Sunday, 6 July 2014

Kalpataru,Adipura dan Adiwiyata


Menarik jika kita menonton acara debat presiden  yang bertema Pangan, Energi, dan Lingkungan Hidup yang merupakan debat calon presiden putaran terakhir atau kelima. 
Salah satu hal yang paling menarik adalah pertanyaan pak Hatta Rajasa  yang enggan dijawab oleh pasangan jokowi-jk karena dianggap keliru, yaitu mengenai permasalahan lingkungan. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini.
Penghargaan merupakan refleksi suatu kota berhasil menjadikan lingkungannya hijau dan sehat. Jakarta tahun ini tidak mendapatkan kalpataru padahal biasanya Jakarta langganan penghargaan itu. Solo juga belum pernah mendapatkannya.
Pertanyaannya bagus sayangnya keliru harusnya Adipura begitu tanggapan pak JK. 

Pelajaran buatku sendiri neh, jangan sampai kebalik-balik mengenai perhargaan lingkungan hidup.
Ada tiga jenis penghargaan yang diberikan setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yaitu Kalpataru, adipura dan adiwiyata.
Kalpataru diberikan untuk individu atau kelompok yang berjasa dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. yang dikelompokan atas empat kategori yaitu; perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina lingkungan.
Adipura penghargaan yang diberikan untuk kota terbersih yang diberikan atas 4 kategori juga untuk kota metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil.
Adiwiyata, penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dianggap berhasil mendidik muridnya menjadi manusia yang bertanggung jawab dan cinta lingkungan hidup.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal