Monday, 7 April 2014

Caleg Perempuan Wajib Ada di Parlemen

Dua hari lagi pesta demokrasi akan digelar di Indonesia. Namun masih saja ada warga negara Indonesia yang tidak tahu siapa saja yang menjadi caleg mereka. Terutama jika calegnya adalah wanita. Hal ini  terjadi karena kurangnya sosialisasi mengenai  para caleg beserta visi dan misi mereka , baik  itu secara tatap mata langsung atau pun melalui media.
Di pemilu yang akan berlangsung nanti, wanita atau kaum perempuan memiliki 30% kursi atau kuota. Persamaan gender salah-satu alasan terbentuknya peraturan tersebut. Sehingga banyak parpol yang berlomba-lomba memasang calegnya dari kaum wanita.


Sumber:@PerempuanCaleg

Tetapi sayangnya keberadaan caleg perempuan tersebut seringkali terkesan dipaksakan dan asal ada untuk memenuhi kuota. Tanpa melihat kapasitas dan kapabilitas dari caleg perempuan tersebut. Bahkan ada caleg perempuan yang hanya mendopleng nama besar suami, orang tua bahkan saudaranya. Sehingga seringkali ketika sedang berkampanye caleg perempuan tidak banyak  mendapat kesempatan untuk berorasi di panggung kampanye.
Hal ini terjadi dikarenakan caleg perempuan tersebut memang tidak diberi kesempatan atau caleg perempuan tersebut tidak mengambil kesempatan bisa juga dikarenakan kapasitas perempuan yang dianggap kurang sehingga dikhawatirkan setelah caleg perempuan tersebut diberikan kesempatan malah akan menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan tak tahu harus berbicara apa. Sungguh sesuatu yang sangat disayangkan.
Untuk mengatasi hal tersebut KPPA (kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) yang dipimpin oleh Linda Gumelar telah mengadakan pelatihan untuk para caleg perempuan di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera selatan dan Kalimantan Barat yang dihadiri oleh 600 peserta.  Guna meningkatkan kualitas para caleg perempuan.
Dengan adanya perempuan di parlemen  diharapkan dapat mengakomodasi dan terus memperjuangkan  aspirasi dan masalah-masalah yang terkait dengan perempuan dan anak di berbagai bidang.  Untuk mendukung hal tersebut hendaknya kita sebagai pemilih benar-benar jeli mengenali para caleg pilihan kita baik track recordnya atau pun dari visi dan misi mereka.
Bagi yang belum tahu siapa saja caleg yang mewakili dari pemilihan di kotamu bisa berkunjung ke  www.jariungu.com. Ingat pemilih yang cerdas akan memilih caleg-caleg yang berkualitas. Tulisan  ini diikursertakan dalam lomba blog caleg perempuan










2 comments:

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...