Friday, 18 May 2018

Persiapan Puasa Pertama Shidiq

Bulan ramadhan kali ini bulan ramadhan pertama buat shidiq belajar puasa mengingat usianya yang menginjak 6 tahun. Tahun lalu sebenarnya Shidiq sudah kucoba ajak untuk puasa, tapi dianya malas-malasan, disuruh bangun sahur nggak bangun, pokoknya drama banget deh.

Beda banget dengan waktu ajarin kakaknya puasa. Meski ada dramanya juga tapi nggak seheboh dramanya yang Shidiq bikin.


Kebetulan habis baca tulisan mbak Ophi Ziadah yang berjudul lMendampingi Si Kecil Menyambut Ramadhan. Jadi terinspirasi nulis tentang persiapan puasa pertama Shidiq

Kali ini juga tetap ada dramanya juga diajak puasa. Aku harus jawab pertanyaan Shidiq kenapa kita harus puasa? Kenapa harus shalat?Apa manfaatnya.

Sampai harus setel lagu Bimbo yang berjudul Anak Bertanya Pada Bapaknya berulang kali,  biar dia ingat lapar mengajarkan dia untuk rendah hati selalu dan cerita tentang anak-anak kurang beruntung di Belahan bumi lain, yang kelaparan hingga harus makan rumput atau bahkan meninggal karena kelaparan atau kedinginan.

Belum lagi drama merengek minta buka, sebentar-sebentar tanya jam berapa? berapa jam lagi Shidiq harus puasa sambil nangis dibuat-buat.

Padahal secara fisik berdasarkan pengamatan hari pertama dia puasa, Shidiq sanggup untuk puasa full sampai Magrib. Secara kemaren dia pas buka bada Dhuhur dia hanya makan jagun rebus,plus susu dan keju minum putih habis tuh nggak mau makan apa-apa lagi sampai Magrib. Sementara aktivitas bermainnya nggak berhenti, nggak mau bobo siang, on truss pokoknya.

Jadi hari ini aku melakukan beberapa persiapan agar puasa Shidiq bisa full.
Persiapan bangun sahur
Kalau tahun lalu memang dia sama sekali nggak mau bangun, kalaupun udah bangun nggak mau makan. Untungnya tahun ini ada acara film kartun baru di televisi, yang jam tayangnya pas waktu shahur. Ini memotivasi Shidiq untuk bangun sahur cepat, biar bisa nonton film 😀

Dampingi anak sahur
Penting banget untuk memastikan dia menghabiskan makanannya sebelum imsak.
Jika perlu tiap sahur sediakan selalu makanan favoritnya. Jadi dia semangat makan sahur dan puasa.
Seperti hari ini, Shidiq terlalu asyik menonton  sampai lupa nguyah makanannya (nguyahnya lama banget), alhasil hanya beberapa suap aja dia makan.

Isi waktu luangnya dengan kegiatan positip. Nunggu waktu buka itu bisa terasa sangat panjang, apalagi untuk anak yang pertama kali berpuasa. Makanya penting banget bikin kegiatan yang menarik sehingga dia nggak selalu sibuk menghitung waktu berbuka.

Kalau aku kemaren, biar Shidiq lalai dan lupa dia lagi puasa, aneka permainan yang selama ini biasanya disimpan di gudang akhirnya aku keluarkan semua spesial ramadhan ini.

Jangan tanya berantakannya, cukup bikin pusing kepala lihatnya tapi yang penting anaknya bahagia dan tujuan utama mengalihkan perhatiaannya dari rasa lapar berhasil.

Kalau dia mulau bosan dengan mainannya, masih ada satu kegiatan yang paling Shidiq suka dan nggak merasa bosan yaitu menggambar dan mewarnai.

Apalagi kalau menggambar robot atau mewarnai tokoh superhero, selain itu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menunggu waktu berbuka bisa diisi dengan membacakan buku cerita favoritnya.

Jangan lupa beri hadiah setiap hal positip yang dilakukan anak, termasuk ketika dia belajar untuk puasa berikan dia hadiah. Baik itu hadiah berbentuk pujian maupun hadiah berbentuk barang, nggak harus mahal asal sesuai kesepakatan dengan anak.


Yaa mudah-mudahan dengan beberapa tips tadi Shidiq bisa puasa full hari ini tanpa drama pura-pura lupa terus minum air. Kalau kalian punya tips apa agar anaknya sukses belajar puasa?

2 comments:

  1. shidiq seumuran paksi niih, lg mulai belajar full puasa jugaa...semoga lancar yaa

    ReplyDelete
  2. Yuk Gabung di Mgmbet77.com
    Min.depo Rp.100.000
    Bonus Member baru 20%
    Bonu Harian 10%
    Aman & Terpercaya hanya di
    Mgmbet77.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal