Tuesday, 10 August 2021

Takengon Wisata Berkelanjutan Yang Harus Terus Dijaga

 

PPMK masih terus berlanjut, entah sampai kapan keadaan ini akan terus berakhir. Ku telusuri jejak kenangan yang pernah ada, melalui  foto-foto yang masih rapi tersimpan di galeri hapeku dan sebagian album foto.

Kerinduan menjelajahi negeriku kembali menyeruak, tak perlu melangkahkan kaki terlalu jauh, di kotaku sendiri semua ada, beranekaragam tempat  wisata yang bisa dijelajahi, berlimpah kekayaan floral  dan fauna yang bisa diamati, tak terhintung kekayaan budaya yang bisa dipelajari serta keanekaragaman pangan yang wajib disyukuri.

Ujung Peking Takengon

Aceh  kotaku tercinta, singkatan dari Arab, Cina, Eropa dan India tempat persinggahan para pedagang  dan pendatang dari negara lain, sehingga menjadikan daerah Aceh tempat pertama masuknya agama dan budaya di Nusantara.

Provinsi Aceh sendiri memiliki 23 kabupaten/kota yang terdiri dari 18 kabupaten dan 5 kota, dengan luas wilayah sebesar 57.956.00 km2 dan masing-masing kota memiliki  pesona wisatanya masing-masing.

Kalau ditanya padaku, bagian mana dari provinsi Aceh yang ingin kukunjungi, aku mantap akan menjawab, Takengon, Aceh Tengah karena  berada di sana membuatku merasa wisata alam yang ada  sengaja diciptakan untuk menggabungkan kenangan masa lalu, harapan masa kini, dan kehidupan saat ini.

Takengon, kota dingin ini, terus berbenah dan mampu menghadirkan tempat-tempat wisata baru yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Takjub banget dengan pesona kota Takengon sekarang, benar-benar rugi jika dilewatkan, instagramable banget.

Kalau dulu waktu aku pertama kali menginjakan kaki ke kota di atas awan ini, Aku hanya sempat pergi ke Pantan Terong, Loyang Koro,  tempat pacuan kuda.

Sekarang rupanya Takengon sudah berkembang pesat dan banyak sekali tempat wisata di sana yang belum kudatangi, apalagi  lihat foto-foto adikku ketika berada di sana bikin hasrat untuk jalan-jalan kembali bergejolak hebat.

Berdasarkan beberapa foto adikku di Takengon yang super keren viewnya aku saranin kalau ke Takengon kamu jangan sampai melewatkan tempat wisata berikut ini:

Pantan Terong

Ingin bersantai di ketinggian Aceh Tengah, Pantan Teronglah jawabannya. Apalagi jika datang kemari, untuk melihat sunrise. Selain view yang menarik kamu bisa merasakan dinginnya udara Takengon di pagi hari, menusuk hingga ke tulang.

Pantan Terong dari puncak tertinggi


Dermaga Lot Kala

Dermaga cantik  dengan ornamen kayu dengan wadah menyerupai sangkar burung yang terpasang di setiap lampu yang ada menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini. Apalagi jika cuacanya cerah, pasti sangat bagus foto yang dihasilkan untuk dipajang di instagram.




Pantai Menye

Pantai Menye merupakan destinasi sekaligus ikon wisata baru di Takengon. Terletak di di ujung timur kawasan Danau Laut Tawar, tepatnya di Kampung Lenong Bulan Dua (LB 2) Kecamatan Bintang, Aceh Tengah. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk 2 ribu per orang serta membayar jasa parkir Rp. 3 ribu per kendaraan.

Keunikan dari tempat ini terdapat pada bangunan induk yang sangat instagramable dan dermaga dengan tempat duduk yang unik. Jika di lihat dari bangunan utama, bangku tempat duduk di lokasi tersebut berbentuk salah satu Kerawang Gayo yaitu Kerawang Emun Beriring yang bermakna seiring sejalan membangun Tanoh Gayo.

Pantai Menye


Arum Jeram Takengon

Buat kamu yang menyukai tantangan, wajib mencoba wahana yang satu ini. Meskipun masih dalam lintasan yang tergolong mudah yaitu yaitu kesulitan grade I (tenang) dan grade II (sangat mudah), setiap penumpang yang berada diperahu karet akan dimanjakan dengan sensasi ombak yang menggoyang mereka. Setiap orang sangat berpeluang untuk melihat berbagai jenis hewan yang sering tiba-tiba muncul dari pinggir sungai atau rerumputan seperti beberapa jenis burung, biawak dan hewan lainnya yang berada di semak belukar.

Arum Jeram Lukup Badak

Masih banyak lagi tempat wisata di Takengon yang wajib kamu kunjungi, sejauh ini pengembangan pariwisata di Takengon, merupakan pengembangan pariwisata yang berkelanjutan yang dijalankan tanpa merusak lingkungan, tatanan sosial dan budaya setempat  serta memberi manfaat kepada komunitas dan masyarakat lokal.

Makanya tugas kita untuk terus menjaga objek wisata yang ada semampu kita, contoh sederhananya dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak terdapat tempat sampah di tempat wisata yang sedang kita kunjungi sebaiknya sampah yang kita punya, kita bawa pulang juga dan kemudian buang pada tempatnya.

Terkadang hal sepele seperti ini sering diabaikan dan dianggap remeh, padahal dampak yang dihasilkan sangat besar. Bayangkan jika semua orang ketika mengunjungi obyek wisata selalu membuang sampah sembarangan, tentu saja itu sangat menganggu, objek wisata pun tidak indah lagi untuk nikmati, akhirnya  minat orang untuk berkunjung ke tempat itu menurun, sepi dan mempengaruhi kehidupan masyarakat lokal di sana yang kehilangan mata pencahariannya karena sepinya pengunjung.

Penting sekali kesadaran berwisata tanpa merusak alam, satu tindakan kecil bisa merubah segalanya. Kesadaran untuk menjaga lingkungan hidup dapat berkontribusi dalam memelihara keanekaragaman  wisata yang ada, tidak saja di Takengon tapi juga diseluruh Indonesia bahkan dunia.



28 comments:

  1. INDONESIA luar biasaaaa ya Mbaa
    daku juga BANGGA BANGET dan bersyukur, lahir, besar, bernafas di bumi Indonesia tercintaaa

    Daku belum pernah menjejakkan kaki di Aceh. Pengin bangeettt

    semoga ada rezeki bisa plesir ke bumi serambi Mekkah, utamanya di Takengon.

    ReplyDelete
  2. Waah, waktu aku ke aceh ga sempet main2 ke tempat yang disebutkan di atas,tapi bangga banget sama Aceh dengan wisata alam pantai2nya. explore Museum Tsunami,kapal yang terdampar di tengah kota, ke Pantai Lampu uk, dan pantai2 lain lupa namanya, solaya banyak banget yaa, plus kedai2 kopi yang bikin mabok dan kulinerannya yang menggoda, khas banget.
    Smoga next bisa balik lagi ke Aceh, mengunjungi tempat2 di atas. Dan tak lupa tetep menjaga lingkungan saat berwisata, buat kenyamanan semuanyaa.

    ReplyDelete
  3. Ya ampunnn Takengon aku kangennn... Suka banget sama suasana di sana.. Pemandangan yang indah..hawa yang sejuk.. Semoga kelestariannya terus terjaga ya.. biar bisa kukunjungi lagi someday...

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke Aceh mba. Tapi lihat ini jadi pengen jalan jalan ke sana. Berarti kalau aku ke aceh, yang pertama tempat wisata yang aku kunjungi ke Takengon aja ya mba. Penasaran aku ama tempatnya yang seindah apa 😍. Semoga pandemi segera berlalu ya biar bisa jalan jalan dengan tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banda aceh dulu jelahahi mbak, baru takengon

      Delete
  5. Nah, iya penting banget untuk ajrkan agar tidak buang sampah sembarangan atau merusak, kayak mencoret2 tempat sisata. Sebab ini bakal ngefek di masa depan dan kasihan juga objek wisatanya bisa rusak. terima kasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, baru baca judulnya aku udah berkaca kaca...
    terakhir almarhum Bapak dinas di hutan Takengon mbak! so beautiful kata beliau

    ReplyDelete
  7. sejujurnya aku belum pernah ke sana mba, membaca ini sungguh membuat hatiku berdecak kagum dan mengagumi ciptaan Allah yang maha indah ini

    ReplyDelete
  8. Takengon ternyata udaranya sejuk ya Mbak, pemandangan indah banget duh jadi pengen ke sana deh semoga ada rezekinya ya aamiin. Terakhir mudik kapan?

    ReplyDelete
  9. Iya ya, kangen banget keluar rumah berwisata. Sudah bertahun-tahun rasanya, saking kangennya main keluar rumah.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah ke Aceh mbak, menarik sekali ini destinasi wisata alamnya..selain pingin keliling Aceh, aku pingin berburu kulinernya juga

    ReplyDelete
  11. Duh asyiknya arum jeram, aku jadi kangen pingin jalan-jalan, sudah hampir dua tahun ngak kemana-mana, kadang ikutan wisata virtual tapi bagaimana pun lebih enak kalau merasakan secara langsung, mudah-mudahan pandemi cepat berlalu.

    ReplyDelete
  12. aceh punya banyak keindahan alam yang memukau ya mbak, harus dirawat dan dijaga
    agar tetap menjadi wisata yang berkelanjutan

    ReplyDelete
  13. Indonesia kaya akan alamnya yang indah sehingga banyak kekaguman dari wisatawan mancanegara terhadap wisata alam Indonesia, ayo tetap lestarikan alam wisata nya Mba

    ReplyDelete
  14. Wisata alam Indonesia emang indah-indah. Aku baru tahu singkatan ACEH itu Arab, Cina, Eropa, Hindia. Ah,semoga suatu saat nanti berkesempatan mengunjungi ACEH

    ReplyDelete
  15. Duh, lihat pantai dan laut bikin kerasa dengan kekurangan vitamin sea-nya. Huhu kapan ya bisa main ke laut lagi. Btw, iya banget deh, negara kita ini sangat kaya dengan keindahan alam. Dari ujung Sabang sampai Merauke ya. Semoga pandemi lekas berlalu biar bisa jalan-jalan lagi berwisata di dalam negeri yang tak kalah indah dari luar negeri.

    ReplyDelete
  16. Belum pernah ke Aceh dan pengen banget dari dulu
    Indah ya mak kalau jalan-jalan lihat pemandangan alam begini
    moga covid cepet beres bar menggeliat lagi pariwisata ya mak bisa halan-halan lagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak echa aku pengemarmu, moga kalo ke aceh kita bisa ketemu

      Delete
  17. banyak juga yaa mba tempat yang bisa kita nikmati di Takengon ini.. dan pastinya aku jadi penasaran sama arung jeramnyaa nihh

    ReplyDelete
  18. Cantik-cantiknyaa...
    Ini jadi berasa jalan-jalan virtual yaa.. Aku suka foto-fotonya, kak..
    Dan nama-nama pantainya ada artinya kah?

    ReplyDelete
  19. Aq baru denger daerah Takengon Mbak. Dan wisata alamnya banyak juga ya. Menarik banget nih buat dikunjungi

    ReplyDelete
  20. Asyik banget wisata alam begini, duh jadi rindu piknik.
    Saya pernah ke Langsa dan meulaboh, menempuh perjalanan darat dari Medan. Seneng deh sepanjang jalanan hijau semua

    ReplyDelete
  21. Lihat keseruan di fotonya jadi pengen banget piknik di alam mam... Semoga tahun depan sudah bisa jalan-jalan lagi, aamiin...

    ReplyDelete
  22. MasyaAllah, suka banget dengan foto fotonya mbak, beneran jadi bisa melihat dari dekat keindahan alam Takengon. kalau sengaja ke sana, kan, kapan coba? mana lagi pandemi pula kan. Berharap semoga bisa ke sana. ada saudara dari kakaknya mama, tapi belum kesampaian sampai di ujung Indonesia. semoga suatu saat nanti

    ReplyDelete
  23. Wah rekomnded ya mbak untuk yg suka wisata alam. Karena belum pernah ke Aceh saya jadi pengen ke Takengon juga deh. Berdoa dulu deh dan nabung sapa tahu setelah pandemi bisa jalan-jalan ya ke Aceh

    ReplyDelete
  24. 365SBOBET Situs Agen Sbobet, Agen Bola Terpercaya di Indonesia

    365sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    365Sbobet
    agen sbobet
    Agen Sbobet Online
    Agen Sbobet Terpercaya
    Agen Sbobet Indonesia
    Agen Sbobet Asia
    Agen Sbobet Resmi
    Agen Sbobet Mobile
    Daftar Agen Sbobet
    Situs Agen Sbobet
    Website Agen Sbobet
    Link ALternatif Agen Sbobet
    Bonus Agen Sbobet
    Sbobet
    Sbobet Online
    Sbobet Terpercaya
    Sbobet Indonesia
    Sbobet Asia
    Sbobet Resmi
    Sbobet Mobile
    Daftar Sbobet
    Situs Sbobet
    Website Sbobet
    Link ALternatif Sbobet
    Bonus SbobetAgen Bola
    Agen Bola Online
    Agen Bola Terpercaya
    Agen Bola Indonesia
    Agen Bola Asia,
    Agen Bola Resmi
    Agen Bola Mobile
    Daftar Agen Bola
    Situs Agen Bola
    Website Agen Bola
    Link ALternatif Agen Bola
    Bonus Agen Bola
    Agen Slot
    Main Slot
    Situs Sbobet
    Situs Slot
    Slot
    Slot Online
    Slot Terbaik
    Website Slot

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal