Sunday, 31 July 2016

Cara Meningkatkan Kontrol Diri Agar Tidak Lapar Mata


Siapa seh, yang nggak ingin punya penampilan menarik? Siapa seh, yang nggak suka kalau dipuji anaknya montok atau sehat banget?
Faktanya setelah menikah dan melahirkan anak, rata-rata seorang wanita akan mengalami peningkatan bobot tubuhnya dan itu juga aku rasakan sendiri.
Setiap melahirkan seorang anak bobot badanku bertambah 3 kg, dan sekarang  aku baru saja melahirkan anak ketiga tinggal dikalikan 3 saja berapa berat badanku yang bertambah. Bertambah berat badan tentu saja, aktivitas tak selincah sewaktu badanku masih langsing, cepat capek dan lelah.
Yaa, gimana nggak nambah berat badan kalau tiap masak pasti nyicip dulu, plus kalau suapin anak-anak makan kalau nggak habis daripada mubazir yaa bagus emaknya aja yang habisin padahal emaknya udah makan jatah sendiri sebelumnya, belum lagi pas anak-anak ngemil sambil nunggu jam makan malam, apalagi sekarang lagi menyusui bawaannya yaa memang lapar melulu.
Gimana mau langsing kalau kaya gini? apalagi orang-orang sekitarku juga seolah mendukung berat badanku naik terus,  
"Lagi menyusui harus makan yang banyak, biar asinya lancar dan dedek bayinya sehat," Memang seh kalau mikir bayi sehat dan asi lancar semua makanan dan minuman pasti aku habisin demi si buah hati, tapikan nggak lucu udah nggak hamil lagi tapi terus pakai baju hamil, karena berat badan yang terus bertambah dan baju sebelum hamil udah nggak muat lagi.
Nah kalau udah kaya gini terpaksa nambah budget pengeluaran untuk beli baju emak, dan kalau dibiarin kaya gini terus sayang juga mas suami bisa tekor, bentar-bentar beli baju.
Pernah dulu sewaktu tidak menyusui nyoba untuk diet, dengan merubah pola makan tapi hasilnya kok nggak terlalu kelihatan, padahal rasanya udah disiplin banget  ngikutin langkah-langkah dari teori diet sehat yang ada. Ujung-ujungnya malah jadi alergi lihat timbangan.
diet
Alergi timbangan karena diet gagal

Ternyata, setelah aku baca materi healthy talkshow lightHouse yang merupakan klinik penurunan berat badan yang sudah terpercaya dan teruji lebih dari 11 tahun. Kesalahan dietku itu terletak pada kontrol diri. Turun berat tanpa kontrol diri akan berakibat diet yoyo. Perubahan jangka panjang untuk diet yang berhasil harus dengan menguatkan kontrol diri.

Kenapa kontrol diri?

Menurut Psikolog Tara de Thours, BA, M.Psi  "belajar kontrol diri merupakan faktor penentu sukses tidaknya berdiet."  Itulah mengapa, diperlukan bimbingan psikolog dalam penurunan badan, tapi kontrol diri yang lemah membuat sulit untuk menerapkannya sehingga dibutuhkan mentoring.

Apa sebenarnya kontrol diri?
Kontrol diri adalah kemampuan seseorang untuk dapat mengendalikan dorongan (impuls), keinginan, emosi, atau hasrat tertentu yang kurang tepat untuk diri sendiri ataupun untuk mencapai tujuan yang lebih baik.

Bagaimana cara meningkatkan kontrol diri agar tidak lapar mata?
Life's about balance and making decisions. Ada banyak sekali godaan di dunia berupa hal-hal yang menyenangkan. Godaan biasanya berubah sesuai tahapan perkembangan. Godaan untuk anak-anak biasanya berupa makanan, permenm coklat, orang dewasa godaannya berupa pernikahan.
Mampu  tidaknya seseoranguntuk dapat mengendalikan diri dari godaan dan situasi yang ada di sekitar sangat bergantung pada kontrol diri. Karena dengan kontrol diri berarti kita bisa mendamaikan pikiran, mengalihkan pikiran, tidak reaktif terhadap pikiran maupun emosi yang negatif, dan mampu menentukan mana yang tepat untuk diri sendiri sehingga menghasilkan keputusan dengan lebih bijak guna mempermudah mencapai tujuan. 
lightHOUSE merupakan klinik penurunan berat badan yang sudah terpercaya dan teruji lebih dari 11 tahun. - See more at: http://www.lighthouse-indonesia.com/lighthouse-indonesia-writing-competition/#sthash.ikHAdYez.dpuf

Makanya perlu banget meningkatkan kontrol diri dengan cara:

1. Dengarkan apa kata tubuh
    Tubuh manusia itu luar biasa, setiap bagian tubuh mempunyai alarmnya masing-masing sebagai indikator, tubuh lelah, lapar. Dalam hal diet jadikan perut sebagai acuan atau alarm untuk berhenti makan.
2. Breathing-Relaxation
     Biasanya ketika emosi seseorang naik logikanya akan menurun, bahkan tak jarang seseorang melampiaskan emosinya dengan cara banyak makan. Untuk menghindari hal ini baiknya seseorang yang sedang diet melakukan relaksasi dengan menarik nafas panjang kemudian dikeluarkan hingga emosinya turun.
3. Spent more time to think carefully-hindari terburu-buru.
    Ketika seseorang sedang berada dalam kondisi yang terburu-buru seringkali menghasilkan keputusan yang salah, oleh karena itu sebaiknya meluangkan waktu lebih lama untuk mengambil keputusan.
4. Alihkan pikiran atau hindari dengan antisipasi dan memulai membuat perencanaan
Dengan kontrol diri dapat meningkatkan taraf hidup. Nah buat kamu-kamu yang lagi diet namun kurang dalam kontrol diri, bisa banget ke lightHouse yang merupakan satu-satunya weight control center di Indonesia yang menyediakan layanan program penurunan berat badan komprehensif dan di bawah pengawasan medis.

4 comments:

  1. kontrol diri memang penting banget agar kita tidak kebablasan yah Mba :)

    ReplyDelete
  2. Jadi inget cita2 diet. Hihihi
    #tfs Mb,
    Refleksi diet banget

    ReplyDelete
  3. Cita-cita pengen diet kerap kali gagal, mba. Bawanya pengen ngemil. Emang harus bisa kontrol diri ya mbaa

    ReplyDelete
  4. Aku selalu gagal diet. Selalu jadi tempat sampah kalo anak gak habis makanannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...