Saturday, 18 May 2019

Galang Dana Online di Peduli Sehat Karena Kita Peduli


Galang dana online dengan memanfaatkaan platform digital untuk berdonasi secara online kian menjadi pilihan masyarakat sebagai wujud rasa peduli dan membantu sesama.

Indonesia sebagai populasi terbesar ke-4 dunia, namun 80% masyarakatnya masih jauh  dari harapan hidup sehat. Ketidakmampuan memperoleh pengobatan yang layak biasanya berasal dari masalah finasial sehingga diperlukan uluran tangan dalam bentuk donasi atau galang dana online guna melanjutkan pengobatan .

Sama seperti berbelanja online, galang dana online pun kita harus hati-hati, karena penipuan bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan penderitaan orang lain untuk mengalang donasi, untuk masuk ke kantongnya pribadi atau dengan sengaja menggunakan dana donasi untuk kepentingan pribadi.

Makanya kita harus jeli ketika berdonasi pilihlah  galang dana online yang sesuai dan tercatat di kemenkuham serta  transparan dalam menyalurkan dana bantuan

Salah satu galang dana online  bergerak di bidang kesehatan adalah peduli sehat.id yang  berdiri di awal tahun  2019 dan merupakan platform donasi kesehatan online terkini di Indonesia. Siapapun bisa melakukan donasi kesehatan kapanpun, dimanapun dengan cepat dan transparan membantu pasien yang tepat.

Peduli Sehat  hadir  sebagai tempat yang menawarkan layanan pengalangan dana kesehatan dan menyebarkan pengalangan dana melalui media sosial. 

Sasaran utamanya adalah pasien yang menderita penyakit kronis  namun tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat juga bertahan hidup, dikarenakan masih memiliki tangungan lainnya  seperti biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan kesehatan Nasional).

Peduli Sehat tercatat di Kemenkumham  dengan No AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018 juga Kominfo dengan No.01204/DJAI.PSE/10/2018  serta  diawasi oleh kementerian sosial dan kominfo.
galang dana online
Beberapa galang dana online di Peduli Sehat
Hingga saat ini berdasarkan data per maret 2019 di peduli sehat tercatat total campaign 500 lebih dan campaign sukses berjumlah 100 lebih dengan lebih dari 500 donasi per hari.


Membaca beberapa kampanye yang ada dan sedang berlangsung serta mengikuti perkembangan kampanye tersebut  membuat aku terharu, kenapa nggak dari dulu galang dana online peduli sehat ada, pasti  lebih banyak orang yang bisa dibantu.
galang dana online untuk  putri bapak Joko Dwi Ramahdi


Seperti galang dana online  yang disalurkan untuk Joko Dwi Ramahdi untuk anaknya yang ternyata menderita keboncoran jantung serta mengalami keterlambatan tumbuh kembangnya serta gizinya juga kurang.

Di usianya yang menginjak tiga tahun  putrinya juga belum bisa berjalan dan berbicara sehingga diperlukan terapi berjalan dan berbicara serta susu khusus untuk meningkatkan berat badannya jadi ingat anakku baca kisahnya.

Kisah Galang dana online yang masih berlangsung untuk Ibu Sesi Setiowati dari Batam yang anak kelimanya merupakan anak berkubutuhan khusus down syndrome dengan kebocoran hati juga membuat hatiku sedih, karena aku tau tidak mudah memiliki anak berkubutuhan khusus apalagi anaknya juga menderita penyakit parah.
galang dana online
galang dana online untuk putri ibu Sesi Setiowati 
Aku jadi teringat pengalamanku sendiri, ketika anakku divonis mikrosefali dan delay speech with autism dan harus bolak-balik ke rumah sakit konsul ke dokter tumbuh kembang dan dokter gizi anak  serta terapi berjalan dan bicara.

Berat badannya yang dibawah garis kuning kartu KMS serta berat badannya yang  susah naik sehingga harus minum susu khusus yang harganya lumayan untuk ukuran kecil dan hanya cukup untuk tiga hari saja.

Kami memang tidak melakukan galang dana online untuk pengobatan anak bungsu kami. Hanya suami harus mencari kerja sambilan dan tentu saja mengorbankan  waktu istrirahatnya, bekerja untuk memenuhi kebutuhan susu anak bungsuku.


Aku jadi tergelitik untuk mengetahui lebih jauh apa itu  Peduli sehat dan bagaimana  cara berdonasi dan galang dana online di peduli sehat.

Bagaimana  Cara Berdonasi di Peduli Sehat?

Ternyata ada dua metode menjadi donatur di Peduli Sehat, yang pertama donasi dengan memiliki akun di peduli sehat yang kedua donasi sebagai tamu.

Daftar/Login masuk dan donasi

Klik tombol donasi kemudian isi informasi jumlah donasi, metode pembayaran serta doa atau komentar untuk pasien.

Pada halaman selanjutnya pilih salah satu dari tiga opsi untuk daftar/login di Peduli Sehat (Facebook, Google atau phone) jangan lupa melengkapi informasi dengan nomor ponsel yang benar, kemudian minta kode verifikasi untuk ponsel kita dan isi kode verifikasi sesuai dengan informasi SMS  yang kita terima.

Apabila telah melakukan proses registrasi di Peduli Sehat sebelumnya dengan opsi facebook atau google, kita tidak perlu melakukan verifikasi dengan sms lagi, login masuk dan ikuti prosedur pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran untuk menyelesaikan donasi.

Metode kedua donasi sebagai tamu
Kita hanya perlu klik tombol donasi dan isi jumlah donasi, metode pembayaran serta doa atau komentar untuk pasien. Pada halaman berikutnya, isi informasi nama dan nomor ponsel kita yang benar lalu ikuti prosedur pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran untuk menyelesaikan donasi kita.
Sedangkan untuk melakukan galang dana online di pedulisehat.id caranya :
Pilih galang dana, isi form lengkap dan ikuti tahapannya. Kemudian share informasi galang dana online yang telah kita buat melalui Facebook, whatsapp atau twitter. Verifikasi akan dilakukan saat kita ingin menarik dana yang terkumpul.


Untuk mengetahui informasi Peduli Sehat Galang Dana Online bisa dilihat melalui facebook.com/id.pedulisehat dan instagram Peduli Sehat Indonesia serta  blog di pedulisehat.blog.

Customer care pedulisehat.id melalui email di customercare@pedulisehat.id. Atau telepon 081513967218 bisa juga melalui fitur chat di website resmi dan aplikasi peduli sehat.
Jadi tunggu apalagi ayo galang dana online di peduli sehat.

32 comments:

  1. Membantu sesama secara online sekarang semakin mudah caranya ya.. ada aplikasinya pula, jadi praktis.

    ReplyDelete
  2. iya semakin praktis dan mudah

    ReplyDelete
  3. Masha Allah, semoga berkah ya berbagi melalui online ini.
    Benar banget nih, banyak banget orang2 yang butuh banget bantuan kesehatan, tapi gak tahu harus meminta tolong ke mana dan yang mau nolong pun kadang bingung.

    ReplyDelete
  4. Sedih juga melihat kondisi kesehatan Indonesia ya mbak. Punya BPJS nyatanya masih belum bisa mencover biaya sampai sembuh total. Untung sudah banyak platform Galang dana online seperti Peduli Sehat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah ada peduli sehat...aku terharu bgt ada aplikasi ini maunya dari dulu yaa

      Delete
  5. Semoga semakin banyak lagi orang yang terbantu dengan platform galang dana online seperti Peduli Sehat ini.


    ReplyDelete
  6. Iya bener banget mba kadang worry kalo kita maubdonasi tapi nggak terprrcaya dan semoga Peduli Sehat makin amanah dan transparan

    ReplyDelete
  7. sekarang gampang banget untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan
    ga perlu repot lagi ngecek kebenarannya karena pedulisehat.id sudah memverifikasi
    kita membantu juga makin ikhlas
    semoga makin banyak yg terbantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin peduli sehat jadi nggak galau kalau mau donasi karena aman dan transparant

      Delete
  8. Penduduk Indonesia besar juga ya, ada di posisi 4 negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia. Sebenernya ngeri ya, 80% dari kita masih ada yang jauh dari sehat :(
    Masih banyak mereka yang menanggung penyakit dan terhalang oleh dana. Semoga dengan hadirnya galang dana online ini bisa bermanfaat dengan baik. Dan kita bisa berdonasi membantu mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga aku bahagia banget ada aplikasi peduli sehat karena dulu aku belum ada aplikasi ini dan kebetulan butuh dana banyak untuk berobat sampai sedih sendiri

      Delete
  9. Menurutku ini appsnya bagus banget, jadi memudahkan kuta untuk terus berbagi apalagi dibulan ramadan seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang bagus peduli sehat, aman dan terpercaya lagi

      Delete
  10. Kalau bukan kita, lalu siapa lagi yah kak. Beruntung bgt nih ada platform yang bisa menghubungkan antara donatur dan org yang butuh uluran tangan kita.

    ReplyDelete
  11. Dulu aku tuh suka ragu kalo mw berdonasi online, sekarang sudah banyak platform terpercaya yang bisa jadi tangan kita untuk menyalurkan bantuan termasuk peduli sehat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena memang ada kasus yang terkuak penyalagunaan dana donasi disalah satu platform, untungnya sekarang ada peduli sehat yang aman dan terpercaya

      Delete
  12. Tiap orang berhak untuk sehat, apalagi sekarang dengan peduli sehat proses penggalangan dana jadi lebih mudah, transparan dan fleksibel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tapi lebih nyaman lagi kalau nggak sakit

      Delete
  13. cocok nih...Alhamdulillah senang ada kemudahan dalam mendapatkan donasi..juga bagi yang ingin berdonasi. Tinggal klik aja ya...

    ReplyDelete
  14. enak ya mba sekarang ada galang dana online seperti peduli sehat ini. mau berdonasi jadi lebih mudah dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  15. Wah bener banget kak. Semoga dengan adanya platform ini menjadi solusi terbaik terhadap maraknya kasus penipun berbasis donasi online ya kak. Dan tentunya bisa bermanfaat bagi orang yang sedang membutuhkan

    ReplyDelete
  16. Semoga dengan adanya situs peduli sehat ini bisa menjadi solusi terbaik dalam membantu sesama yg benar2 membutuhkan donasi

    ReplyDelete
  17. Semoga segala kebaikan melimpah untuk orang-orang yang senang berbagi ya, juga berkat yang sama bagi orang-orang yang membutuhkan uluran tangan. Bersyukur sekarang ada aplikasi galang dana online begini. Mudah dan transparan pula prosesnya

    ReplyDelete
  18. Aplikasi ini mengadaptasi perilaku orang-orang saat ini yang tidak pernah lepas dari gadget, suka yang praktis, dan cepat termasuk dalam masalah donasi...

    ReplyDelete
  19. akupun pernah merasakan juga kak gmn susahnya mencari dana waktu adekku divonis kena ITP (kelainan sel darah putih), tp alhamdulillah waktu itu sudah diberi jalan yang terbaik dari Allah sehingga masalah dana bisa terselesaikan.

    semoga melalui galang dana online ini bisa menjadi alternatif solusi untuk mereka yang benar-benar membutuhkan. Aamiin..

    makasih kak sudah sharing info tentang galang dana onlinenya..

    ReplyDelete
  20. Biar baru jalan beberapa bulan, ternyata banyak juga kampanye yg ada di Peduli Sehat. Sedih juga membacanya, ternyata kondisi tanah airku begini :"
    Sisi baiknya, kita mengetahuinya dan dapat membantunya dengan mudah karena canggihnya teknologi yg terus berkembang. Dan saya juga baru2 berkenalan dg Peduli Sehat ini, juga baru tahu kalau berdonasi itu ada 2 pilihan sbg donatur yg mana.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, inilah bentuk positif penggunaan internet dan teknologi. Bisa membantu orang-orang yang membutuhkan melalui platform donasi online yang fitur-fiturnya memudahkan siapapun berdonasi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal