Saturday, 29 March 2014

(Give Away) Mendongeng yuk,


Sejak Vinka masih dalam kandungan aku senang sekali  mendongeng dengan cara membacakan buku. Sampai kini dia berusia empat tahun dan memiliki adik kebiasaan itu terus kulakukan. Ada kebahagian tersendiri ketika mereka begitu antusias mendengarkan ceritaku dan bertanya ini dan itu cerita yang sedang kubacakan untuk mereka.

Shidiq dengan buku favoritnya 

Mungkin karena cara aku mendongeng yang membuat mereka antusias, kadang aku mendongeng sambil bernyanyi atau mengunakan mimik wajah atau menirukan suara-suara.Tapi kalau lagi malas aku hanya membaca biasa saja.
Untungnya buku cerita mereka didukung dengan gambar yang banyak jadi mereka tetap tekun menyimak waktu kubacakan cerita.  Sehinggas sambil aku bercerita anak-anak menikmati gambar yang menjadi objek cerita. Bahkan  mereka mempunyai buku cerita dongeng favorit masing-masing. 
Shidiq (2 tahun) paling suka dibacakan   buku kisah-kisah teladan Al-Qur'an untuk anak dan Vinka (4,5 tahun) paling suka dibacakan  buku rahasia princess, kisah 10 putri cantik, pintar, baik hati dan islami.
Ternyata dengan mendongeng dapat menumbuhkan daya imajinasi  dan rasa cinta anak pada buku.  Vinka jadi pandai mewarnai karena sering melihat gambar dari buku-buku yang kudongengkan. 





Begitu juga dengan Shidiq, walau dia masih bayi suka banget kalau dibeliin buku baru. Baik itu buku mewarnai ataupun buku bacaan. Jadi dengan membiasakan mendongeng untuk anak seolah mengikuti perumpamaan "sekali dayung dua tiga pula terlewati.
Dengan mendongeng melatih anak untuk menjadi pendengar yang baik, fokus pada cerita yang didongengkan dan juga menumbuhkan rasa cinta anak pada buku



Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway Mamahtira

6 comments:

  1. harusnya ada gerakan "mendongelah untuk anak-mu ibu" hehe.... banyak manfaatnya ya mak...manfaat yg dirasakan stiap ibu pun berbeda-beda....cuma kebiasaan mendongeng saya mulai sirna, ktika anak saya baru satu mendongeng biasanya setiap hari saya lakukan... dibanding anak pertama, sekarang sudah teramat jarang...kasian si bungsu... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yak mak dah singgah, iya bagus tuh kalo gerakan mendongenlah untuk anakmu ibu benar-benar teralisasi

      Delete
  2. wah hebat, berarti punya banyak koleksi dongen nih, atau dongengnya sering diulang-ulang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksih dah singgah eyang, tergantung permintaan anak-anaknya. Kadang kalo dah suka dengan satu cerita, cerita itu saja yang minta diulang-ulang

      Delete
  3. gimana caranya biar blog kita ada iklannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iklan yang mana eyang?atur aja lewat tata letak tambah widget salin, copy save

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett C-Power Face Mist Bikin Wajah Selalu Fresh

         Salah satu skin care yang banyak manfaatnya namun, orang masih jarang menggunakannya adalah face mist. Menggunakan   face mist    s...