Thursday, 24 August 2017

5 GunungTerbaik untuk Upacara 17 Agustus

Source: pixabay.com
(sponsored post) 72 tahun sudah Indonesia merdeka. Sebagai Warga Negara Republik Indonesia, setiap orang memiliki makna sendiri mengenai HUT Kemerdekaan Indonesia. Pun begitu, mereka punya caranya masing-masing dalam merayakannya.

Salah satu kegiatan untuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia adalah mendaki hingga ke puncak gunung, melakukanupacara, menancapkannya sambil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Tak hanya para pendaki yang sudah profesional saja, mereka yang pemula pun mengambil peran khususuntuk HUT Kemerdekaan Indonesia.


Nah, bagi kamu yang masih bingung untuk mengadakan upacara bendera, mengapa tidak coba untuk mendaki di li ma gunung di bawah ini sembari mentafakuri keindahanalam-Nya. 

1. Gunung Rinjani
Puncak Rinjani tidak pernah sepi apalagi saat 17 Agustus, para pendaki berbondong-bondong untuk mendaki hingga puncak dan menancapkan bendera merah putih serta bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Animo para pendaki begitu tinggi untuk menaklukan puncak Gunung Tertinggi kedua di Indonesia itu. Jalanan menuju puncak pun macet, apalagi di area Bukit Penyesalan. Siap-siap saja mengantre di jalanan yang miring.  Pun begitu di pos-pos peristirahatan atau penginapan juga dipenuhi kemah-kemah bahkan hingga berdempetan.

Normalnya kamu akan sampai dalam empat atau lima hari untuk tiba di puncakgunung yang memiliki tinggi 3.726 mdpl. Ada tiga jalur pendakian yang bisa kamu ambil di  antaranya Sembalun, Senaru, danTorean.
Umumnya para pendaki akan mengambil trek melalui Sembalun.  Tertarik untuk mendaki dan melaksanakan upacara kemerdekaan di Gunung Rinjani, Lombok? Kamu dapat pesan tiket murah dengan tujuan Lombok. 

2. Gunung Prau

Jalur pendakian favorit Gunung Prau melalui Patak Banteng. Jalur ini banyak dipilih oleh pendaki karena rutenya yang mudah, lumayan cepat  kurang lebih jarak ke puncak nya hanya 600 meter, dan juga fasilitas di sepanjang areanya pun ada. Selain jalur Patak Banteng, dua rute lainnya yang dapat digunakan yakni Kenjurang dan Dieng.

Gunung Prau  yang  berada di kawasanDieng memiliki ketinggian kurang lebih 2565 mdpl, dua tahun lalu para pendaki yang mengadakan upacara di puncak Gunung Prau kurang lebih mencapai 6.000 orang. Mereka rata-rata mendaki mulaidari 15 Agustus dan langsung membuat tenda di puncak.
Selain menanti upacara 17 Agustus, mereka pun tak melewatkan untuk melihat golden sunrise dari puncak Gunung Prau. Puncak Gunung Prau juga menawarkan Gunung Sindoru.

3.Gunung Pangrango
Kini, para pendaki tak bis asembarangan untuk naik ke puncak Gunung Pangrango. Salah  satu syarat untuk mendaki di Gunung Pangrango adalah melakukan tes kesehatan di klinik Edelweis yang telah disediakan pihak manajemen.

Hal  ini untuk mengurangi pendaki yang sakit saat mendaki dan berujung kejadian yang fatal. Untuk melakukan upacara di Puncak Gunung Pangrango atau Mandalawangi, kamu harus mendaftar secara online atau mendatangi langsung balai yang telah ditunjuk. Satu tiket masuk hanya berlaku untuk satu orang. Gunung Pangrango menawarkan keindahan alam seperti hamparan bunga edelweis yang mekar setiap bulan Agustus.
Jalur pendakian yang bisa kamu ambil di antaranya melalui Cibodas, Gunung Putri atau Selabintana. 

4. Gunung Merapi
Tak seperti tahun sebelumnya, pada 2017 para pendaki tidak bisa mengadakan ucapara di puncak Gunung Merapi. Hal ini disebabkan ancaman bahaya letusan fretik yang mungkin bisa terjadi meskipun Gunung Merapi dalam status normal.
Para pendaki tetap diperbolehkan untuk mengadakan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di pos Pasar Bubrah. Pun begitu pihak manajemen membatasi kuota pendaki hanya 2.650 orang.
 Ada dua jalur untuk mendaki Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yakni jalur Selo melalui Boyolali dan Sapuangin di Klaten. Upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Gunung Merapi biasanya dimulai pukul 08.00 WIB.
5. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, gunung ini terkenal mudah ditaklukan oleh pendaki pemula karena jalurnya yang landai dan mudah untuk mendapatkan air.
Bahkan, jika lelah mendaki kamu dapat menyewa ojek motor yang akan mengantarkan hingga puncak. Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.655 mdpl dari punya pemandangan Gunung Guntur dan Cikuray pun terlihat jelas. Gunung Papandayan akan membuat para pendaki jatuh cinta dan ketagihan untuk mendaki pasalnya di Gunung ini kamu dapat melihat hutan mati atau hamparan bunga Edelweis. Selain itu, fasilitas di GunungPapandayan pun lengkap termasuk fasilitas wc.

Sudah memilih Gunung mana yang akan ditaklukan? Sebelum mendaki gunung, perhatikan juga kesehatan kamu ya  dan rajin berolahraga. Untuk gunung-gunung  yang jauh seperti Rinjani, Merapi, atau Pangrango agar tidak lelah selama diperjalanan menuju Kotanya, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan pesawat terbang. Kemudian mencari harga promo agar tetap hemat di kantong. Lebih mudah beli tiket pesawat online melalui Reservasi.com dan tentukan destinasi yang kamu inginkan.

21 comments:

  1. Wow keren pasti bisa upacara 17 Agustus di puncak gunung.
    Nggak terbayang rasa haru dan khidmatnya...Sepadan dengan perjuangan menuju ke sana:)

    ReplyDelete
  2. Harusnya gunung semeru adaaaaaaaaaaaaa

    Hikmat dan sedap sedap gimana gitu ya kalo agustusan di gunung
    Ngerasain perjuangan naik gunung, lalu merasa merdeka
    Merdeka hati dan jiwa
    Sembari mendoakan indonesia

    ReplyDelete
  3. Dari kelima gunung di atas, cuma Merapi yang pernah saya daki. Dan Rinjani masih menjadi sebatas angan -_-


    17an di puncak gunung pernah jadi impian sih, cuma sampai sekarang belum kesampaian.

    ReplyDelete
  4. Belom pernah naik gunung sama sekali. Tapi impian banget bisa naik gunung. Hihihi

    ReplyDelete
  5. Pastinya suasana upacara di atas pegunungan sangat berbeda ya, lebuh khitmad. Tapi belum kuat untuk naik gunung, baru sampai di kaki gunung sudah lelah 😅

    ReplyDelete
  6. Iiih, Khairiah, kamu bikin saya mupeng deh.. pengen naik gunung.. :D

    ReplyDelete
  7. kalau aku tertarik nyampe puncak aja kayakanya, kalau untuk mendaki itu ya amplop, ngebayanginnya aja udah capek :D, habis sudah lama ga olahraga. cung jempol deh untuk para pendaki gunung, fisik kalian luar biasa

    ReplyDelete
  8. Dan saya pernah merasakan bagaimana harunya mengibarkan bendera merah putih di atas gunung. Eh itu kok gunung gede ga masuk sih?

    ReplyDelete
  9. saya rasa gunung rinjani adalah gunung yang paling banyak didaki ya. apalagi pemandanganya bagus banget lagi dari puncak gunungnya. sayangnya saya belum berani untuk nanjak gunung seperti itu

    ReplyDelete
  10. belum pernah mendaki gunung, soalnya ga ada yang ngajakin... ga kebayang perasaan yang muncul jika mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung begitu. Lihat di tipi aja bisa nangis...

    ReplyDelete
  11. Saya selalu iri dgn mereka yg berhasil naik gunung
    Saya blm pernah naik gunung
    Dari dulu pengin ...tp entah kapan..

    ReplyDelete
  12. Belum pernah naik gunung masaaaa, huhuhu...
    Pengen nyoba deh sekaliii aja. Hihi

    ReplyDelete
  13. Jaman single, naik gunung termaduk wishlist saya. Tapi orangtua berat hati mengijinkan. Kebayang deh serunya 17an di Gunung

    ReplyDelete
  14. ahh aku belum pernah naik gunung kecuali gunung anak krakatau. Jadi pengen cobain kuat gak yaaaa

    ReplyDelete
  15. Waah..itu kelimanya memang gunung dengan ketinggian lumayan tinggi untuk didaki. Kalau bendera merah putih berkibar di puncaknya...pasti bangga bangeet...

    ReplyDelete
  16. Gunung Rinjani katanya keren ya , pasti seru ya mengibarkan bendera di puncaknya.., apalagi mendaki rame2...

    Belum pernah mendaki gunung apapun kecuali gunung setrikaan..hahah

    ReplyDelete
  17. Enggak pernah naik gunung, tapi selalu takjub lihat upacara di puncak gunung. Keliatan keren gituu..

    ReplyDelete
  18. Belum pernah hiking dan pastinya seru banget kalo ngerayain 17 an di puncak gunung. Ga kebayang pasti indah banget pemandangan di atas gunung ya Mbak. :D

    ReplyDelete
  19. Doohh... Seru banget ya pasti bisa upacara di puncak gunung. Semoga suatu hari nanti bisa terealisasi. Rinjani... Keren banget sih walaupun liatnya cuma dari roti

    ReplyDelete
  20. Kebayang deeh...serunya naik gunung bersama sahabat.
    Aauww~~
    Bisa jadi pengalaman tak terlupakan.

    Kalau sekarang ada upacaranya... bangga yaa...bisa mengibarkan sang merah putih di puncak gunung negeri ini.

    ReplyDelete
  21. gunung bromo kog gag masuk ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...