Thursday, 18 July 2019

4 Kuliner Semarang Yang Wajib Kamu Coba


Jadi sekarang ini aku lagi hobi banget makan. Kalau pergi ke destinasi baru pasti yang aku incar kulinernya. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, sekali liburan dua tiga destinasi wisata wajib dicoba dan dikunjungi.
Destinasi wisata yang aku lagi incar sekarang adalah wisata ke Semarang. Kenapa Semarang? Karena Semarang itu kota yang unik memiliki akulturasi budaya yang khas, arsitektur bangunan kuno yang terjaga, kaya akan tempat wisata dan yang paling penting Semarang itu surganya kuliner.
Kuliner Semarang itu merupakan perpaduan rasa masakan Jawa, Cina dan Arab yang tentu aja pasti lezat di lidah, malah kalau mau diulas semua bisa tuh jadi satu buku.
1. Bandeng Presto
Kenapa Bandeng Presto menempati urutan  no.1 karena Bandeng Presto adalah oleh-oleh khas dari Semarang sejak puluhan tahun lalu. Pokoknya kalau ayahku  singgah di Semarang pasti bawa oleh-oleh ini dan sekarang umurku aja udah hampir mendekati kepala empat, tapi aku masih ingat bagaimana sensasi makan Bandeng Presto ini dengan sambal yang mantap banget.
Gara-gara bandeng presto ini emakku sampai rayu bapakku biar dibeliin panci presto, panci yang dapat dikunci rapat dan membuat lunak duri or tulang.   Tapi tenang saudara-saudara walau udah dibeliin aku nggak pernah ingat emakku bikin bandeng presto J
Balik lagi soal bandeng presto kalau dulu bandeng presto itu hanya berupa oleh-oleh dan makannya harus dibawa pulang dulu. Sekarang di Semarang udah ada restoran bandeng presto namanya Resto Bandeng Juwana Elrina di Jalan Pandanaran nomor 57 Semarang.
Olahan bandeng di resto ini benar-benar berbeda dan terasa empuk dan lebih nikmat. Mungkin karena ini juga menyebabkan Resto Bandeng Juwana Elrina selalu ramai pengunjung. Pilihan menu lain yang disajikan disini juga tak kalah enak seperti sate, tongseng, nasi bakar, bakso dan olahan lain yang terbuat dari bandeng.
foto dari @oleholehsemarang

2. Wingko Babat
Cemilan yang terbuat dari kelapa ini juga merupakan oleh-oleh khas semarang dari sejak puluhan tahun lalu? Kok aku tau, karena waktu kecil kalau ke Semarang selain Bandeng Presto, ayah suka bawa pulang ini juga sebagai oleh-oleh. Tekstur legit, wingko babat teman serasi untuk ngeteh maupun ngopi di sore hari.
Sejak pertama kali tercipta, wingko babat hadir dengan rasa kelapa yang manis dan gurih. Namun, seiring dengan kemajuan zaman, wingko babat hadir dengan varian rasa yang lebih banyak. Wingko Babat Dyriana jadi salah satu merek wingko babat dengan lima rasa, mulai dari kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.
wingko babat

3. Lumpia
Lumpia Semarang menjadi makanan favorit banyak orang karena citarasanya yang unik dan berbeda dari lumpia kebanyakan.
Semarang banyak sekali penjual lumpia, salah satu kios  lumpia yang terkenal adalah kios lumpia di Gang Lombok. Tempatnya dekat dengan kelenteng tertua di Semarang, Kelenteng Tay Kak Sie. Dengan menu berupa lumpia basah atau goreng, bisa  makan di tempat atau dibungkus untuk oleh-oleh.
4. Tahu Gimbal
Tahu gimbal biasa disajikan dengan kerupuk udang. Gimabal di sini istilah untuk bakwan kalau di Jakarta alias semacam gorengan. Seporsi tahu gimbal biasanya terdiri dari bakwan udang, irisan kol, taoge, lontong lalu disiram bumbu kacang petis udang.
Salah satu tempat makan tahu gimbal yang jadi top adalah Tahu Gimbal  Pak Edy yang alamatnya jalan pandanaranII, Shelter taman KB, semarang.

Kok menu kulinernya lengendaris semua? Soalnya aku nulis ini sambil nostalgia zaman baheula mengenai Semarang.
Oya kalau ke Semarang lebih enaknya menetap dua atau tiga harilah biar puas menjelajah kota Semarang. Nggak usah bingung pilih hotel di Semarang pakai aja aplikasi pegi-pegi.

Caranya mudah banget pertama cari hotel yang anda inginkan di halaman utama hotel Pegipegi dengan memasukkan kota/daerah/nama hotel dan data menginap (check-in & lama menginap)
Langkah kedua pilih hotel kemudian pesan hotel dengan mengisi data dan lakukan pembayaran selanjutnya voucher Hotel/ E-ticket dikirimkan. Beres deh tinggal nikmati liburan.
cara pesan hotel dengan pegipegi


14 comments:

  1. Aku pengen deh nyobain lagi Wingko khas Semarang, mbak hehee
    Pertama kali dibawaain Wingko babat saat ada keluarga yang habis jalan2 dari sana hheee
    TFS yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  2. Awalnya cuma tahu lumpia aja kalau ke Semarang. Eh, ternyata masih ada makanan lain yang wajib dicoba ya mba. Tapi kayaknya paling penasaran sama rasa Wingko Babatnya.

    ReplyDelete
  3. Beruntung aku sudah nyobain semua dan aku suka semuanya. Soalnya emang enak dan bercirikhas. Terutama lunpia, soalnya sausnya beda banget dan bikin ketagihan. kering atau basah, hajar semua

    ReplyDelete
  4. Bandeng Presto....(*tunjuk tangan)

    Aku masih pensaran dengan makanan satu ini, katanya enak dan empuk

    ReplyDelete
  5. dua makanan favorit aku nongol di paling atas. Bandeng presto sama wingko babat! Nyummmmm.....
    Lumpia aku agak kurang suka. Tapi masih pengen nyobain langsung dari daerah Pecinannya.

    ReplyDelete
  6. Aku suka lumpia semarang. Rasanya enak. Khas gitu. Kalau 4 makanan lainnya, berhubung aku blm pernah coba jd tdkbtahu bgmn kelezatannya.

    ReplyDelete
  7. Kesukaanku semua. Tambah moci wijen mbak. Yummy banget. Pas. Ga mau beranjak pulang :D

    ReplyDelete
  8. Wingko babat sama tahu gimbal sih ini mah ngangenin bangetlah, selalu. Baca ini aja langsung kebayang hwaaa

    ReplyDelete
  9. Lumpia memang khas semarang banget ya. Aku belum pernah nyobain nih lumpia itu gimana rasanya

    ReplyDelete
  10. Lumpia pastinya. Aku suka lumpia basah khas semarang itu trus makannya sama saus nyaaamm :D
    Bandeng ternyata juga terkenal dari Semarang ya, kirain dr Gresik haha. Duh jd makin pengen deh otw Semarang

    ReplyDelete
  11. Semarang mesti Ibuku nitip Bandeng Presto.
    Wkkwkw...padahal di Surabaya juga ada.
    Tapi katanya, beda sama punya Semarang.

    Endeeuus~

    ReplyDelete
  12. Semuanya favorit saya dan keluarga. Anak saya suka banget bandeng presto. Dia bisa makan berpiring - piring kalau lauknya bandeng presto dr Semarang. Pilih2 banget ya, hehehe...

    ReplyDelete
  13. Bandeng presto makanan favorit sya itu. gak ada tulang-tulangnya tinggal disantap. waduh, serasa di surga lah hehe

    ReplyDelete
  14. Wingko babat ini enak apalagi yang rasa coklat, favorite banget kak bandeng prestonya bikin ngiler

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...