Saturday, 25 March 2023

Peluang Bisnis Online untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa


Masyarakat desa seringkali mengalami kesulitan dalam meningkatkan pendapatan mereka. Terkadang, peluang kerja yang tersedia sangat terbatas, dan tidak jarang membawa penghasilan yang minim. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan internet, kini ada peluang baru bagi masyarakat desa untuk memperoleh penghasilan lebih melalui bisnis online.


Peluang Bisnis Online untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa



Salah satu cara paling efektif adalah dengan memanfaatkan marketplace online yang sudah terkenal di Indonesia. Para penjual dapat menawarkan produk-produk unik dan khas dari daerah mereka, seperti hasil pertanian atau kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh masyarakat desa.

Bisnis Jasa Digital

Tidak hanya produk fisik, sekarang ini banyak orang juga membutuhkan jasa digital, seperti pembuatan website, videografi, fotografi, atau desain grafis. Untuk masyarakat desa yang memiliki keterampilan dalam bidang ini, peluang bisnis online semacam ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik.


Produk Pertanian dan Peternakan

Sebagian besar masyarakat desa memiliki keahlian dalam bidang pertanian atau peternakan. Oleh karena itu, bisnis online yang berfokus pada produk-produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya dapat memperoleh penghasilan lebih, tetapi juga membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Strategi Memulai Bisnis Online di Desa

Terkadang, memulai bisnis online di lingkungan pedesaan bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, dengan strategi yang tepat, masyarakat desa dapat membangun bisnis online yang sukses dan menguntungkan.


Contoh Sukses Bisnis Online di Desa

Ada banyak contoh sukses bisnis online di desa yang dapat menjadi inspirasi. Salah satunya adalah adalah akun TikTok milik “sohibcemilan” yang mampu menghasilkan Rp 115 juta setiap harinya menurut KaloData.com. Sungguh luar biasa, bukan?


Selain itu, ada juga akun TikTok lain bernama “Eat Sambal” yang sukses dalam berjualan makanan. Produk yang mereka tawarkan sangat menarik dan kontennya sangat menghibur sehingga wajar jika banyak orang tertarik untuk membeli. Dari satu konten TikTok saja, mereka berhasil mendapat penghasilan sebesar Rp 90 juta per harinya. Ini sungguh mengagumkan!


Mengembangkan bisnis online memang bukan hal yang mudah, terutama bagi masyarakat pedesaan yang masih minim akses dan pengetahuan tentang teknologi dan internet. Namun, dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya yang tersedia, masyarakat desa juga dapat memperoleh pendapatan yang signifikan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.


Layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia merupakan salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk memulai bisnis online mereka. Dengan berbagai pilihan paket internet yang terjangkau, masyarakat desa dapat mengakses internet dengan mudah dan memperoleh kecepatan yang cukup untuk menjalankan bisnis online mereka.


Ada lagi satu benefit menggunakan IndiHome, program Sobat IndiHome (SOBI) memberikan kesempatan kepada masyarakat di daerah terpencil untuk memperoleh penghasilan tambahan. Informasi selengkapnya mengenai program tersebut dapat ditemukan di situs SOBI.


Bisnis online dapat menjadi peluang baru bagi masyarakat desa untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka. Hal ini juga disuarakan oleh situs tekno, dalam menjalankan bisnis online di desa masyarakat perlu memanfaatkan teknologi dan internet untuk mencapai tujuan mereka.


Dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan strategi yang tepat, masyarakat desa dapat menjalankan bisnis online yang sukses dan membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar.


Peluang Bisnis Online untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa


129 comments:

  1. Aih ada disebut Eat Sambal yang sukses dalam berjualan makanan itu ya. Aku tahu Eat Sambal ini dari anakku Alief. Trus dikasih liat akunnya. Kontennya memang seru-seru. Bikin pengen makan sambal ini dan itu. Anakku sampe bilang pengen beli dan bikin. Yang paling dipengenin itu sambal cuminya. Aiiih puasa-puasa ngomongin sambal enak jadi laper haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa bikin konten yang menarik, emang bisa bikin yang nonton jadi penasaran ya mbak. Dari penasaran terus kepengen deh beli produknya

      Delete
  2. mupeenggg sambalnyaaa
    ternyata omzet bisa melejiitt bgt ya.
    jadi inspirasi buat semua ini mah.

    ReplyDelete
  3. ngeri juga yaa omsetnya sampe mencapai puluhan bahkan ratusan juta dalam sehari. keren nih bisnis makanan memang menjanjikan yaa

    ReplyDelete
  4. di era digital ini memang peluang bagus bagi masyarakat desa untuk berbisnis online. Yang penting pake internet cepat, ya

    ReplyDelete
  5. Setuju banget, IndiHome sudah mencapai pelosok tanah air
    Harus digunakan sebaik mungkin untuk meningkatkan perekonomian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata jangkauan IndiHome sudah meluas ya mak, jadi aman juga untuk masyarakat yang di desa mendapatkan internet cepat dari IndiHome.

      Delete
  6. Bersyukur ya internet sudah menjangkau pedesaan karena Indihome. Perkembangan teknologi dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Terutama untuk mendapatkan penghasilan. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  7. Bisnis yang dijalankan secara daring dimanapun berada bakal lancar dengan kehadiran internet yang mumpuni, karena bisa memasarkan juga dan ini kudu dimanfaatkan dengan baik

    ReplyDelete
  8. iya, dengan kemajuan teknologi, walau tinggal di desa pun kini bisa menjalankan bisnis. Ini juga bisa menekan angka urbanisasi setiap tahunnya, para pemuda nggak perlu berbondong-bondong ke kota besar, di desa pun bisa berkarya dan punya banyak penghasilan

    ReplyDelete
  9. Ya ampuuun. Langsung deh meluncur ke akun TikTok Eat Sambat. Asli penasaran, kok bisa sampai 90 juta per hari. Pengen belajar caranya jualan di sana.

    ReplyDelete
  10. Kemajuan teknologi digital bisa memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk bisa maju dan berkembang ya mbak
    Termasuk bagi masyarakat desa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah juga ya mbak masyarakat jadi lebih berdaya dan roda ekonomi berputar dengan baik.

      Delete
  11. sekarang banyak pebinsis online yang lari ke tiktok,d an baca ini tambah percaya. Itulah mengapa beberapa hari lalu lihat kelas affiliate tiktok di serbu para pebisnis online

    ReplyDelete
  12. Ternyata ada banyak juga peluang bisnis online di desa. Sebelum mudik ke kampung halaman saat masih merantau aku sempat ragu lho. Mau bisnis apa ya kalau misalkan pulang kampung dan nggak berniat merantau lagi.

    ReplyDelete
  13. Bisnis online di Desa lebih luas ya kak cakupannya mungkin arena sumber daya alamnya juga banyak jadi bisa lebih diversifikasi jenis bisnisnya

    ReplyDelete
  14. Wow keren banget. Jualan makanan bisa tembus 90 juta sehari. Wajib cobain nih make tiktok untuk jualan online.

    ReplyDelete
  15. TikTok sekarang jadi fitur sosmed andalan yang ga cuman kasih hiburan tapi juga bisa online shopping ya kak. Kita juga bisa dapat cuan dr program reseller/afiliasi. Asal pake internet cepat IndiHome, kita bisa bermedsos sambil cari cuan.

    ReplyDelete
  16. Tergoda banget sama Eat Sambal..
    Dan keren memang layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia . Sebagai salah satu sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk memulai bisnis online mereka yang bikin mereka makin berdaya

    ReplyDelete
  17. Senang rasanya, berkat layanan internet IndiHome dari Telkom Indonesia masyarakat desa pun bisa meraih peluang usaha yang lebih luas ya kk.

    ReplyDelete
  18. Wah aku jadi penasaran sama Eat Sambal, nanti aku coba liat tikyoknya ya.
    Zaman sekarang emang kalau ada modal internet asalkan punya keinginan buat berbisnis yang kuat pasti bisalah ya. Yg penting mulai aja dulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau ada situs SOBI, penasaran gimana cara gabungnya?
      Btw luar biasa banget ya yang jualannya omzetnya bisa puluhan bahkan ratusan juta perhari itu. Jadi mematahkan bahwa di desa pun orang bisa sukses asal punya jaringan internet dan mau berusaha

      Delete
  19. Sering banget lihat eatsambal di tiktok, omset penjualannya ternyata sebesar tu ya. keren banget nih.. semua berkat layanan internet terbaik dari indihome, jadi bisa melebarkan bisnis.

    ReplyDelete
  20. Meskipun di desa, bisa menjadi inspirasi memiliki bisnis online yang menginspirasi ya..
    Dan penghasilannya kini sudah bisa diandalkan apalagi menggunakan internet cepat dan stabil dari IndiHome.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kehadiran internet hidup di desa udah makin enak kalau berkomunikasi dengan rekan bisnis maupun pelanggan yang tinggal berjauhan ya.

      Delete
  21. Nah ini nih walau di desa tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisa bisnis yang lebih luas, apalagi sudah ada dukungan internet yang jaringannya bagus, gak ada alasan lagi deh kalo mau sukses mulai dari sekarang dan banyak belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis zaman sekarang bisa dijalankan dari manapun ya..
      Rasanya tentu membantu sekali dan memudahkan bagi seller atau buyer yang ada di sekitarnya.

      Delete
  22. Sekarang banyak situs online yang bisa buat kita belajar ya mba jadi penasarn juga deh kepingin tau lebih banyak walaupun di Desa bisa juga pilihan untuk belajar

    ReplyDelete
  23. Ikut seneeng kalo di pedesaan pun juga bisa jualan online dan bisa menggerakkan ekonomi sekitarnya, beruntung banget IndiHome menjangkau sampai ke desa2 ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang emang apa2 lebih mudah asalkan ada jaringhan internet yang stabil dan cepat ya. bahkan mau berbisnis di desa pun gampang.

      Delete
  24. Bisnis online benar2 berkembang pesat ya mba. Kalau yg bisa mengikutinya udah go online aja. Offline hanya penunjang. Wah menggiurkan bisnis sambal ya ๐Ÿ˜ dan kalau go online kudu inet kenceng ya mba supaya pemasaran produk lancar

    ReplyDelete
  25. Penasaran sama sambalnya jadi ngilerr pengeen... memang diera digital sekarang kebutuhan internet tinggi mulai tugas sekolah sampai memasarkan produk sangat membantu dengan adanya internet. Internet yg tdk lambat sangat dibutuhkan, indihome sudah yg paling oke

    ReplyDelete
  26. saya sih ngga ragu kalau indihome bisa mengangkat perekonomian di desa2 karena memang koneksinya yang sangat luas dan bisa sampai ke pelosok desa juga yaa

    ReplyDelete
  27. Hasil pertanian di desa justru bagus2 ya Kak tapi sayangnya ada yg 'ditipu' ama tengkulak atau ngijon. Semoga semua warga desa sudah melek internet dan memasarkan produk-produknya sendiri sehingga bisa untung banyak. IndiHome juga udah masuk desa ya, jaringannya paling luas.

    ReplyDelete
  28. Sekarang memang sedang trend berbisnis dari desa. Biaya hidup rendah, upah karyawan masih taraf sedang, tapi harga jual bisa setara dengan harga jual nasional. Apalagi kalau ditunjang internet yg lancar. Wah, rejeki banget tuh.

    ReplyDelete
  29. Senangnya ada jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini
    Bisa membantu masyarakat desa untuk meningkatkan perekonomianya ya mbak

    ReplyDelete
  30. Keren ya program IndiHome yang namanya SOBI ini. Jujur masyarakat pedesaan itu juga punya potensi besar, sayangnya mereka kekurangan fasilitas yang memadai. Terutama internet

    ReplyDelete
  31. Jaringan internet yang cepat selalu dibutuhkan dan dambaan masyarakat,
    karena dampaknya juga positif buat urusan kerja, apalagi berbisnis ya

    ReplyDelete
  32. bisnis di bidang Produk Pertanian dan Peternakan menjadi salah satu bisnis yang paling sering digeluti oleh orang pedesaan. Gimana jadinya kalau pertanian dan peternakan cara pemasarannya secara digital? pasti akan lebih bisa menjangkau banyak pelanggan

    ReplyDelete
  33. Baru tahu nih tentang program Sobat IndiHome, jd penasaran. Siapa tahu bs menjadi jalan nih untuk mendapatkan cuan dari online.

    ReplyDelete
  34. Asal mau konsisten bisa menghasilkan lebih dari yang dibayangkan ya, Kak. seperti Eat Sambal, ga nyangka hanya dengan tiktok bisa sampai 90 juta omsetnya. (sugianto)

    ReplyDelete
  35. kuncinya tuh hrs kreatif, jeli lihat peluang dan konsisten y kalo mau sukses di bisnis online jaman now tuh

    ReplyDelete
  36. wah mau infoin ah buat sodara aku di manado, pas memang ada yg lg merintis bisnis siapa tahu bisa coba dioptimalin dgn manfaatin koneksi internet dari indihome

    ReplyDelete
  37. Karena zaman sdah digital, jadi gak masalah ya..
    Mau menjalankan bisnis dari mana aja, yang penting selalu tersambung dengan internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan paketnya pun ada ya teh, bisnis dari mana aja lancar karena inetnya cepat

      Delete
  38. Semoga makin banyak pebisnis desa yang cuan ya dengan pengadaan layanan internt yang makin berkualitas dan sinyal yang kencang!

    ReplyDelete
  39. Alhamdulillah ya Indihome sudah merambah desa sehingga makin banyak akses untuk menjual produk pedesaan ke seluruh Indonesia

    ReplyDelete
  40. auto klik backlink situs sobi, hehehe. ternyata program afiliasi yaaa, seru nih pengen nyobain juga tapi harus pasang IndiHome dulu ya, hehehe. auto ganti dong

    ReplyDelete
  41. Sohib cemilan, emang ya mesti kreatif memanfaatkan kemajuan teknologi untuk sarana berbisnis. Jadi walau tinggal di desa, asal koneksi internet kenceng, tetap bisnisnya bisa lancar

    ReplyDelete
  42. peluang bisnis online bisa didapatkan oleh siapapun asal memanfaatkan teknologi canggih dan berpikir out of the box atau kreatif

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah ya dengan kecanggihan teknologi canggih -- semakin merambah ke pedesaan dan bisi nis online pun sedikit demi sedikit semakin mereka bisa menguasainya. Aamiin.

    ReplyDelete
  44. Ide bisnis no 1, bisnis jasa digital, ini bener-bener gak terbatas lokasinya. Mau di desa pun kalau produknya oke bakal laris manis karena orang butuh jasanya aja kan. Dan notabene, semua by online.

    ReplyDelete
  45. Konten is the King memang ya, dan selain itu memang harus konsisten dan ketersediaan Internet yang mumpuni. Kecanggihan teknologi ini bisa menjadi peluang bagi siapapun dan dimanapun.

    ReplyDelete
  46. Wah keahlian dalam bidang pertanian atau peternakan ini penting banget dikembangkan dan berpeluan bisa dijadikan bisnis online. Bisa memajukan UMKM banget, nanti tinggal menggunakan internet cepat buat pemasaran onlinenya.

    ReplyDelete
  47. Walaupun tinggal di desa, kalau untuk jaringan internet cepat tetap bisa terpenuhi ya mak. Apalagi untuk para pelaku usaha kecil, karena dengan adanya internet cepat jadi lebih mudah untuk memperluas bisnisnya ya.

    ReplyDelete
  48. Syukurlah ya, sekarang berbagai pilihan paket internet sudah bisa menjangkau di kalangan masyarakat desa. Sehingga masyarakat desa dapat mengakses internet dengan mudah dan memperoleh kecepatan yang cukup untuk menjalankan bisnis online mereka.

    ReplyDelete
  49. Peluang bisnis sekarang makin banyak yah asalkan didukung internet yang kenceng dan stabil

    ReplyDelete
  50. Menajalankan bisnis di desa bisa menjadi andalan dan tepat sasaran kalau strateginya oke juga. Terutama bisnis online. Perlu menggunakan digital marketing yang oke dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  51. Dengan berkembangnya jaman, bisnis di dunia digital semakin berkembang. Bahkan makin maju dan membuka banyak peluang usaha. Sesuatu yang tak kita bayangkan sebelumnya ya mba

    ReplyDelete
  52. Kalau aku malah tahu bisnis online tuh dari desa. Sekarang sih makin berkembang ya soalnya ada sosial media juga. Jadi siapa pun sangat berpeluang untuk menghasilkan cuan

    ReplyDelete
  53. Sukses berbisnis tak hanya dominasi orang kota aja doong.. masyarakat pedesaan pun bisa mengembangkan potensinya. Promosi sekarang bisa melalui media online. Berkat dukungan internet yang stabil, sukses bisnis online sekarang bisa diraih oleh siapa saja, dimanapun lokasinya.

    ReplyDelete
  54. Sekarang emang banyak banget bisnis online yang dapat kita gunakan dan bisa dilakukan di mana saja termasuk di desa asal internetnya kencang

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillah ya, adanya internet cepat dan stabil dari IndiHome ini bisa membuka peluang bagi masyarakat desa
    Mereka bisa punya peluang meningkatkan perekonomiannya

    ReplyDelete
  56. Bisnis online sekarang sudah mulai berkembang pesat ya, di daerah-dawrah juga sudah mulai melek teknologi soalnya. Masayrakat desa sudah tahu ilmu tentan bisnis online yang berpeluang menghasilkan

    ReplyDelete
  57. Meski di desa, tapi bisnis online masa kini bisa dilakukan dimana saja dengan memanfaatkan jaringan internet cepat dan stabil. Salut banget bagi yang berkemauan keras mencari peluang bisnis yang sesuai.

    ReplyDelete
  58. Apa saja bisa dilakukan dengan internet sekarang
    Justru jadi kebutuhan pokok
    Makanya sangat senang jika ada yang memanfaatkan internet untuk jauh lebih produktid menghasilkan barang dan jasa lalu dikonversi ke uang

    ReplyDelete
  59. Setujuu dengan adanya internet masuk desa apalagi indihome bisa menjangkau pelosok memberi angin segar bagi masyarakat pedesaan krn mereka bs mrmasarkan produk scr online

    ReplyDelete
  60. Ya ampun sering lewat TL ku ini akun TikTok milik “sohibcemilan” , ternyata mampu menghasilkan Rp 115 juta setiap harinya menurut KaloData.com. Keren habis ya jika bisa memanfaatkan peluang bisnis online

    ReplyDelete
  61. Sekarang dunia bisnis digital uda bisa merambah ke desan ya soalnya kan internet juga labcar jaya sampe ke pelosok. Jadi bisa meningkatkan peluang usaha ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Tinggal kasih ilmu, perbanyak literasi digital, kuyakin mereka juga gak kalah dengan yang tinggal di kota

      Delete
  62. era teknologi digital membuka peluang bisnis online terbuka untuk semau masyarakat termasuk yang ada di pelosok desa

    ReplyDelete
  63. Eat Sambal emang sering muncul nih iklannya di beranda tiktok ku. Emang menjanjikan banget peluang bisnis ini kalau kita mau menekuninya. Bisa memperoleh penghasilan yang Waw dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnis online yang menjanjikan dan bisa ditiru dari segi konsep hingga digital marketing yang bagus.

      Delete
  64. Sekarang ini mau berbisnis makin mudah ya mbak. Nggak terbatas aja orang kota, tapi masyarakat pedesaan pun sudah bisa berjualan dengan cara online. hadirnya infrastruktur seperti internet ini sangat penting banget dalam perkembangan bisnis online. So far, penggunaan Indihome emang bagus, kalau ada keluhan langsung ditanggapi. Semoga dengan program Sobat Indihome makin banyak masyarakat desa yang bisa berbisnis online.

    ReplyDelete
  65. Perkembangan era digitalisasi membuka kesempatan bagi siapapun untuk merintis usaha tdk terkecuali beebisnis online bagi masyarakat yg ada di pelosok desa. Yg penting sdm nya produktif dan mau bekerja keras

    ReplyDelete
  66. Alhamdulilah ya mbak, makin ke sini bisnis online bisa dijadikan salah satu tempat berjualan untuk UMKM apalagi dengan internet yang sudah merambah dari kota sampai desa. Jadi bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat perkotaan dan pedesaan

    ReplyDelete
  67. Wah luar biasa sekali bisa menghasilkan Rp 115 juta dalam sehari. Digital kalau dimanfaatkan dengan baik, bisa menambah pendapatan. Makasih mba

    ReplyDelete
  68. Udah apapun jika ditekuni dengan disiplin dan kerja keras insyaallah menghasilkan ya. Ditambah adanya jaringan internet masuk desa, semakin memudahkan kita untuk melakukan apapun termasuk bisnis, informasi dan pemasaran

    ReplyDelete
  69. Dengan adanya internet, sekarang jadi lebih mudah ya mendapatkan penghasilan. Termasuk di pedesaan juga. Asalkan daerahnya sudah terjangkau internet.

    ReplyDelete
  70. Kalau ada fasilitas internet yang kenceng, bisnis dari desa pun tak jadi masalah. Malah bisa makin ramai dan banyak pelanggan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Malah terbilang hemat sih kayanya. Di desa tetap bisa ngatur ini itu kalau internet dan jaringannya lancar

      Delete
  71. Adanya jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini benar benar memberikan banyak peluang ya mbak
    Termasuk bagi masyarakat desa
    Mereka bisa meningkatkan perekonomiannya dengan bisnis online

    ReplyDelete
  72. jadi inget kalau tetangga sekarang bisa bisin sekam dan pupuk kompos sejak pandemi lalu itu. terus sekarang semakin ramai di jual online. internet emang luar biasa impactnya, ya.

    ReplyDelete
  73. memang bagus ya mba berbagai kesempatan untuk memajukan perekonomian di pedesaan dengan berbagai kesempatan yang kita miliki sekarang di era digital

    ReplyDelete
  74. Beneran ada ya yang sukses di Tiktok, Youtube dari anak nak muda milenial sekarang pada mudah cari uang di media online meskipun dari desa, kampung asalkan punya jaringan internet dan tekun bisa berhasil

    ReplyDelete
  75. Sekarang masyarakat di pedesaan sudah akrab juga dengan internet yaaa. Jadi semakin banyak produk UMKM dan usaha kecil yang juga dipasarkan. Apalagi yang sudah mahir Tiktok, wuih seru banget lihat LIVE yang bikin peyek hihi

    ReplyDelete
  76. Makin marak bisnis online, harus bisa memanfaatkan peluang ya apalagi pemsarannya juga jadi lebih meluas kalau secara online. Wah IndiHome ternyata pynya layanan yang membantu masyarakat terpencil untuk dapatkan tanbahan ya lewat situs SOBI

    ReplyDelete
  77. Setuju banget, kehadiran internet tuh penting banget buat memperluas usaha online ya mak. Mau di desa ataupun di kota, kayanya emang butuh koneksi internet cepat yaaaaa

    ReplyDelete
  78. Aaah ya aku suka nonton eat sambal sama oelek juga lucu lucu kontennya
    Sekarang mau berbisnis makin mudah ya, masyarakat pedesaan pun sudah bisa berjualan dengan cara online. Senangnya lagi disupport dengan hadirnya infrastruktur seperti internet, penting banget dalam perkembangan bisnis online.

    Salut sama Indihome, kalau ada keluhan langsung ditanggapi. Semoga dengan program Sobat Indihome makin banyak masyarakat desa yang bisa berbisnis online.

    ReplyDelete
  79. Inget banget deh awal2 pasang IndiHome banyak keluhan tapi ketika keluhan itu disampaikan langsung ditindak sih memang

    ReplyDelete
  80. Bagus ya, sekarang bisnis online engga cuma di kota aja, di desa juga bisa... Berkat indihome...

    ReplyDelete
  81. Senangnya kini ada peluang baru bagi masyarakat desa untuk memperoleh penghasilan lebih melalui bisnis online. Dan IndiHome mendukung dengan menyediakan fitur dan fasilitas untuk menunjang mereka berkembang

    ReplyDelete
  82. Alhamdulillah ya mbak, sekarang internet sudah masuk ke pedesaan dan ini memudahkan umkm melakukan usaha rumahan. indihome memang sebagus ini ya sinyalnya bisa diakses di mana saja

    ReplyDelete
  83. Barusan saya lihat WA Story sepupu yang sedang menjual jasa undangan digital. Sepupu saya tinggal di pedesaan. Ternyata, undangan digital pun sudah mulai akrab di pedesaan. Karena internet, nih

    ReplyDelete
  84. Memulai usaha digital di pedesaan ini memang jadi tantangan. Tapi banyak juga desa yang berhasil mengembangkannya dan mendapat banyak keuntungan, mba.

    ReplyDelete
  85. Perkembangan internet yang cukup signifikan seperti ini, membuka banyak peluang bagi siapa saja ya mbak
    Termasuk bagi masyarakat pedesaan

    ReplyDelete
  86. Alhamdhulilah semenjak internet udah menjangkau desa maayarakat desa pun bisa bwedaya ya mak. Tinggal memaksimalkan prosuk bikin konten yg bagus insyaallah bisa laku

    ReplyDelete
  87. Saat ini bisnis online memang bukan saja milik masyarakat kota saja tetapi sekarang juga sudah sampai ke pedesaan. Semoga IndiHome juga sudah sampai ke pelosok ya agar internet cepat terkoneksi

    ReplyDelete
  88. IndiHome kini makin banyak inovasinya
    Tidak sekedar layanan provider semata
    Ah jadi bangga sebagai penggunanya

    ReplyDelete
  89. Bukan hanya yang di kota aja yang bisa bisnis sekarang ini
    Di desa pun juga ga kalah untuk mencari peluang bisnis, apalagi dengan memanfaatkan sosial media dan rajin promosi

    ReplyDelete
  90. Banyak usaha di desa yang sebenarnya peluangnya bagus ya mak untuk dimanfaatkan. Apalagi jika memanfaatkan teknologi internet

    ReplyDelete
  91. Sahabat indihome bagus dan aku sukaak indihome makin bagus pelayanan dan paket2 internet yang diberikan beragam sesuai perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  92. Aku dan keluarga udah memanfaatkan service IndiHome sejak akhir 2019 sampe sekarang. Bayarnya ngga murah tetapi sepadan dengan layanan yang didapatkan.

    ReplyDelete
  93. bener banget nih banyak produk UMKM yang bangkit dari desa dengan modal internet, bisa merajai bisnis hingga ekspor bahkan

    ReplyDelete
  94. Keren,indihome cakupannya sekarang uda jauh lebih luas ke penjuru pelosok daerah lho ya.

    ReplyDelete
  95. Penghasilan perharinya wow banget, emang sih yaa kalau bisa bikin video yang menarik dan bikin penasaran tuh ngaruh banget.
    Emang ya, hadirnya internet tuh banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
  96. Manteb banget yaa "sohibcemilan” mampu menghasilkan Rp 115 juta per bulan dari bisnis online. Bener bisa jadi solusi mendapatkan penghasilan yaa

    ReplyDelete
  97. Memang berjualan secara online itu butuh strategi ya, Mbak. Apalagi kalau domisili di desa, harus pintar-pintar membuat strategi marketing-nya.

    ReplyDelete
  98. You're so cool! So nice to find article like yours, its so great man!! Keep doing it

    ReplyDelete
  99. I needed to thank you for this great read!! I definitely enjoyed it. Write more

    ReplyDelete
  100. I must say you have written a great article. A must read post that need to bookmarked

    ReplyDelete
  101. Great post here with all of the valuable information you have. keep writing article

    ReplyDelete
  102. You know, many people are looking round for this info, you could aid them greatly.

    ReplyDelete
  103. There is definately a great deal too find out about this topic.

    ReplyDelete
  104. I love all of the points you have made.

    ReplyDelete
  105. Heya i’m for the first time here. I found this board and I find It truly useful

    ReplyDelete
  106. I hope to give something back and help others like you aided me.

    ReplyDelete
  107. All your hard work is much appreciated.

    ReplyDelete
  108. Very nice write-up. I absolutely appreciate this website. Keep writing!

    ReplyDelete
  109. i am genuinely happy to read all at alone place.

    ReplyDelete
  110. I have got much clear idea regarding from this piece of writing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Having read this I believed it was really enlightening.

      Delete
  111. I am very enjoyed for this blog. Its an informative topic.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Service Motor 8 Bagian ini Wajib Dicek

Selama 6 tahun punya motor matic, aku sama sekali nggak paham bagian-bagian motor yang harus diperhatikan, taunya cuma pake aja.  Bahkan ban...