dalam roti.

Ketika roti sudah matang dan disantap HongBi dan Hongshi terbang di udara..Sebelum makan mereka mengatakan Roti awan rasanya enak dan kata-kata ini ada di setiap episode.
Film ini bagus karena kata-katanya sederhana, mudah dicerna anak, semua perkataannya juga sopan.

2. Pocoyo

Film kartun keluaran Spanyol ini aman ditonton bagi anak-anak karena Pocoyo, dan tokoh lainnya tidak banyak bicara dan ada narator yang menjelaskan apa yang mereka kerjakan.  Apa yang sebaiknya mereka lakukan?
Kalau menurut kalaian film yang benar-benar aman ditonton anak film apa?

8 comments:

  1. Sudah nggak ngikutin film anak-anak nih sekarang, anak2 udah gede semua :D
    Tapi film anak itu asyik loh, banyak orang dewasa yang juga suka nonton film anak hehe.
    Penasaran dengan roti awan, tampaknya menarik.

    ReplyDelete
  2. Duh aku dulu suka banget nonton Pocoyo. Sekarang di rumah enggak ada anak-anak kecil yang minta nonton Disney lagi sih, jadi udah enggak ikutan nonton-nonton film anak-anak.

    ReplyDelete
  3. Fadel dulu jadi bisa logat melayu ala ala upin ipin karena sering nonton. Sekarang udah jaraang banget nonton tv. Beralih ke yutup. Itupun yutup offline yang sudah diseleksi sblmnya. Nice share bunda. Makasiih..

    ReplyDelete
  4. anakku suka tuh nonton cloud bread. kata2nya emang sederhana ya.

    ReplyDelete
  5. Wah anakku juga suka nonton cloud bread..cara ngomongnya juga lucu...
    Aku jadi ikutan suka..

    ReplyDelete
  6. Aku ga pernah nonton pelem anak2 lagi, soalnya anaknya udah abege. Ahh ga tau sama cloud bread langsung kepoin deh, penasaran hahaa..

    ReplyDelete
  7. Saya malah belum pernah nonton 2 film ini. Anak saya biasanya pantengin 2 channel aja: Dunia Anak dan Baby First. Sejauh ini sih keduanya emang aman, kami juga nontonnya bareng.

    ReplyDelete
  8. Di tempatku ga ada RTV. Anakku suka Nick Jr. Kalau hasil pengamatan sih Paw Patrol dan Max & Ruby yang bagus. Paw Patrol tentang anjing penyelamat kalau Max & Ruby hubungan kakak adik yang mengayomi. Si kakak sabar banget menghadapi adik yang usil.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal