Saturday, 14 October 2017

Lidah Putih Pada Bayi

Jadi dulu waktu pertama kali punya bayi sempat panik karena bayiku lidahnya kok warnanya putih. Memang dianya biasa  aja tetap lahap minum ASI tapi lama kelamaan warna putih di lidahnya kok tambah tebal yaa?

Kata orang-orang yang sudah berpengalaman alias punya bayi duluan lidah putih itu biasanya timbul karena susu yang tertinggal di lidah biasanya kalau anak minum susu formula cara bersihinnya gampang kok ambil kain kasa danair hangat yang sudah dicampur garam dikit lalu bersihkan.

Pastikan tangan kita  steril ketika mengerjakan ini bisa menggunakan sabun or antis truss lilitkan kain kasa yang telah dicelupkan air hangat dikelingking trus lakukan gerakan memutar…beres deh.

Ada juga yang bilang habis ASI dikasih minum air putih dikit biar ASInya nggak nempel di lidah
Jadi galau karena nggak semua yang kamu dengar itu pasti benar. Seperti waktu zaman baheula kalau usia bayi udah tiga bulan langsung dikasih pisang kerok dan masih aman, nggak ada gangguan pencernaan.

Sekarang kalau bayi di bawah enam bulan kita berikan MPASI dini pasti mengalami ganguan di saluran pencernaannya, usus nempellah yang mengharuskan si bayi operasi di usia dini, sakit perut, hingga kematian.

Akhirnya karena Vinka juga waktu itu udah mulai MPASI dan mulai rewel ketika makan. Aku bawa dia ke dokter spesialis anak dan diberikan obat Nistatin.  Jadi ternyata lidah putih pada bayi itu jika dibiarkan bisa menyebar ke rongga mulut, bibir dan membuat selera makan anak hilang.

Lidah putih sebaiknya tidak digosok karena justru jika tidak hati-hati  dapat menghilang indera perasa si anak. Anak jadi sulit membedakan rasa manis,asam, asin, dan lain-lain.

Jika putihnya sudah menyebar kemana-mana itu tandanya bayinya  juga terkena panas dalam. Jadi sebaiknya diberikan buah-buahan juga di sela-sela jam makannya.


Terus kalau ada sariawannya,kenalog bisa diberikan pada bayi. Kenalog juga bisa sebagai obat ketika payudara kita terluka karena gigitan adek bayi yang gusinya mulai gatal.

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal