Wednesday, 26 June 2019

Terapi Neurofeedback Untuk Anak berkebutuhan Khusus


Sebulan yang lalu alhamdulillah aku diberi kesempatan mengikuti seminar singkat mengenai terapi neurofeedback bertempat di aula TNCC (The Nanny Children Center)  Banda Aceh dengan pemateri trainer dari Malaysia.
neurofeedback
trainer dari Malaysia sedang menjelaskan materi neurofeedback
Mungkin teman- teman pada penasaran  apa itu  terapi neurofeedback? Secara umum terapi neurofeedback adalah  terapi menggunakan teknologi muktakhir yang diaplikasikan untuk  melatih fungsi otak agar menjadi lebih baik.

Terapi ini bisa digunakan untuk semua orang, mulai dari anak kecil berusia  minimal 4 tahun hingga orang tua.

Terapi ini juga dikenal sebagai EEG Biofeedback.  Terapi ini menggunakan peralatan khusus untuk membimbing otak agar melatih fungsinya hingga level  maksimal, dan melatih jalur saraf untuk membuat berbagai wilayah otak dapat berfungsi dengan baik.

Neurofeedback  therapy diperuntukan bagi mereka yang memiliki masalah yang berkaitan dengan disregulasi otak, antara lain: ADHD, ADD, OCC, Depresi, Anxiety Disorder, Insomnia atau sulit tidur,  emosi yang tidak stabil, penyimpangan perilaku hingga kondisi lain seperti autism, kejang, cerebral palsy  dan lainnya.

Terapi menggunakan neurofeedback  di Aceh  minimal memerlukan dana  kurang lebih USD 200 atau sekitar 2.914.000 juta untuk sekali assessment dan terapi selama dua bulan setiap hari minimal 30 menit, dan harga ini akan naik Bulan Juli nanti menjadi USD 300 atau 4.317.000.

Kalau di luar Aceh, untuk terapi neurofeedback  sistem paket minimal 20 sesi dengan biaya sebesar Rp 10.000.000 (sepuluh juta). Paket ini terdiri atas satu sesi intake (2 jam) dan sembilan belas sesi training @ 30 menit
Bagaimana cara Kerja  neurofeedback?
 Sebuah alat  dengan elektrode akan dipasang ke kulit kepala untuk mengukur aktivitas gelombang otak di titik-titik tertentu dengan menggunakan EEG (electroencephalograph) yang didesain khusus untuk keperluan ini. Sinyal yang ditangkap oleh elektrode selanjutnya diproses dengan komputer yang terhubung dengan software khusus yang memainkan musik, video, atau game. Klien duduk mendengar musik atau menonton video atau memainkan game ini. Saat aktivitas otak tidak stabil atau tidak menghasilkan pola atau frekuensi seperti yang kita inginkan maka musik, video, atau game akan mengalami interupsi sehingga tidak bisa dinikmati.

Melalui interupsi yang terjadi pada musik, video, atau game otak klien belajar untuk menghasilkan frekuensi atau pola stabil seperti yang diinginkan sehingga interupsi berkurang dan berhenti total.

Melalui pelatihan ini, akhirnya, aktivitas gelombang otak “terbentuk” menjadi seperti yang diinginkan, menjadi lebih teratur. Frekuensi yang menjadi target kita, dan lokasi spesifik di kepala, di mana kita mengukur gelombang otak, ditentukan oleh masalah yang ingin kita atasi dan bergantung pada pada kondisi masing-masing klien.

Saat sesi seminar kemarin juga kami dikasih lihat testimoni orangtua dari anak yang berkebutuhan khusus di kawasan Bireun  yang sudah terapi dengan neurofeedback. Anaknya sudah lebih tenang, komunikasinya lebih lancar, terlihat lebih banyak kemajuan.

Lihat testimoni seperti itu, rasanya timbul harapan baru agar  anak lebih maju dengan terapi ini. Mudah-mudahan ketika usianya 4 tahun harga untuk terapinya nggak naik lagi.

Referensi tambahan :
https://www.adiwgunawan.com/neurofeedback


48 comments:

  1. Wahh ini bermanfaat bangeet.
    Aku mupeng buat coba jugak.
    Soale backpain-ku sering sakit pegel2 euyyy

    ReplyDelete
  2. Wah dewasa juga bisa coba nih, tapi memang harganya lumayan juga ya apalagi kalo harus langsung book untuk 20 kali sesi.

    ReplyDelete
  3. Masya Allah, ini salah satu cara yang memberi harapan kepada perkembangan otak ya supaya hidup bisa lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  4. Untuk sehat itu memang butuh perjuangan ya mba, salah satunya dengan terapi seperti ini. Semoga bisa membantu banyak orang yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  5. Ya ampun betapa sakit kepala kalau tidak bisa tidur. Terapi neurofeedback ini bisa membantu menyembuhkan tapi sayang harga mahal menurut Mpo.

    ReplyDelete
  6. Harganya lumayan mahal juga, ya. Semoga bagi yang membutuhkan terapi ini, dimudahkan rezekinya. Aamiin

    ReplyDelete
  7. lewat musik (instrumen) akan berpengaruh ya pada otak, dan tetap sabar juga dalam memberikan terapi agar memberikan hasil yang maksimal

    ReplyDelete
  8. Syukurlah anak solusi baru untuk membantu orangtua memberikan terapi kepada anaknya yang berkebutuhan khusus, tapi harganya lumayan juga yah...mudah-mudahan dimudahkan rezeki untuk semua orangtua agar terapi anak bisa maksimal dan sehat seperti anak lainnya.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah smakin maju ya teknologi.. ini bermanfaat utk anak2 yg terapi ya mba. Meski harganya mahal moga smua disanggupkan, dicukupkan. Amiin..

    ReplyDelete
  10. Minimal mulai 4 tahun yak. Ah nunggu 2 tahun lagi, mau barengan pakai terapi ini sama si kecil. Hehe

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan lagi untuk kebaikan, membantu terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus

    ReplyDelete
  12. Aamiin. Semoga nggak naik lagi harganya dan dolar turun banyak. Canggih alatnya. Bisa membuat anak terlatih untuk menstimulus sendiri agar frekuensi otak tetap stabil. Semoga semakin banyak anak kebutuhan khusus yang terbantu.

    ReplyDelete
  13. Wah lumayan juga ya tarifnya. Semoga para ortu dari anak berkebutuhan khusus dilimpahi rejeki agar bisa mendapatkan perawatan terbaik. Aamiin.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulilah semakin berkembang tidak hanya terapi perilaku saja y mba tapi ada terapi neurofeedback untuk yang memiliki masalah disregulasi otak seperti ADHD, ADD sampe yang insomnia..keren banget semoga harganya terjangkau jadi buat keluarga yang ekonomi pas bisa ikutan terapi macam ini jika memiliki anak ADHD

    ReplyDelete
  15. Masyaallahh mahal sekali therapynya..semoga fasilitas ini di dukung di rumah sakit pendidikan nasional Banda Aceh, sehingga semua kalangan bisa menikmati fasilitas ini..sangat bermanfaat kak ilmunya, saya baru mengetahui tehnologi ini

    ReplyDelete
  16. Kemajuan terapi yang memberikan harapan baru untuk orang tuan dengan ABK. Semoga ke depannya harganya semakin ramah di kantong...

    ReplyDelete
  17. Maasya Allah. Zaman sudah semakin canggih. Kayaknya aku mau rekomendasi in terapi ini ke temen yang anaknya menderita autis.

    Baca cara kerja nya bikin aku geleng geleng kepala, teknologi sudah sedemikian maju nya ya.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih mba informasinya, jadi tahu aku istilah tetapi neuro feedback

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu terapi neurofeedback ini. Paket terapinya apakah beda2 untuk tiap kasus ya? Misalnya untuk kejang akan berbeda paket terapinya dengan untuk cerebral palsy.

    ReplyDelete
  20. Aku pernah lihat terapi kyk gini aku cuma dari baru jauh baru Tau fungsinya adae akan dipasang ke kulit kepala untuk mengukur aktivitas gelombang otak ternyata

    ReplyDelete
  21. Lumayan yaaa
    Untuk ini ga bisa di bpjs in ya? Secara lumayan juga untuk terapi harganya.


    Yang pasti anak-anak yang membutuhkan bisa terbantu ya dengan terapi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ditanggung bpjs makanya berjuang banget neh kumpulin duitnya

      Delete
  22. Woahhh lumayan banget harganya ya mbak
    Aku juga baru tahu ada alatnya buat terapi neurofeedback mbak
    Jadi kalau buat yg punya masalah seperti yg udah disebutin di atas, terapi ini bakalan membantu ya mbak

    Makasih buat sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  23. Wiwin Pratiwanggini29 June 2019 at 09:44

    Semoga terapi ini bisa benar-benar membantu dan bagi yang membutuhkan diberi lapang rejeki mengingat biayanya yang cukup lumayan :)

    ReplyDelete
  24. Lumayan mahal ya biaya yang mesti dikeluarkan. Semoga kedepannya bisa lebih terjangkau mengingat tidak semua keluarga yg membutuhkan therapy ini berkecukupan.

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah ya, sekarang metode makin canggih, jadi sangat membantu masyarakat berkebutuhan khusus

    ReplyDelete
  26. wihhhh terapi neurofeedback. Kok aku ingin coba ya. Dulu waktu kecil aku bolak balik eeg tapi lupa masalah aku tuh apa. Kalau ga salah karena ritme tubuh aku ga seimbang deh. Terus terapi keseimbangan tubuh soalnya.

    ReplyDelete
  27. Wuaw. Menurutku gak mahal2 banget sih. Soalnya berguna banget untuk menstimulasi pikiran. Gak mahal2 banget kok itu

    ReplyDelete
  28. Jadi penasaran bagaimana proses Terapi NeuroFeedback.
    Selain untuk anak berkebutuhan khusus, bisakah untuk keperluan lain...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga terapinya lumayan juga yaa..
      Semoga Allah mudahkan dan lancarkan terapi orang-orang yang membutuhkan.

      **ADHD, ADD, OCC, Depresi, Anxiety Disorder, Insomnia atau sulit tidur, emosi yang tidak stabil, penyimpangan perilaku hingga kondisi lain seperti autism, kejang, cerebral palsy.

      Delete
  29. Penasaran sm Therapy kayak gini, Therapy neurofeedback ini masih terbilang jarang, beruntung di aceh sdh ada mbak. Bagi yang memang ada problem ini sngat membantu banget, dengan harga tersebut worth it lah menurut aku.

    ReplyDelete
  30. Teori neorefeedback ini apakah hanya ada di Banda Aceh? Atau ada di kota-kota lain juga? Sepertinya sangat bermanfaat untuk membantu kinerja otak jadi lebih maksimal ya

    ReplyDelete
  31. Turut mendoakan untuk anak mak Khairiah ya. Semoga harga terapinya tetap terjangkau dan adik bisa terus terapi.

    ReplyDelete
  32. berarti harus telaten dan sabar ya mbak kalau misalnya mau mlakukan terapi ini pada anak-anak? Kok saya mupeng ya pengen cobak

    ReplyDelete
  33. Wah, teknologi canggih apalagi ini. Neurofeedback. Penemuan di bidang kedokteran mmg selalu mencengangkan ya. Semoga dg adanya metode neurofeedback ini para penderita penyakit terkait banyak terbantu dlm mengatasi penyakit mereka.

    ReplyDelete
  34. Teknologi canggih ini yah. Baru tau saya. Makasih informasinya jdnya tau sama metode neurofeedback ini.

    ReplyDelete
  35. Teknologi makin canggih ya. Sehingga bisa bantu anak2 yang punya keistimewaan utk terapi. Cuma huwaa harganya mayan yaaa...
    Berharap bisa lbh miring lg shg anak2 yg membutuhkan terapi ini bisa dibantu semua. Aammiin

    ReplyDelete
  36. Terapi NeuroFeedBack ini memang sangat membantu buat anak-anak yang berkubutuhan khusus. Semoga banyak orang tua yang menggunakan terapi ini, memang harganya cukup lumayan ya mbak, tapi untuk kebaikan dan kesehatan tidak ada salahnya.

    ReplyDelete
  37. Wah..teknologi semakin canggih aja. Alhamdulillah bisa membantu anak-anak yang memiliki keistimewaan. Semoga semakin banyak anak yang dapat terobati ya...

    ReplyDelete
  38. Keren banget teknologinya, tau-tau ada ginian aja. Yang lama aja aku belom liat ini diketain juga jangan-jangan

    ReplyDelete
  39. Ini pas pemasangan elektroda ke kulit kepala itu ribet gak sih, kalo buat anak2 kan mereka biasanya ogah bnget kepalanya di utik2.

    ReplyDelete
  40. Mantep banget ini mba. Semoga aja nanti harganya ga akan naik ya. Mantep memang nih teknologi sekarang.

    ReplyDelete
  41. Masya Allah.. biayanya cukup mahal, ya. Begini ini yang sehat tanpa kekurangan sudah seharusnya selalu bersyukur, ya. Btw semoga dengan teknologi itu bisa membantu anak-anak atau orang-orang dewasa yang punya keistimewaan, ya ��

    ReplyDelete
  42. Neurofeedback ini terapi yang ada hubungannya dengan penyakit neuropati gak sih??

    Untuk gejala dan intensitas terapinya seperti apa yaa kak lebih lanjut..

    ReplyDelete
  43. Lumayan juga ya mba harganyaa, apalagi di Jakarta ya Allah. Awal2 bacanya aku tertarik krn bisa bantu kontrol emosi, pas lihat harganya mayan mundur teratur jadinya haha

    ReplyDelete
  44. Dulu waktu Audiku kecil pernah didiagnosis ADHD, terus disaranin ikut terapi. Bagus terapinya. Cuma waktu itu aku belum paham dengan yang namanya neurofeedback. Baca tulisan Mbak Khairiah sekarang malah paham.

    ReplyDelete
  45. alhamdulillah banget ya mba ada terapi neurofeedback ini, bener-bener membantu banget, apalagi mendengar testimoni salah satu orang tua yg memiliki anak berkebutuhan khusus yg sudah melakukan terapi ini

    ReplyDelete
  46. Makasih atas informasinya ya. Sangat bagus dan membantu.
    Tips dan manfaat mengenalkan buku sejak dari bayi cek ke blog sinyalalam ya moms

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...