Saturday 3 February 2018


 Masuk SD itu idealnya berapa tahun? 7 tahun atau kurang dari 7 tahun? Pertanyaan ini juga  sebenarnya pertanyaan galau sejak dua tahun yang lalu ketika si Kakak mau masuk SD.

Ketika umurnya 5 tahun dia udah lancar banget membaca, pandai mewarnai, bisa berhitung dan bosan pelajaran TK. Bahkan pernah seminggu nggak sekolah karena bosan dan gurunya sampai khawatir.

Akhirnya Si Kakak di tahun ajaran baru, aku pindahkan ke TK lain, karena usianya nggak cukup untuk masuk SD negeri, kalau mau SD pinggiran yang nggak begitu difavoritkan mungkin bisa, atau alternative lain masuk SD swasta.

Tapi saya pikir biarlah dia di TK lagi aja, walaupun dia sudah bisa semua, untuk usianya memang masih untuk tahapan bermain dan Alhamdulillah ternyata keputusanku itu adalah keputusan yang tepat dan menurutku terbaik.

Tiba saatnya  masuk sekolah usia si Kakak menginjak 7 tahun kurang 3 bulan. Masih suka malas-malasan. Kalau ke sekolah masih lama-lama kalau makan, nggak mikir kalau telat ditutup pintu pagarnya.

Emak dan bapaknya tiap hari jadi sibuk nyiapain bekal, pakaian seragam biar cepat (soalnya dia cewek banget, dan slow motion banget geraknya kalau pas berangkat sekolah).

Di kelas juga habis jawab pertanyaan guru, baik itu ditanya atau dia ngacung pas ada pertanyaan dia langsung kepalanya tiduran  di atas meja, kaya orang bosan. Duh, dengar  tingkah  dia di kelas seperti bikin tanda tanya?

Apa kami terlalu memfosir dia untuk belajar? Apa dia bosan? Apa pelajarannya terlalu gampang atau terlalu susah sampai dia tidur-tiduran di kelas. Apa memang seharusnya dia masih sekolah TK aja yaa?

Waktu pembagian rapot juga bikin dag-dig-dug- der, apalagi aku nggak pernah bertemu wali kelasnya sebelumnya. Begitu bu guru lihat Si Kakak, langsung ibunya komentar.

“Vinka setahun lagi sama ibu yaa.” Di kepala langsung terlintas( apa dia nggak naik kelas? Padahal prediksi si Kakak masuk 15 besar, kalau sampai nggak naik kelas, keterlaluan banget.  Si Kakak kudu di ceramahin panjang lebar neh nanti begitu nyampe di rumah)
“Enggak kok Bu, dia rangking satu, pintar dia.” (baru lega, nggak jadi ceramah nanti pulang sekolah).
ambil rapot anak

Tahun ini kembali aku dihadapkan dilema yang sama, bagusnya anak masuk SD umur berapa?kalau dilihat dari kesiapan mental tentu saja usia 7 tahun idealnya, tapi terkadang menuju 7 tahun itu memakan waktu setahun dan membuat usia anak tua di SD.

Belum lagi kalau tinggal di kampung  terkadang ada terdengar nyinyiran tak enak didengar. “Pantas juara kelas kelahiran tahun sekian beda hampir setahun sama yang lain.


Tapi  aku yakin setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk dalam pengambilan keputusan usia berapa anak masuk SD. Yakinlan usia juga menentukan prestasi.
#SatuHariSatuKaryaIIDN

1 comment:

  1. Kalo menurut saya masuk SD lebih baik umur lebih dari 6 Tahun..kalo di bawah 6 Tahun masih waktu untuk bermain

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Pesta semakin Meriah dengan White Bounce house Inflatable Bubble House Tent

     Pesta identik dengan perayaan, baik itu pernikahan maupun acara ulang tahun.  Tujuan diadakan pesta biasanya agar semua keluarga, teman...