Monday, 1 October 2018

Gaya Hidup Sehat di Keluargaku

Baca postingan mbak Wian mengenai Hidup Lebih Baik dengan Kebiasaan Sehat,  membuatku sadar pentingnya hidup sehat.

Memang untuk menjadi sehat kita harus mau untuk membuang kebiasaan buruk, termasuk terlalu sering  jajan di luar karena  kita tidak tahu komposisi, kualitas dan kebersihan jajanan yang kita beli.

Memasak  Sendiri

Apalagi sejak mengetahui anak-anakku ternyata memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung penyedap. Membuatku harus rajin untuk menyiapkan bekal untuk mereka ke sekolah jadi mereka tidak akan jajan sembarangan di sekolah.

Nggak hanya itu di rumah pun untuk makanan sehari-hari, lebih sering aku masak daripada membeli masakan siap saji, selain bisa lebih hemat dengan masak sendiri kita pasti lebih sehat.

Makan Sayur dan Buah

Selain itu aku juga membiasakan anak-anakku untuk makan sayur dan buah-buahan karena kurang serat bisa menyebabkan ganguan pada sistem pencernaannya. Padahal  di masa tumbuh kembangnya, kesehatan sangat penting demi menunjang hasil yang optimal.

Aku jadi teringat, cerita seorang teman yang anaknya harus bolak-balik ke dokter, dan sudah diresepkan berbagai jenis obat oleh dokter yang berbeda-beda. Kemudian anaknya tersebut dibawa berobat ke luar negeri dan diagnosa dokternya hanya satu, kurang serat karena kurang makan sayur dan buah-buahan.

Kurang serat juga bisa  juga menyebabkan kita kekurangan energy, mudah merasa lapar (karena dengan serat membentuk bahan seperti gel di saluran pencernaan dan memperlambat penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah), sulit  buang air besar serta kesehatan yang menurun.

Minum air putih

Selain itu aku juga memastikan anak-anak untuk  selalu minum air putih tiap waktu makan, saat mengonsumsi camilan, ketika mereka bermain dan ketika cuaca sangat panas, karena dengan  minum air putih dapat  menghindari dari dehidrasi,  mengurangi rasa lelah, meningkatkan mood, meredakan sakit kepala, mengeluarkan  racun-racun di tubuh, sangat baik untuk pencernaan dan masih banyak manfaat lainnya.

Istirahat yang Cukup

Istirahat dan tidur yang cukup membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang sehat. Dengan tidur dan istirahat yang cukup dan berkualitas membuat kita tetap aktif sepanjang hari.

Orang yang kurang tidur cenderung menjadi kurang produktif di sekolah dan tempat kerja.

Untuk orang dewasa disarankan untuk tidur sebanyak 7-9 jam sehari, remaja 14-17 tahun 8-10 jam/hari,anak usia 6-13 tahun 9-11 jam/hari,dan balita usia 3-5 tahun 10-13 jam/hari.

Menghindari Rokok

Anak-anakku paling sering terkena penyakit batuk dan pilek kata dokter hal ini bisa disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah juga  serta bisa juga karena sering terkena paparan asap rokok.

Dengar penjelasan dokter aku jadi ngelus dada sendiri, karena di tempatku masih banyak orang yang suka merokok di kawasan umum. Di warung kopi, rumah makan, café-café seolah menjadi kawasan bebas asap rokok.

Gimana mau sehat kalau asap rokok ada dimana-mana. Daripada sakit yaa lebih baik dihindari.

Olahraga

Ini yang sedikit sulit buatku, aktivitas yang padat kadang-kadang bikin males berolahraga, tapi setelah melihat anak-anakku sering latihan taekwondo jadi jarang sakit.

Aku juga jadi sering mencoba olahraga yang ringan, seperti  berjalan tanpa alas kaki di antara berbatuan di halaman rumah,  lari di tempat, bersepeda atau olahraga ringan lainnya sambil bermain dengan si kecil atau ketika menunggu masakan matang.


Itu tadi pola hidup sehat yang kuterapkan dalam keluargaku, bagaimana pola hidup sehat dalam keluargamu?

8 comments:

  1. tips hidup sehat buat jomblo dong

    ReplyDelete
  2. Kemarin itu sempat ngobrol sama kerabatku. Dia bilang nggak suka sayur tapi suka buah. Nah, gini ini menyesatkan sih. Karena dia merasa buah sudah mencukupi kebutuhan tubuhnya. Padahal beda kan buah dan sayur.

    ReplyDelete
  3. sama kok, di keluargaku juga begitu
    ayah ibu sepedaan, minimal 3x seminggu
    aku zumba 2x seminggu
    sayuran tentuuu

    tapi ya gitu, ayah mash ngerokok
    ditegur malah ngambul
    yaweslah, biar Allah yang negur dalam cara yang baik

    ReplyDelete
  4. Aku dulu gak begitu peduli sehari makan ada sayur/buah gak...
    Tapi sekarang...karena sudah 30+ jadilaah...must have item.
    Hiihii...kalo gak makan sayur atau buah, berasa sekali di badan ada yang kurang.

    ReplyDelete
  5. Aku sekarang sangat perduli dengan kebutuhan air putih. Secara banyak diluar terkadang lupa sama minum aer putih. Jadi selalu bawa botol sendiri dan lengkap dengan takarannya. jadi udah pas sama kebutuhan tubuh

    ReplyDelete
  6. Yes..memasak sendiri jauh lebih sehat..membuat bumbu juga sebaiknya ..bikin sendiri karena beli bumbu jadi di pasar..itu nggak higienis dan bisa jadi pakai bahan pengawet..

    ReplyDelete
  7. Sayang banget.. lagi ga Punya alat masak... Hiks aku udah lama nggak masak sendiri..

    ReplyDelete
  8. aku juga mesti menerapkan gaya hidup sehat nih .. secara aku suka males minum aer putih gak ada rasanya. plain gitu loh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal