Saturday, 14 May 2016

Tetap Happy Meski Tanggal Tua

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi
Dulu waktu masih kecil zaman SMP dan SMA  suka heran sama menu makanan di rumah, setiap tanggal 20an ke atas  pasti menu di rumah  jadi lebih sederhana daripada di awal bulan.
#KisahTanggalTuaku
Pas masa kuliahan, aku baru nyadar problema yang melanda  di rumahku dan hampir di setiap rumah tangga,  serta anak-anak kos, juga terutama ketika tanggal 20 ke atas atau lebih dikenal dengan dilema tanggal tua(DTT)  yang ciri-cirinya, berdasarkan pengamatan dan #KisahTanggaTuaku diantaranya adalah:
1. Hobi lihatin kalender, buat hitungin kapan kiriman nyampe atau berapa hari lagi gajian.
2. Menu makanan semakin sederhana kalau nggak tempe atau tahu, mie atau kalau beli makanan di luar pasti minta dibanyakin kuahnya.
3. Hiburan cari yang gratisan, paling sering hanya nonton TV di rumah
4. Isi dompet tinggal KTP, foto keluarga, bon-bon dan uang recehan.
5. Cuma bisa gigit jari, pas obral gede dan ada diskon besar-besaran

Terus bagaimana supaya kita terhindar dari dilema tanggal tua?
Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini, pasti pernah dengar kata-kata bijak seperti itu.  Untuk menghindari dilema tanggal tua tentu saja terlebih dahulu  aku harus tahu apa yang menjadi akar masalah di tanggal tua  sehingga selalu terkesan muram berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama.

Penyebab Utama Dilema Tanggal Tua
Setelah merenung, menghitung dan merasakan hampir setiap bulannya mengalami dilema tanggal tua, akhirnya aku sadar penyebab utama terjadi dilema tanggal tua yang kurasakan karena perilaku konsumtif di awal bulan yang tidak diimbangi dengan produktifitas.
Contohnya neh aku hobi banget belanja buku di awal bulan tapi kadang buku itu setelah dibeli nggak dibaca dan malah jadi timbunan buku. Padahal kalau aku ingin terhindar dari dilema tanggal tua, dalam membeli buku favorit pun ada strateginya, diantaranya  sebaiknya membeli buku terbitan terbaru sehingga setelah secepatnya dibaca aku bisa membuat ulasan tentang buku yang kubaca dan mengirimnya ke media. Jika tulisanku dimuat berarti ada pemasukan baru dan berarti dilema tanggal tua bisa dihindari atau sekurang-kurangnya diminimalisir.

Tips agar tetap happy  menghadapi tanggal tua
Setelah tahu penyebab utama dilema tangga tua yang aku rasakan, ternyata karena perilaku konsumtif yang tidak disertai produktifitas  dan finasial yang mapan.  Ada beberapa strategi yang kulakukan diantaranya:

Membedakan antara Kebutuhan dan Keinginan
Ketika tanggal muda godaan terbesar yang ada adalah semua barang rasanya ingin dibeli, oleh karena itu penting banget untuk bedain antara kebutuhan dan keinginan membeli suatu barang.  Disebut keinginan jika barang itu tidak dibeli juga kamu tidak akan merasakan efek kehilangan, atau nggak berarti apa-apa.
Untuk memudahkan membedakan antara kebutuhan dan keinginan biasanya aku buat list barang-barang yang aku butuhkan ketika belanja dan itu sangat membantu mencegah sikap konsumtifku.

Memanfaatkan perkarangan rumah untuk sayuran sehari-hari.
Sejak aku memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam  bibit cabe dan beberapa jenis sayuran serta buah. Ketika harga cabe, atau sayuran naik, aku nggak galau dan khawatir lagi, tinggal petik di halaman rumah beres deh. Kalau ada lebih bisa berbagi juga dengan tetangga, jadi dobel senangnya, hemat dapat, silahturahmi tetap terjaga, dan tanggal tua tetap happy karena konsumsi buah dan sayur bergizi tetap tersedia.
Manfaatkan perkarangan rumah untuk kebutuhan sayuran sehari-hari
Membeli  satu paket internet buat  dipake sekeluarga
Satu lagi yang nggak bisa dihindari di dalam keluargaku  sekarang ini yaitu penggunaan internet. Internet untukku, suamiku dan internet untuk modem jika kami bekerja menggunakan laptop. Otomatis kami setiap bulannya harus membeli 3 paket internet, boroskan?belum lagi terkadang kami menggunakan berbagai provider sebagai cadangan kartu agar kegiatan kami tak terhambat koneksi.
Sekarang kami membeli satu paket internet di rumah dan bisa dipakai sekeluarga, kalau di luaran seh tetap kami memanfaatkan wifi gratis yang ada, jadi lebih hemat. Selain itu internetan nggak hanya buat bersosial media  doank, sambil bersosial media kami juga suka hunting berbagai lomba  dari mulai lomba nulis hingga lomba foto. Alhamdulillah kalau menang, bisa balik modal internetan dan tambahan uang belanja.

Jual barang bekas+ uang recehan untuk belanja
Ada barang tak terpakai di rumah seperti botol bekas sirup, botol shampoo, sabun dan koran daripada menuhin rumah bikin berantakan lebih baik dijual saja. Walau hasilnya tak seberapa, tapi jika ditambah dengan uang recehan  yang terkumpul lumayan banget beberapa barang bisa terbeli rumah juga jadi bersih ditambah hati jadi senang tentu saja.

Uang recehan di tanggal tua sangat bermanfaat

Meningkatkan kemampuan untuk lebih menghasilkan
Aku dan suamiku sadar banget keadaan financial keluarga kami,  sehingga kami tak pernah berhenti  terus mengasah kemampuan yang kami bisa untuk lebih menghasilkan. Suamiku  yang hobi fotografer di saat weekend terkadang menerima job foto wedding, sedangkan aku terkadang menerima job menulis, Alhamdulillah buat tambahan belanja sampai tanggal tua.

Tunggu diskonan kalau mau belanja akhir bulan
Nah udah pada nonton #JadilahSepertiBudi dan kisah tanggal tuanya, sekarang  kalau tanggal tua dan ingin belanja aku nggak galau lagi karena  ikutin jejak Budi yang belanja di saat  promo (TTS) tanggal tua surprised akhir bulan di mataharimall  segala kebutuhan terpenuhi dan bikin kita hepi karena  harga barangnya yang sangat-sangat bersahabat. Jadi tunggu apalagi kalau mau bebas dilema tanggal tua yaa ikutin tips yang telah aku buat dan jangan lupa pantau terus promo di https://super.mataharimall.com/info-promo-diskon/

32 comments:

  1. wah tipsnay mantap banget, semua pasti punay pengalaman di tanggal tua ya

    ReplyDelete
  2. Mbak itu kolam ikan ya? Enak ya kalau punya tanaman sayur sendiri, butuh lauk tinggal petik masih fresh pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kolam ikan, iya mbak fresh ikannya, fresh sayur dan buahnya

      Delete
  3. duh ngepas banget ini, hahihihi. akupun sedang mengerahkan segala 'potensi' yang ada untuk maksimalkan level survival di tanggal tua hahaha. terimakasih mbak, inspiratif !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, moga tetap happy yaa di tanggal tua

      Delete
  4. wah sama mbak kita memanfaatkan pekarangan untuk kebutuhans ehari-hari, semoga kita etrbebas dari tanggal tua ya

    ReplyDelete
  5. Asiknya punya kolam ikan Dan kebun sayur sendiri. Bisa hemat banget tuh.

    ReplyDelete
  6. waah mbak...asiik banget yang punya pekarangan luas kayak gituu..."mauuu... bisa ditanami segala kebutuhan sayuran segar dung yaa.
    ada empangnya lagi...mau ikan tinggal ambil,
    duh syurga itu mah *jadi kangen kampung halaman*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, ini juga rumah dikampung

      Delete
  7. duh enak bener bisa punya pekarangan rumah, jadi punya kitchen plants yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kalo nggak ada perkarangan bisa tanam di pot atau polybag kok mbaj

      Delete
  8. kalo punya pekarangan rumah itu enak banget bisa ditanemin apa aja :3

    saya juga ikutan lomba ini.hoho
    semoga sama sama menang!
    salam kenal mbaa :)

    http://rusydinat.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. senangnya punya kolam ikan dan kebon, mirip rumah jaman kecilku dulu

    ReplyDelete
  10. kalo tips diatas diterpakan, tak ada lagi dilema tgl tua ya mba... :)

    ReplyDelete
  11. Gambarnya lucu Maaaak. Hihihii. Aku suka deh baca-bacain postingan tanggal tua, lucu lucu pait pengalamannyaaa. Hihihiii. Semoga menang ya Maaaaakkk. Aaaaamiinn

    ReplyDelete
  12. beli paket internet buat sekeluarga bagus juga nih.. hihi biar irit

    ReplyDelete
  13. enjoy aja tgl tua.. yg penting tetap positive thinking

    ReplyDelete
  14. Recehan dimana mana di tanggal tua sangat berarti hihihi... Good luck ya mba.. Kalau paket internet pake router aja

    ReplyDelete
  15. diantara kebutuhan dan keinginan ini nih yang sampai sekarang susah aku bedakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak makanya buat list akan membantu :)

      Delete
  16. yudi dulu pas kuliah, kalau akhir bulan selalu tidur dikampus kak :D aman.. internet aman.. makan ngutang di pantri..dan bisa mandi air panas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap, kalo anak cowok enak, tapi zaman aku kuliah jarang juga anak cowok nginap di kampus horor masih zaman gam dulu salah2 malah jadi mayat

      Delete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal