Friday 26 January 2024

Mainan yang Aman untuk Anak Berkebutuhan Khusus

 

Memiliki anak berkebutuhan khusus memiliki tantangan tersendiri dalam mendampingi tumbuh kembangnya. Cara menstimulasi tumbuh kembang mereka yang paling nyaman menurutku melalui permainan, kegiatan bermain, belajar sambil bermain.

Anakku tidak terlalu suka sesuatu yang serius (bukan malas, tapi karena microsefalinya otaknya tidak sanggup berpikir, karena pengaruh mal nutrisi yang dia alami. Ini berdasarkan konsul ke psikiater.

Dari kecil dia suka mobil-mobilan dan menyusunnya dengan rapi ini yang sempat membuat dia didiagnosis autis juga selain karena speech delay dan kontak mata yang hanya tiga detik.

Tekstur mainan, ukuran mainan

Sejauh ini, ada beberapa permainan yang menurutku aman untuk dimainkan untuk anak berkebutuhan khusus, tapi tetap harus dalam pengawasan seaman apapun permainan yang diberikan, karena beberapa special need children, gerakannya sangat cepat dan gesit  seperti flash Gordon, tau-tau sudah ada sesuatu yang dia masukan ke hidung, tau-tau sudah dicakar, digigit kawan sesama special need children.

Aku sendiri jika memilih permainan sebaiknya bukan yang teksturnya kasar, keras, ujungnya   karena seperti aku bilang tadi, reaksi anak special need itu kadang tak terduga (tergantung anaknya juga) kelihatan sedang tenang, tapi kemudian sponitas melempar.

Aku pernah benjol, karena Gibran spontan ketika aku sedang menyusun buku, dia ambil satu, dia lempar asal sambil tertawa (mungkin maksud dia ajak aku bermain) tapi ternyata. Pas dia melempar,pas aku balik badan, pas ujung buku kena dahi dan benjol deh.

Ukuran mainan juga ternyata sangat berpengaruh juga, untuk keamanan ketika bermain, contohnya mainan yang terlalu kecil takutnya membuat si anak, mengeksplore untuk memaksukan ke lubang-lubang bagian tubuhnya, bisa dia masukan mulut, hidung, telinga.

Mainan yang terlalu besar juga takutnya nanti akan menimpa sianak, jika anak terlalu lasak ketika bermain. Jadi sesuaikan, jangan terlalu besar, jangan terlalu kecil, jangan terlalu berat

Jenis Ragam Mainan Untuk Anak  Kebutuhan Khusus

Puzzle

Jenis mainan ini sangat mudah ditemukan di toko-toko mainan, tersedia  dalam  berbagai jenis bentuk dan harga. Puzzle juga salah satu jenis permainan yang akan diberikan ketika melakukan test iq pada anak (test mencocokan bentuk, dan isi di dalam puzzle dengan puzzle ukuran kecil dan bentuk di dalam puzzle ada polanya).

Gibran sebenarnya punya 5 jenis puzzle (1 puzzle udah nggak jelas rimbanya dimana), puzzle itu tentang hurup, buah, angka, alphabet  yang masih tersisa).

Bermain puzzle tentu saja banyak manfaatnya selain melatih fokus anak, bermain puzzle melatih anak berpikir kritis dan melatih koordinasi otak, mata dan tangan dalam menyelesaikan permainan, menyatukan bentuk, pola, warna, alphabet, angka dan lainnya.

Plastisin

Dulu Gibran itu sangat anti kalau ada sesuatu yang lembek, lengket lagi nempel, atau kepengang sama dia pasti dia menjerit. Contohnya pas dia makan ada nasi jatuh ke baju dia, nempel ke tangan dia , dia langsung ngerasa nggak nyaman, rishi.

Dengan bermain plastisin selain bagus untuk melatih motorik halus, membiasakan Gibran untuk terbiasa, nggak jijik dengan tekstur lembek ( karena Gibran juga harus dibiasakan untuk cebok pup juga yang teksturnya kurang lebih mirip plastisin (analogi macam apa ini wkk) intinya kalau dia bisa mandiri cebok karena nggak jijik lagi dengan sesuatu yang tekstur lembek.

Plastisin juga bermanfaat banget untuk melatih imajinasi anak, menghasilkan bentuk baru-baru sesuai imajinasinya, mainannya mudah dibentuk, mudah dimainkan, jika anak punya imajinasi tinggi bakal betah lama-lama bermain plastisin

Busy Book

Bussy Book
Penampakan isi  busy book Gibran

busy book
koleksi  busy book Gibran


Ada banyak varian busy book, yang ada di market place, dengan aneka bentuk material, harga dan tema. Busy book juga bisa dibuat sendiri  kalau mommy punya banyak waktu luang. ( jadi keingat bussy book  yang kuat tapi masih absurd sampai sekarang, padahal undah potong-potong aneka kain panel)

Manfaat bussy book, tentu saja bikin anak sibuk, apalagi kalau anak kecanduan  main hape bagus deh dialihkan dengan bussy book, asli bikin sibuk dan nggak bosan untuk dimainkan. Jika sudah bosan dengan satu tema bisa diahlikan dengan tema lain.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal

Cerebral Palsy Mikrosefali

 Sebuah pesan dari sesama orangtua yang memiliki anak dengan mikrosefali muncul di whatssaapku.  Setelah mengucap salam dia bertanya. Mbak, ...