Thursday 20 July 2023

Pentingnya Analisis Data dalam Digital Marketing dan Bagaimana Menggunakannya secara Efektif

 Analisis data dalam digital marketing memainkan peran yang krusial dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan mencapai hasil yang sukses. Dalam era digital yang penuh dengan informasi dan interaksi online, data menjadi aset berharga yang dapat memberikan wawasan tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan kinerja pemasaran. Dengan memanfaatkan analisis data secara efektif, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik audiens mereka, mengidentifikasi peluang, dan mengambil keputusan yang didukung oleh bukti kuat.

 

Melalui analisis data, perusahaan dapat mengetahui preferensi dan kebutuhan konsumen secara mendalam, memastikan pesan dan penawaran yang disampaikan tepat sasaran. Data juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran yang paling efektif dalam menjangkau audiens target, mengalokasikan anggaran dengan cerdas, dan memaksimalkan pengembalian investasi. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang manfaat analisis data dalam dunia digital marketing.

 

Pentingnya Analisis Data dalam Digital Marketing dan Bagaimana Menggunakannya secara Efektif

Optimalisasi Anggaran Pemasaran

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik perilaku dan preferensi pelanggan, serta mengidentifikasi tren dan pola-pola yang muncul dalam pemasaran. Melalui analisis data, perusahaan dapat mengalokasikan anggaran pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Data dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kanal pemasaran yang paling efektif, audiens target yang paling responsif, serta waktu dan lokasi yang optimal untuk menjangkau pelanggan. Dengan memanfaatkan data secara efektif, perusahaan dapat membuat keputusan yang didasarkan pada bukti-bukti kuat, meningkatkan ROI (Return on Investment), dan mengurangi pemborosan anggaran pemasaran yang tidak efektif.

 

Selain itu, analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan optimasi berkelanjutan terhadap pemasaran mereka. Dengan memantau dan menganalisis data secara teratur, perusahaan dapat mengidentifikasi perubahan dalam perilaku pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi baru. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa audiens target mulai beralih dari platform media sosial ke platform komunikasi instan, perusahaan dapat mengalokasikan anggaran pemasaran mereka ke kanal yang lebih relevan dan efektif. 

 

Mengenali Saluran yang Relevan

Analisis data dalam digital marketing memainkan peran yang krusial dalam mengenali saluran yang relevan untuk mencapai target audiens. Dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan, perusahaan dapat mengetahui saluran pemasaran mana yang paling efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Data tersebut dapat memberikan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan, memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi saluran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Dalam proses analisis data, perusahaan dapat menilai kinerja saluran yang berbeda, melihat tingkat keterlibatan dan konversi, serta mengidentifikasi pola atau tren yang mempengaruhi efektivitas setiap saluran. 

 

Ditambah lagi, analisis data juga membantu perusahaan untuk mengenali saluran pemasaran yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya atau masih dalam tahap pengembangan. Data dapat memberikan pandangan tentang tren baru dalam perilaku konsumen atau platform yang sedang naik daun, yang dapat menjadi peluang untuk mencapai audiens yang lebih luas atau yang lebih tersegmentasi. Dengan memantau dan menganalisis data secara terus-menerus, perusahaan dapat mengidentifikasi pergeseran dalam preferensi pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan cepat.

 

Meningkatkan Traffic dengan SEO

Analisis data memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan traffic dengan SEO (Search Engine Optimization) dalam digital marketing dan di bantu oleh jasa SEO Indonesia. Dengan menggunakan data, perusahaan dapat memahami perilaku pencarian dan preferensi pengguna internet, serta mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan populer dalam industri mereka. Melalui analisis data, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pencarian yang sedang naik daun, mencari peluang untuk mengoptimalkan situs web mereka dan mengarahkan lalu lintas yang lebih banyak. Dengan memanfaatkan data mengenai kata kunci dan perilaku pencarian, perusahaan dapat mengoptimalkan konten mereka dengan menyesuaikan elemen seperti judul, meta deskripsi, dan tag, sehingga lebih sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dan meningkatkan peringkat mereka dalam hasil pencarian. 

 

Analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengukur kinerja pemasaran SEO mereka. Dengan melihat data seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, atau bounce rate, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas strategi SEO mereka dan mengidentifikasi area perbaikan yang diperlukan. Data ini juga dapat membantu dalam menentukan apakah taktik SEO yang diterapkan telah menghasilkan peningkatan traffic yang signifikan. Dengan memantau data dengan seksama, perusahaan dapat memperoleh wawasan berharga tentang performa situs web mereka dalam mesin pencari dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat mereka secara berkelanjutan. 

 

Menyesuaikan Kebijakan Pemasaran dengan Konsumen

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan, perusahaan dapat memahami lebih baik perilaku, preferensi, dan kebutuhan konsumen mereka. Data dapat memberikan wawasan tentang preferensi pembelian, preferensi komunikasi, atau preferensi produk yang diinginkan oleh konsumen. Dengan memanfaatkan data ini, perusahaan dapat menyusun kebijakan pemasaran yang lebih tepat sasaran, menjalankan pemasaran yang relevan, dan menyampaikan pesan yang sesuai kepada konsumen. Analisis data memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda dan membuat penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap segmen. 

 

Selain itu, analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan personalisasi dalam kebijakan pemasaran mereka. Dengan memahami perilaku dan preferensi individu konsumen melalui data, perusahaan dapat menyajikan penawaran yang spesifik dan relevan kepada masing-masing konsumen. Data dapat memberikan informasi tentang riwayat pembelian, preferensi produk, atau preferensi komunikasi konsumen yang dapat digunakan untuk menyusun pemasaran pemasaran yang personal dan efektif. Dengan memanfaatkan data dengan bijak, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap konsumen, meningkatkan keterlibatan, dan membangun loyalitas yang lebih kuat. 

 

Baca Juga : Pengiriman dari China ke Indonesia

 

Analisis Interpretasi Sentimental

Dengan menggunakan teknik analisis sentimental, perusahaan dapat menganalisis dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan pendapat, ulasan, atau tanggapan konsumen di media sosial, platform e-commerce, atau forum online. Data ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang persepsi konsumen, apakah itu positif, negatif, atau netral, terkait dengan berbagai aspek bisnis. Dengan memanfaatkan analisis data sentimental secara efektif, perusahaan dapat mengidentifikasi tren dan pola pandangan konsumen, serta memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan pengalaman konsumen, memperbaiki reputasi merek, atau mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

 

Selain itu, analisis interpretasi sentimental juga dapat membantu perusahaan dalam mengarahkan strategi komunikasi mereka. Dengan memahami sentimen konsumen melalui analisis data, perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan gaya komunikasi mereka sesuai dengan preferensi dan keinginan konsumen. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa konsumen merespons positif terhadap pesan-pesan yang berfokus pada keberlanjutan atau kesadaran sosial, perusahaan dapat memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam pemasaran pemasaran mereka. Dengan demikian, analisis interpretasi sentimental membantu perusahaan untuk menyampaikan pesan yang lebih relevan dan menghasilkan interaksi yang lebih positif dengan konsumen. 

 

Analisis Real-Time

Dengan menggunakan analisis data real-time, perusahaan dapat memantau dan menganalisis data secara langsung saat terjadi, memberikan wawasan instan tentang kinerja pemasaran, perilaku konsumen, atau tren pasar terkini. Data real-time memungkinkan perusahaan untuk menangkap perubahan yang cepat dan mengambil tindakan yang segera untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Misalnya, jika data real-time menunjukkan penurunan lalu lintas di suatu saluran pemasaran, perusahaan dapat melakukan penyesuaian cepat untuk memaksimalkan efektivitas pemasaran. Dengan menganalisis data secara real-time, perusahaan dapat merespons dinamika pasar dengan cepat, mengambil keputusan yang lebih tepat waktu, dan meningkatkan efektivitas pemasaran pemasaran mereka secara keseluruhan.

 

Selain itu, analisis data real-time juga memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan personalisasi dan pengalaman konsumen secara instan. Dengan menganalisis data secara real-time, perusahaan dapat memahami perilaku dan preferensi konsumen saat ini, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai atau menyesuaikan konten dengan cepat. Misalnya, dengan menganalisis data real-time tentang interaksi konsumen dengan situs web atau aplikasi, perusahaan dapat menyesuaikan tampilan halaman, menawarkan penawaran khusus, atau memberikan rekomendasi produk yang relevan secara langsung kepada konsumen. Hal ini membantu perusahaan untuk menciptakan pengalaman yang personal dan relevan bagi konsumen, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat loyalitas pelanggan. 


Menggunakan analisis data secara efektif membutuhkan kesadaran yang kuat akan kebutuhan dan preferensi konsumen, pemahaman tentang metode analisis yang tepat, dan kemampuan untuk mengambil tindakan yang responsif. Dalam era digital yang terus berkembang, perusahaan yang mampu memanfaatkan analisis data dengan baik akan mendapatkan keunggulan kompetitif dan mencapai kesuksesan dalam upaya pemasaran mereka.

 

Dalam rangka memanfaatkan potensi penuh dari analisis data dalam digital marketing, perusahaan harus terus meningkatkan kemampuan mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dengan benar. Dengan pendekatan yang proaktif dan berbasis data, perusahaan dapat menghadapi tantangan dan peluang dalam pasar yang semakin kompleks dengan keyakinan dan keunggulan yang kuat.


Pentingnya Analisis Data dalam Digital Marketing dan Bagaimana Menggunakannya secara Efektif

 

Analisis data dalam digital marketing memainkan peran yang krusial dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan mencapai hasil yang sukses. Dalam era digital yang penuh dengan informasi dan interaksi online, data menjadi aset berharga yang dapat memberikan wawasan tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan kinerja pemasaran. Dengan memanfaatkan analisis data secara efektif, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik audiens mereka, mengidentifikasi peluang, dan mengambil keputusan yang didukung oleh bukti kuat.

 

Melalui analisis data, perusahaan dapat mengetahui preferensi dan kebutuhan konsumen secara mendalam, memastikan pesan dan penawaran yang disampaikan tepat sasaran. Data juga memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran yang paling efektif dalam menjangkau audiens target, mengalokasikan anggaran dengan cerdas, dan memaksimalkan pengembalian investasi. Berikut ini penjelasan lebih lanjut tentang manfaat analisis data dalam dunia digital marketing.

 

Optimalisasi Anggaran Pemasaran

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan, perusahaan dapat memahami dengan lebih baik perilaku dan preferensi pelanggan, serta mengidentifikasi tren dan pola-pola yang muncul dalam pemasaran. Melalui analisis data, perusahaan dapat mengalokasikan anggaran pemasaran dengan lebih efektif dan efisien. Data dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kanal pemasaran yang paling efektif, audiens target yang paling responsif, serta waktu dan lokasi yang optimal untuk menjangkau pelanggan. Dengan memanfaatkan data secara efektif, perusahaan dapat membuat keputusan yang didasarkan pada bukti-bukti kuat, meningkatkan ROI (Return on Investment), dan mengurangi pemborosan anggaran pemasaran yang tidak efektif.

 

Selain itu, analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan optimasi berkelanjutan terhadap pemasaran mereka. Dengan memantau dan menganalisis data secara teratur, perusahaan dapat mengidentifikasi perubahan dalam perilaku pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan preferensi baru. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa audiens target mulai beralih dari platform media sosial ke platform komunikasi instan, perusahaan dapat mengalokasikan anggaran pemasaran mereka ke kanal yang lebih relevan dan efektif. 

 
Mengenali Saluran yang Relevan

Analisis data dalam digital marketing memainkan peran yang krusial dalam mengenali saluran yang relevan untuk mencapai target audiens. Dengan memanfaatkan data yang dikumpulkan, perusahaan dapat mengetahui saluran pemasaran mana yang paling efektif dalam menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Data tersebut dapat memberikan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan, memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi saluran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pemasaran mereka. Dalam proses analisis data, perusahaan dapat menilai kinerja saluran yang berbeda, melihat tingkat keterlibatan dan konversi, serta mengidentifikasi pola atau tren yang mempengaruhi efektivitas setiap saluran. 

 

Ditambah lagi, analisis data juga membantu perusahaan untuk mengenali saluran pemasaran yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya atau masih dalam tahap pengembangan. Data dapat memberikan pandangan tentang tren baru dalam perilaku konsumen atau platform yang sedang naik daun, yang dapat menjadi peluang untuk mencapai audiens yang lebih luas atau yang lebih tersegmentasi. Dengan memantau dan menganalisis data secara terus-menerus, perusahaan dapat mengidentifikasi pergeseran dalam preferensi pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan cepat.

 

Meningkatkan Traffic dengan SEO

Analisis data memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan traffic dengan SEO (Search Engine Optimization) dalam digital marketing dan di bantu oleh jasa SEO Indonesia. Dengan menggunakan data, perusahaan dapat memahami perilaku pencarian dan preferensi pengguna internet, serta mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan populer dalam industri mereka. Melalui analisis data, perusahaan dapat mengidentifikasi tren pencarian yang sedang naik daun, mencari peluang untuk mengoptimalkan situs web mereka dan mengarahkan lalu lintas yang lebih banyak. Dengan memanfaatkan data mengenai kata kunci dan perilaku pencarian, perusahaan dapat mengoptimalkan konten mereka dengan menyesuaikan elemen seperti judul, meta deskripsi, dan tag, sehingga lebih sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dan meningkatkan peringkat mereka dalam hasil pencarian. 

 

Analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengukur kinerja pemasaran SEO mereka. Dengan melihat data seperti jumlah pengunjung, tingkat konversi, atau bounce rate, perusahaan dapat mengevaluasi efektivitas strategi SEO mereka dan mengidentifikasi area perbaikan yang diperlukan. Data ini juga dapat membantu dalam menentukan apakah taktik SEO yang diterapkan telah menghasilkan peningkatan traffic yang signifikan. Dengan memantau data dengan seksama, perusahaan dapat memperoleh wawasan berharga tentang performa situs web mereka dalam mesin pencari dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat mereka secara berkelanjutan. 

 
Menyesuaikan Kebijakan Pemasaran dengan Konsumen

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data yang relevan, perusahaan dapat memahami lebih baik perilaku, preferensi, dan kebutuhan konsumen mereka. Data dapat memberikan wawasan tentang preferensi pembelian, preferensi komunikasi, atau preferensi produk yang diinginkan oleh konsumen. Dengan memanfaatkan data ini, perusahaan dapat menyusun kebijakan pemasaran yang lebih tepat sasaran, menjalankan pemasaran yang relevan, dan menyampaikan pesan yang sesuai kepada konsumen. Analisis data memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda dan membuat penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi setiap segmen. 

 

Selain itu, analisis data juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan personalisasi dalam kebijakan pemasaran mereka. Dengan memahami perilaku dan preferensi individu konsumen melalui data, perusahaan dapat menyajikan penawaran yang spesifik dan relevan kepada masing-masing konsumen. Data dapat memberikan informasi tentang riwayat pembelian, preferensi produk, atau preferensi komunikasi konsumen yang dapat digunakan untuk menyusun pemasaran pemasaran yang personal dan efektif. Dengan memanfaatkan data dengan bijak, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap konsumen, meningkatkan keterlibatan, dan membangun loyalitas yang lebih kuat. 

 

Baca Juga : Pengiriman dari China ke Indonesia

 

Analisis Interpretasi Sentimental

Dengan menggunakan teknik analisis sentimental, perusahaan dapat menganalisis dan menginterpretasikan data yang berkaitan dengan pendapat, ulasan, atau tanggapan konsumen di media sosial, platform e-commerce, atau forum online. Data ini dapat memberikan wawasan yang berharga tentang persepsi konsumen, apakah itu positif, negatif, atau netral, terkait dengan berbagai aspek bisnis. Dengan memanfaatkan analisis data sentimental secara efektif, perusahaan dapat mengidentifikasi tren dan pola pandangan konsumen, serta memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan pengalaman konsumen, memperbaiki reputasi merek, atau mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

 

Selain itu, analisis interpretasi sentimental juga dapat membantu perusahaan dalam mengarahkan strategi komunikasi mereka. Dengan memahami sentimen konsumen melalui analisis data, perusahaan dapat menyesuaikan pesan dan gaya komunikasi mereka sesuai dengan preferensi dan keinginan konsumen. Misalnya, jika data menunjukkan bahwa konsumen merespons positif terhadap pesan-pesan yang berfokus pada keberlanjutan atau kesadaran sosial, perusahaan dapat memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam pemasaran pemasaran mereka. Dengan demikian, analisis interpretasi sentimental membantu perusahaan untuk menyampaikan pesan yang lebih relevan dan menghasilkan interaksi yang lebih positif dengan konsumen. 

 

Analisis Real-Time

Dengan menggunakan analisis data real-time, perusahaan dapat memantau dan menganalisis data secara langsung saat terjadi, memberikan wawasan instan tentang kinerja pemasaran, perilaku konsumen, atau tren pasar terkini. Data real-time memungkinkan perusahaan untuk menangkap perubahan yang cepat dan mengambil tindakan yang segera untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka. Misalnya, jika data real-time menunjukkan penurunan lalu lintas di suatu saluran pemasaran, perusahaan dapat melakukan penyesuaian cepat untuk memaksimalkan efektivitas pemasaran. Dengan menganalisis data secara real-time, perusahaan dapat merespons dinamika pasar dengan cepat, mengambil keputusan yang lebih tepat waktu, dan meningkatkan efektivitas pemasaran pemasaran mereka secara keseluruhan.

 

Selain itu, analisis data real-time juga memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan personalisasi dan pengalaman konsumen secara instan. Dengan menganalisis data secara real-time, perusahaan dapat memahami perilaku dan preferensi konsumen saat ini, serta memberikan rekomendasi produk yang sesuai atau menyesuaikan konten dengan cepat. Misalnya, dengan menganalisis data real-time tentang interaksi konsumen dengan situs web atau aplikasi, perusahaan dapat menyesuaikan tampilan halaman, menawarkan penawaran khusus, atau memberikan rekomendasi produk yang relevan secara langsung kepada konsumen. Hal ini membantu perusahaan untuk menciptakan pengalaman yang personal dan relevan bagi konsumen, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat loyalitas pelanggan. 



Menggunakan analisis data secara efektif membutuhkan kesadaran yang kuat akan kebutuhan dan preferensi konsumen, pemahaman tentang metode analisis yang tepat, dan kemampuan untuk mengambil tindakan yang responsif. Dalam era digital yang terus berkembang, perusahaan yang mampu memanfaatkan analisis data dengan baik akan mendapatkan keunggulan kompetitif dan mencapai kesuksesan dalam upaya pemasaran mereka.

 

Dalam rangka memanfaatkan potensi penuh dari analisis data dalam digital marketing, perusahaan harus terus meningkatkan kemampuan mereka dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dengan benar. Dengan pendekatan yang proaktif dan berbasis data, perusahaan dapat menghadapi tantangan dan peluang dalam pasar yang semakin kompleks dengan keyakinan dan keunggulan yang kuat.

 

18 comments:

  1. Digital marketing lagi viral ya dan emang lebih efektif daripada marketing konvensional. Perlunya analisis data biar keliatan nahh sebulan ini marketingnya berhasil gak. Target marjetnya tepat gak. Dll.

    ReplyDelete
  2. Data emang yang paling penting saat ini. Lebih mahal dari uang. Katanya, siapa yang menguasai data akan menguasai dunia

    ReplyDelete
  3. dalam pemaparan di atas, jelas sekali pemtimgnya analisa data dalam digital marketing ya, Mbak. Dan ini sangat memudahkan bagi perusahaan dalam segala hal. Akhirnya akan efisien dalam segala hal.

    ReplyDelete
  4. bener nih penting juga analisis apalagi kalau berkaitan anggaran biar hasilnya maksimal atau kalau bisa anggaran minimalis, hasilnya maksimal. Selain itu perlu tau kebiasaan pelanggan yang biasa berubah-ubah dari data yang udah dikumpulkan

    ReplyDelete
  5. perpindahan berbagai sektor ke digital termasuk soal marketing memang sedang banyak dilakukan, sehingga untuk optimalisasi bisnis kita perlu sekali untuk melakukan analis data dalam bentuk digital yang sudad ada, karena data-data ini bakal jaid penunjang pengambilan keputusan apa dan menyusun strategi usaha kita sehingga lebih sukses lagi

    ReplyDelete
  6. Analisis data dalam digital marketing memang penting dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan mencapai hasil yang sukses sebuah perusahaan.

    ReplyDelete
  7. Keren yaa.. para pekerja di bidang Analisis data ini.
    Pastinya melihat data di lapangan dan menyesuaikan dengan bidangnya agar bisa sesuai dengan kemauan klien dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  8. Makanya pekerjaan analisis data ini gak main² ya kak, berat pula, karena hasil dari analisanya itu bisa memberikan dampak signifikan untuk pengembangan perusahaan

    ReplyDelete
  9. Analisis data itu memang pegang peranan penting dalam hal apa pun ya kak, termasuk digital marketing untuk memberikan gambaran market seperti ala

    ReplyDelete
  10. bener banget kak, sekarang ini digital marketing memegang peranan penting apalagi analisa data didalamnya sangat lengkap sekali. Jadi kalo kita bisa mengolahnya bisa jadi modal utama buat meningkatkan strategi branding, SEO bahkan penjualan suatu produk,

    ReplyDelete
  11. Analisis data ini emg penting bgt sih dlm dunia marketing. Kita bnyk dpt insight soal perilaku konsumen. Jd kita akan dpt gambaran bisnis kita di masa lalu dan utk memutuskan kebijakan penting di masa depan.

    ReplyDelete
  12. menarik ya memang analisis data ini, bikin penasaran gitu sm bikin ketagihan begitu paham seluk beluknya, apalagi jaman skrg byk bgt dibutuhin jd profesinya sangat prospektif bgt nih

    ReplyDelete
  13. Yesss, setuju nih. Analisis Dada dan Digital Marketing memang sangat erat sekali, kalau sudah analisisnya bagus pasti tujuan marketingnya juga bagus pula, tentu menyesuaikan perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  14. buat anak digital marketing memang ga sekadar bikin konten dan ngiklanin ya tapi juga kudu bisa baca data.. insight2 pada media sosial dan website contohnya

    ReplyDelete
  15. Dalam penerapan strategi digital marketing, ketersediaan data memang jadi hal yang krusial dan wajib ada. Karena tanpa kemampuan membaca dan mengolah data, sulit lho menentukan strategi selanjutnya

    ReplyDelete
  16. Digital marketing sata ini menjadi bidang yang paling luas karena trerus banyak update. Kita mau ga mau juga harus mempelajarinya

    ReplyDelete
  17. Suamiku pernah tanya gini, " menurut kamu, modal usaha utama di jaman sekarang apa?" terus aku jawab, " uang dong! apalagi?" tapi suami menjawab, " bukan, tapi database!".....wah aku tercengang. Dan suami menjelaskan mengapa dan mengapa. Baca artikel ini terasa terkorelasi nih, emang bener database itu modla utama usaha apapun saat ini, terlebih untuk kebutuhan analisa pasar dan kebutuhannya

    ReplyDelete
  18. sejujurnya belum paham betul tentang dunia digital marketing ini. yang ternyata penting sekali sekarang buat dunia usaha apalagi di jaman serba online ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Cerebral Palsy Mikrosefali

 Sebuah pesan dari sesama orangtua yang memiliki anak dengan mikrosefali muncul di whatssaapku.  Setelah mengucap salam dia bertanya. Mbak, ...