Friday, 4 September 2015

Cara Membuat Keripik Pisang Yang Renyah

Suka ngemil tapi punya budget sedikit untuk bikin cemilan. Kenapa nggak bikin cemilan sendiri saja. Dengan Modal  Pisang kepok hasil halaman belakang, dan 1 kg  minyak goreng jadi deh keripik pisang  yang renyah tanpa pengawet dan semua anggota keluarga suka.
Kenapa harus pisang kepok, karena pisang jenis ini lebih gurih rasanya ketika dibuat keripik dibandingkan dengan pisang wak, pisang ambon dan jenis pisang lainnya.

Ini namanya pisang kepok
Bahan yang diperlukan untuk membuat keripik pisang:
Pisang kepok yang mentah, belum matang. (2 sisir)
Air garam
Minyak Goreng (1 kg)
Alat yang dibutuhkan:
Parutan pisang
Sendok makan
Wajan
Pisau dibaluri minyak goreng
toples/tempat untuk menaruk keripik yang sudah jadi (saya butuh 4 tempat untuk 2 sisir pisan)
Cara Membuatnya:
Pertama-tama pisang harus dikupas terlebih dahulu. Untuk menghindari getah pisang yang lengket di pisau sebaiknya pisau diolesi minyak goreng terlebih dahulu. Setelah selesai dikupas pisang diparut atau diiris-iris tipis. Panaskan wajan, ketika minyak mulai panas masukan  pisang yang sudah diiris tipis dan kemudian masukan dua sendok makan air garam (atau sesuai selera, dikira-kira jangan sampai keasinan) ke dalam minyak setelah dirasa pisang sudah rapuh angkat dan ditiriskan. Keripik pisang pun siap untuk dinikmati.
NB: pisang juga bisa langsung diparut di atas minyak, tapi pastikan tangan anda cukup kuat untuk menahan alat parutnya.
Alat parut dan hasil akhir keripik pisang
Selamat mencoba, maaf yaa kalo tutorialnya terkesan agak maksa, maklum perdana :)

15 comments:

  1. Wah... kudu dicoba nih. Aku sukaaaa keripik pisang. TFS, Mbak...

    ReplyDelete
  2. Loh...cara bikin keripik pisang ternyata gitu aja ya kirain tambah apa gitu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius nggak pernah bikin keripik pisang?

      Delete
  3. Waaah barutau pakenya pisang yg mentah. Thanks resepnya

    ReplyDelete
  4. kalau pakai pisang masak warnanya nggak cantik dan susah diiris karena sudah lembek, jadinya malah pisang goreng :)

    ReplyDelete
  5. Wah asik nih, kapan-kapan mau bikin :-)

    ReplyDelete
  6. waahh enyak tuh..jadi pengen nyobian

    ReplyDelete
  7. Mamaku sering bikin keripik pisang, emang kripik pisang tuh cemilan yg never ending lagi dan lagi ya mba hehehe...

    ReplyDelete
  8. Ini Resep Sendiri Ya sist?

    Mampir Yuk Pusat Oleh-Oleh Makanan Lampung | www.makananlampung.com Menyediakan: Kerupuk Lampung, Kerupuk Cumi, Kerupuk Ikan, Keripik Pisang Aneka, Keripik Pisang Yenyen, Keripik Sanjai, Keripik Balado Lampung, Lempok, Lele Asap, Kopi Lampung, Kopi Luwak, Kopi Durian,dll.

    Kirim Keseluruh Indonesia - Alamat: Jl. B. Manti 03, Kedaton Bandar Lampung - 35143

    ReplyDelete
  9. makasih baut resep keripik pisangnya gan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal