Tuesday, 30 September 2014

Silahturahmi Yuk!!!

Semua keajaiban dalam hidupku terjadi karena silahturahmi yang terjalin. Ketika tsunami membuat kawasan rumah kami tak layak untuk dihuni, Ada saudara yang menampung kami untuk tinggal bersama.
Ketika aku putus asa karena tugas akhirku tak kunjung selesai dan terkendala dana ada teman yang  datang membantu memberikan informasi beasiswa dan tak bosannya menyemagati.
Ketika kuliah  hampir selesai dan waktunya untuk mencari kerja tiba. Ada sahabat yang memberikan informasi dimana terdapat lowongan pekerjaan dan syarat-syaratnya.
Ketika satu persatu sahabat menemukan pasangan jiwanya dan aku masih sendiri. Siapa sangka ternyata jodohku datang berkat bantuan seorang   teman lama yang kemudian mengenalkan temannya yang sama-sama sedang mencari pendamping hidup.
Dan ketika aku masih kerepotan dengan hadirnya buah hati kami, ada adik,  kakak, mama dan keluarga yang lainnya yang mengajarkanku bagaimana merawat, memandikan  si kecil.
Teman, sahabat,  tetangga, saudara dan keluarga. Tentu saja mempunyai arti  sangat penting dalam hidup. Mereka  membuat hidupku lebih berwarna. Ketika aku susah ataupun senang aku tahu harus kemana untuk berbagi apa yang kurasa.
Pernah selama beberapa bulan ketika suami pergi ke luar kota,  aku hanya fokus pada kegiatan rumah tangga dan melakukan rutinitas yang itu-itu saja. Sungguh ada perasaan hampa terasa karena yang kuajak bicara cuma anak-anakku yang masih balita. Komunikasi dengan suami sangat terbatas selain karena perbedaan waktu, kegiatan suami yang sibuk, hingga sinyal yang tidak bersahabat.
Rasanya jenuh menyergap, kutahan sebisanya tapi malah membuatku ingin meledak.  Selama beberapa bulan tak pernah berkomunikasi dengan teman atau saudara membuatku sadar manusia  itu makhluk sosial, sehebat apapun dia takkan bisa jika hanya sendiri.
Kita perlu berinteraksi,  berkomunikasi dan saling berbagi. Jika jenuh mulai melanda, berkumpul dengan saudara atau teman obat mujarab untuk mengatasinya. Stress hilang, hati senang, senyum kembali mengembang.
Ada banyak cara untuk menjalin silahturahmi, arisan salah satunya. Setiap sabtu sore, minggu kedua tiap bulannya aku dan teman-teman perempuan di jurusan arsitektur biasa kumpul-kumpul untuk arisan.
Arisan salah satu cara kami untuk tetap menjalin tali silahturahmi di tengah berbagai aktivitas yang  kami tekuni masing-masing. Walaupun kami kuliah di tempat yang sama tapi profesi kami berbeda-beda, ada yang jadi dosen, pns, pengawai swasta, developer rumah, pengelola butik, guru, mahasiswa S2  dan ibu rumah tangga sejati diriku.
Semua berusaha menyempatkan waktu untuk berkumpul, arisan hanya salah satu sarana  kami tetap menjalin silahturahmi. Bertanya kabar masing-masing, bertukar  berbagai macam infomasi dari mulai urusan resep, politik,  urusan anak, tempat sekolah yang bagus dan masih banyak lagi.
Di waktu arisan kami juga  terkadang ada diantara kami yang menjadi pemateri memberikan siraman rohani dan juga membagi ilmu yang mereka punya selain ilmu yang kami pelajari di bangku kuliah tentu saja. Seperti ketrampilan merajut, membuat bross,dsb.
Dengan iuran arisan ini kami juga melakukan kunjungan sosial apabila diantara kami ada yang sakit, melahirkan atau menikah kami sudah mempunyai budget sendiri  untuk melakukan kunjungan,  Dengan arisan memperkuat hubungan pertemanan kami.
Dan dijaman serba canggih sekarang ini silahturahmi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan alat komunikasi yang ada kita bisa sms, chating, telepon dan skype jadi tak ada alasan lagi tidak bersilahturahmi karena terbentang jarak. Jadi yuk kita jalin terus silahturahmi!!
Tulisan ini diikutsertakan"GiveAway Indahnya Silaturahmi, Lavender Art"

8 comments:

  1. Benar banget mak...manusia memang makhluk sosial yg butuh dg orang lain...tak bs selalu hidup sendiri.... terimakasih sudah ikut meramaikan GA saya ya makkk....

    ReplyDelete
  2. Banyak sekali manfaat dari silaturahmi ya...

    ReplyDelete
  3. AKu gak punya arisan, jadinya kalau anak2 sekolah melow abis, pengin mereka cepat2 pulang biar nggak sepi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he...3x, anak-anak dengan semua tingka lakunya tetap ngangenin

      Delete
  4. Silaturahmi juga memperpanjang usia....gutlak GA nya Mak...semoga menang...!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal