Saturday 29 July 2023

Service Motor 8 Bagian ini Wajib Dicek

Selama 6 tahun punya motor matic, aku sama sekali nggak paham bagian-bagian motor yang harus diperhatikan, taunya cuma pake aja.  Bahkan ban kempes aja aku nggak tau, baru ketahuan pas temanku, bonceng aku untuk sarapan bareng.

“ Ini kayanya bannya kempes, berat banget motornya pas dibawa pelan.”

“Terus harus gimana? Pertanyaan bodoh yang spontan kuucapkan

“Yaa dipompa”jawab temanku sambil kita ngakak bareng. 

Service Motor 8 Bagian ini Wajib Dicek
Penampakan motorku yang harus isi angin, abaikan penampakan tempe mendoan
dalam kantong kresek

Untungnya di  jalan yang kami lewati  ada tukang pompa ban. Dan ketika mau pompa,  beliau bilang ban belakang habis total anginnya, kebayangkan kalo nggak segera ketemu tukang pom Setelah semua oke,  kami melanjutkan perjalanannya, temanku lanjut menjelaskan kalo misalnya nanti ada kempes lagi mungkin bannya ada bocor alus, kalo  misalnya gede mungkin harus ganti ban. Aku cuma nyimak sambil kagum dengan penjelasannya, apa aku doang yang nggak tau tentang ginian, LOL

Ada kebiasaan lain yang nggak sadar kulakukan dan ternyata bisa ngerusak motor, diantaranya jari stand by di rem, ngegas sekaligus ngerem secara bersamaan, hasilnya motorku kaya goyang gitu pas dibawa, bahkan pernah  pas lagi ngebut di jalan, tiba-tiba mesinnya kaya mati tapi tetap jalan, tapi nggak bisa terasa gasnya. Segera kubawa ke pinggir jalan motorku, starter berapa kali akhirnya motorku kembali seperti semula. Mungkinkan motorku kurang servis, atau pas servis kurang paripurna perawatannya.

Masalah servis motor suami yang paling sering ingatin, kalau motor matic itu tiap jarak tempuhnya tertentu sebaiknya dilakukan servis motor.  Bagian yang dicek,diantaranya pemeriksaan saluran bahan bakar, kondisi mesin, gas tangan, rem , oli garden, ban dan sebagainya. 

Ternyata ketika servis motor 8 bagian ini wajib untuk dicek

1.     Oli Mesin

Oli mesin perlu rutin diganti sesuai jarak tempuh tertentu, rata-rata pabrikan akan merekomendasikan penggantian di 2500 Km.  Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Biasanya ketika mengganti oli mesin kamu akan dikenakan biaya untuk pembelian oli sesuai yang harganya tergantung mereknya serta biaya jasa ganti olinya.

Beberapa tahun terakhir sudah ada  pabrikan/retailerotomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa, Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. Jadi nggak perlu sering-sering ganti oli.

 

oli

 

2.               Oli Gardan

Pertama aku pikir oli itu hanya ada satu jenis aja, ternyata oli mesin sama oli gardan itu berbeda guys. Oli mesin nggak bisa digunakan untuk  gardan dan oli gardan nggak bisa digunakan untuk mesin. Fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT) sehingga waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, baru kemudian dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Bagi pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan.

3.               Busi

Kalau motormu tiba-tiba berhenti, sulit dinyalakan itu kemungkinan  businya bermasalah. Busi merupakan bagian pada motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.  Untuk itu diperlukan penggantian busi, jika motormu sulit untuk dinyalakan.

      4.     Kampas Rem

Salah satu faktor penting demi keselamatan pengguna motor adalah rem yang pakem. Pada motor matic, rem dianggap pakem jika tidak terlalu kuat/dalam menekannya motor sudah berhenti. Namun, apabila kampas rem sudah tipis, bisa menyebabkan rem  jadi kurang pakem, dan  menyebabkan bahaya kecelakaan. Oleh karena itu kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5.     Filter Udara

Efek filter udara yang kotor bisa terasa dari tarikan mulai berat, ini disebabkan tumpukan udara pada filter menghambat aliran udara segar ke ruang bakar, filter udara berfungsi untuk menyaring debu, kotoran dan partikel lainnya dari udara sebelum masuk ke mesin.  Filter  udara perlu diperiksa secara teratur dan diganti Jika terlihat kotor atau tersumbat.. Filter udara yang kotor bisa menyebabkan motormu jadi boros BBM. Interval penggantian filter udara biasanya berkisar antara 5000 hingga 10000 kilometer atau sesuai rekomendasi produsen.

6.    Aki atau Accu

    Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kamu tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7.    Ban

    Kondisi  ban yang baik sangat penting untuk keamanan berkendara. Idealnya,  sebelum menggunakan motor sebaiknya  memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Ban motor biasanya perlu diganti setiap 10.000 hingga 20.000 kilometer atau setiap 1 hingga 2 tahun. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Ban


    8.   Tune up Motor Rutin

    Tune up mesin penting dilakukan agar menjaga kondisi mesin tetap prima, serta membuat konsumsi bahan bakar lebih optimal. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

    Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli motor matic berupa oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik


    Untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis servis motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban? 

·   Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

·      Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

·      Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.

·     Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

    Pengalaman  yang udah-udah, biasanya kalau service motor itu  sering tertinggal kotoran, debu dan sisa pembakaran di beberapa bagian motor. Bahkan tak jarang di blok CVT ditemukan kotoran dan debu, yang membuat motor jadi terasa berat.

    Berbeda  jika kamu service motor di Planet Ban,  seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih jadi mesin terasa baru , tarikannya jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat  BBM dan mesin jadi bersih total berasa punya motor baru.

    Soal harga, tenang service motor di Planet Ban sangat terjangkau dengan servis selengkap itu. Untuk servis motor injeksi cuma Rp.20.000 – servis CVT sekaligus rantainya Rp.19.500,- bahkan servis throlle body juga hanya Rp.20.000.-

    Ternyata  servis motor itu nggak seribet yang aku bayangkan, kalau bisa dapatkan layanan terbaik servis motor rasa baru seperti di Planet Ban, aku mau servis motor sendiri nggak perlu minta tolong pak suami untuk bawa servis.

 

 



54 comments:

  1. Manfaat banget sharingnya Mak. Jadi tahu apa aja yang harus diperhatikan saat memiliki motor. Selama ini tahunya cuma naik. Hehe...

    ReplyDelete
  2. Motor adalah kendaraan yang kebutuhan pakainya tinggi. Makanya wajib banget di service secara berkala ya Mbak. Namanya mesin, komponennya ada masa pakainya. Jadi kalau rajin di service bisa menghindari sewaktu-waktu bermasalah di jalan

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bisa langsung dipompa itu ya mba. Dulu2 ku jg nggak ngerti kalau ban kempes 😅 trus sekarang ((agak)) ngerti.
    Yg suka bawa ke kang servis adalah pak su jg. Memang harus rutin yaa supaya mesinnya terawat dan nggak tiba2 ada kendala saat lagi dibawa antar jemput anak2 aku. Planet ban belum pernah cobain, tarifnya terjangkau ya inii, kudu cobain

    ReplyDelete
  4. Iyaa kak kalo pake sepeda motor, baik motor bebek maupun matic, mau gak mau belajar perawatannya, nama2 spare part-nya, nyedian biaya servis, dll.

    Untung Planet Ban ada di mana2 yaa jadi bisa servis dengan teratur dan jasanya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  5. Hahhaaa iyaa sebenernya simple asalkan tahu poin2 yang akan dibersihkan ketika motor hendak di servis dan minimal tahu biar ga dibodohin yaa, Aku langganan juga nih ke Planet Ban, servis rasa mesin baruuuu, biar bisa ngegass lebih jauh lagii.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya cocok banget buat saya yang kurang rungu masalah servis motor nih. Terima kasih sharingnya, Mbak.

    ReplyDelete
  7. Wah mantap ini artikelnya
    Aku buta soal urusan motor ini
    Baca ini jadi tahu apa saja yg harus di cek saat servis motor

    ReplyDelete
  8. katanya permepuan itu taunya cuma makai tapi kalau ada Planet Ban ga khawatir ya ga cuma bisa makai tapi bisa servis kendaraan juga dg mudah

    ReplyDelete
  9. Planet Ban membantu banget ya buat pengendara yang awam soal mesin kendaraan :)) Apalagi lokasinya ada di mana-mana dan biayanya juga nggak sombong.

    ReplyDelete
  10. service kendaraan bermotor emang sudah jadi kewajiban pengendara supaya nyaman digunakan sih. Beberapa bagian jadi penting untuk diservice sih emang tapi lebih mudah lagi percayakan aja perawatan kumplit ama planet ban, sudah pasti aman terkendali

    ReplyDelete
  11. Sejak mengenal Planet Ban, sampai saat ini kalau ganti ban dan oli, kakak saya pasti ke sana. Nggak tahu kenapa, katanya suka aja gitu, soalnya jenis ban yang tersedia juga banyak. Pokoknya, Planet Ban memang tempat terbaik buat service motor.

    ReplyDelete
  12. Karena motor itu jadi andalan saya ke sana kemari, jadi servis rutin wajib, Mbak. Katanya terutama harus ganti oli. Tapi kalau sekalian servis, pasti akan satu paket juga, oli samping, oli gardan, kampas rem dan lainnya. Motor pun bisa diajak ke sana kemari cari rezeki hehehe.

    ReplyDelete
  13. Servis motor memang penting yah, apalagi kalo dipake tiap hari, biar performanya makin oke. Aku baru kemarenan nih ganti oli di Planet Ban, dan pelayanannya oke.

    ReplyDelete
  14. Sama mbak. Aku juga kalau pakai motor ya pakai aja. Kadang gak kepikiran untuk tahu lebih lanjut kondisi motor. Padahal, setelah itu nyesel juga karena motor pasti ngambek akibat jarang servis wkwkwk
    Untung ada planet ban sih

    ReplyDelete
  15. Servis motor itu penting banget untuk kesehatan motor, jangan sampai waktu dipake tiba tiba mati dan mesinnya kena, malah jadi repot deh, yang paling penting untuk di cek berkala itu oli mesin dan oli gardan, jangan sampai kehabisan mak, harus rajin di cek motornya.

    ReplyDelete
  16. dulu saya awam sekali tentang service motor karena memang biasanya pakai saja, pas ke Jogja sendirian jadi mulai paham dan baca ini makin banyak lagi tahu soal apa saja yang wajib dicheck saat service motor

    ReplyDelete
  17. Kalau service motor paling rutin oli mesin dan oli gardan. Kalau untuk rem, lampu pasti cek sendiri berkala. Tidak kalau juga untuk dilakukan pengecekan rutin adalah kondisi ban kendaraan.

    ReplyDelete
  18. Aku kapan hari itu ke Planet Ban ya mau minta tolong ganti ban motorku, ternyata di yg deket rumahku sini nggak bisa. Aneh banget sih sebenarnya, karena aku merasa mereka jualan ban, wkwkwkk.. Perasaanku ya gitu, soalnya di Planet Ban tuh selalu rame, ternyata pada rame service motor kali ya.

    ReplyDelete
  19. Aku jg baru tahu loh kalo motor matic hrs ganti oli gardan. Ternyata ada triknya ya. Misalnya 2x ganti oli mesin hrs dibarengin dgn ganti oli gardan. Soalnya motorku dl yg versi 4tak. Jd cmn ganti oli mesin doang. Skrg hrs ngecek motor milik ibu yg matic. Jd hrs cek2 secara rutin tuh.

    ReplyDelete
  20. Setujuu service motor simple yang suka banyak alasan tu kita ya bunn...alias banyak alasan mau ke planet ban.
    Padahal rumahku sama Planet Ban dekeet, sukaa mager apalagi weekend...
    Setelah mengetahui pentingnya rajin service akhirnya aku ikut kampanye hidup sehat, neminimalisir sampah dkk

    ReplyDelete
  21. Beberapa emak emang suka gitu, ya, termasuk saya hehehe. Sukanya make aja, tapi kurang tau kapan harus service motor. Harus diingetin sama pak suami dulu untuk selalu rajin service motor

    ReplyDelete
  22. kalau planet ban emang bagus dan udah ada di berbagia kota di indonesia ya kak.. di surabaya juga ada dan sepertinya selalu ramai pengunjung

    ReplyDelete
  23. Apa yang Mba rasakan itu aku pernah ngalami, makanya habis itu maunya ban yang tubless, jadi kalo bocor halus nggak langsung kempes, itu bahaya yah sebab bisa rusak ban dalamnya. Alhamdulillah kalo sudah teratasi dengan baik

    ReplyDelete
  24. Sama mbak, aku juga kalau motor tahunya tinggal pakai aja, pokoknya di stater hidup, di gas melaju dan rem masih pakem, ya aman menurutku. Kalau ban kempes sih, saya udah bisa ngerasain, jadi langsung aja bilang suami minta ban motornya di pompa.

