Thursday, 1 February 2018

Anak Menonton Televisi Yeay or Nay

Televisi sebagai sarana hiburan yang murah meriah pasti sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita hanya perlu duduk santai sambil menekan remote saja untuk menikmati aneka ragam  acara yang ada di dalamnya tanpa perlu mengeluarkan uang.

Namun televisi selain sebagai sumber informasi  juga memiliki dampak buruk jika kita tidak bijaksana memilih acara-acara yang ditayangkan, dan tentu saja memberi dampak positif dan dampak negatif  bagi perkembangan anak.

Dampak positifnya
Menambah kekayaan kosakata dan berbahasa anak, sebagai sarana hiburan, pembelajaran dan menambah wawasan bagi anak.

Sedangkan dampak negatifnya antara lain:
Memicu anak bertindak agresif:
Pernah menonton acara televisi berita kriminal tentang pembunuhan mantan pacar, yang dilakukan oleh sepasang remaja. Pembunuhan yang dilakukan disusun sangat apik dan terencana dan tak terlihat penyesalan  di mata pelaku sesudah melakukannya. Ide mereka mengeksekusi mati mantan pacar terinspirasi dari film yang mereka tonton di televisi.

Bayangkan saja satu film di televisi bisa menjadi sumber kejahatan, bagaimana jika yang ditonton jutaan film?

Menjadikan Anak Pasif secara fisik dan Mental.
Acara televisi yang mengasyikan terkadang membuat penonton begitu terlena hingga malas bergerak takut ketinggalan acara favoritnya, termasuk pada anak-anak mereka begitu terlena menonton acara kesayangannya hingga motorik kasarnya kurang diasah, untuk berlari, melompat, berjalan, tentu saja ini tidak baik bagi perekambangannya.

Memicu gaya hidup komsumtif
Banyaknya iklan yang bertebaran selama menonton telivisi, bisa memicu gaya hidup konsumtif karena ingin memiliki barang-barang yang ada di dalam iklan televisi. Baik itu iklan berwujud tempat hiburan, makanan, maupun barang.

Oleh karenanya penting kiranya untuk bijaksana dalam memilih acara televisi, membatasi jam menonton anak serta mendampingi putra-putrinya ketika menonton televisi untuk menghindari dampak negatif yang lebih banyak lagi.
#SatuHariSatuKaryaIIDN

1 comment:

  1. YAY banget buatku.. aku kadang kasih anak2 nonton TV disaat aku LG ngerjain kerjaan rumah yg numpuk, tp tontonan juga udah aku sortir.. kartun langganan aja isinya.. dan remote aku simpan, soalnya anak pertamaku udah ngerti ganti2 channel

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...