Saturday, 7 July 2018

Oleh-oleh Khas Aceh Apa saja?



Baca  tulisan mbak Nurrochma di  blog  KEB aku jadi tergelitik juga untuk menuliskan oleh-oleh Khas Aceh domisiliku apa saja?

Kalau dulu sewaktu kami tinggal di Bandung paling senang kalau di kasih  oleh-oleh dari Aceh itu berupa kaset lagu tradisional aceh,  tas, peci, topi border aceh, gantungan kunci, kue tradisional aceh seperti bolu boi, ikan kayu yang belum dimasak, asam sunti, kopi, dendeng aceh sapi kerupuk melinjo.

Sekarang oleh-oleh dari Aceh makin banyak pilihan dan beragam jenis mulai dari makanan,minuman, bumbu dapur, sarung, kaos minyak wangi, aneka macam bolu,  songket, border aceh dan masih banyak lagi.


 Oke deh langsung aja kita mulai ngelist apa aja yang layak dijadikan oleh-oleh khas Aceh:
Kopi
Sebagai kota sebutan negeri sejuta warung kopi. Kopi Aceh memang layak banget dijadikan oleh-oleh karena memiliki ciri khasnya tersendiri, beberapa kopi khas Aceh yang sudah terkenal enak rasanya adalah kopi ulee kareeng dan kopi gayo. Dua kopi ini juga memiliki banyak merek produk, tinggal pilih saja yang sesuai dengan seleramu.

Kue tradisional
Aneka kue tradisional khas Aceh juga layak banget dijadikan oleh-oleh. Jika jarak tempat tinggalmu tidak terlalu jauh perjalanannya bisalah kue basah sejenis timphan, adee kak nah, maseukat sejenis dodol berwarna putih dijadikan oleh-oleh juga, tapi jika jauh sebaiknya kue kering saja yang dijadikan oleh-oleh seperti bolu  bhoi, kue semprong, kue karah.
Bolu bhoi ada dua bentuk bunga dan bentuk ikan, bolu bhoi yang bentuk ikan mirip banget taiyakicemilan khas Jepang lho.

Coklat Aceh
Bagi pengemar coklat, Aceh juga punya produk makanan berbahan dasar cokelat asli dari Aceh namanya Socolatte. Berbagai makanan dan minuman olahan dari cokelat mulai dari dodol cokelat, permen cokelat, chunky bar, cokelat batangan, serta minuman cokelat 3in1 bisa kita temui dalam kemasan yang cantik dan menarik membuat siapa saja tertarik untuk mencicipi rasanya

Dendeng Aceh
Dendeng Aceh juga hingga kini termasuk salah satu makanan yang paling sering diburu untuk dijadikan oleh-oleh, sekarang sudah banyak pilihan merek dendeng Aceh.

Bumbu Mie Aceh
Pasti pada suka sama rasa mie Aceh, sekarang sudah ada bumbu mie aceh yang bisa banget dijadiin oleh-oleh. Jadi kalau kangen mie aceh tinggal masukin bumbunya aja ke dalam mie tumis jadi deh. Beberapa bumbu mie aceh yang sering dijadikan oleh-oleh bumbu mie aceh alubufood, bumbu mie aceh bunda.

Minyak  Wangi (minyak pret)
Minyak Pret adalah parfum khas Aceh yang terbuat dari minyak nilam, terdapat tiga varian, meulu, seulanga dan coffee, wanginya tahan lama, kemasannya juga cantik.

Sarung (Ijakroeng)
Kain sarung handmade Aceh ini juga oke juga dijadikan oleh-oleh, motifnya sederhana tapi elegan mereknya ijakroeng lagi hits banget neh pake sarung ini.

Kaos Piyoh
Mau oleh-olehin kaos lucu dengan nuansa yang Aceh banget, kamu harus nyobain kaos  dari Piyoh. Kaos Piyoh ini pemiliknya adalah Hijrah Saputra Suradji, desainnya lucu-lucu.

Gantungan Kunci dan Bros
Jika menginginkan  oleh-oleh murah, meriah tapi elengan gantungan kunci dan bros bisa jadi pilihan. Paling sering yang dijadikan oleh-oleh bros bentuk pintu Aceh dan bentuk rencong.
Sedangkan untuk gantungan kunci sekarang lebih banyak macam bentuk, desain dan bahan tinggal disesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Emas
Kalau danamu berlebih boleh banget oleh-olehin emas keuchik leumik yang terkenal bagus desain dan emasnya untuk orang tersayang di rumah.

Tas, Peci, Dompet, Topi Bordir Aceh
Tiap daerah punya bordiran khas daerah masing-masing, begitu juga daerah Aceh. Ingin bordiran Aceh jadi oleh-oleh bisa banget. Bordiran Aceh ada dalam bentuk tas, peci, dompet, topi Aceh lho.
 
Masih banyak lagi barang dan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Aceh, seperti songket Aceh, bakpiah Sabang, keripik terpang, bolen lezzetlii lain kali kita bahas lebih lanjut yaa

21 comments:

  1. Banyak juga ya ternyata mba oleh2 khas Aceh. Aku taunya cuma kopi aja. Ternyata sampe peci dan emas juga ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau didetail lagi akan lebih banyak lagi oleh-oleh khas aceh tergantung daerah aceh sebelah mana yang dikunjungi

      Delete
  2. waah, komplit banget kak ulasannya. kalau Liza jalan2 ke Medan ke rumah saudara seringnya bawa beras kampung kami, beras Tangse. soalnya itu oleh2 khas di sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya, beras tangse terkenal enaknya. wah kalau didetail tiap daerah aceh aja ada oleh2 tersendiri yaa, kalo aceh tengah ada ikan depik, aceh selatan manisan pala, langsa terasi,

      Delete
  3. Penasaran kopi Aceh katanya enak. Baru tau di sana jg ada produk coklat yang terkenal mbak :D
    Doain ya ada rezeki bisa ke Aceh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin moga2 mbak april bisa ke aceh

      Delete
  4. Katanya kopi Aceh termasuk salah satu kopi terenak.. Tapi saya belum pernah nyoba mm

    ReplyDelete
  5. Penasaran sama kopi Aceh sih, beberapa kali coba rasanya kok bisa beda-beda dilidah ya? Entah sih, apa emang karakternya begitu atau cara penyajiannya yang beda ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda cara penyajiaan bisa mempengaruhi rasa :D

      Delete
  6. Pernah dapat oleh-oleh kopi Aceh.
    MashaAllah...saat diminum, langsung capek hilang dan terjaga sepanjang malam.

    ReplyDelete
  7. Wah banyak banget ya oleh2 khas Aceh. Sy pecinta kopi tapi belum pernah nyobain kopi Aceh. Hmm, bs jadi target selanjutnya nih. Berburu kopi Aceh :)

    ReplyDelete
  8. pilihannya banyaaak mba...pengen nyobain deunden aceh et coklatnya

    ReplyDelete
  9. Kopi Aceh terkenal enaknya. Apa ada yang jual online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. (maaf..bantu jawab)
      Banyak mbak.. coba cari aja di bukalapak, shopee, toko pedia, dan blanja.com

      Delete
  10. Ada banyak ya oleh-oleh khas aceh. Aku suka mi aceh, jadi minat banget ama bumbu mi aceh itu. Parfum juga bikin penasaran, enak ga ya baunya

    ReplyDelete
  11. Ternyata ga cuma kopi aceh, aku baru tau ada bumbu mie aceh juga. Oh iya, kaos piyoh pernah beli, desainnya keren

    ReplyDelete
  12. Kayaknya, sekarang, kopi jadi oleh2 tiap daerah yaa...
    Terima kasih referensinya mbak, walaupun belum ada kesempatan pergi ke aceh tapi setidaknya udah punya referensi, semoga bisa sampai ke sana...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal