Thursday, 26 March 2020

SPOTS: Satu Aplikasi Mempermudah Bisnismu


Zaman sekarang hidup hanya mengandalkan gaji saja, rasanya kurang bisa memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi dengan harga-harga yang kian melambung tinggi, plus punya anak yang masih kecil-kecil. Mikirin susunya, pampers, sekolahnya dan masih banyak lagi yang rasanya tiap tahun bikin hati makin teriris.


Jadi kepikiran, kenapa nggak mulai dengan membuka usaha sampingan, untuk penghasilan tambahan. Masalah mengatur manajemen dan transaksi jual beli mah gampang, sekarang udah ada point of sale alias POS System sebagai penunjang bisnis yang sedang atau sudah kita rintis.

Jika ketika melakukan transaksi di cafe atau toko kamu pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan dimana pegawai toko atau kasir akan mencatat pesanan kita lalu mencetak struk, alat inilah yang disebut dengan Point of Sale atau POS system.

Point of Sale ini adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usah ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli yang sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha seperti restoran, coffe shop (kedai kopi), barbershop bahkan laundry kiloan juga sudah menggunakan ini.

contoh point of sale modern
Dulu Point of Sale terdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk, sekarang point of Sale di Indonesia banyak yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS ada juga yang menggunakan POS yang biasa disebut terminal.



Sementara untuk konektivitas, semua serba wireless bahkan untuk mencetak struk saja sekarang bisa menggunakan printer Bluetooth secara wireless juga.

 
Oya, waktu suami ke Jakarta and nongkrong di restorant atau coffe shop ternyata tempat jualannya sudah menggunakan, Point of sale cafe,  Pos system restoran dan pos system coffee shop penasaran deh maksud suami dengan, Point of sale cafe,  pos system restoran dan pos system coffee shop itu apa, ternyata eh ternyata itu adalah SPOTS saudara-saudara.


SPOTS merupakan mesin kasir yang multifungsi yang menggabungkan POS System, EDC dan printer  menjadi satu. Ini juga merupakan bagian dari aplikasi kasir online untuk mengelola pesanan sehingga memudahkan transaksi mereka  para pemilik franchise maupun UMKM.
EDC SPOTS yang dilengkapi dengan printer

Semakin canggih teknologi di Indonesia mengharuskan semua orang beradaptasi termasuk dalam metode pembayaran, banyak juga pembeli yang tidak jadi melakukan transaksi dikarenakan para penjual tidak paham, tidak bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

 
Jika sebelumnya SPOTS hanya mengandalkan Go-Pay, kini mesin EDC SPOTS sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit. Oya, SPOTS ini merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini.
 
SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK dan sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia.

Ingin tau lebih banyak tentang  mengenai aplikasi kasir online ini, boleh banget klik https://spots.co.id/ atau media social SPOTS: https://www.instagram.com/spots.id/

Oya, sebelum aku lupa, aku mau bahas pentingnya Point of Sale yang berbasis cloud. Dengan Cloud Based Pos System  kita dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha.

Cloud based pos system memberikan banyak fleksibilitas bagi penggunanya, terutama yang memiliki beberapa toko cabang atau gudang, sehingga pelaku usaha bisa mengelola bisnisnya kapan saja dan dimana saja karena aplikasi ini kompatibel dengan berbagai device seperti smartphone dan komputer tablet serta dapat diakses melalui berbagai browser selama ada koneksi internet, bahkan dari jarak jauh sekalipun, kita dapat  mendapatkan semua informasi secara real time dan selalu terupdate.












24 comments:

  1. Ya mbak skrg tuh enak bgt ya banyak platform digital seperti SPOTS ini memudahkan penjual dan pembeli dlm bertransaksi.

    ReplyDelete
  2. Keren ya sekarang apa-apa serba praktis. Lebih canggih. Semoga dengan EDC spots ini bisa makin memajukan UMKM kita.

    ReplyDelete
  3. SPOTS bisa jadi referensi buat pelaku UKM dan UMKM. Biar semakin semangat berbisnis!
    Sudah sering baca review kasir keren ini.
    Rata-rata memang memberikan referensi

    ReplyDelete
  4. Blm pernah liat sih, semoga SPOTS bisa berkembang dan dipakai banyak tenan jd memudahkan kita bertransaksi 👍👍😊

    ReplyDelete
  5. Masa sekarang, ketika pembelian lebih sering cahsless, juga irit bayar ppegawai yang mumpuni, SPOT memang jadi solusi banget ya

    ReplyDelete
  6. Wah, saya belum pernah coba pakai SPOT ini... pengen beli aaah...

    ReplyDelete
  7. Saya penasaran dengan SPOT ini. Banyak yang ulasannya positif. Kayaknya bermanfaat banget, yak

    ReplyDelete
  8. Fitur dan kegunaan SPOT kok banyak banget ya Mbak. Jadi bikin semua penjual pengen punya, lho. Apalagi yang melayani pembelian melalui ojol. Wajib punya!

    ReplyDelete
  9. Senang sekali dengan adanya SPOTS, pembeli semakin mudah, ngga harus ribet bawa uang

    Penjual terbantu karena transaksi terekap dengan komplit, ngga usah nyiapin receh dll

    ReplyDelete
  10. Di Salon langgananku sudah pakai SPOT ini, kalau kita mau bayar pakai kartu, dari bank apa pun bisa, enggak perlu pindah mesin.

    ReplyDelete
  11. SPOTs yg memiliki Point of sale ini menurut daku memang menguntungkan untuk yang memiliki bisnis, jadi lebih simple urusan keuangan.

    ReplyDelete
  12. Spots ini memang mudahkan dan harganya yang aku tahu memang terjangkau jd pembeli juga senang anti ribet

    ReplyDelete
  13. SPOT memang memudahkan banget ya mbak,jajan Boba tea atau pesan salad bisa gampang banget, cuma modal bawa hp atau kartu dan jajanan terbayarkan

    ReplyDelete
  14. Pelaku UMKM akan lebih terbantu karena punya alat pembayaran cashless yang jelas dan bisa terhitung otomatis pendapatannya. Apalagi aku anak milenial yang ngga doyan bawa uang tunai bakal kebantu banget

    ReplyDelete
  15. Iya nih, spots aplikasi yg ramah UMKM dan warung banget. Murah belinya, praktis pemakaiannya

    ReplyDelete
  16. Ah mungkin ini yang dimaksud suamiku pas dia bayar minuman beberapa hari yang lalu. Wih, kepoin nih.

    ReplyDelete
  17. Asyik ya, sekarang jajan di pinggir jalan atau di pedagang kecil pun bisa cashless.

    ReplyDelete
  18. Kalau jajan di tempat jualan yang sedia spots sebagai mesin edc bikin seneng ya, kalau mau bayar praktis, nggak mesti sedia uang tunai

    ReplyDelete
  19. Kayaknya udah jarang diliat juga sistem kasir kayak dulu ya. Coffee shop coffee shop juga kayaknya udah beralih ke sistem spots ini, mantab

    ReplyDelete
  20. Di deket rumahku beberapa warung makan dan juga tenant di pujasera udah makai spots juga mbak. Buat pelanggan enak krn gak perlu transaksi pakai cash, buat pedagangnya enak utk ngitung2 keuntungan kali ya :D

    ReplyDelete
  21. Asik banget zaman millenials yaa..
    Berasa gak perlu punya pegawai dulu kalau punya usaha baru buka. Cukup punya EDC SPOTS dan rincian keuangan sangat detil serta menguntungkan kedua belah pihak (penjual dan pembeli).

    ReplyDelete
  22. makin banyak UMKM yang terbantu ya dengan adanya SPOTS ini, lebih mudah transaksi, uang aman di kantong, nggak pusing cari uang receh untuk kembalian, laris lariiiss

    ReplyDelete
  23. ini nih yang mendukung para UMKM dalam bisnisnya. pelanggan yang melakukan pembayaran jadi lebih mudah dan tidak perlu manual lagi.

    ReplyDelete
  24. Buat yang punya usaha kuliner emang harusnya punya ini ya mba. Tetangga saya yang punya kedai juga bilang, sejak punya SPOTS dan bermitra dengan Gojek jadi makin laris dagangannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal