Sunday, 17 July 2022

Menjadi Tanpa Batas Dengan IndiHome

 


 

Melihat foto ketika kopi darat dengan Michael Ruppert (Starring you) yang dishare oleh Google Backup membuat memoriku melayang ke tujuh tahun yang lalu. Aku sadar pertemuan dengan Michael tak akan pernah ada, tanpa internet.

Drama Sebelum Kenal IndiHome

Jadi aku dulu pernah long distance marriage selama setahun sama suamiku, dia di Jepang, aku di Banda Aceh  dengan dua balita yang mempunyai riwayat kejang demam.

Drama itu dimulai ketika bocah-bocah kangen dengan papanya, ingin video call selalu tapi terkendala sinyal yang nggak stabil atau perbedaan waktu yang lumayan.

 Ganti kartu provider entah berapa kali mencari yang stabil, yang hemat, yang sinyalnya kuat. (benar-benar drama sodara-sodara).

Demi sinyal dan menghibur anak, nggak jarang aku pergi ke pusat kota sambil bawa laptop di tas ranselku, anak nomor dua di gendong depan dan si sulung yang baru tiga tahun dipegang di tangan kanan, plus naik angkutan umum ke pusat kota demi penghematan kebayang repotnya kan.



Belum lagi drama si Sulung yang tau papanya pergi ke luar negeri, jadi suka nangis histeris pas emaknya jauh dikit, termasuk kalau emaknya ke kamar mandi (maaf untuk pup or pee).

Karena drama ini saudara-saudara, ragaku selalu dirumah bersama anak-anak namun jiwa dan pikiranku bisa bebas  melanglang buana setelah anak-anak tidur, apalagi ada internet.

Banyak hal menarik yang bisa digali, diolah,  dimanfaatkan, diubah menjadi potensi diri, ilmu pengetahuan berkat internet.

Aku terkagum-kagum dengan apa yang internet bisa lakukan, ingin skill baru tanpa sekolah kamu bisa search google, University youtube, Ingin tau info menarik,  tips and trik, trend terkini tinggal  lihat tik tok atau instagram.

Waktu Vinka anak pertamaku seperti trauma takut ditinggalkan, takut sendirian, aku banyak membaca tentang ilmu parenting lewat internet. Update berita terkini juga tinggal googling

Terkadang kesepian pasti melanda, video call sama suami juga terbatas waktu dan kuota. Mengatasi rasa kesepianku aku bergabung dengan banyak komunitas menulis.

Kenapa komunitas menulis?

Karena dengan menulis bisa menjadi media terapi jiwa, mengasah skill, menghasilkan cuan juga.

Dan banyak juga ibu rumah tangga seperti aku, yang online di pagi buta menulis, menyetor tulisannya, menshare di media sosialnya ketika semua anggota keluarganya telah terlelap.

Demi mimpi, cita-cita menjadi besar,  terapi jiwa, atau sekedar berbagi yang dirasa dan dialami sharing is caring.

Dan dari hobi ini juga walau masih buku antologi tapi rasanya bangga tulisanku sudah diterbitkan jadi buku.


Langganan IndiHome

Namanya Long distance Married kangen suami itu pasti, galau itu sering apalagi kalau kecapean. Ingin nyusul suami nggak mungkin, karena dana terbatas, aku juga nggak pandai bahasa Inggris apalagi bahasa Jepang dan pasti sangat repot ngurus ini itunya.



Membuatku penasaran bagaimana orang lain bisa traveling keliling Indonesia bahkan dunia, darimana mereka menghasilkan dananya? Apa pekerjaan mereka? Bagaimana mereka mengatur keuangan dan waktu mereka?

Pertanyaanku terjawab sekitar tahun 2015  saat itu suami sudah kembali ke Indonesia, dan kami sudah berlanganan IndiHome yang membuat hidupku lebih mudah, nyaman dan menyenangkan.

Gimana nggak nyaman, berkat internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (IndiHome TV)  dari Telkom Indonesia semua yang kuharapkan dari sebuah provider internet ada di IndiHome yang memang Internetnya Indonesia.

Akses yang cepat karena IndiHome dilengkapi dengan jaringan fiber optic memiliki tingkat kecepatan yang tinggi yaitu mampu mentransfer data hingga 100Mbps, kalau dibandingkan dengan jaringan kabel koaksial atau kabel tembaga buat aku IndiHome ini jauh lebih cepat dan stabil serta dapat diandalkan  meski cuaca sedang  nggak bersahabat seperti serangan petir dan ganguan elektromagnetik karena dilengkapi dengan Kabel Fiber Optik yang merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband, canggih banget yaa.

Anak-anakku suka banget dengan TV Interaktif (IndiHome TV). Sekedar info kalau IndiHome TV merupakan layanan TV Interaktif pertama di Indonesia dengan banyak chanel berkualitas dan banyak fitur canggih.

Seperti fitur Playback, Pause and Rewind sehingga bisa memutar dan menonton kembali tayangan kesukaan hingga 7 hari ke belakang. Yang punya anak kecil pasti paham banget gimana anak-anak nggak pernah bosan menonton film favorit mereka hingga berkali-kali, atau memutar episode kesukaan mereka berulang kali, fitur ini memudahkan segalanya. Buat aku IndiHome Fiber mempermudah segalanya, membuat  waktu luangku lebih bermanfaat.

Awal Mengenal Michael Ruppert (Starring you)

Tahun 2014 itu masih kepo gimana orang bisa traveling ke luar negeri darimana uangnya berasal akhirnya, tanpa sengaja aku mendarat di fans page starring you karena ada yang share kalau gabung starring you bisa dapat postcard gratis, dan langsung message Michael di messenger aku mau postcard gratisnya.



Juni 2015 Michael membalas pesanku di messenger ketika dia berada di Malaysia, dan dia bilang akan berkunjung ke Aceh tanggal 1 Juli 2015. Michael di usianya yang ke 28 pada saat itu sudah mengunjungi banyak negara dan modalnya hanya dari membuka fp starring you, dimana ada orang yang tertarik dengan kegiatan Michael dan mengalokasi dana yang besar dan meminta kesediaan Michael pergi ke suatu Negara atau suatu tempat yang orang itu nggak sempat untuk pergi tapi perlu untuk mengetahui, atau perlu sesuatu dari tempat itu.

Michael orang yang sederhana dan baik hati, ketika sampai di Banda Aceh dia menerima tawaranku untuk kopi darat bersama salah satu komunitas pengiat bahasa tanpa dibayar dan berbagi pengalamannya.

Kalau mengenang itu rasanya luar biasa sekali, bagaimana internet bisa membuat aku bertemu orang hebat dan menginspirasi, mewawancarainya, foto  bersama dan mendengar langsung ceritanya.

 Sekarang Michael sudah menikah, sudah memeluk Islam,  terkadang aku melihat wajahnya di  berita atau televisi,   rasanya bangga sekali ibu rumah tangga seperti aku pernah kenal dan mewawancarainya.

Yang mau baca cerita lengkap Michael Ruppert bisa baca

Tahun berganti, ragaku masih di rumah tapi jiwa dan pikiranku masih menjelajah. Kali ini aku bertemu komunitas belajar mewarnai-menggambar yang didirikan almarhum Pak Slamet Studio dan sekarang Papa Ilyas meneruskannya.

Memberikan pelajaran mewarnai dan menggambar gratis, seluruh Indonesia baik di grup FB dan grup whatsaap dan juga sekarang sampai mancanegara juga.

Baik tata usaha, admin, ketua kelas, mentor di group Slamet Studio itu tidak dibayar, luar biasa sekali semangat berbaginya dan Alhamdulillah aku juga bisa bergabung di sana menuntut ilmu sekaligus bisa menjadi Koordinator SS (Slamet Studio) area Sumut.

Semua berkat internet mendekatkan yang jauh, membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Aku tetap seorang ibu rumah tangga yang raganya di rumah, tapi manfaat internet membuatku bisa melakukan hal-hal yang luar biasa yang tak terpikirkan sebelumnya.

Aku tidak tahu selanjutnya internet akan membawaku kemana, tapi aku harap selalu kebaikan yang akan datang menghampiriku.




#InternetnyaIndonesia #AktivitasTanpaBatas #IndiHomeBlogCompetition2022

17 comments:

  1. Insyaallah segala harapan akan tercapai. Aamiin. Jaman now dengan serba teknologi canggih apa sih yg tidak mungkin ya?
    Internet semoga makin merata menjangkau seluruh pelosok Nusantara supaya semua warga negara dapat merasakan manfaatnya

    ReplyDelete
  2. Internet tu kayaknya bisa mengubah mimpi yang kita pikir mustahil menjadi nyata yang nggak terduga. Tapi kadang kala menjadi boomerang kalau kita nggak menjaga ritme nya. Pokoknya tinggal gimana kita bisa memaksimalkan manfaat internet.

    ReplyDelete
  3. Kini internet segalanya buat kita ya mbak. Saya juga berjauhan dengan suami karena harus mendampingin anak menyelesaikan sekolahnya. Berkat IndiHome, komunikasi kami lancar. Bahkan anak pun juga leluasa memanfaatkan internet untuk berbagai aktivitas. Sedangkan saya bisa memanfaatkan internet untuk aktivitas ngeblog. Dan semuanya itu bisa dengan mudah dilakukan, bukan mimpi tapi nyata hehehe...

    ReplyDelete
  4. Waah senang sekali bisa bertemu tokoh terkenal inspiratif yang sedang berkunjung ke Aceh. Internet membuat hal mustahil jadi nyata

    ReplyDelete
  5. seru banget ya manfaat internet bisa bikin kita membuka cakrawala entah itu belajar hal baru atau bertemu orang baru. aku pun juga merasakan hal yang sama dari manfaat internet.

    ReplyDelete
  6. Dengan internet, semua hal baik bisa dilakukan dan membuat kita semua terhubung dengan hal-hal yang sulit dibayangkan sebelumnya. Hebat banget..kak.
    Mampu mewujudkan mimpi dan bermanfaat untuk banyak orang juga.

    Alhamdulillah,
    Meski kini sudah gak LDM lagi, tapi tetap berkontribusi positif dengan memanfaatkan internet lancar tanpa buffering, IndiHome.

    ReplyDelete
  7. Hahaha, pas baca anak nonton tv interaktif, aku sepakat banget. Kan kadang ada ya adegan atau sesi yang si anak ini minta diputer ulang. Lha kalau nonton acaranya di tv biasa, tentu nggak bisa lah di playback. Tapi namanya anak-anak, mesti dia keukeuh minta disetel ulang.

    ReplyDelete
  8. Aku jadi penasaran sama starring you, soalnya aku juga suka traveling. Bayanganku kayak couchsurfing ya.

    Seneng kalau punya banyak kenalan apalagi kalau dari luar negeri, komunikasi juga gampang, bisa lewat email, chat, atau video call. Bener bener dimudahkan sekarang ya. Gabperlu surat suratan

    ReplyDelete
  9. Internet mendekatkan yg jauh tapi menjauhkan yg dekat bener ga makk...

    Semoga kita tidak demikian ya mak, soalnya disaat kumpul pd autis fokus hp yakss 🙏🙏

    Peran internet di saat ini sangat dibutuhkan apalagi pada saat pandemi kan, segala aktifitas beralih dari offline ke.online.

    Indihome dengan paket internet plus tv kabel membuat hari hari menjadi penuh warna, anak2 bisa melihat tv kabel khusus tayangan anak2, internet buat sekolah kerja atau meeting dkk

    ReplyDelete
  10. Ya Allah perjuanganmu mbaa T__T kebayang deh gimana beratnya kehidupan sebelum ada internet yang mudah diakses seperti sekarang. Apalagi yang LDM. Beuh cobaan banget. Berkat internet bisa ketemu idola juga hehe. Untung yah ada IndiHome sekarang.

    ReplyDelete
  11. Internet memudahkan segalanya dan mempertemukan yang sudah lama tak berjumpa. Senang ya dengan kehadiran IndiHome ini, dan bisa dimanfaatkan buat hal positif lainnya

    ReplyDelete
  12. Wah keren banget mbak
    Sudah punya banyak buku karya sendiri
    Memang internet memberikan kita kemudahan ya mbak
    Bisa aktif tak terbatas dengan internet IndiHome ini

    ReplyDelete
  13. aamiin! InsyaAllah jika digunakan dan dioptimalkan, internet yang kita miliki akan bawa hal baik dan positif kok yaa mbaa

    ReplyDelete
  14. Teknologi dan jaringan internet layaknya dua mata pisau. Sebenarnya bagaimana cara kita memanfaatkannya. Kalau aku sendiri, berusaha memanfaatkan internet untuk kebaikan. Alhamdulillah.. kerjaan lancar dan semua lancar karena IndiHome

    ReplyDelete
  15. Masya Allah ke kota buat bisa vidcall ma suami pejuang ldm emang luarbiasa salut.
    Keren mbak petualangannya berinternet hehhee..alhamdulillah sekarang ada IndiHome ya

    ReplyDelete
  16. kalau LDM, kehadiran internet emang bermanfaat banget. akupun merasakan kok, dan pas video call enggak ada sinyal tapi anak nyariin bapaknya tuh rasanya bener2 uwooowwww.

    ReplyDelete
  17. Pejuang LDM ini sangat terbantu dengan adanya internet ya, Mbak, Dan memang tak bisa dipungkiri IndiHome menjadi solusi. Sehat-sehat selalu ya, Kak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask Serta Herbalism Mugwort Mask Bikin Wajahku Nggak Kusam Lagi

Akhir-akhir ini, insomnia aku lagi kambuh dan itu ngaruh banget ke muka. Muka aku jadi kelihatan kusam dan nggak fresh. Tapi aku nggak khawa...