Tuesday, 17 March 2015

Cara Menghilangkan Jerawat


Muka mulus bebas jerawat tentu merupakan dambaan semua orang terutama kaum hawa. Dengan muka bebas jerawat  bisa menambah kepercayaan diri seseorang. Namun terkadang meskipun kita sudah rajin merawat wajah,  masih ada saja jerawat nakal yang muncul di wajah.
Geram rasanya ingin segera menghilangkan jerawat nakal, itu dari wajah. Tapi jika kita tidak tahu cara  menghilangkan jerawat yang baik dan benar. Alih-alih menghilangkan jerawat justru  malah menambah banyak jerawat yang datang. 
Jerawat akan muncul ketika seorang remaja mengalami memasuki usia baligh yang merupakan  kondisi menuju kedewasaan serta mulai aktifnya hormon dalam tubuh. Hal ini akan dialami  oleh  sembilan puluh persen remaja, terutama mereka yang memiliki kulit wajah yang berminyak. Jerawat bisa di muncul di pipi,dagu, dahi, bahkan hingga dada, pundak dan punggung. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah yang meradang.
Faktor penyebab jerawat,  dikarenakan perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak di kulit, biasanya terjadi pada wanita pada masa mentruasi, ketika sedang hamil  dan pemakaian pil KB,  dan stress.
Jerawat juga bisa timbul karena penggunaan kosmetik yang mengandung minyak seperti pada pelembab dan juga bedak yang menyatu dengan foundation.Penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga memicu timbulnya jerawat
Berdasarkan bentuknya,  jerawat memiliki beberapa tipe:
Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat dikarenakan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Komedo terdiri dari dua komedo yang tertutup (whitehead) dan komedo yang terbuka (blackhead)
Jerawat Biasa, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat  terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembab dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat
Jerawat Batu,  biasanya terjadi karena ada faktor genetik. Jerawatnya biasanya besar-besar dengan perandangan hebat.
 Beda jenis kulit,  usia dan jenis jerawat tentu saja berbeda pengobatannya, menangani jerawat tidak boleh sembarangan. Ada dua cara mengobati jerawat yaitu secara alami atau tradisional dan dengan menggunakan obat-obatan.
Beberapa tanaman yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat antara lain, daun pepaya, lobak, lemon dan tomat. Putih telur juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat. Biasanya bahan-bahan alami tersebut dihaluskan kemudian ditempelkan ke bagian yang berjerawat dan bisa juga dipakai menjadi masker wajah untuk menghilangkan jerawat.
Jerawat dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Karena metabolisme tubuh dan ekskresi yang baik akan membantu pembuangan zat sisa.
Pola hidup sehat yang bisa diterapkan sehari-hari antara lain, dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, memperbanyak minum air putih, menjauhi strss, rajin membersihkan berolahraga dan membersihkan  wajah. Jangan menyentuh wajah ketika tangan dalam kondisi kotor. 

Referensi:
www.mitrakosmetik.com
wikipedia

11 comments:

  1. Menjaga kebersihan kulit wajah agar pori-pori tidak tersumbat gitu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih seperti itu dan juga lupa pencernaan yang sehat

      Delete
  2. kalau saya jerawat sih gak ada, tapi komedonya ampun... hehe. :D

    ReplyDelete
  3. Naaaah, tipsnya ini yang aku tunggu Mak. Umur 30-an emang banyaaaak masalah kulit wajah yak.

    ReplyDelete
  4. informasi yang sangat bermanfaat sekali, terimakasih :)

    ReplyDelete
  5. Aku nggak pernah jerawatan, problemku kulit gampang kusam krn berminyak :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak lusi enak nggak jerwatan, eh tapi katanya orang yang kulitnya berminyak justru lebih awet muda loh mak

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal