Wednesday 4 October 2017

Menu Sederhana Tahu Yang Mudah Diajarkan Pada Anak

Lihat olahan masakan berbahan dasar  tahu  dari mbak Heni Puspita  di blog keb, bikin jadi ingin share resep favorit yang sering saya buat, dan sekaligus sebagai latihan memasak sederhana  untuk anak-anak.

Kenapa harus tahu?
Karena tahu harganya murah (terjangkau untuk semua kalangan), mudah didapat, mudah diolah  kaya kandungan gizi (mengandung air, protein, lemak, dan karbohidrat, tahu juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, natrium, asam folat, vitamin B, dan vitamin E) dan bebas kolesterol.
Anak-anakku dari usia empat tahun sudah minta diajarkan memasak. Pertama aku ragu untuk mengajarkan mereka memasak takut, kecipratan minyak, takut teriris jarinya, tapi karena anak-anak terus memaksa dan dengan bijaknya berkata
 ."Nanti kalau kakak sudah gede, kakak nggak bisa masak gimana?"
Akhirnya saya putuskan untuk mulai mengajarkan dia memasak setahap demi setahap dari ketrampilan yang paling dasar yaitu mengenalkan nama bumbu-bumbu dapur dari mulai jahe, bawang merah, bawang putih, ketumbar,kemiri dsb


Banyak menu yang bisa kita olah dari tahu, mulai tahu goreng, tahu isi, perkedel tahu, tauco tahu, tahu lado, tapi yang praktis dan menjadi favorit keluarga  saya adalah tahu pepek. Istilah pepek sedikit lupa dapat kata itu darimana mungkin karena olahan tahu kami harus dihancurkan (nggak nyambung yaa J)
Di rumah kalau memasak  saya jarang  bahkan boleh dibilang hampir tidak pernah menggunakan penyedap. Menu tahu pepek inipakai penyedap mantap nggak pakai penyedap juga udah enak. Saya pakai sedikit kecap sebagai ganti penyedap diresep ini. Oke ini dia resepnya
Tahu Pepek ala Vinka dan Mama

Bahan: Untuk Satu Mangkok Tahu Pepek diperlukan empat buah tahu 
Daun bawang bisa diganti dengan bawang merah
kecap
garam
Kalau ingin pedas bisa ditambah dengan cabe rawit
Cara membuatnya:
Goreng tahu setengah matang tiriskan
Hancurkan tahu yang telah digoreng setengah matang menggunakan ulekan.
Tahu
Iris kecil-kecil daun bawang atau bisa digantikan dengan bawang merah. Iris kecil cabe rawit.
Panaskan minyak, tumis bawang merah/ daun bawang dan cabe rawit masukkan tahu yang telah dihaluskan tambahkan kecap dan garam.
Masak hingga tahu terlihat masak sempurna dapat dilihat dari keringnya air tumisan yang keluar dari tahu.
Tahu pepek siap dihidangkan. Lebih mantap kalo menu tahu pepek ini disantap dengan nasi panas dan sambal terasi.

Saya paling suka menyajikan menu ini ketika keadaa darurat alias nggak ada lauk lain,belum ke pasar atau nggak ada tukang ikan lewat. Plus  ketika waktu memasak yang saya miliki sangat sedikit, jadi nggak punya waktu yang cukup kalau masak yang ribet.

Oya, hampir  lupa karena ini resep masakan berdua anak, jangan lupa  untuk melibatkan si kecil juga. Dia pasti akan bahagia jika diberi kesempatan untuk membantu.

Kita bisa membiarkan dia mengambil peran untuk mengulek/ menumbuk  tahu yang sudah digoreng setengah matang  itu menjadi hancur. Selain ini bisa jadi pengalaman baru buat anak ini juga bisa menguatkan otot lengannya juga lho kalau sering dilakukan.:D.

Biarkan anak untuk mengikuti  setiap langkah-langkah sampai masakan selesai dimasak dan siap disajikan. Saya yakin anak akan lebih lahap makan karena dia terlibat dalam proses pembuatan dan penyajiannya. Jadi sudah menu berbahan dasar tahu apa yang sudah mom masak share juga donk.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

ASUS ROG Phone 8 Gaming Phones Premium

    Dulu , ada empat kriteria utama yang aku terapkan jika memilih smartphone. Jepretan hasil   kameranya harus bagus, baterainya tahan l...