Sunday, 28 January 2018

3 Olahraga Favoritku dan Manfaatnya

Kalau ditanya apa olahraga favoritku, aku pasti jawab jalan kaki, lari dan bersepeda.
Kenapa hanya tiga, karena tiga olahraga itu bisa dilakukan setiap hari, tidak perlu tempat khusus, di lingkungan sekitar rumah juga bisa dan tidak memerlukan modal besar.

Meski tiga olahraga ini tidak memerlukan modal besar tapi manfaat melakukan tiga olahraga ini banyak sekali.

Manfaat berjalan kaki:
Dengan berjalan kaki kita akan lebih rileks, bisa menyapa tetangga-tetangga, menghilangkan stress, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Namun  jika anda memiliki riwayat penyakit jantung sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui batasan yang aman untuk kegiatan anda.

Berjalan kaki juga bisa mencegah osteoporosis,  dapat mengurangi risiko kemungkinan terkena asma, stroke, radang sendi serta beberapa jenis kanker.
Untuk berjalan kaki tidak perlu tips khusus cukup hanya menyediakan sepatu atau sandal yang nyaman untuk dipakai.
Jika anda belum terbiasa 
berjalan kaki, sebaiknya jalan kaki selama 10 hingga 15 menit sebagai awalan agar tubuh tidak kaget.

Manfaat Olahraga Lari:
Mengurangi resiko jantung koroner, mencegah osteoporosis,mengurangi berat badan, baik untuk kesehatan lutut.

Untuk olahraga lari sebaiknya dilakuakan pemanasan terlebih dahulu dengan berjalan kaki baru diselingi dengan olahraga lari. Selama 2 menit, jika anda sudah cukup kuat dan terbiasa durasi berlari bisa ditambah.

Oya pastikan anda menggunakan sepatu yang nyaman yaa, biar selama olahraga jadi nyaman.

Manfaat Bersepeda:
Bersepeda sangat bermanfaat untuk membentuk tubuh karena setiap gerakan yang dilakukan ketika bersepeda akan membentuk, menguatkan serta mengencangkan paha, otot betis dan daerah panggul serta lemak di daerah ini akan berkurang digantikan oleh otot.

Bersepedabisa mengurangi selulit yang terdapat di paha serta mengurangi strees di daerah lutut dan pergelangan kaki dibanding dengan kegiatan lain.

Ketika bersepeda sebaiknya menghindari daerah yang ramai kendaraan bermotor untuk menghindari paparan polusi dan kecelakaan.

Itu tadi 3 olahraga favoritku berserta manfaat dan tips ringan ketika melakukan olahraga di atas? Bagaimana dengan kamu apa olahraga favoritmu?

referensi:www.alodokter.com
#SatuHariSatuKaryaIIDN

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal