Tuesday, 20 October 2015

Kejang Demam Pada Anak

Selama jadi emaknya Vinka dan Shidiq ada 3 masa yang buat saya sangat menyita energi, yaitu waktu  mereka disapih, training toilet dan ketika mereka sakit

Termometer wajib punya kalau punya anak kejang demam
Waktu pertama kali Vinka kejang demam itu usianya baru 7 bulan, benar-benar  bikin shock karena sebelumnya dia sehat, tapi malamnya badannya anget terus dan pas shubuh dia kejang, setelah shalat shubuh akhirnya kami bawa ke IGD dan diberi paracetamol yang dimasukkan lewat dubur.

Setelah itu bawa periksa Vinka ke dokter anak karena demamnya main berkisar 39, 4 turun sebentar pas dikasih obat paracetamol  habis tuh naik lagi.Untuk obat panasnya dokter kasih obat novalgin yang cepat nurunin panas dan dosisnya bisa diulang setelah 6 jam, kalau paracetamol pemberiannya maks tiap 4 jam sekali.
stok obat pas vinka demam
Penyebab Kejang Demam
Dokter bilang  kejang demam karena daya tahan tubuhnya rendah dan itu biasanya karena faktor genetik. Sontak aku protes sama dokternya soalnya aku dan suami nggak pernah kejang demam kok bisa anak kami kejang demam. Dokternya bilang faktor genetik nggak harus dari orang tuanya langsung tapi bisa dari paman or bibinya.

Faktor Pemicu Demam
 Ada banyak faktor pemicu demam, perubahan cuaca, tumbuh gigi, kecapean juga bisa nyebabin deman buat Vinka.  Biasanya demam itu pasti ada mau sakit lainnya, misal vinka itu paling sering demam pas mau flu atau batuk

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Anak Demam
Yang pasti jangan panik. Anak yang punya riwayat kejang demam seperti Vinka ketika dia mulai demam, harus benar-benar dipantau dan dikompress terus dengan air hangat di bagian ketiak dan leher untuk mempercepat turun suhu tubuhnya. (kenapa ketiak dan leher kok nggak di kepala, kata dokter anaknya karena di leher dan ketiak banyak pembuluh darah apa.... gitu  rada-rada lupa, kata-kata dokternya)

Obat Apa saja yang harus disediakan  bagi anak dengan riwayat Kejang demam
Yang pasti obat penurun demam bisa paracetamol, sanmol, termorex, dan yang dosisnya paling tinggi novalgin.

Obat Anti kejang, untuk mencegah kejang kalau di puskesmas biasa diberi luminal untuk anak yang punya riwayat kejang demam, bisa juga stesolid sirup.Biasanya stesolid sirup diminum setelah minum obat penurun demam

Obat Ketika Kejang.  Kadang meskipun sudah dikompress dan diberi obat penurun demam tapi kadang tetap aja kejang, ketika anak kejang harus langsung diberikan stesolid yang dimasukan lewat dubur untuk mencegah kejang berlangsung lama.

Sampai Kapan Anak Kejang Demam Harus Benar-benar Dijaga 
Anak dengan riwayat kejang demam harus dijaga benar-benar sampai usianya 5-6 tahun jika masih kejang demam juga harus dijaga dan dipantau hingga usia 12 tahun.

Kejang Demam  dianggap Berbahaya
Jika kejangnya lama dan sering, dalam setahun sampai beberapa kali kejang demam maka wajib konsultasi ke dokter. 

Mitos tentang kejang demam, kalau anak kejang demam bakal jadi bodoh itu tidak benar semua kembali pada bawaan dasar anaknya, kalau dasar anaknya pandai yaa akan tetap pandai. Oya ada juga yang menyarankan agar anak yang kejang demam untuk minum vitamin otak, well aku pribadi nggak beri vitamin otak untuk vinka, tapi vinka rajin ku stimulasi dengan membacakan cerita, menyanyi dan aktivitas yang merangsang otaknya.

16 comments:

  1. menjadi bu memang banyak cobaannya yah mbak, tapi ketika melihat anak-anaknya sehat rasa bahagianya tak terkira..

    salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, kebahagian seorang ibu ngelihat anak 2 tumbuh sehat,

      Delete
  2. kejang demam itu apa mungkin yang disebut step itu ya mbak..?
    penyakit itu bisa diobati tapi juga bisa kembali...yang penting ada persediaan obat penurun demam ya mbak...
    semoga Vinka selalu sehat ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya step, tapi beda dengan orang kejang epilepsi ini kejangnya hanya pas dia demam. aamiin, makasih mbak anjar doanya :)

      Delete
  3. emang suka gitu kalau anak panas pasti suka step, kadangbanyak orang tua yang panik gara-gara anaknya kejang-kejang

    ReplyDelete
  4. MEnghadapi kejang demam pada anak-anak harus hati-hati ya mba, moga sehat selalu.

    ReplyDelete
  5. malah ada yang bilang kalo kejang katanya dikasih kopi aja, haduhhh masa masih kecil dikasih kopi, yang pasti harus tenang ya mbak, tinggi banget itu sampai 39

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak harus tenang kl nggak mlh anak rewel kt pnk nggak beres semua

      Delete
  6. harus siap-siap sedia ya obat dll apalagi anak yag beberapa kali kejang demam, semoa anak-anak sehat selalu ya mak..

    ReplyDelete
  7. Paling khawatir kalau melihat anak demam, karena itu di rumah juga sama mba selalu sedia termometer digital n parasetamol syrup. Minggu kemarin aja anakku demam sampai 39 derajat. alhamdulillah sekarang udah sembuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak kalau demamnya tinggi suka khawatir tingkat dewa

      Delete
    2. Mbak saya coba beli obat stesolid kok ngak di jual bebas yaa.. mohon petunjuk untuk mendapatkannya.

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal