Friday, 6 March 2015

Pola Makan Tak Sehat Membuat Hidupku Berubah

Aku masih nggak percaya hasil pemeriksaan tes kesehatan yang kulakukan.Usiaku masih dua puluh enam waktu aku melakukan tes kesehatan ini. Dan, hasilnya benar-benar di luar dugaanku. Jantungku bermasalah. Ini aneh sekali karena riwayat kesehatan keluargaku tak pernah ada yang menderita sakit jantung. Berita yang sering kubaca, orang yang menderita sakit jantung itu kalau nggak faktor keturunan yaa karena gaya hidupnya  dan  pola makan yang tak sehat.
Tunggu dulu itu dia, gaya hidup dan pola makan tak sehat penyebab semua ini. Dari kecil aku termasuk anak yang suka milih-milih makanan. Baru makan sayur, buah, kalau mama udah mulai nasehatin panjang lebar manfaat sayur, buah untuk kesehatan.
Semasa kuliah tetep pola makanku nggak berubah milih-milih makanan, asal kenyang atau asal enak di perut plus ditambah kebiasaan baru begadang nyelesain tugas-tugas kuliah. Apalagi kalau tugas kuliahnya lagi numpuk, kami bisa begadang berjamaah  di rumah kos temanku. Kalau begadang sendiri suka  nggak kuat, godaan untuk tidurnya lebih besar bisa-bisa tugas nggak siap dan  kudu ngulang satu tahun.Olahraga juga jarang.
Sebenarnya dari waktu kuliah udah mulai sering ngerasain sakit bagian dada, tapi kupikir mungkin itu karena asam lambungku lagi tinggi, atau tanda-tanda  maagku kambuh.
Pas udah kerja, pola hidup dan makanku belum juga berubah. malah tambah parah, sering telat makan,  begadang, kurang minum air putih, stress itu sesuatu yang sudah biasa. 
Aku sering ke dokter karena maagku kambuh, dokter selalu nasehatin jangan makan yang pedas, asam dan mengandung soda. Perutku nggak kuat.
Aku juga jadi sering ngerasain sesak nafas, padahal aku nggak pernah punya penyakit asma atau ganguan pernafasan lainnya. Aku pikir ini mungkin karena perutku lagi kembung, terlalu banyak angin di dadaku yang nekan bikin aku sulit bernafas. Kalau sesak nafasku udah kambuh, aku nggak sanggup gerak bahkan untuk ngomong aja nggak sanggup.
Badanku makin hari makin kurus, mukaku juga kusam banget. Sampai suatu hari Kakakku bilang ngapain punya uang tapi muka kusam, badan makin kurus
Deg, ngena banget deh kata-katanya. Mulai deh aku tanya-tanya sama teman yang badan dan mukanya bagus dan mulus apa resepnya. Berkat temanku yang satu ini aku mulailah ngerawat diri. Yaa sekali-sekali facial dan creambath. Terus kebetulan produk yang kupakai untuk facial juga lagi ngadain promo tes kesehatan. Iseng-iseng nyobain dan hasilnya bikin sukses kaget.
Dua enam, belum merid dan divonis sakit jantung. Rasanya hidupku jadi buram. Terkenang kembali waktu hasil tes kesehatan itu dibacakan.Ada banyak racun di dalam tubuhku, hal itu terjadi bisa karena BAB yang tidak lancar, bisa  karena jenis makanan yang dimakan dan itu salah satu faktor pemicu sakit jantung yang kurasa.
mukaku jadi jerawatan,
Memang aku juga ngalamin susah BAB atau sembelit, bisa BAB satu minggu sekali aja udah alhamdulillah. Aku juga membeli obat herbal yang ditawarkan yang katanya bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Tapi, semenjak minum obat herbal itu malah bikin mukaku jerawatan, padahal dulunya jerawatku cuma muncul hanya satu atau dua aja. Sepertinya aku nggak cocok dengan ramuan  herbal itu, jadi setelah habis satu botol aku nggak nerusin minum obat herbal itu.
Sekarang masalahku jadi tambah banyak, selain penyakit, wajah jerawatan dan ini semua terjadi  karena aku nggak suka makan buah dan sayur. Badanku juga makin cepat capek, walau nggak ngelakuin kerjaan yang berat.
Aku mau sembuh, jadi aku mulai mencoba berolahraga, lari-lari kecil or jalan kaki sekitar komplek rumah. Seminggu pertama  dadaku tetap sakit dan rasanya jantungku berdebar lebih cepat setiap selesai olahraga. tapi minggu berikutnya aku merasa lebih fit.
cemilan sehat di waktu senggang
Selanjutnya aku merubah pola makanku, semua pantangan makanan dan minuman aku lakukan. Aku nggak makan makanan yang pedas, atau asam, minuman bersoda aku ganti dengan rajin minum air putih atau jus buah dan aku juga mualai rajin makan sayur
Badanku lebih sehat sejak merubah pola makan, BABku juga jadi teratur. Aku dah jarang  ngerasain sakit dada or kambuh maag. Sekarang aku telah menikah dan mempunyai anak. Kebiasaan makan buah dan sayur tetap kulakukan dan coba kuterapkan juga buat anak-anakku.





23 comments:

  1. Betul maak, dulu waktu kerja aku kacau banget jadwal makannya, cari duit tapi kesehatan terbengkalai, akhirnya duit kepake buat berobat juga. Naudzubillahimindzaliik, moga kita selalu diberi kesehatan ya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin-aamiin mak semoga kita semua diberi kesehatan

      Delete
  2. Aku juga sejak SMA..pola makan tidak teratur...akhirnya kena penyakit mag beberapa tahun lalu...makan salah..ga makan lebih parah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo benahin kebiasaan makannya, jangan sampai menyesal lebih dalam

      Delete
  3. Toss dulu ah... lebih baik (sedikit) terlambat daripada tidak berubah sama sekali yaa... semoga semakin sehat dg pola makan & hidup yg lebih sehat ... sukses di GA ini yaa...

    ReplyDelete
  4. Terimakasih telah bersedia berbagi Mbak. Semoga tulisan ini menginspirasi banyak sahabat lainnya untukmulai berinvestasi sehat. Thanks pula atas partisipasinya dalam GA ini. Sukses dan sehat selalu yaa :D
    Salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya saya malu nulisnya ketahuan banget penyakitnya, tapi mudah-mudah tulisan sedrhana saya bisa menginspirasi orang untuk nerapin pola makan sehat. sukses dan sehat selalu juga buat mak widyanti

      Delete
  5. semoga sehat selalu mbak... sukses GA nya :))

    ReplyDelete
  6. Wah, seram tentunya mendengar vonis itu ya. Semoga sehat selalu, Mbak. Menjaga pola makan memang demikian penting ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti seremlah :), aamiin, iya menjaga pola makan sangat penting

      Delete
  7. semoga sehat selalu mba...jdi kesentil nih saya belum sehat nih pola makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, ayo mak rina jaga pola maknnya seblum menyesal kemudian

      Delete
  8. Alangkah bijaksana menyikapi hidup lebih baik dengan menerapkan pola makan yang sehat pula ya mak :)

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah ya, gaya hidupnya sudah lebih baik :)

    ReplyDelete
  10. Semoga kesehatan Mbak tiap hari semakin membaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin..aamiin, makasih banyak yaa doanya, semoga mas luftfi juga demikian

      Delete
  11. sekarang dakuw kapok deh begadang dan makan sembarangan huhu...

    ReplyDelete
  12. Selalu sehat ya mak....tapi emang kadang saat masih muda jadi lupa segalanya...aku dulu gitu ._____.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...