Wednesday, 15 April 2020

Inilah Gejala Virus Corona dari Hari ke Hari yang Harus Diwaspadai


Penyakit Covid 19 saat memang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi masyarakat seluruh dunia. Karena memang persebarannya sendiri berlangsung secara cepat dan dapat menjangkiti siapa saja. Ditambah lagi dengan fakta belum ada obat yang benar-benar efektif di dalam mengobati penyakit yang menjangkiti saluran pernapasan maka membuat sebagian orang menjadi was-was jika ingin keluar rumah, karena takut nantinya akan tertular. 
Gejala virus Corona  ini sendiri memang hampir mirip seperti flu biasa, salah satu alasan banyak yang tidak bisa membedakan apakah mereka terkena Covid 19 ataupun flu biasa.


Saat ini di dunia sendiri tercatat setidaknya sudah ada sekitar 1 juta orang yang positif terjangkit virus Corona tersebut, dengan angka kematian yang tak main-main lebih dari 50 ribu orang. Persebarannya berlangsung begitu cepat bahkan diperkirakan ini belum mencapai masa puncaknya, melainkan baru gelombang pertama. Masih akan ada lebih banyak orang lagi yang nantinya akan terjangkiti selama vaksin dari virus tersebut belum ditemukan dan dibuat untuk mengatasinya.

Itulah mengapa dihimbau bagi siapa saja untuk mengikuti aturan atau kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah terkait dengan upaya pencegahannya, sehingga tidak semakin banyak yang terjangkiti. Umumnya sendiri pengobatan akan berlangsung secara efektif jika seandainya Anda dapat melakukan deteksi dini terhadap penyakit tersebut. Karena gejalanya dari hari ke hari senantiasa menunjukkan perubahan. Berikut ini diantaranya yang patut untuk diketahui, yaitu:


  1. Hari pertama, infeksi pada hari pertama pasien akan langsung mengalami demam, dimana suhu tubuh meningkat drastis bahkan berada di atas angka 38 derajat Celcius, ditambah lagi tubuh akan mengalami nyeri otot, kemudian juga batuk kering. Bahkan ada juga sebagian orang yang akan mengalami diare sampai dengan mual pada fase pertama terjangkiti ini.
  2. Hari kelima, setelah memasuki beberapa hari infeksi, maka kondisi penderitanya akan lebih buruk, mengingat nantinya juga akan merasakan gejala lain yaitu kesulitan di dalam bernapas. Khususnya adalah pasien yang sudah berusia tua atau lansia ataupun yang mengalami beberapa penyakit yang menyertainya.
  3. Hari ketujuh, setelah memasuki seminggu pada saat terkena infeksi pasien tersebut harus segera mendapatkan penanganan medis secara tepat, sehingga harus dibawa ke rumah sakit, sehingga tidak bertambah parah atau akan menulari orang lainnya.
  4. Hari kedelapan, bagi beberapa pasien yang mengalami kasus cukup parah, seperti keberadaan dari penyakit penyerta biasanya akan merasakan terkena gangguan atau sindrome pernapasan akut. Yaitu kondisi ketika ada cairan yang menutupi paru-paru sehingga akan berakibat fatal jika tidak kunjung teratasi. Untuk itu pengobatan yang dilakukan sudah harus berada di rumah sakit atau tempat rujukan pengobatan.
  5. Hari kesepuluh, jika seandainya gejala semakin memburuk dari sebelumnya, maka pasien tersebut harus segera dipindahkan ke ICU, karena selain kesulitan di dalam bernapas maka nantinya pasien tersebut akan mengalami kondisi seperti sakit perut dan juga hilangnya nafsu makan. Bahkan tak jarang diantaranya pasien yang meninggal dunia pada saat sudah memasuki fase ini.

Setidaknya itulah gejala virus Corona yang menginfeksi dari hari ke hari yang patut untuk Anda waspadai. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki sistem imuns atau kekebalan tubuh lemah, maka akan jauh lebih mudah terinfeksi virus ini. lakukan social distancing dan biasakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun agar bisa terhindar.


10 comments:

  1. Tapi sekarang ada definisi corona tak bergejala juga kaka. Yg oenting daya tahan tubuh kita jgn smpe drop ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau daya tahan tubuh kuat insya Allah bisa sembuh sendiri

      Delete
  2. Mbak aku makin menyadari bahayanya Corona ini setelah teman suamiku kena. Alhamdulillah sih udah dirawat dan dinyatakan sembuh. Tapi beneran gak nyangka yg kena tuh lingkaran sendiri. Cuma heranya skrng pd santuy deh org di jalan seolah corona hanya ada di tipi2 :(

    ReplyDelete
  3. Tetima kasih Mbak, pemaparannya. Lengkap. Sekali. Dua kali .. Saya jadi ngeri sendiri. Padahal ini tidak tentang industri mebel dan semua yang saya sebutkan di atas
    Yang paling banyak itu me

    ReplyDelete
  4. bebrapa gejala virus corona itu sedikit mirip sama kondisi aku sehari-hari akibat sinus. bersin-bersin, tenggorokan sakit. dan selama di rumah aja, mamaku jadi terbiasa melihat aku dalam kondisi gini, kerjanya jadi ngitungin udah berapa lama aku sakit, padahal emang setiap hari aku kaya gitu.

    ReplyDelete
  5. Kalau ketahuan dengan ciri begini kita bisa dengan mudah antisipasi ya. Tapi yg sulit itu kalau OTG, itu serem banget

    ReplyDelete
  6. Wah semua gejala ini patut diwaspadai. Meski kadang terlihat sepele tapi jika ciri2nya mirip. Harus segera lapor ke pusat layanan kesehatan terdekat.

    ReplyDelete
  7. Gejalanya ringan2 awalnya. Lalu memberat. Palingan dibawa ke RS kalo udah ngerasa sesak panas. Yah orang2 mah begitu

    ReplyDelete
  8. Ya,
    salah satu temen yang abis safar dari Inggris juga mengalamihal seperti ini. Pas hari ke depalan isolasi mandirinya di rumah, ia mengalami kesulitan bernapas.
    Ya Allah..
    Dan itu terjadinya sungguh cepat sekali. Hanya 1 jam dari kesulitan bernapas itu...langsung hilang kesadaran dan inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.

    Semoga Allah melindungi kita semua dari wabah pandemi ini.
    Aamiin~

    ReplyDelete
  9. Terima kasih informasi lengkapnya, kak. Mengerikan sekali ya karena memamg menyerang pernapasan, serta penyebarannya sangat cepat. Semoga kita semua tidak terkena covid ini ya, kakak selalu jaga kesehatan juga yaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...