Monday, 17 December 2018

Saluran Cerna Sehat, Anakku Jadi Cepat Tanggap

Pernah nggak ngalamin anak susah makan, berat badannya turun atau bahkan nggak naik-naik, hingga di KMS (kartu Menuju sehat) berat badannya di bawah garis kuning yang menyatakan bahwa anak mengalami gizi buruk padahal tinggal di kawasan kota.

Semua cerita di atas adalah ceritaku, tentang anak bungsuku yang nomor tiga. Sejak usianya 16 bulan berat badannya tidak naik-naik,  bahkan di bawah garis kuning.  

Aku mencoba menolak kenyataan itu, karena sebagai ibu tentu saja hal ini membuatku depresi. bukan itu saja anakku juga belum bisa berdiri sendiri, mengucapkan kata juga dia kurang, hanya mama itupun jarang sekali serta jika berjalan juga masih harus pegang-pegang barang di sekelilingnya.

Beberapa orang mengatakan nggak usaha khawatir, anak lagi lasak memang berat badannya nggak naik-naik, jangan suka membanding-bandingkan perkembangan tiap anak berbeda, nanti juga bisa berdiri dan jalan sendiri, tenang saja.

Tapi naluriku sebagai ibu mengatakan ada yang tidak beres dengan anakku, mengapa perkembangannya kurang dibandingkan anak lain, keresahanku aku ceritakan pada petugas POSYANDU dan dia menyarankan agar anakku diperiksa lebih lanjut di PUSKESMAS agar bisa mendapatkan rujukan ke rumah sakit lebih besar.

Apa yang terjadi dengan anakku?

Untuk mengetahui apa yang terjadi dengan anakku, dia dirujuk ke rumah sakit besar di Banda Aceh. Serangkaian pemeriksaan dasar dilakukan mulai  dari pengukuran tinggi dan berat badan, ukuran  lingkar kepala,  tes darah hingga ct scan serta tes bera.

Hasilnya berat badan dan tinggi badan anakku berdasarkan postur tumbuhnya normal tapi jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya kurang. Berat badan yang kurang tentu saja berpengaruh sekali dalam optimalisasi tumbuh kembangnya.

Selain itu, masalah pencernaan juga dapat mengganggu perkembangan emosi, perilaku dan kecerdasaan anak dalam jangka panjang. 

Ini juga yang menjadi salah satu faktor mengapa anakku mengalami global development delayed

Bagaimana Untuk Menyembuhkannya?
Untuk menyembuhkan anakku, aku harus konsultasi ke berbagai dokter mulai dokter saraf, dokter tumbuh kembang anak, dokter gizi dan nutrisi, dokter tht juga  rutin melakukan fisioterapi dan kontrol ulang untuk memantau perkembangannya.

Sebagai langkah awal dari proses penyembuhannya adalah dengan memperbaiki sistem pencernaan, sehingga  dapat melakukan fungsinya dengan baik yaitu untuk menyerap dan mencerna makanan, dan juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Memperbaiki saluran cerna juga memakan waktu, nggak langsung begitu kita beri obat, vitamin, berat badannya langsung naik. Sel-sel yang rusak diperbaiki dulu baru setelah itu bisa berfungsi dengan baik, karena saluran cerna yang sehat merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak di 1000 hari pertama kehidupannya.

Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kematangan intelektual, dan kesehatan anak  secara keseluruhan di periode berikutnya, karena apa yang terjadi di dalam saluran cerna tidak hanya memengaruhi fungsi otak sehari-hari, tetapi juga sebagai risiko terhadap gangguan neurologi di kemudian hari.

Saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak sehingga anak tidak saja sehat tetapi juga nyaman.

Bebelac Gold
Anakku yang ketiga sepintas seperti anak yang nggak pernah lapar, disuapin biasanya  hanya masuk beberapa suap saja, jika dia merasa sudah cukup, atau makanannya tidak sesuai langsung makanan tersebut dimuntahkannya kembali.

 Apalagi sejak disapih tentu saja dengan pola makan seperti itu berat badannya tidak akan naik, jadi solusinya aku harus mencari susu formula yang tinggi serat  seperti   Bebelac Gold yang  tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat hariannya untuk dukung perut kecilnya agar bisa menghasilkan 7 kehebatan perut seperti cepat tanggap, perlindungan alami, pencernaan nyaman, penyerapan nutrisi, pencernaan lancar, tumbuh kembang optimal dan suasana hati.

Sewaktu berat badannya nggak naik-naik, anakku sering rewel, diberikan perintah sederhana seperti mengulang satu kata yang kuucapkan saja sulitnya bukan main, tapi sekarang dia mulai merespon perkataanku bahkan dia mulai bernyanyi mengikuti irama lagu mesti liriknya masih suka-suka,  dia juga mulai sukai mencoret-coret bagiku itu sudah kemajuan besar.


Anakku juga mulai berlari walaupun masih terlihat langkahnya kaku, tapi itu tak menghentikan langkahnya untuk terus maju, dan itu membuatku sangat bahagia dan bangga.

Jadi ibu-ibu jangan pernah meremehkan fungsi saluran cerna, perhatikan jika berat badan  anak tidak naik-naik, karena 1000 hari pertama kehidupannya sangat penting memberikan nutrisi yang tepat untuk menunjang saluran cerna anak, Karena pencernaan yang sehat di masa awal kehidupan adalah landasan untuk tumbuh kembang optimal, serta membangun tingkat kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan pada usia dewasa.

44 comments:

  1. Senangs ekali pasti ya mbak, kalau lihat pertumbuhan anak bagus :)
    jangankan mbak, aku yang baca aja ikutan senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya senang banget anak sehatmerupakan harta yang sangat berharga banget

      Delete
  2. Kalau anak sehat dan pencernaan baik otomatis semua gizi dan kebutuhan tubuh dapat terserap dengan baik maka tumbuh dan kembang anak semakin terjaga dan sempurna

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget makanya harus benar-benar perhatikan nutrisi 1000 hari pertamanya

      Delete
  3. Noted banget buat saya ini: 1000 hari pertama kehidupannya sangat penting memberikan nutrisi yang tepat, karena sangat menentukan tumbuh kembang selanjutnya.

    TFS ya mbak:)

    ReplyDelete
  4. Aku sampai SD dalam pengawasan dokter gizi, Mbak. Jadwal makan dan apa aja yang dimakan diatur sama dokter. Karena berat badan aku dibawah normal.

    ReplyDelete
  5. Kalau pencernaan anak sehat, anak jadi lebih bahagia ya. Kita juga senang melihatnya.

    ReplyDelete
  6. Bahagia jika anak tumbuh sehat dan ceria..., Jaga makan dan cukup tidur untuk anak..


    Semoga anak kita selalu sehat , pintar dan ceria ya..aamin..

    ReplyDelete
  7. Noted banget bagi saya yang ini: 1000 hari pertama sangat penting memberikan nutrisi tepat untuk saluran cerna Karena pencernaan yang sehat di masa awal merupakan landasan tumbuh kembang optimal, membangun tingkat kesehatan tubuh dan mental syang optimal saat dewasa.

    (maaf jika double comment, karena comment pertama belum muncul)

    ReplyDelete
  8. Mbaa.. aku bacanya kok baper ya.. Karena anakku lasak juga. Tapi berat & tinggi badan segitu2 aja. Alhamdulillahnya, motorik & kognitifnya tetep bagus. Cuma itulah.. menjaga mood kalo dikomentari sama orang, yg bikin gregetan. :( Semoga anak2 kita sehat2 selalu yaa..

    ReplyDelete
  9. Iya yang penting sehat dengan tetap menyediakan makanan dan minuman terbaik untuk anak-anak. Sama nih anakku yg satu juga langsing, sementara adiknya bongsor

    ReplyDelete
  10. Kalau pencernaan anak sehat, dia pun akan beraktivitas dengan lancar dan pastinya lebih ceria, anakku pun minum bebela gold

    ReplyDelete
  11. Memang kesehatan anak itu nomor 1 sih, kita sebagai orang tua rela menempuh cara gimana aja agar anak selalu sehat.

    ReplyDelete
  12. wooooh si Adek pake Bebelac toh
    Alhamdulillah semoga sehat-sehat selalu

    iya sih, untuk orang dewasa pun, susu juga membuat saluran pencernaan jadi lancar. tapi ya gitu, kadang kalorinya cukup tinggi, dengan keadaan makan nasi 3 kali, haha. jadinya gemuk dah

    ReplyDelete
  13. 1000 hari pertama untuk ananda memang berpengaruh yaa untuk kesehatan anak sampai dewasa. Semoga orangtua selalu memberi perawatan bagi anaknya dengan asupan susu terbaik seperti Bebelac*

    ReplyDelete
  14. Eh sampai scan2 gtu ya mbak? Kalau aku mau bawa anak ke tumbang biar ada saran dan rekomendasi makanan.
    Btw anakku jg minumnya Bebelac lho, seneng soalnya serat pangan tinggi jd gk bikin sembelit yaa

    ReplyDelete
  15. Saat tumbuh kembang anak kurang sesuai pasti agak khawatir ya mbak, harus konsultasi pada ahlinya.
    Susu salah satu penolong buat anak yang susah makan, untuk mengcover kebutuhan gizi yang kurang terpenuhi. sehat terus ya adek sayang.

    ReplyDelete
  16. Anakku yang kecil sudah digaris kuning, sama bidan posyandu d8sarankan tambah sufor. Dan pakai bebelac gold juga barengan sama abangnya, semoga bisa lebih baik nanti perkembangannya

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka galau kalau berat badan anak nggak naik-naik. Makanya bener2 digenjot banget nih ngasih susunya. Semoga dedeknya sehat terus ya mak

    ReplyDelete
  18. anakku yang sulung BB-nya emang anteng mba tapi dia ninggiin aku jadi pengen konsul juga jangan2 ada yang salah krn BB-nya nyaris stuck kalaupun naik lambat padahal makan banyak apalagi minum susu bebelac-nya

    ReplyDelete
  19. Luigi juga minum Bebelac Gold karena diperkaya dengan Advansfibre yang tinggi serat dan dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian anak :)

    ReplyDelete
  20. Bener banget, kita hrs memperhatikan btl2 ttg perkembangan pertumbuhan anak. Skrg lg byk bgt bbrp anak yg didiagnosa stunting. Mkny nutrisi jg no. 1 ya bun. Aplg kalo ad bebelac yg tinggi serat, lega jadinya.

    ReplyDelete
  21. Perasaan seorang ibu memang gak pernah salag. Kita yg tau kondisi anak kita, kalau hati bilang harus diperiksain, maka segera periksa agar gak khawatir. Semoga si bungsu makin sehat ya mak

    ReplyDelete
  22. Pemeriksaan lebih lanjut itu berguna banget yaa biar kita tahu harus bagaimana sama anak yang harus mengejar ketertinggalannya.

    Aku belum sempat bawa anak pertama dan ketiga cek nih

    ReplyDelete
  23. Toss...Kamalay juga minum Bebelac Gold nih, jadi uminya ga perlu khawatir karena nutrisi dan seratnya selalu terpenuhi

    ReplyDelete
  24. Whaaa ternyata ngefek banget ya saluran cerna sehat sama daya tangkap anak. Alhamdulillah ada bebelac gold

    ReplyDelete
  25. Sama kayak anakku yg sulung mb yg hanya makan secukup ia mau saja. Untung juga minum bebelac gold utk membantu menambah gizinya

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ikut senang kalau si kecil tumbuh kembangnya optimal. Emang sebagai ortu kita harus bisa cari segala cara termasuk nutrisinya agar tumbuh kembang anak jadi optimal

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah. .Sehat ya bun

    ReplyDelete
  28. Keren ya manfaatnya perut sehat itu. Amazing memang...

    ReplyDelete
  29. Memang sedih banget ya mba kalo amak sakit, belum lagi kalo dapat omong orang yang ga ngerti keadaan kita terus nyalah2in hue hue.. Alhamdulillah si kecil sekarang sudah membaik kondisi nya. Sehat terus ya sayang

    ReplyDelete
  30. Kalau anak sembelit itu emaknya ikutan mules yaa, kasian banget liatnya, rewel juga. Untung ada bebelac yg kasih tinggi serat di produknya, bisa membantu kita menjaga pencernaan anak2 ya :)

    ReplyDelete
  31. Aku pernah banget mba ngalamin Kenzo susah makan hadewww dan itu bikin stres. Untung makin ke sini makin pintar. Kenzo jg mengonsumsi bebelac gold yang bagus utk pencernaan itu

    ReplyDelete
  32. Bener nih mom, kalau saluran cerna sehat membuat anak cepat tanggap dan tentunya si anak nyaman melakukan segala aktivitas.

    ReplyDelete
  33. saluran cerna sehat itu ternyata berpengaruh ke banyak bagian ya. Kemarin malah dapat info baru dari dokter bahwa alergi itu bisa juga ditimbulkan oleh saluran cerna yg ge sehat lo.

    ReplyDelete
  34. Memang saluran cerna ini super penting ya Mba. Karena dia adalah tempat mengolah makanan dan penyerapan nutrisi bagi tubuh.

    Semoga si kecil makin bagus pertumbuhan dan perkembangannya ya Mba. Amiin :)

    ReplyDelete
  35. emang ya perlu banget kesehatan saluran cernah ya, anak sehat bisa bikin ibu tenang

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah udah ketemu solusinya ya, Mbak.. Kalau anak saya yang sulung, berat badannya jadi kurang setelah dia kena diare. Sampe sekarang kalau nyuruh makan kayak ngajak berantem. :(

    Makanya saya kasih susu juga supaya nutrisinya terpenuhi.

    ReplyDelete
  37. dulu ponakan saya juga begitu, masih kecil susah naik bb nya terus dikasih macam2 vitamin ama emaknya. eh, pas dia SMP badannya seolah kayak ditiup aja, gede banget, ga nyangka banget. sabar ya Mba, semoga anak kita sellau sehat

    ReplyDelete
  38. Yuk Gabung di Bolayo.com

    Minimal deposit 50ribu
    Bonus Member 30%
    Bonus Harian 5%
    Aman & Terpercaya
    hanya di bolayo.com

    Whatsapp kami
    +6282321807397

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal