Thursday, 16 June 2016

Beberapa Pantangan Setelah Melahirkan Normal

Mumpung pengalaman ini baru saja ngalaminnya, yaa lebih baik ditulis diblog aja deh, biar nggak lupa.
Setelah melahirkan kata orang semua rasa sakit seperti yang pernah kutulis di sini akan hilang ketika babynya lahir. Well my friend, pengalaman tiga kali melahirkan normal di bidan hal itu ternyata tidak sepenuhnya benar.
Setelah melahirkan itu pasti ngalamin sakit perut yang lumayan sakitnya kaya kontraksi pas mau melahirkan apalagi pas awal -awal dek bayinya ASI, perut sakit luar biasa. 
Makanya kemarin, aku dibekalin obat paracetamol yang berfungsi juga sebagai pengurang rasa sakit, amoxcilin dan vitamin.
Bengkak di tangan alhamdulillah hilang pas udah lahiran, tapi bengkak di kaki tetap setia, belum lagi sakit pinggang setelah hari kelima setelah lahiran akhirnya mutusin untuk panggil tukang pijat khusus untuk orang lahiran (biasanya dipijat selama tiga hari, berturut-turut selama kurang lebih setengah sampai satu jam sekali pijat, biayanya karena tetangga jauh dan nggak mau nyebutin harga akhirnya kami bayar sekali pijat 50rb)
Biasanya tukang urut juga urut bagian perut, naikin perut ( tapi ini nggak dibolehin  sama dokter yaa, karena rahim kita setelah melahirkan masih lemah salah pijat malah jadi tambah masalah).
Dari tukang pijatku, akhirnya aku tahu ada hal yang sebaiknya dihindari buat ibu yang baru melahirkan normal (dulu seh nggak terlalu peduli hal ginian, tapi mungkin karena faktor usia badan berasa rontok semua jadi kali ini benar-benar merhatii pantangan setelah melahirkan seperti:
1.Jangan terlalu banyak duduk karena bisa menyebabkan  sakit pinggang.
2. Jangan duduk dengan kaki menjulur ke bawah dan terlalu lama berdiri bisa menyebabkan kaki bengkak.
3. Makan dan minum jangan berlebihan, karena usus ibu yang baru melahirkan belum berfungsi secara normal kalau tetap nekat malah bisa ambein loh. Khawatir asupan gizi  berkurang dan ASI nya nggak lancar jika makan sedikit. Sebaiknya perbanyak makan buah dan sayuran biar BAB (Buang Air Besar) tetap lancar.
4. Jangan jongkok, ini penting banget terutama bagi yang melahirkannya mendapat jahitan, untuk menghindari jahitannya terbuka.
5. Jangan membungkuk, selain bisa menyebabkan sakit pinggang, kebiasaan membungkuk, duduk dan berdiri tidak tegak bikin badan cepat bungkuk.
6. Jangan membaca, kebiasaan ini yang sulit untukku hindari hasilnya mata lebih cepat perih dan sakit dari pada membaca sebelum melahirkan.
Yaa itulah kebiasaan  yang sebaiknya dihindari setelah melahirkan normal

20 comments:

  1. Waah alhamdulilah ya mbak tiga kali lahiran normal.Saya juga anak ketiga ini pengin lahiran normal seperti dua kelahiran sebelumnya.Tetapi kok saya jadi deg degan ya sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa tuh mbak saya juga menjelang lhran bawaan khawatir bkl normal nggak neh, moga sehat terus dan lahirannya nanti normal yaa mbak nunung

      Delete
  2. aku memang takut untuk jongkok sampai satu bulan kayaknya, saking ngerii itu jaitan bakal kenapa2... selamat ya mak buat kelahiran bayinya semoga sehat selalu. aamiin.

    ReplyDelete
  3. baru tahu kalo duduk dengan kaki menjulur ke bawah dan terlalu lama berdiri itu bisa menyebabkan kaki bengkak, padahal saya suka banget melakukan itu pas habis melahirkan dulu..

    wah selamat atas kelahiran anak ketiganya yah Mba, sehat terus ibu dan baby-nya, amin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergatung bawaan ibunya jg mbaj, wktu anak kedua nggak ad bngkakm pas anak ktg ini recoverynya lmyn lm, hrs dpjt dk br kwkinya nggak bngkakm aamiin

      Delete
  4. Pengalaman istri saya ... 3 kali melahirkan. 1 normal 2 sesar.
    Yang normal saya tidak ingat lagi, apa istri saya mengalami kesulitan setelah bersalin atau tidak ...
    namun yang sesar ? saya ingat sekali ... Istri saya harus selalu berhati-hati untuk menjaga perutnya. Agar jahitan yang asih baru tidak terganggu. Dan menurut pengakuan istri saya ... ini lumayan perlu perhatian yang ekstra

    Salam saya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,berarti mau melahirkan normal maupun sesar tetap soal jahitan baik di perut maupun di organ vital perlu dijaga dan mendapat perhagian ekstsk yaa om

      Delete
  5. Aku sesar 2x. Gak ngrasain gimana kalo normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesar atau normal yang penting anakbya sehat mbak

      Delete
  6. Aku sesar 2x. Gak pernah ngrasain normal

    ReplyDelete
  7. ah ini penting banget, sebenernya aku masi penasaran yang dijahit itu klo buat bak sakit ga ya *maklum belum ada pengalaman

    ReplyDelete
  8. Wah ngeri juga mbak kalau terlalu lama berdiri bisa menyebabkan kaki menjadi bengkak, itu diakibatkan karena apa ya mbak (maklum saya belum terlalu mengerti) ?

    ReplyDelete
  9. Banyak makan makanan berserat juga membantu mnegurangi resiko konstipasi mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya juga jd lbh bnyak mkn buah dan sayur

      Delete
    2. Iya mbak, saya juga jd lbh bnyak mkn buah dan sayur

      Delete
  10. WOW 3 kali normal, mantap.
    Aku juga mba melahirkan anak pertama (memang baru satu) secara normal di bidan.
    Karena saya baca-baca diforum forum ibu hamil jika melahirkan normal dimanapun tak masalah baik dengan bantuan bidan maupun dokter.
    Kalau aku kemarin yang agak bermasalah kok luka jahitan yang agak lama keringnya dan suka sakit kalau duduk, entah sepertinya kelebihan benang atau gimana hahaha, saya pasrah saja, yang penting sekarang sudah kering dan kembali seperti normal lagi walau jelas sudah berbeda dengan saat sebelum melahirkan.
    Dulu, waktu baru melahirkan saya sempat menggigil kedinginan di pagi hari, padahal saya juga ikutan berjemur sambil menjemur bayi saya kala itu. Namun disarankan orangtua minum jamu (ya walau beras kencur jahe) hahaha karena saya tidak menyukai jamu jadinya agak mendingan deh gak kedinginan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda orang, beda prngalaman yaa, tapi memang setelah melahirkan organ intim berasa b├Ęda yaa

      Delete
  11. Hehe, saya 5 kali lahiran normal. Ada yang dipacu karena ketuban dah pecah. Nah, pantangan-pantangan itu sering dibilangin sama ibu mertua saya. Tpai, sayanya yang sering lupa, haha.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal