Wednesday 14 June 2023

Penyanyi Trot Haesoo Meninggal, Kenali Gejala Bunuh Diri

enyanyi Trot Haesoo (29) Korea Selatan, meninggal dunia di asramanya di Seoul, pada 12 Mei pukul 10 pagi waktu setempat.  Pihak agensi membagikan kabar duka ini di Instagram Haesoo pada Senin, 15 Mei 2023. Polisi menduga penyebab kematiannya adalah bunuh diri setelah menemukan surat wasiat di kediamannya.

Trot Haeso


    Kematiannya menambah daftar panjang sejumlah selebriti Korea Selatan yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri serta  menegaskan sisi kelam dan kerasnya kehidupan para artis ini. Di balik kesan glamor yang ditampilkan, ternyata banyak dari mereka yang mengalami depresi hingga akhirnya memutuskan  mengakhiri hidupnya dengan  cara bunuh diri. 

8 Artis Korea Yang Meninggal Dengan Cara Bunuh Diri

    Sebelumnya  terdapat 8 artis Korea yang meninggal dengan cara bunuh diri yaitu

Jeon Mi-Seon

Jeong Mi-seon adalah seorang aktris Korea Selatan yang memenangkan banyak penghargaan di industri hiburan Korea.  Dia  ditemukan tewas di kamar hotel di Kota Jeonju pada Sabtu (29/6/2019). Ia meninggal dalam usia 49 tahun akibat bunuh diri.

Choi Jin-ri  

    Penyanyi dan aktris Choi Jin-ri  25 tahun atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli, ditemukan tewas di kediamannya di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul selatan, Senin (14/10).

Penyanyi dan mantan anggota girlband KARA, Goo Ha-Ra ditemukan meninggal di kediamannya pada Minggu (24/11/2019) pukul 18.00 waktu setempat. Belum diketahui secara pasti penyebab kematian perempuan kelahiran 13 Januari 1991 tersebut. 

Jo Hanna 

Aktris pendatang baru Jo Hanna juga memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Melansir Kdramastars, dalam sebuah postingan, temannya berbagi bahwa catatan bunuh diri telah ditemukan di tempat kejadian.

Jae-yeon

Jae-yeon ditemukan tewas gantung diri karena depresi berkepanjangan. Depresi itu bermula karena Ja-yeon sudah mengikuti audisi drama tapi tidak lolos.

Jonghyun

Jonghyun tidak banyak memberitahu bahwa ia mengalami depresi sehingga memutuskan untuk bunuh diri. Jonghyun meninggal pada 18 Desember 2017, dengan cara membakar briket batubara di atas penggorengan di dalam ruang tertutup.

Kim Daul

Kim Daul adalah model Korea Selatan pada masanya. Ia baru berusia 17 tahun ketika muncul dalam sampul Vogue Korea. Kim Daul bunuh diri dengan menggantung diri dan meninggal di apartemennya di Paris pada 19 November 2009.

Tak hanya di Korsel, bunuh diri merupakan fenomena global, yang sudah menjadi perhatian World Health Organization (WHO).  Menurut Menurut WHO, setiap tahunnya lebih dari 700.000 orang meninggal karena bunuh diri.  WHO sendiri mendorong negara anggota untuk berjuang menurunkan angka bunuh diri. Pandemi yang berimbas pada banyak sektor kehidupan terutama ekonomi menjadi pukulan berat bagi banyak orang di banyak negara termasuk di Indonesia.

Penyebab utama  kenapa orang bunuh diri sangat bervariasi dan kompleks, dan seringkali melibatkan perasaan yang tidak tertahankan bagi individu yang mengalaminya. 

Bunuh diri adalah penyebab utama kematian keempat di antara usia 15-29 tahun.77% kasus bunuh diri di dunia terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Depresi adalah salah satu faktor yang sering terkait dengan perilaku bunuh diri dan tekanan mental yang tinggi, stress dan masalah emosional lainnya juga dapat berperan dalam meningkatkan risiko bunuh diri.

Pandemi COVID-19 juga telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan banyak orang di seluruh dunia. Isolasi kekhawatiran finansial, dan ketidakpastian masa depan telah meningkatkan risiko depresi, kecemasan dan pemikiran bunuh diri.

Mengatasi persoalan bunuh diri membutuhkan pendekatan yang komprehensif dan terkoordinasi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, lembaga kesehatan dan masyarakat umum. edukasi tentang kesehatan mental, layanan konseling yang mudah diakses, dan dukungan sosial yang kuat dapat membantu mencegah kasus bunuh diri.

2 comments:

  1. Kematiannya menambah daftar panjang sejumlah selebriti Korea Selatan yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri serta menegaskan sisi kelam dan kerasnya kehidupan para artis
    visit Tel-U

    ReplyDelete
  2. Apa memang seberat itu tekanan hidup menjadi selebriti di sana ya mba 😔. Sedih bacanya. Kita sebagai orang awam kdg mikirnya, enaaak ya jadi mereka, kaya, cantik, terkenal. Tapi ternyata buat mereka tekanannya melebihi kemampuan utk bertahan :(

    Korsel memang terkenal keras sih kehidupan entertainment ya. Persaingan tinggi banget pula.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Kumon Bangun Kemandirian Belajar Anak Dengan Teknologi

Dunia terus mengalami perubahan, dulu orang harus ke bank untuk mengambil uang, orang harus ke pasar untuk mendapatkan sayuran dan sebagainy...