    Setahuku dulu kalau suami ke planet ban itu untuk beli ban (dalam maupun luar), eh ternyata sekarang bisa service motor juga di situ

    ReplyDelete
  25. Kalau baca pengalamannya, ternyata lebih baik servis motor di planet ban ya daripada di tempat servis lain... Kebetulan ada nih di dekat rumah... Kasih tau suami ah...

    ReplyDelete
  26. Seenggak paham-pahamnya masalah motor, minimal kita bisa ngerasin kalau kendaraan lagi gak bener. Jadi wajib ke tukag service dan kalau bisa rutin. Ban juga jangan sampai nunggu tipis baru ganti. Apalagi yang suka jalan jauh

    ReplyDelete
  27. Yang namanya punya kendaraan bermotor tuh memang harus diservice secara rutin sih kalau aku bilang. Apalagi kalau pemakaiannya juga setiap hari, jadi biar mesinnya tetap yahud kudu rajin juga ya dirawatnya.

    ReplyDelete
  28. Memang ya para emak bisanya naik motor doang biasanya, giliran perawatan mundur teratur. Syukur ada Planet Ban yang tepercaya untuk merawat motor dengan service motor rasa barunya. Service jadi mudah bagi semua!

    ReplyDelete
  29. perempuan emang gitu ya mbak
    kadang ga ngeh ya mbak apa aja bagian motor yang perlu diservice rutin
    syukurlah sekarang ada bengkel planet ban yang servicenya menyeluruh , motor jadi rasa mesin baru

    ReplyDelete
  30. Kalau servis motor ternyata nggak hanya soal ganti oli saja ya mbak
    Banyak hal lain yg harus diperhatikan

    ReplyDelete
  31. Mak satu lagi kebiasan perempuan kek kita sampai dibikin meme lupa matiin sign, sign kanan tapi jalannya lurus aja🤭.

    Memang yaa motor kalau rajin diservice bedaaa banget apalgi di planet ban hemat bagus memuaskan.

    ReplyDelete
  32. Menikmati kemudahan service motor di Planet Ban banget sih ya..
    Selain pelayanannya cepat tapi tetap teliti dan menbuat motor selalu dalam kondisi terbaik.

    ReplyDelete
  33. ijin aku save ya mbak... ini pengetahuan yg penting bgt buatku yg jg blm tau bagian2 motor, hehe.... BTW lam knl

    ReplyDelete
  34. idem mbak ... aku juga main pake aja tapi kurang tahu soal perawatan motor.
    buat pilihan oli mesin ternyata memang ada harga, ada rupa. Kalau kualitas OK, ga perlu sering ganti oli yaa

    ReplyDelete
  35. Iya sering dengar nih perempuan suka bingung dan lalai urusan merawat kendaraan bermotor, padahal kalau urusan merawat hal lain paling telaten, motor yang dipakai perempuan jadi cepat rusak

    ReplyDelete
  36. delapan point tersebut jangan sampai lupa dah
    saya kalau service motor juga sering ke planet ban
    pelayanannya ok punya

    ReplyDelete
  37. Ganti oliii,kita para emak² kan biasa tinggal greenggg gas sepeda motor buat sehari-hari ya kan,sering lupain yang satu ini hehehe

    ReplyDelete
  38. wah ngegas sekaligus ngerem secara bersamaan adalah kebiasaan saya, dan benerr mesin jadi suka mati tiba2 ternyata ini salah satu penyebabnya...
    Saya termasuk pengguna motor yang kurang paham. Taunya make, service ke bengkel dan cerita keluh kesah. Selebihnya montir yang berpikir :D

    Sudah sering dengar tentang planet ban, tapi belum nemu di Medan. Padahal konon katanya murah dan lengkap...

    ReplyDelete
  39. Urusan servis emang aku belum begitu paham. Tapi kalau cuma urusan ban dan ganti oli, aku lumayan ngerti sih. Meski kadang telat-telat menyadarinya. Hehehe

    ReplyDelete
  40. Yang pasti setiap barang bergerak, apalagi sering dipakai, pasti butuh perawatan. Supaya mesinnya awet dan nyaman untuk dikendarai. Dijamin deh kalau semua hal-hal tersebut di atas rutin dan disiplin dilakukan, kendaraan kita (khususnya dalam hal ini motor), akan awet terjaga dengan kondisi sehat.

    ReplyDelete
  41. Planet ban ini udah ada di Banjarmasin belum ya? Pas banget aku pengen ngecek kondisi motor sih. Jujurly motor aku jarang banget dicek. Jadi sekalinya ngecek mau yang maksimal nih.

    ReplyDelete
  42. kebiasaan anakku nih kalo pulang ke rumah
    (jadi kangen beratttt)
    Karena anakku ini paling gak bisa lihat sepeda motor yang gak kerawat
    Kalo pulang ke Bandung, pasti deh dia bawa sepeda motor ke Planet Ban

    ReplyDelete
  43. Urusan rawat motor jangan terlewatkan kaitannya dengan keamanan diri

    ReplyDelete
  44. Yes dengan servis motor secara berkala bikin performa motor jadi terjaga ya

    ReplyDelete
  45. Aku juga dah bbrp kali nih service di plnet ban kebetulan juga deket rumah kamarin ganti ban dan ganti oli..pelayanannya juga ok gercep dan rapi

    ReplyDelete
  46. Bagian penggantian oli harus kita perhatikan dengan benar ya. Secara mesin mati idupnya kan berkat pelumas itu. Ya kalau mekanik telaten seperti di planet ban, bagus. Kalau enggak, kita bisa dilicikin mekanik abal abal kita yg rugi

    ReplyDelete
  47. Aku juga nggak begitu ngerti soal servis motor. Pokoknya asal masih bisa jalan aja pake terus. Wkwkw.... Planet ban ini udah terkenal ya, banyak cabangnya juga.

    ReplyDelete
  48. Teknisi di Planet Ban ini informatif banget menurutku. Jadi mereka akan memberi tahu aapbila ada spare part yang harus dan urgent untuk diganti.

    ReplyDelete
  49. duh aku juga kalo masalah motor ga paham, enak makenya doang tau2 olinya hampir habis wkwkwkkw.... planet ban ini emang oke banget pelayanannya ditempatku juga

    ReplyDelete
  50. Pernah beberapa kali pakai jasa ganti oli dan servis ringan dari Planet Ban. Emang cepet dan inovatif banget. Mantap ini untuk jadi opsi para rider.

    ReplyDelete
  51. Emak-emak emang taunya cuma make motor ya. Beruntung sekarang ada bengkel servis yang tau kebutuhan motor kita. Harganya juga murah, kayak Planet Ban ini.

    ReplyDelete
  52. Hai, Terima Kasih artikelnya bagus sekali. BTW Salam sesama blogger saya pingin berteman dan follow blog sampean :)

    mashilman,blogspot,com

    ReplyDelete
  53. Sayang planet ban ini ga ada di Deket rumahku. Urusan service kendaraan, aku serahin ke suami sih mba. Dia sayang banget Ama semua mobil2 dan motornya 😄. Selalu rutin itu diservice sesuai jadwal. Makanya tiap kami mau ganti mobil dan jual yg lama, itu langsung cepet laku, malah kdg udh diminta Ama temen2nya dia. Soalnya mereka tahu suami ngerawat banget kendaraan yg di rumah. Jadi harga jual ttp tinggi. Untungnya bengkel yg udh jadi langganan bagus juga servicenya. Kalo ada planet ban Deket rumah, mau deh aku pakai.

    ReplyDelete
  54. Waduuhh banyak juga ya mbak poin-poinnya, hehee
    Kalau aku biasanya hanya ganti oli aja paling rutinnya
    Cuman kalau service udah pasrah aja sih sama mas-mas di Planet Ban, tau jadi dan motor enakeun lagi buat berkendara

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Kumon Bangun Kemandirian Belajar Anak Dengan Teknologi

Dunia terus mengalami perubahan, dulu orang harus ke bank untuk mengambil uang, orang harus ke pasar untuk mendapatkan sayuran dan sebagainy...