Monday, 10 April 2017

Mengapai Puncak Peradaban Dunia Dengan Pustaka UNSYIAH

Tidak ada hal yang lebih penting bagi umat manusia dari pada membawakan buku-buku dalam jangkauan semua orang, buku yang dapat meluaskan pandangan dapat membebaskan kita dari diri kita sendiri, dapat mendorong kita ke penemuan-penemuan baru dan benar-benar dapat mengubah kehidupan serta membuat seseorang menjadi anggota masyarakat yang berharga. Satu-satunya jalan untuk melaksanakan ini ialah melalui perpustakaan.
Demikian kutipan  dari tulisan berjudul Public Libraries and Their Mission  karya seorang sastrawan Prancis  Andre Maurots yang bisa menjadi bahan renungan kita bersama tentang pentingnya perpustakaan
Bahkan sejarah juga membuktikan bahwa  para cendekiawan dan ilmuwan dunia merupakan tokoh-tokoh yang akrab dengan perpustakaan  contohnya Al-Kindi dan Al-khawarizmi  yang hidup pada masa Dinasti Abasiyah. Dimana pada saat itu keberadaan perpustakaan dan buku sangat dihormati, bahkan jabatan pustakawan menjadi primadona dengan memperoleh gaji yang sangat besar dari pemerintah.

Sejarah juga mencatat sepajang peradaban manusia perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia tidak lepas dari perpustakaan.
Pada masa kini, kontribusi perpustakaan dalam mendukung pembangunan bangsa dan peradaban  dengan memberikan layanan maksimal dan juga mendorong serta mendukung  lahirnya kelompok-kelompok diskusi (small group yang mengkaji berbagai hal).

Salah satu perpustakaan keren yang fungsinya more than just library ada di kotaku lho, tepatnya di Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala. 
Gedung Pustaka UNSYIAH 
Gedung tiga lantai berwarna putih dengan beberapa pilar sebagai point interest bangunannya didirikan pada tahun 1994 melalui surat keputusan rektor no.060 tahun 1994, pendayagunaan UPT. Perpustakaan Unsyiah ditingkatkan dengan menyatukan semua perpustakaan yang ada di lingkungan UNSYIAH di dalam satu wadah UPT.Perpustakaan.

PustakaUNSYIAH memiliki  sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar yang tersebar dalam berbagai jenis buku teks, terbitan berkala (jurnal), laporan akhir, skripsi, tesis, disertasi, majalah, buku referensi, laporan penelitian, CD-ROM dan dokumentasi. Koleksinya juga meliputi  e-book dan e-journal pada beberapa penerbit International.

Pustaka UNSYIAH juga mengalami perubahan yang paling fenomenal sepanjang sejarah perpustakaan. Dulu pada tahun 1999 sewaktu saya pertama kali menjadi mahasiswa UNSYIAH, pustaka ini sama seperti pustaka pada umumnya, kesan formal dalam ruangan yang didominasi warna putih dan sejumlah aturan ketat  diberlakukan. Seperti dilarang membawa makanan, minuman dan  tas.

Belum lagi antrian panjang ketika harus meminjam buku, terutama ketika pustaka mau tutup. Serta peraturan yang hanya membolehkan meminjam buku maksimal 3 buku, belum lagi kalau mau perpanjang atau kelupaan balikin buku, harus bela-belain pergi ke Pustaka walau nggak ada mata kuliah. (Iya saya selalu nongkrong ke Pustaka ketika menanti jam kuliah lainnya biar hemat ongkos pulang pergi)

Sekarang bisa kita lihat sendiri bagaimana Pustaka UNSYIAH berhasil mengambil  hati para pengunjungnya hingga jumlahnya terus meningkat dengan mengakomodasi perubahan perilaku pengunjung perpustakaan dengan baik. Dengan visinya menjadi pusat informasi terkemuka dan berdaya saing di Asia Tenggara pada tahun 2018 Pustaka Unsyiah terus berinovasi dan memperbaiki layanannya.
Salah satunya dengan mendesain ruang perpustakaan menjadi lebih colorfull dan nyaman.
Dengan memberikan beberapa ilustrasi berupa gambar, tulisan serta warna dapat membuat ruangan yang terkesan kaku  jadi lebih nyaman  dan  hangat membuat pengunjungnya betah. Terutama buat pengunjung yang masih muda  dan hobinya selfi,  atau foto terus upload ke medsos. Pustaka UNSYIAH instagramable banget, ciyus deh coba aja ke pustaka unsyiah langsung  kalau nggak percaya.
Fasilitas wifi dan ruangan nyaman membuat pengunjung betah di pustaka UNSYIAH
Kamu juga bisa milih mau baca buku sambil duduk di kursi biasa, di sofa  atau lesehan. Boleh bawa makanan ringan dan minuman juga jadi kita nggak lapar apalagi sampai dehidrasi. Yang  lebih keren lagi neh ada pemisahan antara ruang baca untuk pria dan wanita. Jadi dimana pun berada tetap syariah Islam ditegakkan.
 
Pustaka UNSYIAH
Ruang baca putri di pustaka UNSYIAH

Meningkatkan sumber daya para pegawai
Para pengurus perpustakaan harus diasah skillnya dengan memberikan pelatihan teknis untuk pengembangan perpustakaan secara teknis dan administratif,  serta pengembangan kepribadian yang bertujuan untuk melejitkan loyalitas mutu pelayanan kepada masyarakat, dengan demikian masyarakat merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan.

Serta tak lupa mengapresiasi kinerja para pengurus perpustakaan agar lebih termotivasi sehingga mampu mengoptimalkan kinerja dalam hal pelayanan prima.
Bentuk apresiasi untuk memicu kinerja para pengurus perpustakaan UNSYIAH
Memberi apresiasi bagi para pengunjung dengan kriteria tertentu



Setelah sebelumnya Pihak Perpustakaan Unsyiah memberikan penghargaan kepada Pustakawan Terbaik, kini giliran Mahasiswa dan Dosen Universitas Syiah Kuala. Masing-masing kategori penghargaan tersebut didapat berdasarkan data peminjaman buku terbanyak untuk kalangan mahasiswa, dan partisipasi aktif dalam program Literasi Informasi untuk kalangan Dosen.

Dengan award seperti ini diharapkan semua orang akan berlomba-lomba ke perpustakaan, membaca dan berkarya.

Mendukung kegiatan lain yang positif
Setiap hari Rabu dilantai  II pustaka unsyiah rutin dilaksanakan pergelaran acara relax easy sebagai ajang hiburan, mengasah kreatifitas dan bakat  yang diikuti para mahasiswa dan dosen.

Korean Corner ruangan yang terletak di lantai III  Perpustakaan Unsyiah merupakan hasil kerja sama Universitas Syiah Kuala dengan Kementrian Kebudayaan Korea yang bertujuan mempromosikan budaya Korea kepada masyarakat Aceh
Tersedia bermacam pernak-pernik budaya Korea Selatan, mulai dari poster, baju tradisional Korea, buku-buku berbahasa Korea, dan alat musik serta baju tradisional Korea yaitu Hanbook juga dapat dipakai oleh para pengunjung. Baju tersebut tersedia untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa

Library Gift Shop berada di lantai I Perpustakaan Unsyiah, wadah untuk industri di Unsyiah bagi mahasiswa yang ingin memperkenalkan hasil karya produknya.Barang-barang yang di jual disini bermacam-macam-macam, mulai dari barang dengan merk Unsyiah, seperti baju, topi, mug, kopi, kerajinan tangan hingga buku yang ditulis oleh orang Aceh.

Layanan peminjaman ruangan bagi mahasiswa yang ingin mengadakan acara tanpa dipungut biaya. Persyaratannya pun mudah, asalkan mahasiswa yang meminjam ruangan harus menjaga kebersihan ruangan.

Meningkatkan Layanan
Karena tingginya minat pengunjung perpustakaan akhirnya memberlakukan lagi jam operasional sampai jam 23.00 WIB dan saat akhir pekan dan juga penambahan jumlah buku yang boleh dipinjam dari hanya maksimal 3 buku sekarang menjadi 7 buku.



Memanfaatkan Teknologi
Zaman makin canggih pemanfaatan teknologi harus diterapkan sebaik mungkin termasuk dalam pelayanan perpustakaan. Nggak perlu ngantri panjang lagi jika ingin meminjam buku cukup mendaftarkan diri kepada petugas sirkulasi dengan menunjukkan kartu identitas.
Kemudian, peminjam dapat langsung menuju mesin peminjaman mandiri dan melakukan scan barcode yang ada pada kartu identitas serta memasukkan password yang diinginkan lalu meletakkan buku yang ingin dipinjam pada tempat peminjaman yang telah disediakan dan menekan tombol selesai pada layar serta mengambil slip peminjaman yang keluar secara automatis pada mesin tersebut.
Masih kurang ngerti dengan penjelasan di atas bisa simak video di bawah ini



dalam pelayanan Literature Search Service (LSS)  yaitu layanan yang dapat digunakan sebagai pencarian koleksi buku ini dapat diakses secara online melalui uilis.unsyiah.ac.id atau melalui Online Public Access Catalog (OPAC) yang memiliki hubungan ke berbagai repository atau aplikasi baik dalam maupun luar negeri yang bisa di akses melaluihttp://uilis.unsyiah.ac.id
Untuk masyarakat umum, bisa menikmati layanan LSS ini berupa:
Electronik Thesis and Disertation; http://etd.unsyiah.ac.id,
Artikel Jurnal; http://jurnal.unsyiah.ac.id,
Laporan Penelitian; http://uilis.unsyiah.ac.id/opac
Artikel Jurnal Perpustakaan Unsyiah; http://uilis.unsyiah.ac.id/serial dan
Resource of Excellence: http://uilis.unsyiah.ac.id/unsyiana.










referensi:
http://library.unsyiah.ac.id/struktur/sejarah/
http://library.unsyiah.ac.id/ruang-baca-dipisah-apa-tanggapan-mahasiswa/
http://library.unsyiah.ac.id/tim-pelayanan-prima-tetapkan-tiga-pustakawan-terbaik/
http://library.unsyiah.ac.id/perpustakaan-unsyiah-beri-penghargaan-untuk-mahasiswa-dan-dosen/
http://library.unsyiah.ac.id/perpustakaan-unsyiah-simpanlah-tanda-terima-pengembalian-buku-anda/
http://library.unsyiah.ac.id/kantin-perpustakaan-salah-satu-tempat-favorit-para-pengunjung/
http://library.unsyiah.ac.id/mudahnya-meminjam-buku-dengan-mesin-peminjaman-mandiri/
http://library.unsyiah.ac.id/category/galeri-photo/
http://library.unsyiah.ac.id/perpustakaan-unsyiah-miliki-repository-dalam-dan-luar-negeri/

18 comments:

  1. wuaaaaa nyaman banget mba, adem gitu rasanya baca ditempat seperti itu.

    ReplyDelete
  2. Perpustakaannya bagus banget.. Fasilitasnya pun lengkap.. Pastinya para pengunjung betah berlama2 di sana..

    ReplyDelete
  3. Bener2 more than just a library y mba :) smg bisa niy berkunjung kesini aamiin

    ReplyDelete
  4. Bagus ya perpustakaannya, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  5. Wah keren ada ruang baca khsuus putrinya, jd lbh nyaman ya bisa baca2 di sana TFS mbk

    ReplyDelete
  6. Ini masyarakat umum bisa masuk juga mbak? Wah tapi kalau ketemu sama mahasiswa yang masih unyu-unyu jadi malu juga ya.. hahahha
    Tapi sih emang perpustakaannya bagus, komplit dan modern juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tp ada lynan tertentu hnya untuk mhsiswa dan dosen aja

      Delete
  7. Sukses ya lombanya, perpustakaannya menarik, bikin mahasiswa betah berlama-lama di sana

    ReplyDelete
  8. oalaaaah kamu masuk unsyiah 99 ya mba? aku 2000 :).. jurusan apa? tapi sayangnya aku cuma 3 semester di sana , trs pindah kuliah ke Penang. makanya seingetku dulu perpus unsyiah juga biasa banget yaa... Kereeen sekarang jd bagus begini... :D.. pgn ih sesekali balik ke banda liat kampusku dulu, trutama FE nya :)

    ReplyDelete
  9. iya kak, sekarang pustaka unsyiah memang luar biasa berbenah. kalau bisa flasback, dulu sangking sepi pengunjung, pustaka banyak didatangin sama rayap. applus utk bapak taufik dan staf2nya

    ReplyDelete
  10. kuasai dunia dgn membaca

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...