Wednesday, 2 September 2015

Keumamah, Mantap Banget Buat Ibu Hamil

Sebenarnya tulisan ini buat helloacehku, tapi kontributor lain udah ada yang bahas rupanya. Yaa sudahlah, lebih baik posting di blog sendiri aja deh biar pada tau resep hebat orang Aceh. Ikannya ikan kayu, minumnya es batu, sayurnya sayur paku :)
Berhubung lagi suka sama yang asam-asam tapi pedas aku kenalin menu ikan kayu atau keumamah yang mantap banget kalo dimasak dengan asam sunti, cabe hijau, ditambah santan juga oke.
Keumamah atau ikan kayu adalah  menu masakan tradisional khas Aceh yang bergizi dan tak lekang oleh zaman. Disebut ikan kayu karena teksturnya yang keras  seperti kayu akibat proses perebusan dan pengasapan  serta  dijemur diterik matahari. Hal ini dilakukan agar ikan  dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
 Keumamah dikenal juga dengan sebutan masakan perang  karena sifatnya yang tidak mudah basi, mudah dibawa-bawa, awet dan yang paling mengesankan dari menu masakan yang satu ini. Semakin  sering masakan ini dipanaskan rasanya akan menjadi semakin nikmat dan menguggah selera dan yang paling penting bergizi.
Bahan baku  yang digunakan untuk membuat ikan kayu biasanya eungkot sure atau Ikan tongkol.  Mertuaku biasa membuat ikan kayu ini dengan cara membersihkan ikan tongkolnya terlebih dahulu kemudian  ikan yang telah dibersihkan diletakkan di atas wajan yang telah dilapisi dengan  daun belimbing wuluh dan dimasak tanpa tambahan  apapun. Setelah Ikan masak  kemudian  dijemur di terik matahari dan tak lupa  dibalik-balik agar keringnya merata. Setelah ikan kayu cukup kering bisa langsung disimpan difreezer. Tapi jika tidak disimpan dikulkas  harus sering diangin-anginkan kemudian dilumuri   dengan tepung  untuk mencegah proses penjamuran.

proses perebusan (abaikan warna wajan yg nggak karuan)
Biasanya kalo sudah disimpan lama, ikan kayu yang mau diolah harus diredam air panas dulu agar ikan kembali lunak dah mudah untuk disuwir-suwir tipis. Kalau mau resep keumamah ntar kushare, kalau udah ketemu foto keumamah yang udah masak properti sendiri :)

12 comments:

  1. keumamah... my favorite kak... apa lagi pake suntii...begh,,,,

    ReplyDelete
  2. jadi penasaran sama hasilnya mbak, jadi kayak rendang ya, semakin sering dipanasin jadi makin enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kaya rendang semakin sering dipanasin makin enak :), tapi lebih praktis bikin ini

      Delete
  3. Oiya bisa bikin sendiri ya kak? Dulu seringnya beli ikan kayu yang udah jadi.. tinggal diolah mau dimasak apa.. biasanya masak tumis pake asam sunti dan cabe ijo.. memang mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kirain bikin kayu itu susah, pas lihat ibu mertua bikin ternyata mudah, iya mantap banget neh

      Delete
  4. jadi penasaran juga gimana rasanya ikan yang kayak pindang (menurutku,lo) bisa dibiikin masak dikecap gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, tapi kalo diAceh familiarnya ikan kayu ditumis sama belimbing wuluh yang sudah dikeringkan menjadi asam sunti ditambah cabai ijo

      Delete
  5. omg....aku kangen ikan iniiiii ^o^.. pas masih tinggal di aceh, mama srg masakin ikan kayu..dimasak gule aceh yg pedes dan asem gurih ^o^.. hiks, ga nemu lg menu bgitu di sini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga sekarang dijual keumamah kemasan plus bumbunya, tapi tetap soal rasa lebih mantap kalo bumbunya diolah sendiri jadi banyakin asemnya atau pedesnya

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...