Monday, 17 December 2018

Saluran Cerna Sehat, Anakku Jadi Cepat Tanggap

Pernah nggak ngalamin anak susah makan, berat badannya turun atau bahkan nggak naik-naik, hingga di KMS (kartu Menuju sehat) berat badannya di bawah garis kuning yang menyatakan bahwa anak mengalami gizi buruk padahal tinggal di kawasan kota.

Semua cerita di atas adalah ceritaku, tentang anak bungsuku yang nomor tiga. Sejak usianya 16 bulan berat badannya tidak naik-naik,  bahkan di bawah garis kuning.  

Aku mencoba menolak kenyataan itu, karena sebagai ibu tentu saja hal ini membuatku depresi. bukan itu saja anakku juga belum bisa berdiri sendiri, mengucapkan kata juga dia kurang, hanya mama itupun jarang sekali serta jika berjalan juga masih harus pegang-pegang barang di sekelilingnya.

Beberapa orang mengatakan nggak usaha khawatir, anak lagi lasak memang berat badannya nggak naik-naik, jangan suka membanding-bandingkan perkembangan tiap anak berbeda, nanti juga bisa berdiri dan jalan sendiri, tenang saja.

Tapi naluriku sebagai ibu mengatakan ada yang tidak beres dengan anakku, mengapa perkembangannya kurang dibandingkan anak lain, keresahanku aku ceritakan pada petugas POSYANDU dan dia menyarankan agar anakku diperiksa lebih lanjut di PUSKESMAS agar bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit lebih besar.

Apa yang terjadi dengan anakku?

Untuk mengetahui apa yang terjadi dengan anakku, dia dirujuk ke rumah sakit besar di Banda Aceh. Serangkaian pemeriksaan dasar dilakukan mulai  dari pengukuran tinggi dan berat badan, ukuran  lingkar kepala,  tes darah hingga ct scan serta tes bera.

Hasilnya berat badan dan tinggi badan anakku berdasarkan postur tumbuhnya normal tapi jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya kurang. Berat badan yang kurang tentu saja berpengaruh sekali dalam optimalisasi tumbuh kembangnya.

Selain itu, masalah pencernaan juga dapat mengganggu perkembangan emosi, perilaku dan kecerdasaan anak dalam jangka panjang. 

Ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa anakku mengalami global development delayed

Bagaimana Untuk Menyembuhkannya?
Untuk menyembuhkan anakku, aku harus konsultasi ke berbagai dokter mulai dokter saraf, dokter tumbuh kembang anak, dokter gizi dan nutrisi, dokter tht juga  rutin melakukan fisioterapi dan kontrol ulang untuk memantau perkembangannya.

Sebagai langkah awal dari proses penyembuhannya adalah dengan memperbaiki sistem pencernaan, sehingga  dapat melakukan fungsinya dengan baik yaitu untuk menyerap dan mencerna makanan, dan juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Memperbaiki saluran cerna juga memakan waktu, nggak langsung begitu kita beri obat, vitamin, berat badannya langsung naik. Sel-sel yang rusak diperbaiki dulu baru setelah itu bisa berfungsi dengan baik, karena saluran cerna yang sehat merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kematangan intelektual, dan kesehatan anak  secara keseluruhan di periode berikutnya, karena apa yang terjadi di dalam saluran cerna tidak hanya memengaruhi fungsi otak sehari-hari, tetapi juga sebagai risiko terhadap gangguan neurologi di kemudian hari.

Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak sehingga anak tidak saja sehat tetapi juga nyaman.

Bebelac Gold
Anakku yang ketiga sepintas seperti anak yang nggak pernah lapar, disuapin biasanya  hanya masuk beberapa suap saja, jika dia merasa sudah cukup, atau makanannya tidak sesuai langsung makanan tersebut dimuntahkannya kembali.

 Apalagi sejak disapih tentu saja dengan pola makan seperti itu berat badannya tidak akan naik, jadi solusinya aku harus mencari susu formula yang tinggi serat  seperti   Bebelac Gold yang  tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat hariannya untuk dukung perut kecilnya agar bisa menghasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami, pencernaan nyaman, penyerapan nutrisi, pencernaan lancar, tumbuh kembang optimal dan suasana hati.

Sewaktu berat badannya nggak naik-naik, anakku sering rewel, diberikan perintah sederhana seperti mengulang satu kata yang kuucapkan saja sulitnya bukan main, tapi sekarang dia mulai merespon perkataanku bahkan dia mulai bernyanyi mengikuti irama lagu mesti liriknya masih suka-suka,  dia juga mulai sukai mencoret-coret bagiku itu sudah kemajuan besar.


Anakku juga mulai berlari walaupun masih terlihat langkahnya kaku, tapi itu tak menghentikan langkahnya untuk terus maju, dan itu membuatku sangat bahagia dan bangga.

Jadi ibu-ibu jangan pernah meremehkan fungsi saluran cerna, perhatikan jika berat badan  anak tidak naik-naik, karena 1000 hari pertama kehidupannya sangat penting memberikan nutrisi yang tepat untuk menunjang saluran cerna anak, Karena pencernaan yang sehat di masa awal kehidupan adalah landasan untuk tumbuh kembang optimal, serta membangun tingkat kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan pada usia dewasa.

Wednesday, 21 November 2018

3 Tema Yang Paling Aku Suka Waktu Ngeblog

Sebagai blogger semua tema harus  bisa kuasai itu pasti.  Kalaupun ada yang tidak dikuasai tentu saja salah satu cara untuk menguasainya dengan banyak baca, googling, riset dan mempraktekannya sendiri.

Oya hari ini masuk hari kedua challenge dari blogger perempuan yang ngebhas mengenai tema apa yang kamu paling suka ketika ngeblog.

Sejujurnya semua tema aku suka, karena masing-masing tema yang ditulis pasti ada tantangannya sendiri, ada bagian mudah dan sulitnya oke langsung aja yaa. 5 tema favoritku dalam ngeblog?

Tuesday, 20 November 2018

Kenapa Menulis Blog?

Jadi setelah sekian purnama selalu nulis sponsored post melulu, akhirnya aku tertantang untuk ikutan Blogger Perempuan Chalengge selama 30 hari.

Tantangan hari pertama ini di suruh nulis alasan kenapa aku ngeblog?Sejujurnya aku udah sering banget nulis alasan aku ngeblog

Friday, 16 November 2018

Ratu Sehari Pembantu Seuumur Hidup

Lagi ingin cerita yang ringan-ringan aja tentang sembilan tahun pernikahan kami, Aku jadi ingat sewaktu sedang mempersiapan acara Intat Linto di rumah, teman baikku datang dan mengucapkan “
“Selamat menjadi ratu sehari, pembantu seumur hidup.”

Tuesday, 6 November 2018

5 Tempat Wisata di Pontianak yang Cantik dan Instagenic

Saat melakukan perjalanan wisata, mengabadikan momen dengan foto adalah hal  yang wajib. Dengan mengabadikan momen, Anda bisamemasangnya di akun Instagram atau disimpan untuk kepentingan pribadi seperti menulis ulasan di blog atau digunakan untuk keperluan stok foto.

(sumber : backpackerjakarta.com)
Nah, saat melakukan perjalanan ke Pontianak, mengabdikan momen juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Kota ini memilik cukup banyak tempat menarik dengan pemandangan yang indah dan instagenic. Anda bisa berburu foto jenis lanskap, human interest, atau kuliner. Berikut rekomendasi tempat wisata di Pontianak yang dikenal cantik.
1. Air Terjun Nohkan Nayan
Dengan tinggi sekitar 40 meter dan membentang di beberapa sisi hutan membuat air terjun ini sering dijuluki sebagai Niagara kecilnya Pontianak. Di air terjun ini Anda bisa menikmati suasana relaksasi dan mengabadikan keindahannya yang luar biasa. Saat akan memotret di sini pastikan memiliki pelindung kamera karena air yang terciprat ke udara sangat banyak.
2. Tugu Khatulistiwa
Belumke Pontianak kalaubelumberfotoataumengambilfoto di TuguKhatulistiwa. Di tuguini Anda bisa mengambil foto dari dekat atau dari jauh. Usahakan untuk mengambil semua sisi dari tugu agar terlihat indah.
Pada momen tertentu seperti Maret dan September, bayangan semua benda yang ada di sini tidak ada. Matahari berada di atas kepala sehingga momen penting ini harus diabaikan.
3. Air Terjun Riam Nananggar
Air terjun ini dikenal sebagai salah satu yang paling tinggi di Kalimantan. Tingginya sekitar 180 meter dan dikelilingi hutan yang masih hijau dan masih sangat alami. Kalau Anda ingin sampai ke air terjun ini pendakian harus dilakukan karena lokasinya yang cukup susah terjangkau, tapi keindahannya sangat menakjubkan.
4. Taman Alun-Alun Kapuas
Taman Alun-Alin Kapuas juga merupakan tempat paling sering dikunjungi dan diabadikan oleh banyak orang. Berada di jalan Rahadi Usman, Anda bisa menikma titaman yang cukup luas dengan tanaman yang rimbun. Saat pagi hari Anda bisa melakukan penjelajahan dan berburu foto.
Saat malam hari bergeraklah ke kawasan air mancur di bagian tengah. Air mancur dengan lampu yang ada di sini tampak indah jika diabadikan dari jauh.
5. Tugu Bambu Runcing Pontianak
Tugu Mambu Runcing Pontianak adalah salah satu ikon kota yang selalu menarik perhatian banyak wisatawan. Yang menarik dari tugu ini adalah air mancur yang ada di sekelilingnya. Air mancur ini juga memiliki lampu sehingga bisa menampilkan atraksi yang menarik saat malam hari.
Datanglah ke tempat ini saat hari biasa saja. Jangan saat akhir pekan kalau Anda ingin mendapatkan gambar tugu dan air mancur yang indah.
Bagaimana, sudah puas dengan lima tempat di atas? Kalau belum Anda bisa melakukan penjelajahan lain di Pontianak. Menginaplah di kota ini selama beberapa hari agar hasrat fotografi terpuaskan. Untuk hotelnya, Anda bisamenginap di hotel murah dalam jaringan Airy yang sudah terbesar di sepanjang kota.
Hotel di Pontianak dalam jaringan itu cukup terjangkau dan cocok untuk backpacker. Meski harganya terbilang murah, fasilitasnya cukup lengkap. Anda bisa mendapatkan kamar mandi dalam lengkap perlengkapan dan shower air hangat. Lalu kasur nyaman, AC, televisi LCD, air mineral, dan internet nirkabel.
Anda bisa memesan hotel langsung dari aplikasi Android dan Apple. Setelah memesan Anda bisa membayarnya dengan kartu kredit atau transfer langsung melalui rekening bank,
Semogaulasan di atas bisa Anda gunakansebagai rujukan.


Thursday, 1 November 2018

Asuransi Yang Bikin Happy, Yaa happyOne.id

Dunia ini penuh dengan ketidakpastian. Ada saja musibah yang bisa terjadi dan mengintai kita. Sejujurnya aku udah lama mikirin untuk memiliki asuransi untuk menjaga jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, agar anak-anaku terlindungi nanti.

Tuesday, 30 October 2018

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Bisa Dengan Pinjaman 24

Pernah nggak ngalamin kesulitan ekonomi tapi nggak tau harus pinjam duit kemana, karena nggak punya barang yang bisa untuk dijadikan jaminan. Mau pinjam sama saudara segan, mau pinjam sama kawan dia juga orang susah.

Monday, 1 October 2018

Gaya Hidup Sehat di Keluargaku

Baca postingan mbak Wian mengenai Hidup Lebih Baik dengan Kebiasaan Sehat,  membuatku sadar pentingnya hidup sehat.

Memang untuk menjadi sehat kita harus mau untuk membuang kebiasaan buruk, termasuk terlalu sering  jajan di luar karena  kita tidak tahu komposisi, kualitas dan kebersihan jajanan yang kita beli.

Sunday, 30 September 2018

Bisa Bawa Motor Best Momentku 2018

“ Mama teman Shidiq, semua bisa bawa motor atau mobil.”

Aku hanya bisa sedih dalam diam ketika anak keduaku protes kenapa dia harus pulang jalan kaki dari sekolah ke rumah sedangkan semua teman-temannya pasti dijemput pakai motor atau mobil oleh orangtuanya.

Tuesday, 18 September 2018

5 Taman Bunga Matahari yang Memesona di Indonesia

Sekarang  nggak  perlu jauh-jauh ke Jepang, jika ingin menikmati objek wisata yang mengusung konsep taman bunga. Beberapa daerah  di Tanah Air pun memiliki  taman bunga matahari.

Wednesday, 15 August 2018

Lima Keahlian Ini Sudahkah Anak Kuasai?



Membaca tulisan mak Siti Hairul di web KEB tentang lima keahlian dasar yang wajib dikuasai anak. Wah anak-anakku hanya menguasai beberapa keahlian dasar saja,  Insya Allah sedang berproses untuk menguasai 5 keahlian tersebut. 

Wednesday, 8 August 2018

Mencuci Baju Bayi, Pakai Pure Baby Laudry Liquid

Pertama kali punya bayi, banyak banget yang kasih tau aku, kalau kulit bayi itu sensitif. Nyuci baju bayi juga nggak boleh sembarangan banyak hal yang harus diperhatikan,  Seperti ketika mencuci baju bayi kita harus memisahkan antara pakaian orang dewasa dengan pakaian bayi untuk menghindari kontaminasi kotoran dari pakaian orang dewasa.

Tuesday, 31 July 2018

Scanner ADS 3000N Brother Solusi Untuk Penyimpanan Data Yang Lebih Baik





Ketika saya masih bekerja sebagai drafter di sebuah konsultan perencana. Saya melihat cukup besar ruang yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kami lakukan sebagai konsultan perencana, terutama karena ada dokumen yang menumpuk dimana-mana ketika kami sedang bekerja.

Monday, 9 July 2018

Tips berhijab ala aku

Jadi ingat waktu pertama kali pakai berhijab, benar-benar nggak ada persiapan baju atau hijab apa yang digunakan semua spontanitas,  mengikuti  dorongan hati yang mengebu untuk menggunakannya. Akhirnya hanya bermodalkan sweater dan hijab berwarna putih pemberian kakak, kumantapkan diriku untuk terus berhijab.

Saturday, 7 July 2018

Oleh-oleh Khas Aceh Apa saja?



Baca  tulisan mbak Nurrochma di  blog  KEB aku jadi tergelitik juga untuk menuliskan oleh-oleh Khas Aceh domisiliku apa saja?

Kalau dulu sewaktu kami tinggal di Bandung paling senang kalau di kasih  oleh-oleh dari Aceh itu berupa kaset lagu tradisional aceh,  tas, peci, topi border aceh, gantungan kunci, kue tradisional aceh seperti bolu boi, ikan kayu yang belum dimasak, asam sunti, kopi, dendeng aceh sapi kerupuk melinjo.

Friday, 6 July 2018

Disclosure



Assalamualaikum,
Belajar Menulis dengan Hati adalah personal blog milik saya (www.khairiah.com), Khairiah. Seluruh konten dalam blog ini menjadi tanggung jawab saya.

Wednesday, 13 June 2018

Sushi Gulung Telur So Good Chicken Nugget

Ramadhan kali ini ada yang special, karena anak keduaku lagi belajar untuk puasa. Tentunya aku ingin supaya puasanya lancar,dianya nggak lemas karena malas bangun sahur.
Makanya penting banget untuk nyedian menu sahur dan berbuka yang disukai anak-anak agar mereka semangat menjalani ibadah puasanya. Salah satu menu andalanku adalah sushi gulung telur so good chicken nugget.

Thursday, 24 May 2018

Promo Habis-habisan Semarak Ramadan Ekstra di Tokopedia

Beberapa hari yang lalu di salah-satu grup wa-ku di share foto anak kecil usia sekitar 4 atau 5 tahun yang sedang menangis karena terpisah dengan orangtuanya di pasar Aceh.
Untungnya beberapa jam kemudian, anak tersebut sudah bertemu dan kembali ke pangkuan orangtuanya. Banyak yang komentar, duh emaknya terlalu asyik belanja sampai nggak sadar anaknya hilang.

Friday, 18 May 2018

Persiapan Puasa Pertama Shidiq

Bulan ramadhan kali ini bulan ramadhan pertama buat shidiq belajar puasa mengingat usianya yang menginjak 6 tahun. Tahun lalu sebenarnya Shidiq sudah kucoba ajak untuk puasa, tapi dianya malas-malasan, disuruh bangun sahur nggak bangun, pokoknya drama banget deh.

Saturday, 5 May 2018

Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

Tadi siang baru aja pulang dari rumah neneknya Vinka dan dapat oleh-oleh baju lebaran buat si Kakak.
 Iya, paham, ngerti, memang  puasa aja belum mulai tapi harga barang udah meroket semua, makanya neneknya beli baju lebaran untuk cucunya terus  untuk mengatisipasi harga  barang yang naik.

Monday, 30 April 2018

Wujudkan Mimpi Pergi Ke Bali dengan JD Flight

Selama ini aku hanya mendengar dan melihat keindahan Bali hanya lewat layar kaca saja. Ingin rasanya melihat langsung keindahan Pulau Dewata yang sering dikunjungi turis mancanegara dan turis dosmetik ini.

Saturday, 31 March 2018

Ketika Keluargaku Terkena Diare

Kalau boleh menyebutkan dua jenis penyakit yang paling sering  diderita oleh keluargaku. Maka aku akan menjawab dengan pasti kalau penyakit itu adalah influenza dan diare. Tidak pandang bulu, semua personil keluargaku pasti pernah merasakan dua penyakit ini.

Tuesday, 20 March 2018

Ayam Potong Woku So Good

Bisa  menghadirkan menu seimbang setiap harinya pasti menjadi harapan setiap Ibu. Apalagi jika memiliki buah hati yang tentu saja tumbuh kembangnya harus diperhatikan serta dipantau selalu.

Friday, 9 March 2018

Prive Uri-Cran Sahabat Wanita Atasi Anyang-anyangan


Pertama kali mulai merasakan anyang-anyangan  itu ketika masih duduk dibangku SMP, setiap saat rasanya pamit ke kamar mandi untuk buang air kecil, setiap saat hasrat untuk buang air kecil itu ada seperti tidak tuntas ketika dikeluarkan.

Saturday, 17 February 2018

Tips Memilih Tas Wanita dan Sepatu Anak Perempuan

Kalau harus memilih dua benda untuk dijadikan kado ulang tahun, aku paling senang jika ada yang memberi hadiah berupa tas atau sepatu.

Kenapa tas dan sepatu?

Sunday, 4 February 2018

Saturday, 3 February 2018


 Masuk SD itu idealnya berapa tahun? 7 tahun atau kurang dari 7 tahun? Pertanyaan ini juga  sebenarnya pertanyaan galau sejak dua tahun yang lalu ketika si Kakak mau masuk SD.

Friday, 2 February 2018

Manfaat Jalan-Jalan yang Kurasakan

Melakukan hal yang sama setiap hari  terkadang menimbulkan rasa jenuh dan bosan yang luar biasa. Ketika otak dan badan terasa penat, ini saat yang tepat memberikan asupan nutrisi traveling alias jelong-jelong biar pikiran dan tubuh segar kembali.

Thursday, 1 February 2018

Anak Menonton Televisi Yeay or Nay

Televisi sebagai sarana hiburan yang murah meriah pasti sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita hanya perlu duduk santai sambil menekan remote saja untuk menikmati aneka ragam  acara yang ada di dalamnya tanpa perlu mengeluarkan uang.

Wednesday, 31 January 2018

Belajar Motor di Usia Tak Lagi Muda

Belajar motor di usia yang tak lagi muda memang susah-susah mudah, tapi kalau tidak pernah dicoba pasti tidak akan pernah bisa. Beruntunglah kalian yang sejak usia remaja dan pantas  memiliki SIM sudah mahir membawa kendaraan.

Tuesday, 30 January 2018

Mengasuh Anak Bukan Hanya Tugas Ibu

Hari gini, masih nyangka tugas mengasuh anak hanya tugas seorang ibu saja, aduh hidup di zaman apa sih kamu, primitif banget pemikirannya.

Sunday, 28 January 2018

3 Olahraga Favoritku dan Manfaatnya

Kalau ditanya apa olahraga favoritku, aku pasti jawab jalan kaki, lari dan bersepeda.
Kenapa hanya tiga, karena tiga olahraga itu bisa dilakukan setiap hari, tidak perlu tempat khusus, di lingkungan sekitar rumah juga bisa dan tidak memerlukan modal besar.

Saturday, 27 January 2018

Obat Tradisional Yeay Or Nay

Jadi seringkali  ketika sakit kita diberikan pilihan, menggunakan obat tradisonal atau meminum obat yang berbahan dasar zat kimia.

Friday, 26 January 2018

Ketika Anakku Terlambat Jalan

  Jadi anak ketigaku baru bisa duduk ketika usianya menginjak sembilan bulan, dan bisa berjalan walau kini usianya menginjak hampir 1 tahun 8 bulan.

Thursday, 25 January 2018

Mie Kocok Si Doel Tempat Makan Favoritku.

Kalau ditanya dimana tempat makan favoritku, aku pasti langsung jawab  warung mie kocok Si Doel dekat Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh.

Wednesday, 24 January 2018

Nginap di Hotel Hermes Palace Banda Aceh Bersama Anak-anak

Jadi kemarin dulu, papa Vinka menang lomba foto yang hadiahnya nginap di hotel  Hermes Palace Banda Aceh, yang sudah termasuk  makan malan dan sarapan untuk dua orang.

Tuesday, 23 January 2018

5 Kosmetik Yang Baru Kumiliki

Jadi aku ini sebenarnya bukan tipikal orang yang suka dandan, apalagi semua kerjaan rumah tangga aku kerjakan sendiri tanpa ART, rasanya nggak sempat untuk dandan kecuali mau pergi,  bahkan untuk sekedar membersihkan muka sering kelupaan karena kecapeaan.

Monday, 22 January 2018

Andai Aku Bisa Ke Thailand

Kalau ditanya tahun 2018 ini tempat yang ingin dikunjungi kemana? Aku pasti akan menjawab mantap pasti ke Thailand.
Kenapa harus Thailand?

Friday, 19 January 2018

Tips Memilih Gaun Pesta Muslim yang Fashionable

Bagi kaum wanita muslim, sering kali pesta menjadi salah satu hal yang cukup menyulitkan karena beberapa orang sering kali sulit menemukan gaun pesta muslimah yang cocok. Memang sampai saat ini masih cukup kurang terdapat gaun pesta yang menarik dan cocok digunakan kapan saja. Banyak juga orang yang pada akhirnya memilih untuk membuat sendiri gaun mereka karena sulit menemukan model yang mereka inginkan.

Sunday, 14 January 2018

5 Tempat Wisata Anak Favorit di Bandung

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang ingin saya kunjungi kembali. Selain menyimpan kenangan masa kecil di kota ini. Bandung juga memiliki banyak sekali  tempat menarik untuk dikunjungi.

Friday, 12 January 2018

Pantai Tanjung Aan Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok

Bingung dengan pilihan destinasi liburan selanjutnya? Mungkin kamu bisa merencanakan untuk pergi ke Lombok. 
Pantai Tanjung Aan sumber foto :http://m.metrotvnews.com