Tuesday, 10 May 2016

9 Hal Yang Paling Sering Dikeluhkan Ibu Hamil

Hamil  ketiga ini banyak yang membuat nggak nyaman dan aku curhatin waktu cek ke dokter kandungan atau bidan. Padahal keluhan yang kurasakan  itu memang rata-rata ibu hamil merasakannya.
Jadi biar nggak lupa lagi di kehamilan ketiga ini aku tuliskan 9 hal yang paling sering aku keluhkan selama hamil.
 1. Dada Bengkak, 
    Jadi bulan Agustus kemarin sempat cek test pack hasilnya dua garis tapi pas bulan september sempat haid dua hari dan langsung bersih, dan pas test pack lagi hasilnya negatif. Pas akhir september coba test pack lagi  karena ngerasain dada bengkak, (dan lumayan sakit kaya kalau waktu menyusui full banget asinya) dan ternyata begitu test pack lagi hasilnya positif
 2. Susah BAB (Buang Air Besar)
     Keluhan selanjutnya yang aku alami alami adalah susah Bab, kadang udah mules tapi susah keluar, dan kadang lebih dari empat hari baru bisa BAB, jadi BABnya keras dan akhirnya disertai sedikit darah. Makanya setelah konsultasi ke dokter  kata bu dokter yaa perbanyak makan buah, sayur dan minum air putih. Kalau udah 3 hari nggak BAB masukin aja lupa nama obatnya (mikrolac/ducolac yang dimasukin , diolesin gelnya (maaf) ke dalam dubur).
 3. Sering Buang Air Kecil
     Dulu dikehamilan anak pertama dan kedua nggak ngerasaain sering buang air kecil di awal kehamilan. Kata bu dokter seh wajar karena bayinya kan lagi nyari posisi yang pas makanya kadang-kadang kita jadi suka buang air kecil. Sering buang air kecil juga bakal dirasain pas akhir kehamilan (kalau ini aku rasain pas kehamilan anak kedua, dan itu juga jadi indikator nggak lama lagi bakal melahirkan (paling telat seminggu dari sering buang air kecil di semester akhir kehamilan).
4. Keputihan
    Waktu hamil anak pertama dan kedua juga aku nggak ngalamin keputihan, pas hamil anak ketiga baru ngerasain dan juga baru tau juga kalau keputihan pada ibu hamil itu ada jenis. Keputihan karena pengaruh hormon, dan keputihan penyakit (biasanya karena faktor air).
Ciri keputihan karena penyakit, lendirnya banyak dan disertai rasa gatal (walau gatalnya tidak parah atau sesekali sebaiknya konsultasi terus ke dokter) karena keputihan bisa menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya seremkan.
Keputihan yang aku rasain lendirnya banyak dan kadang-kadang aja gatalanya. Bu dokter nyaranin kalau cebok airnya pakein detol dan selama tujuh hari juga aku dikasih obat keputihan yang harus dimasukin ke dalam maaf (vagina) sebelum tidur.

Obat keputihan yang dimasukin ke dalam vagina
 5.Muntah ketika gosok gigi
    Di awal kehamilan  sampai semester kedua kehamilan aku masih alamin yang namanya muntah pas gosok gigi. Kalau buat yang satu ini solusiku seh sikat giginya jangan terlalu dalam dan cepat-cepat aja biar nggak muntah.
 6. Kram kaki
     Pernah bangun tidur kemudian nggak bisa gerak karena ngalamin kram kaki. Pas hamil satu, dua, tiga aku ngalamin. Kalau bidanku  bilang kurang minum air putih, dokterku bilang karena kurang kalsium ketahuan deh kalau malas minum susu. Apalagi kalau umurnya udah kepala tiga penting banget tuh minum susu selama kehamilan.
7. Sakit Pinggang
    Ini biasanya karena posisi sering membungkuk yang salah (misalnya pas ngejemur kain), terlalu banyak angkat barang berat, kurang minum air putih dan juga karena faktor usia janin yang tambah besar. Kompres dengan air hangat seh membantu banget memberikan rasa nyaman, atau minta suami pijitin :)
 8.Susah Tidur
    Seiring bertambahnya usia kehamilan kenyamanan tidur itu semakin langka, kadang-kadang juga diiringi rasa sesak, posisi  tidur yang bagus untuk bumil itu berbaring menghadap ke kiri dan disanggah banyak bantal. 
9. Bengkak Kaki dan Tangan
    Jadi sekarang ini kaki dan tanganku neh lumayan bengkak. Dokter bilang mungkin itu karena terlalu banyak beraktivitas, terlalu banyak jalan, terlalu banyak duduk. Solusinya kalau untuk kaki bisa dinaikkan ke atas sebentar, biasanya akan kembali normal.
Bengkak pada ibu hamil berbahaya jika disertai tekanan darah yang tinggi karena itu berarti ada indikasi ganguan pada ginjal.



























4 comments:

  1. salam kenal mbak,

    saya juga sedang hamil anak pertama.... hampir semua keluhan mba juga saya rasakan sekarang, kecuali yang point 9. Semoga sehat-sehat selalu ya untuk ibu dan baby sampai persalinan nanti. aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. doa yang sama untuk mbak eskaningrum, aamiin

      Delete
  2. Insyaallah semua akan terbayar begitu bayi lahir di dunia. Moga sehat terus, lancar hingga kelahiran babynya ya Mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal