Saturday, 28 September 2019

Cegah Hilang Data Dengan USB OTG SanDisk


Sebagai blogger dengan banyak kegiatan, aku sangat mengandalkan smartphoneku untuk mendukung semua aktifitasku. Seringnya smartphoneku jadi media penyimpanan data digital. Masalahnya satu smartphone itu tidak cukup untuk menyimpan semua data.

Ya gimana mau cukup untuk nyimpan data, si kecil lagi beraktivitas langsung rekam kalau nggak foto biar ada kenangan, ketemu teman lama foto, ikut pelatihan rekam/foto biar nggak cepat lupa, downloand materi blogging biar enak nulis juga lewat smartphone, Rekam materi vlog juga lewat hape.

Smartphone sampai berkali-kali mengeluarkan warning memory full, sempat hang juga, itu smartphone nggak bisa ditekan apapun, dimatiin juga nggak mau, akhirnya pas udah begitu hang tuh hape buru-buru hapus beberapa aplikasi, video dan foto padahal semuanya penting juga tapi daripada ngehang lagi smartphonenya.

Seperti  bulan lalu itu saat itu jadwal kegiatanku di dunia nyata sangat padat, mulai dari antar jemput bocah-bocah sekolah, silahturahmi sana sini, hingga ikut pelatihan coding selama 8 hari. 
salah satu foto kenangan di pelatihan coding mum

Pelatihan coding ini sangat menarik selain karena gratis, ilmunya kepake banget neh buat kita yang berprofesi blogger untuk mempercantik tampilan blog kita dan masih banyak lagi.
Sebagai salah satu peserta yang termasuk umurnya sudah banyak, diantara peserta lain yang rata-rata fresh graduated ataupun masih kuliah, jujur saja sedikit keteteran pas ikut pelatihan ini.

Solusiku untuk bisa nggak jauh tertinggal dengan peserta lain,  setiap pemateri jelasin aku videoin dengan smartphoneku jadi tiap aku blank tinggal buka videonya aja.

Masalahnya sekarang ternyata pas ada event lain, aku lupa pindahin video-video penting itu ke laptop jadi smartphoneku full memory, terpaksa beberapa video penting kuhapus demi nggak ketinggalan materi event yang sekarang.

Nyesek banget deh rasanya harus kehilangan data penting hanya karena memory hape penuh, kalau nggak dihapus sebagian aplikasi, data  smartphonenya bisa ikut hang juga.

Faktanya ternyata bukan aku aja yang pernah ngalamin full memory data dah terpaksa mengikhlaskan data penting harus hilang demi kinerja smartphone tetap berjalan.

Berdasarkan survey terhadap 1.120 responden dari 6 kota besar di Indonesia, perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone.

Hasil Studi Western Digital











97% responden mengandalkan smatphone sebagai gawai utama dalam keseharian mereka.

Fitur yang paling sering digunakan pada smarphone 93% mengambil gambar, 87% menelepon, 72% chating, 63 merekam video dan 63%  mengakses media sosial.

Mayoritas pengguna smartphone di Indonesia memiliki kapasitas memori sebesar 16-32GB yaitu sebesar 30 % untuk memori 16 GB dan 26% memori 32GB. Data yang terbanyak yang tersimpan pada memori hape 98% berupa foto, 79% berupa video, 71% berupa musik, 56 % aplikasi dan 28% berupa dokumen.


49% responden hanya memiliki sisa memori sebesar 1-3 GB di smartphone mereka sehingga menyebabkan 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, 51% kehilangan data mereka untuk menghemat memori, 26% mendapatkan notifikasi kepenuhan memori, 22% malfungsi pada handphone, 21% secara tidak sengaja menghapus data penting yang ada, 185 kehilangan data akibat virus dengan pengalaman kehilangan data tersebut  80% responden telah menyadari pentingnya melakukan back-up data.

Untuk mengatasi hal tersebut, Western Digital Corp melalui brand naungannya SanDisk meluncurkan dua USB OTG (on The Go) sebagai solusi untuk penyimpanan dan backup data dengan mudah.

Berbeda dengan USB biasa yang hanya bisa dicolokkan pada komputer atau laptop, flash disk yang satu ini bisa langsung dicolokkan ke perangkat smartphone.


Untuk klasifikasi mobile flashdrive untuk pengguna Android dibedakan menjadi 3, yaitu untuk SanDisk Ultra Dual Drive USB Type C, Sandisk Ulta Dual USB Drive 3.0, dan Sandisk Ultra Dual Drive m3.0. Ketiga flash drive ini hanya dibedakan pada konektor dan teknologinya saja sedangkan kapasitasnya sama saja paling rendah 16GB  paling besar 256 GB.

Punya ponsel android dengan kualitas menengah ke bawah, jangan khawatir #SandiskAPAC juga memiliki produk keren yang sesuai untuk kamu yaitu Dual Drive DD1. Produk ini sangat mudah dibawa kemana-mana karena didesain ringan dan ramping dengan kapasitas tertingginya 128GB. Untuk ponsel berkualitas tinggi, bisa menggunakan Dual Drive DD2/DD3.

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0  mampu memindahkan data dengan kecepatan 130-150 MB/detik dibandingkan dengan flash drive biasa  dengan teknologi USB 2.0 standar yang kecepatan maksimumnya masih mentok di 60 MB/detik.

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 memiliki empat ukuran memori yaitu kapasitas 16GB, 32GB, 64 GB dan 128 GB. Desainnya unik dapat digeser dengan konektor micro-USB dan USB 3.0. Kompatibel dengan kebanyakan perangkat Android.

Untuk mengetahui smatphone yang kita punya support OTG atau tidak bagi pengguna android cukup dengan mendownload aplikasi OTG Support Checker di Play Store sedangkan untuk memudahkan  pengelolaan dan backup file pada smartphone android dapat menggunakan aplikasi  SanDisk Memory Zone yang tersedia di Google Play

Dengan USB OTG SanDisk  nggak perlu cemas hilang karena memori full, data-data yang ada di smartphone bisa dipindahkan, sehingga smartphone dapat berfungsi dengan baik, data-data pun dapat tersimpan dengan rapi. 


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba  Sandisk Blog Competition
#DibuangSayang #SanDiskAPAC #USBOTGSANDISK





13 comments:

  1. USB Sandisk emang terbaik dah klo menurutku
    fiturnya keren dan mudah dalam penggunaannya hehehe

    ReplyDelete
  2. seru yah kalau punya kecil-kecil cabai rawit ini! :) buat blogger kalau nyimpen bahan konten jadi lebih gampang nggak peertlu takut hilang dan kerja dua kali

    ReplyDelete
  3. Ponsel saya nih yang suka ada warning memory full, memang senang ngambil foto dan video. Jadi kadang harus neghapusin foto dan video lama dulu kalau mau ngambil foto dan video. Padahal sayang banget hiks
    Kalau ada USB OTG SanDisk kayaknya bisa lebih tenang ngambil foto dan video ya ...

    ReplyDelete
  4. Yang aku kagum banget ya kecepatan pemindahan itu. Sangat menghemat waktu dan tenaga. Dan ukurannya yg mini

    ReplyDelete
  5. Nyesek banget sih emang ya kalo harus ngapus data penting secara sadar cuma karena kepenuhan memori gawainya. Aku dulu sering banget nih ngalamin kayak gini. Mau gak mau mesti ikhlas apus-apusin. Tapi sekarang enggak lagi dong, kan udah pake usb otg sandisk juga~

    ReplyDelete
  6. Semoga sukses ya mbak, di lomba tulisannya.

    Menghapus berkas berkas penting akibat memori penuh itu sungguh menyesakkan, apalagi berkas yang dihapus punya cerita tersembunyi dan kenangan tersendiri yang tak bisa diulangi lagi itu terasa nyesek sekali.

    Beruntunglah kita karena beekat kemajuan teknlogi, semakin hari kinerja dan keseharian pekerjaan semakin dimudahkan oleh teknologi.
    Termasuk perkembangan usb.

    Dulu usb hanya sebatas untk pc,mac, laptop saja, namun sekarang sudah ada otg usb yang memudahkan semuanya. Tanpa perlu khawatir memori penuh di hp, tambahan memori ekstra tinggal pasang usb otg tadi.

    ReplyDelete
  7. Kehilangan data sangatlah tidak mengenakan apalagi data yang hilang itu adalah data yang penting.
    .
    Seiiring dengan berkembangnya teknologi kini backuo data sudah ada yg lebih simpel tinggal pake usb otg saja semua masalah terselesaikan

    ReplyDelete
  8. Oiyayaa...sebelum beli flashdisk eksternal Sandisk perlu dilihat dulu konektornya yaa..
    Karena HP juga beda-beda.

    ReplyDelete
  9. Dengan bertambahanya fungsi smartphone, menjadikan OTG USB sebuah prioritas yang harus dimiliki. Karna gak mungkin kemana-mana bawa hardisk eksternal yang dimensinya gede kan.

    ReplyDelete
  10. Mau banget nih pakai USB OTW sandisk. Biar kalau liput acara gak repot karena full memori di handphone ya.

    ReplyDelete
  11. Aku udah punya OTG Sandisk ini. Emang berguna banget ya buat nyimpen2 file data yg udah penuh di HP. bisa juga dicolokin ke perangkat lain.Jadi kemana2 aku mesti bawa OTG ini. Tapi sayangnya kl dicolokin ke hp S****** ku malah nggak mau baca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download aplikasinya dulu mbak, ada juga smartphones yg nggak bisa untuk otg

      Delete
  12. Surveinya bener aja, kalau di smartphoneku banyakan spacenya selain dari aplikasi ya foto itu yg juarak wkkwkw. Karena sekali jepret nggak cuma sekali, tapi berkali-kali. makanya butuh USB OTG SanDisk untuk backup data smartphone supaya tetep lega storage nya hehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal