Monday, 4 March 2019

Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa


Ide Bisnis Online Untuk Mahasiswa
(Photo: iStock)
Di zaman yang serba mahal, sebagai manusia kita dituntut untuk bisa lebih kreatif untuk menyiasati urusan keuangan kita.

Apalagi untuk kamu yang berstatus mahasiswa dan tinggal sendirian di kota tempat kamu kuliah.
Segala urusan manajemen uang mulai dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar harus kamu atur demi mencukupi kebutuhan di kota perantauan.

Meskipun uang jajan atau biaya hidup kamu masih ditanggung oleh orang tua, namun pasti jumlahnya tidak banyak atau pas-pasan.

Untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, jangan khawatir, guys! Banyak hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan untuk menambah uang sakumu tersebut, salah satunya dengan bisnis online.

Iya, era teknologi dan informasi sekarang ini telah membawa masyarakat kita beralih dari aktivitas jual beli konvensional (offline) ke dunia jual beli lewat digital (online).
Produk-produk yang dijual di internet juga cukup beragam, mulai dari jual-beli barang, kendaraan, sampai dengan jual-beli properti semua dapat kamu lakukan secara online.

Seperti situs 99.co/id, menjadi salah satu dan yang paling berkembang di kategori marketplace properti, 99.co/id hadir memberikan kemudahan bagi pencari dan penjual properti melakukan transaksi dan kerjasama melalui situsnya.

Meskipun menawarkan produk yang cukup eksklusif yaitu properti, namun dengan tren jual-beli online yang semakin meningkat, produk-produk tersebut tetap bisa dipasarkan dan laris-manis dipasaran.

Dilansir melalui Liputan6, pada tahun 2017 masyarakat Indonesia menghabiskan sedikitnya US$ 10,9 Miliar atau sekitar Rp 146,7 Triliun untuk belanja online, yang artinya meningkat 41 persen dari tahun 2015 sebesar US$ 5,5 Miliar atau sekitar Rp 74 Triliun.

Sangat menggiurkan bukan? Momentum ini tentu sangat baik dimanfaatkan untuk membangun sebuah bisnis online.

Tenang, meskipun kamu seorang mahasiswa yang memiliki budget pas-pasan, namun banyak sekali ide bisnis online dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal, yang dapat kamu lakukan.
Untuk itu, hari ini saya akan memberikan beberapa ide bisnis online untuk mahasiswa.
Penasaran apa saja? Mari kita lihat daftarnya!

1. Membuka toko online
1. Membuka toko online



(Photo: iStock)
Enaknya berbisnis melalui online adalah, kamu enggak perlu repot-repot memikirkan membangun toko atau tempat menjajakan barang yang kamu jual.

Tidak perlu pula memikirkan budget dan lokasi, karena di online, kamu bisa membangun sebuah toko tanpa modal alias gratis!

Yang perlu kamu lakukan hanya membuat akun sosial media untuk membangun brand kamu dan melakukan sebuah promosi untuk memasarkan barang-barang dan brand yang kamu bangun.

“Kan, jual barang juga butuh modal, dan pasti enggak sedikit dong”

Mungkin hal tersebut ada dibenak kamu sekarang. Untuk itulah saya hadir untuk memberikan solusi.
Kita ambil contoh, misalnya kamu ingin membuat brand clothing, kamu tidak perlu mencari dana atau modal untuk membuat baju-baju yang kamu akan jual.

Cara mudahnya adalah, kamu bisa memberlakukan sistem pre-order. Kamu hanya perlu membuat desain yang akan dipilih oleh pembeli, setelah itu mereka akan membayar seharga baju yang mereka beli.

Meski uang sudah ditransfer, dengan sistem pre-order pembeli harus menunggu terlebih dahulu untuk proses pembuatan produk, sampai dengan jadi dan dikirim ke pembeli.

Dari uang pre-order tersebutlah kemudian kamu gunakan sebagai modal. Jadi tidak perlu mencari modal di muka dong?

2. Menjadi reseller atau dropshipper
2. Menjadi reseller atau dropshipper
(Photo: iStock)

Pernah mendengar istilah-istilah ini? Kedua kata ini kerap melekat di dunia bisnis online.
Meski sudah pernah mendengarnya, mungkin tidak banyak dari kamu yang mengetahui, apa sih beda reseller dan dropshipper?

Reseller adalah orang yang menjual kembali produk atau barang dari distributor, produsen, atau supplier. Sedangkan dropshipper, adalah orang yang memasarkan suatu produk, atau mencari pelanggan untuk sebuah distributor.

Sudah mengerti? Sederhananya seperti ini, kalau reseller, mereka membeli produk dari distributor, kemudian menjaul kembali produk tersebut dengan harga yang mereka tentukan sendiri.

Sedangkan dropshipper, mereka hanya focus mencari konsumen saja, dan saat ada orderan dari konsumen, dropshipper langsung meneruskan orderan dan detail pengiriman kepada distributor.

Jika kamu memiliki modal untuk menjadi reseller, kamu bisa menjadi reseller. Namun apabila tidak, kamu bisa menjadi dropshipper.

Secara keuntungan memang lebih besar ketika kamu menjadi reseller, karena dengan pembelian dengan jumlah besar, biasanya distributor akan memberikan harga miring untuk kamu.
Selain itu, harga jual dari barang tersebut juga sepenuhnya diatur oleh kamu sendiri, namun menjadi seorang dropshipper juga cukup menghasilkan kok.

Komisi dropshipper didapat dari selisih harga yang ditawarkan oleh pembeli dengan harga yang didapat dari penjual.
Jadi, jika kamu berhasil mencari banyak pembeli, tentu pendapatan yang kamu peroleh akan bertambah banyak.

3. Menjadi blogger dan freelance writer
3. Menjadi blogger dan freelance writer

(Photo: iStock)
Jika kamu aktif di dunia blogging, kamu bisa lho memanfaatkan blog kamu sebagai lahan penghasilan yang menguntungkan.

Caranya dengan mengatur blog kamu menjadi monetize blog. Kamu bisa membuka kerjasama untuk layanan iklan, menjual produk, atau menggunakan pay per click.

Pay per click adalah metode kerja sama periklanan yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya.

Menarik sekali bukan? Namun sebelum melakukan hal diatas, pastikan dulu blog kamu aktif dan memiliki visitor yang banyak, agar banyak orang tertarik bekerjasama dengan kamu.

Jika tidak memiliki blog, namun kamu memiliki kemampuan menulis, kamu bisa juga menjadi freelance writer.

Cari atau jajakan jasa kamu kepada para pencari freelance writer melalui berbagai situs pencari kerja atau freelancer. Saat ini banyak sekali lho pengguna jasa freelance writer, mulai dari situs pribadi, perusahaan, sampai dengan bisnis online.

Melalui situs pencari freelance tersebut kamu dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan kamu, mengetahui detail pekerjaan serta menawarkan jasa kamu kepada si pemberi kerja.

Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi secara langsung kepada pemberi kerja terkait detail projek yang kamu kerjaan atau honor yang akan kamu terima setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut.

4. Menjadi programmer dan pembuat web
 4. Menjadi programmer dan pembuat web
(Photo: iStock)

Bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk kamu mahasiswa jurusan IT.

Saat ini, kebutuhan akan programmer web memang sangat menjanjikan, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, pesatnya pertumbuhan internet di Indonesia membuat banyak orang beralih ke bisnis online.

Para pebisnis online ini tentu membutuhkan seorang programmer web untuk membuat atau mengembangkan situsnya.

Maka dari itu, kemampuan kamu sebagai anak IT, bisa kamu salurkan di sini. Tanpa modal, kamu bisa deh memperoleh penghasilan.

Sama dengan menjadi freelance writer, kamu bisa mencari projek pekerjaan dan menjajakan jasa kamu dalam membuat web melalui situs pencari kerja atau freelancer.

5. Menjadi content creator
5. Menjadi content creator
(Photo: iStock)

Kepopuleran media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube memang sangat pesat di Indonesia, bahkan dunia.

Pengguna sosial media tiap harinya terus meningkat, mulai dari usia muda, tua, anak-anak, sebagian besar pasti memiliki satu akun di berbagai sosial media tersebut.

Saking populernya, banyak profesi baru yang muncul melalui sosial media tersebut, contohnya seperti content creator.

Jika kamu familiar dengan selebgram, youtuber, dan sebagainya, nah! Mereka itu termasuk dalam bagian content creator di sosial media.

Tugasnya adalah, membuat berbagai konten yang menarik di dunia maya, seperti video, foto, tulisan, dan lain-lain, sesuai dengan permintaan para klien yang menggunakan jasa mereka.

Pengguna jasa para content creator ini sangat banyak, mulai dari perusahaan besar sampai dengan bisnis online kecil, tujuannya untuk membantu memasarkan produk atau jasa yang mereka jual melalui content creator.

Tidak perlu modal yang cukup banyak untuk memulai bisnis online ini, yang kamu butuhkan hanya branding diri yang menarik, buat konten-konten bagus di sosial media, dan beberapa peralatan seperti kamera dan laptop.

Jika kamu tidak memiliki kamera, gampang! Kamu bisa kok menggunakan HP kamu.

Asalkan konten yang kamu buat menarik dan mengundang banyak followers/viewers, kamu tetap berpotensi ditawari kontrak kerjasama oleh berbagai brand atau perusahaan yang ingin menggunakan jasa kamu kok.

Lantas, apakah kamu tertarik untuk melakoni salah satu bisnis online yang saya tulis di atas?
Saran saya, tetap sesuaikan bisnis yang kamu pilih dengan passion dan kemampuan yang kamu miliki, agar dalam menjalankan bisnis tersebut kamu tetap bisa enjoy dan menikmati setiap prosesnya.

Serta, jangan lupa membagi waktu antara belajar, kuliah, dan bisnis kamu ya. Agar semua aktivitas akademik kamu tetap bisa berjalan dengan baik.

Pasang surut sebuah bisnis itu biasa kok, asalkan kamu tetap berusaha, pasti kamu bisa sukses dalam membangun bisnis tersebut.

Selamat berbisnis online!

No comments:

Post a comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal