Monday, 13 July 2015

Rumus Aqua 242 Solusiku Atasi Gemuk dan Dehidrasi Selama Bulan Ramadhan

Cemilan favorit saat berbuka

Bulan Ramadhan kali ini terasa lebih berat dibanding bulan ramadhan tahun-tahun lalu di Banda Aceh tempat tinggalku.  Suhu ekstrem di kotaku yang  diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mencapai 36 derajat celcius membuat cairan tubuh cepat hilang.
Memang cuaca ekstrem itu tidak berlangsung setiap hari,  di awal bulan Juli ini malah langit sering mendung dan menumpahkan air dari langit hampir setiap harinya. Perubahan cuaca dari panas menyengat menjadi hujan lebat berpengaruh juga terhadap pola makanku selama berpuasa.
Aku sering menghabiskan minuman manis dingin  diwaktu berbuka 2 hingga 3 gelas di saat cuaca panas menyengat. Bukannya menghilangkan dahaga justru hausku semakin menjadi dengan minum-minuman manis. Saat berbuka aku juga sering sekali makan-makanan yang berminyak seperti gorengan. Setelah shalat magrib dilanjutkan dengan makan nasi.  Sehabis shalat tarawih aku juga terkadang masih suka ngemil.
Memang bulan puasa semua makanan yang tersaji terasa lebih istimewa  bikin lapar dan terasa mubazir kalau tidak dihabiskan. Alhasil berat badanku sekarang malah semakin bertambah, perut juga  jadi sedikit membuncit. Aneh yaa, bulan Ramadhan yang harusnya jadi proses pembersihan tubuh malah membuat berat-badan meningkat. Setelah merenung dan membaca berbagai artikel, aku jadi tahu pola makan yang aku terapkan selama bulan Ramadhan ini salah.
Ada dua penyebab utama kenapa berat badanku naik di bulan puasa.Yang pertama aku sama sekali tidak memperhatikan asupan cairan yang dikonsumsi mencukupi atau tidak padahal minum air dalam jumlah yang tepat setiap harinya, merupakan kunci untuk mengurangi berat badan. Bila seseorang yang berusaha mengurangi berat badannya tidak cukup minum air dalam seharinya tubuh tidak akan dapat memetabolis lemak dalam tubuh dalam jumlah yang memadai.
Yang kedua pola makan yang salah ketika sahur dan berbuka. Yang asal kenyang  bahkan terkesan balas dendam. Memang puasa akan mempengaruhi pola asupan nutrisi sepanjang hari. Makanan yang terbatas pada pagi dan sore hari, menyebabkan metabolisme tubuh menyesuaikan asupan makanan yang kita makan.  Makan makanan  yang berlebihan saat buka dan sahur  justru membuat kadar gula dalam tubuh akan melonjak.  Alih-alih membuat pert kita kenyang, malah membuat rasa lapar  datang lebih cepat setelah menyantap makanan berat seperti nasi  goreng saat sahur.
Selain makanan berat seperti nasi goreng, nasi padang makanan yang kaya lemak, tepung-tepungan dan banyak mengandung gula  seperti gorengan, kue manis malah membuat kita jadi tak pernah kenyang.
Oleh karena itu saat sahur dan berbuka sebaiknya kita memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat  dan air agar Serat dan air lebih lama bertahan pada usus sehingga tubuh tidak cepat mengirimkan sinyal lapar ke otak.
Air dan prosentasenya dalam tubuh. sumber gambar disini
Oya dulu sebelum  Aqua mengkampanyekan iklan Aqua 242, yaitu cara mudah untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh saat berpuasa.  Aku kesulitan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat puasa. Banyak minum air putih di saat sahur, bikin buang air kecil banyak setelah sahur hingga pagi menjelang. Minum banyak air putih ketika berbuka malah bikin kembung.  Ujung-ujungnya jadi malas minum air putih dan akhirnya malah bikin badanku melar.
Rumus Aqua 242 solusiku atasi gemuk dan dehidrasi.
Sekarang aku selalu menerapkan rumus aqua 242, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka yang dibagi menjadi satu gelas pertama ketika berbuka dan satu gelas air putih setelah hidangan berbuka. Ketika malam hari aku minum 4 gelas air, segelas sebelum makan, dua gelas sehabis makan dan segelas lagi menjelang waktu tidur. Ketika berbuka aku tinggal minum 2 gelas air lagi deh untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan tubuhku.
Untuk makanan aku juga mulai menggurangi makan gorengan dan memperbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan dan tidak langsung tidur sehabis makan sahur maupun sehabis mengemil malam hari.
Hasilnya alhamdulillah, buncitku berkurang dan berat badanku normal kembali. Ternyata minuman manis itu bisa meningkatkan gula darah yang artinya  meningkat juga resiko obesitas. Oleh karena itu penting banget untuk selalu mengonsumsi air putih yang berkualitas seperti Aqua. Kenapa aqua? karena aqua berasal dari sumber air terpilih dan terlindungi. Oya selain mengatasi berat badan yang meningkat dan dehidrasi mengkonsumsi air putih yang cukup  setiap harinya dapat meningkatkan konsentrasi, memperlancar metabolisme tubuh.
Jadi tunggu apalagi ayo cukupi kebutuhan asupan cairan tubuhmu dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas setiap harinya  tergantung berat badanmu untuk menghindari berbagai penyakit seperti, infeksi kandung kemih, ganguan funsi ginjal, kulit kusam, dehidrasi, halusinasi bahkan hingga kematian.


Referensi
http://www.aqua242.com/
http://dinkes.balangankab.go.id/post/read/108/air-putih-dan-bersih-lebih-baik.html

18 comments:

  1. Donatnya memang bikin nafsu banget ya, Mbak :D Aku juga mulai membiasakan minum air putih.

    ReplyDelete
  2. Di aceh selama ramadhan panas bgt ya mak. Dijogja malah dingin bgt kmrn. Br akhir2 ini mulai panas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak panas banget di Aceh waktu awal Ramadhan, nggak sanggup rasanya kemana-mana dehidrasi, Pas Bulan juli baru turun hujan selalu nggak bisa kemana2 juga hujan:)

      Delete
  3. Fardelyn Hacky14 July 2015 at 03:19

    Sebelum ini, saya sangat getol minum teh saat sahur. Teh mesti ada. Sekarang, udah mulai berubah sedikit-sedikit. Diusahakan untuk minum air putih. Alhamdulillah, tetap fit :D
    Good luck ya mbak lombanya, semoga kita yang menjadi pemenangnya :D

    ReplyDelete
  4. Dengan pola minum air putih 242 insyaAllah puasa jadi makin menyehatkan ya mak :)

    ReplyDelete
  5. air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh apalagi saat sekarang lagi puasa

    ReplyDelete
  6. Itu donatnya persis banget kayak donat yang biasa aku beli di warung makan langgananku pas zaman kuliah, Mak. Sebiji dulu 500. Sekarang 2000. Bahaha. Makasih info tentang rumus AQUA nya, Mak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama berarti, cuma di tempatku ada yang harganya 1000 juga padahal rasanya lembut ukurannya juga lumayan gede, eh kok jadi bahas donat :)

      Delete
  7. bulan ramadhan biasa kesempatan buat menurunkan berat badan, kalau selama ramadhan berat badan ndak turun puasanya di pertanyakan tuh,.. hehehe, bisa jadi memang puasa tapi pola makan lebih besar saat bukan bulan ramadhan itu karena di bulan ramadhan siang hari menahan lapar pas di malam hari melakukan aksi balas dendam dengan sikat sana sikat sini, akhirnya berat badan semakin naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi, bisa juga karena waktu makan yang mempet dengan waktu tidur :)

      Delete
  8. AQUA 242 membuat saya tidak dehidrasi ketika puasa kemarin, terasa banget hasunya kalau sedang dehidrasi itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak pas dehidrasi itu rasanya hampir pingsan, lemas nggak jelas

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...