Friday, 4 October 2019

Ingin Memulai Bisnis Ayam? Ketahu Dulu Perbedaan Antara Ayam Gepuk, AyamPenyet, dan Ayam Geprek


Makanan ayam sepertinya menjadi salah satu menu yang digemari oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan, tidak hanya anak-anak saja melainkan juga orang tua sekalipun. Selain itu, ayam juga dikenal sebagai salah satu bahan dasar yang enak untuk diolah menjadi menu apapun itu, mulai dari goreng, bakar, hingga rebus.

Maka dari itu, tak jarang banyak pelaku usaha yang memulai bisnis olahan ayam dan menjadikannya sebagai peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Semakin kesini, berbagai jenis bisnis olahan ayam sudah mulai bermunculan dan menjadi hits di kalangan masyarakat, seperti bisnis ayam geprek, ayam gepuk dan ayam penyet. Nah, sama-sama berbahan dasar ayam, lalu apa sih perbedaan dari ketiganya?

Perbedaan Ayam Gepuk, Ayam Penyet, dan Ayam Geprek

 Ayam Gepuk
Ayam Gepuk dapat dikatakan sebagai gabungan antara ayam geprek dan ayam penyet. Mungkin kita semua sudah tahu dong bahwa saat ini sedang hits bisnis ayam geprek kekinian yang bahkan sudah banyak digandrungi oleh selebriti tanah air, tetapi sebenarnya ayam gepuk telah muncul lebih dulu, yaitu pada tahun 2013 yang ketika itu dipopulerkan oleh salah satu gerai bernama Ayam Gepuk Pak Gembus yang terletak di Jakarta.

Saat ini, Ayam Gepuk Pak Gembus telah menjadi fenomenal dan memiliki puluhan cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Yogyakarta, Hingga Makassar. Untuk olahannya, Ayam Gepuk Pak Gembus menggunakan ayam ungkep gurih yang digoreng kering, kemudian dipenyet bersama sambal bawang putih yang menambah kenikmatannya. Ketika itu, gerai ayam ini terkenal karena sambalnya yang membuat bibir dower saking pedasnya sambal yang mereka sajikan.

Sesuai dengan namanya, ayam yang menjadi bahan dasar makanan tidak dihancurkan layaknya ayam geprek, melainkan hanya dipukul-pukul atau digepuk menggunakan ulekan hingga menjadi pipih seperti ayam penyet. Maka dari itu ayam ini dinamakan sebagai ayam gepuk.

Ayam Penyet
Ayam penyet merupakan salah satu makanan khas Jawa Timur yang menggunakan satu potong ayam utuh yang diungkep terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu kuning hingga meresap sebelum pada akhirnya di goreng dan dipenyet. Biasanya, ayam yang telah digoreng akan dipenyet di atas cobek sambal tomat atau terasi. Hasil akhirnya, ayam akan berbentuk menjadi lebih pipih, namun tidak sampai hancur.

Berawal dari sambal tomat atau terasi, semakin kesini sambal yang digunakan untuk ayam penyet pun semakin bervariasi. Ada yang menyajikannya dengan menggunakan sambal hijau, sambal korek, hingga sambal bawang.

Ayam Geprek
 Siapa disini yang sudah pernah makan Geprek Bensu? Nah, gerai ayam milik salah satu selebritas Tanah Air, Ruben Onsu hingga saat ini masih menjadi salah satu ayam geprek fenomenal dan hits dikalangan masyarakat. Sebenarnya, ayam gepuk, ayam penyet dan ayam geprek ini masing-masing memiliki kesamaan, yakni ayam goreng yang diulek di atas cobek dengan dilumuri oleh sambal pedas.

Hanya saja perbedaan dari ayam geprek ini ialah ayam boneless krispi yang dibalut oleh tepung bumbu dan yang kemudian digoreng kering. Setelah di goreng, ayam akan digeprek atau dipukul-pukul hingga hancur bersamaan dengan sambal, sehingga kita sebagai konsumen tidak perlu lagi memotong ayam dengan sendok ketika makan, karena ayam sudah disajikan dalam keadaan hancur.

Banyak orang yang senang dengan ayam geprek karena cara makannya yang mudah dan praktis tanpa perlu repot menyisihkan tulang ayam. Sebagian besar ayam geprek akan disajikan dengan sambal bawang yang pedas gurih, namun semakin kesini berbagai inovasi pun mulai bermunculan, seperti dicampurkan dengan lelehan keju atau saus telur asin.

Berawal dari Geprek Bensu, saat ini bisnis ayam geprek itu sendiri sudah banyak digandrungi oleh para pelaku usaha karena dianggap memberikan peluang besar untuk berkembang. Tak perlu modal besar, bisnis ayam geprek bahkan sudah dapat dilakukan melalui franchise dengan prosedur yang mudah dan tentunya menguntungkan.

Jika anda ingin mencoba memulai bisnis ayam geprek, yuk ketahui dulu beberapa bisnis franchise ayam geprek paling hits yang patut anda jadikan peluang dengan membaca informasi lebih lanjutnya di https://www.cekaja.com/info/mau-bisnis-ayam-geprek-cek-daftar-franchise-paling-hits/




1 comment:

  1. Kalau saya sih lebih suka ayam penyet sih dibanding gepuk dan geprek.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal