Thursday, 26 March 2020

SPOTS: Satu Aplikasi Mempermudah Bisnismu


Zaman sekarang hidup hanya mengandalkan gaji saja, rasanya kurang bisa memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi dengan harga-harga yang kian melambung tinggi, plus punya anak yang masih kecil-kecil. Mikirin susunya, pampers, sekolahnya dan masih banyak lagi yang rasanya tiap tahun bikin hati makin teriris.


Jadi kepikiran, kenapa nggak mulai dengan membuka usaha sampingan, untuk penghasilan tambahan. Masalah mengatur manajemen dan transaksi jual beli mah gampang, sekarang udah ada point of sale alias POS System sebagai penunjang bisnis yang sedang atau sudah kita rintis.

Jika ketika melakukan transaksi di cafe atau toko kamu pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan dimana pegawai toko atau kasir akan mencatat pesanan kita lalu mencetak struk, alat inilah yang disebut dengan Point of Sale atau POS system.

Point of Sale ini adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usah ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli yang sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha seperti restoran, coffe shop (kedai kopi), barbershop bahkan laundry kiloan juga sudah menggunakan ini.

contoh point of sale modern
Dulu Point of Sale terdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk, sekarang point of Sale di Indonesia banyak yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS ada juga yang menggunakan POS yang biasa disebut terminal.



Sementara untuk konektivitas, semua serba wireless bahkan untuk mencetak struk saja sekarang bisa menggunakan printer Bluetooth secara wireless juga.

 
Oya, waktu suami ke Jakarta and nongkrong di restorant atau coffe shop ternyata tempat jualannya sudah menggunakan, Point of sale cafe,  Pos system restoran dan pos system coffee shop penasaran deh maksud suami dengan, Point of sale cafe,  pos system restoran dan pos system coffee shop itu apa, ternyata eh ternyata itu adalah  mesin EDC/mesin kasir online dari GoBiz saudara-saudara.


Mesin EDC merupakan mesin kasir yang multifungsi yang menggabungkan POS System, EDC dan printer  menjadi satu. Ini juga merupakan bagian dari aplikasi kasir online untuk mengelola pesanan sehingga memudahkan transaksi mereka  para pemilik franchise maupun UMKM.
EDC SPOTS yang dilengkapi dengan printer

Semakin canggih teknologi di Indonesia mengharuskan semua orang beradaptasi termasuk dalam metode pembayaran, banyak juga pembeli yang tidak jadi melakukan transaksi dikarenakan para penjual tidak paham, tidak bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

 
Jika sebelumnya mesin EDC hanya mengandalkan Go-Pay, kini mesin EDC   sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit. Oya, mesin EDC dari gobiz ini merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini.
 
Mesin EDC/mesin kasir online dari gobiz merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK dan sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia.

Oya, sebelum aku lupa, aku mau bahas pentingnya Point of Sale yang berbasis cloud. Dengan Cloud Based Pos System  kita dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha.

Cloud based pos system memberikan banyak fleksibilitas bagi penggunanya, terutama yang memiliki beberapa toko cabang atau gudang, sehingga pelaku usaha bisa mengelola bisnisnya kapan saja dan dimana saja karena aplikasi ini kompatibel dengan berbagai device seperti smartphone dan komputer tablet serta dapat diakses melalui berbagai browser selama ada koneksi internet, bahkan dari jarak jauh sekalipun, kita dapat  mendapatkan semua informasi secara real time dan selalu terupdate.


Siap kembangkan bisnismu dengan GoBiz  aplikasi khusus dari Gojek untuk para pembisnis,  dengan GoBiz digengaman pasti ada jalan membuat bisnis aman dan nyaman, cukup dengan android apa saja, kapan saja dan dimana saja kamu bisa memantau bisnismu.

Dengan fitur promo di GoBiz, kamu bisa mempromosikan bisnismu pada pelanggan baru dan menentukan sendiri kapan waktu promonya lewat aplikasi yang sangat memudahkan untuk mengevaluasi promo yang telah dilakukan.

Pesan antar makanan online, bisa menggunakan GoFood yang aktif dipesan oleh jutaan pengguna aplikasi Gojek, dengan sistem pembayaran yang modern menggunakan GoPay, kita juga bisa membuat pencatatan  lengkap, hingga menghindari kecurangan, merapikan catatan penjualan hingga mengurangi pekerjaan manual. Laporan terperinci bisa kita dapatkan melalui GoBiz dashboard, praktis banget yaa.

Jadi tunggu apa lagi segera download aplikasi GoBiz untuk bisnismu, dengan GoBiz pasti ada jalan.













109 comments:

  1. Ya mbak skrg tuh enak bgt ya banyak platform digital seperti SPOTS ini memudahkan penjual dan pembeli dlm bertransaksi.

    ReplyDelete
  2. Keren ya sekarang apa-apa serba praktis. Lebih canggih. Semoga dengan EDC spots ini bisa makin memajukan UMKM kita.

    ReplyDelete
  3. SPOTS bisa jadi referensi buat pelaku UKM dan UMKM. Biar semakin semangat berbisnis!
    Sudah sering baca review kasir keren ini.
    Rata-rata memang memberikan referensi

    ReplyDelete
  4. Blm pernah liat sih, semoga SPOTS bisa berkembang dan dipakai banyak tenan jd memudahkan kita bertransaksi πŸ‘πŸ‘πŸ˜Š

    ReplyDelete
  5. Masa sekarang, ketika pembelian lebih sering cahsless, juga irit bayar ppegawai yang mumpuni, SPOT memang jadi solusi banget ya

    ReplyDelete
  6. Wah, saya belum pernah coba pakai SPOT ini... pengen beli aaah...

    ReplyDelete
  7. Saya penasaran dengan SPOT ini. Banyak yang ulasannya positif. Kayaknya bermanfaat banget, yak

    ReplyDelete
  8. Fitur dan kegunaan SPOT kok banyak banget ya Mbak. Jadi bikin semua penjual pengen punya, lho. Apalagi yang melayani pembelian melalui ojol. Wajib punya!

    ReplyDelete
  9. Senang sekali dengan adanya SPOTS, pembeli semakin mudah, ngga harus ribet bawa uang

    Penjual terbantu karena transaksi terekap dengan komplit, ngga usah nyiapin receh dll

    ReplyDelete
  10. Di Salon langgananku sudah pakai SPOT ini, kalau kita mau bayar pakai kartu, dari bank apa pun bisa, enggak perlu pindah mesin.

    ReplyDelete
  11. SPOTs yg memiliki Point of sale ini menurut daku memang menguntungkan untuk yang memiliki bisnis, jadi lebih simple urusan keuangan.

    ReplyDelete
  12. Spots ini memang mudahkan dan harganya yang aku tahu memang terjangkau jd pembeli juga senang anti ribet

    ReplyDelete
  13. SPOT memang memudahkan banget ya mbak,jajan Boba tea atau pesan salad bisa gampang banget, cuma modal bawa hp atau kartu dan jajanan terbayarkan

    ReplyDelete
  14. Pelaku UMKM akan lebih terbantu karena punya alat pembayaran cashless yang jelas dan bisa terhitung otomatis pendapatannya. Apalagi aku anak milenial yang ngga doyan bawa uang tunai bakal kebantu banget

    ReplyDelete
  15. Iya nih, spots aplikasi yg ramah UMKM dan warung banget. Murah belinya, praktis pemakaiannya

    ReplyDelete
  16. Ah mungkin ini yang dimaksud suamiku pas dia bayar minuman beberapa hari yang lalu. Wih, kepoin nih.

    ReplyDelete
  17. Asyik ya, sekarang jajan di pinggir jalan atau di pedagang kecil pun bisa cashless.

    ReplyDelete
  18. Kalau jajan di tempat jualan yang sedia spots sebagai mesin edc bikin seneng ya, kalau mau bayar praktis, nggak mesti sedia uang tunai

    ReplyDelete
  19. Kayaknya udah jarang diliat juga sistem kasir kayak dulu ya. Coffee shop coffee shop juga kayaknya udah beralih ke sistem spots ini, mantab

    ReplyDelete
  20. Di deket rumahku beberapa warung makan dan juga tenant di pujasera udah makai spots juga mbak. Buat pelanggan enak krn gak perlu transaksi pakai cash, buat pedagangnya enak utk ngitung2 keuntungan kali ya :D

    ReplyDelete
  21. Asik banget zaman millenials yaa..
    Berasa gak perlu punya pegawai dulu kalau punya usaha baru buka. Cukup punya EDC SPOTS dan rincian keuangan sangat detil serta menguntungkan kedua belah pihak (penjual dan pembeli).

    ReplyDelete
  22. makin banyak UMKM yang terbantu ya dengan adanya SPOTS ini, lebih mudah transaksi, uang aman di kantong, nggak pusing cari uang receh untuk kembalian, laris lariiiss

    ReplyDelete
  23. ini nih yang mendukung para UMKM dalam bisnisnya. pelanggan yang melakukan pembayaran jadi lebih mudah dan tidak perlu manual lagi.

    ReplyDelete
  24. Buat yang punya usaha kuliner emang harusnya punya ini ya mba. Tetangga saya yang punya kedai juga bilang, sejak punya SPOTS dan bermitra dengan Gojek jadi makin laris dagangannya

    ReplyDelete
  25. teknologi yang menguntungkan UMKM, bisa memudahkan kerja kasir dan akuntan sekaligus kali ye, melakukan perhitungan sederhana total penjualan. Pelangganpun terbantu banget sih karena cashless dan ngga perlu pegang uang, tap tap beres ngga sampe semenit

    ReplyDelete
  26. Keren ya SPOTS ini, multifungsi gitu karena bisa menggabungkan POS System, EDC dan printer menjadi satu. Jadi enak nih yang jualan. Yang beli juga praktis, mau pilih bayar pake apa terserah :)

    ReplyDelete
  27. Sekarang ini serba teknologi dan kita juga kudu melek dengan itu. Menurutku, Spots ini sangat banyak manfaatnya baik buat pedagang maupun pembeli

    ReplyDelete
  28. Wah semakin banyak yg bs terlayani menggunakan Spots ya. Kalau mau buka usaha, mesin kasir begini paling cocok buat dimiliki.

    ReplyDelete
  29. Iya nih, SPOTS ramah UMKM banget. Banyak kios2 kecil yg pake spots. Praktis murah dan efisien soalnya

    ReplyDelete
  30. Sekarang jajan di pinggir jalan pun bisa menggunakan kartu debit ya. Bahkan bisa mendapatkan struk sebagai tanda pembayaran pula. Semua karena mesin EDC

    ReplyDelete
  31. Wah asik nih kalo gini, jadi gak kebanyakan mesin edc di meja kasir hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyayah...Ky.
      Cukup satu mesin yang bisa menjalankan semua keperluan penjual dan pembeli.
      Bagus banget.

      Delete
  32. Untung banget nih kalau buat penjual karena all in ya, dari catet pemasukan sampai laporan bulanan udah gaperlu repot lagi. Buat pembeli jg bisa cashless dan dapet struk :3 krn spots ini ga cuma di tempat makan gede

    ReplyDelete
  33. Waah...ternyata EDC SPOTS tetap terintegrasi dengan gadget pemilik usaha yaa..
    Jadi laporan apapun benar, detail dan jelas.

    ReplyDelete
  34. Dengan adanya SPOTS jadi bikin transaksi pembayaran lebih mudah. Apalagi bebas pakai kartu tabungan atau kredit apa aja.

    ReplyDelete
  35. pas beli ayam goreng ke kedai kecil depan komplek dulu, udah liat spots ini. keren yaa jadi lebih praktis untuk transaksi dan tidak perlu mesin kasir yang besar :)

    ReplyDelete
  36. Makin gampil bertransaksi di manapun ya Mak.
    Musim covid gini ga perlu kuatir takut virus di uang kertas.
    pakai mesin EDC gini aja lebih aman jaya

    ReplyDelete
  37. Banyak ya review positif tentang spot ini. Semoga makin banyak inovasi yang mendukung perkembangan UMKM di negeri ini

    ReplyDelete
  38. Sekarang sudah banyak Pedagang yang pakai Spots ini. Katanya mereka cukup terbantu apalagi buat pembukuan

    ReplyDelete
  39. Sering banget lihat kotak kecil berbingkai biru itu di berbagai merchan. Namun gak sampai kepikiran kalau itu bisa sangat membantu bisnis UKM yah. Nanti mau mempelajari ah, barang kali juga bisa membantu bisnis gula aren organik kami..

    ReplyDelete
  40. aku kalo pergi ke restoran sukanya bayar pake spots biar lebih praktis nggak usah bawa uang kecil hihi

    ReplyDelete
  41. SPOTS ini udah familiar banget, makin memepermudah pembeli, praktis, cashless.
    Tukang nasgor langgananku udah pake juga nih.

    ReplyDelete
  42. Dengan adanya spots ini mempermudah transaksi jual beli barang antara penjual juga pembeli dan lebih aman ya insyaaallah

    ReplyDelete
  43. oalalalal, ternyata SPOTS ini bagian dari grup GOJEK ya? Semoga dengan banyaknya aplikasi spt SPOTS ini semakin memberdayakan sektor pelaku usaha UMKM untuk bisa lebih berkembang.

    ReplyDelete
  44. SPOTS gini banyak dipakai di berbagai transaksi ya. Seperti kayak UKM di bazaar2 juga pake.
    Lalu di Alfamart atau minimarket lainnya juga pakai SPOTS ya. berarti sudah sangat2 familiar ya semua orang.

    ReplyDelete
  45. Satu perangkat, mungil ukurannya cukup segenggaman tangan, tapi banyak manfaatnya ya. Sangat memudahkan bagi pelaku usaha maupun pengguna jasa/pembeli

    ReplyDelete
  46. sudah banyak tenant yang aku temuin pake SPOTS lebih enak sih secara kan sekarang orang banyar lebioh sering pake dompet digital ketimbang uang tunai atau gesek kartu, banyak promo euy, SPOTS memudahkan jadinya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya macam saya nih, Mba. Saya tipikal orang yang males banget oegang duit cash. Habis duit cash cepat habisnya dibanding uang elektronik. Ada EDC SPOT mayan deh bisa iritan dikit.. xixixi..

      Delete
  47. Salutnya edc spot ini ada di pedagang kakiblime ya, Mba. Jadi memudahkan kita, terutama saya, yg jarang bawa duit cash.

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah ya seakrang tuh makin banyak aplikasi yang memudahkan penjual dan juga pembeli, ya seperti SPOTS ini

    ReplyDelete
  49. Bagus banget ya perangkat SPOTS ini membantu UMKM dalam memudahkan penjual dan pembeli. Di kedai dekat rumah sudah ada SPOTS juga.

    ReplyDelete
  50. Saat ini pakai spot juga aman dan baik untuk kesehatan ya mbak,karena meminimalisir kita pegang2 uang secara fisik

    ReplyDelete
  51. EDC Spots ini bantuin penjual makanan di warung kaki lima lebih teroganisir untuk pencatatan keuangannya. Akku tahunya juga waktu jajan kebab, ternyata bisa bayar pakai debet BCA,dan si ibu nunjukin kalo dia terbantu dnegan mesin tersebut

    ReplyDelete
  52. Di sini malah penjuak nasi uduk juga udah makai EDC Spots hehe :D
    Emang lbh enak buat pembeli bisa transaksi cashless sedangkan buat penjual bisa lebih mudah menghitung keuntungan ya

    ReplyDelete
  53. kalau lagi belanja or makan di mana - mana sekarang paling maleees kalau antri lama hanya gara - gara kasirnya lambreta yaa mba. yang pasti aku udah sering liat nih Spots ini

    ReplyDelete
  54. Wah, udah ada mesin Spots yang bisa pake kartu debit yaaa... Makin mudah aja nih bagi pembeli saat melakukan pembayaran. Transaksi di tenant jadi serba cepat ya, enggak ribet lagi.

    ReplyDelete
  55. maulah saya rekomendasikan spots ini sama saudaraa saya yang sedang berbisnis aneka snack, bisa dilita di webnya rumah sback dot com, sepetinya ni juga bisa membantu sebab ia banyak jualan offline juga

    ReplyDelete
  56. Bersyukur banget ya di era ini banyak sekali aplikasi atau sarana yang memudahkan
    salah satunya SPOT ini ya Mba Khairi, jadi enak dalam bertransaksi.

    ReplyDelete
  57. Pencatatan keuangan yang rapi memang penting banget buat pelaku bisnis. Enak nih kalau ada aplikasi ini. Praktis!

    ReplyDelete
  58. Selain membantu para pelaku bisnis buatku spots juga ngebantu banget buat konsumen yang emang gak suka bawa cash kayak aku.

    ReplyDelete
  59. Sekarang ini ketinggalan uang tuh ga jadi masalah, asal smartphone di tangan smua jadi aman ttp kita bisa bertransaksi. Dgn ada nya SPOTS memudahkan sekali untuk bertransaksi.

    ReplyDelete
  60. oh pantes, aku kirain ini apa mba. Kemarin makan di cage pake ni. Lebih mudah, ga perlu pake pc gede-gede ua. Teknologi semakin maju dan mempermudah transaksi

    ReplyDelete
  61. Asyiknya pakai EDC SPOTS ini praktis. Di Makassar pun sudah ada UMKM yang menggunakannya. Memudahkan kita pula, sebagai konsumen.

    ReplyDelete
  62. Cocok buat para pebisnis kecil & UKM ya punya mesin kasir kaya gini selain bisa digunakan untuk proses pembayaran juga melihat penjualannya

    ReplyDelete
  63. Wah keren nih, sangat membantu sekali ya baik buat pebisnis maupun konsumen. Konsumen bisa bayar cashless gak ribet, pebisnis juga nggak perlu itung-itung manual lagi. Praktis!

    ReplyDelete
  64. Ayo yang mau berdagang kudu coba Spots biar makin asyik dan mantap jualannya

    ReplyDelete
  65. Cepet ya mba pakai Point of Sale  dari Gojek ini dan banyak banget manfaatnya. Saking banyak manfaatnya untuk kita terutama untuk pelaku usaha. Aku sampai penasaran lho siapa pembuat aplikasi kasir keren ini hihihi ��

    ReplyDelete
  66. Dengan menggunakan mesin EDC jadi gak usah bawa dompet keren😊

    ReplyDelete
  67. Teknologi yang berkembang baik saat ini, jadi makin memudahkan kita untuk urusan transaksi pembayaran

    ReplyDelete
  68. Aku paling hepi kalo kulineran, dan resto/warung-nya udah pake EDC ini
    Super gampiiill, bisa bayar cashless kan

    ReplyDelete
  69. Aku udah beberapa kali jajan dan bayarnya pakai kartu debet karena penjual menggunakan mesin Spots. Aku suka nih karena seringnya nggak bawa duit tunai

    ReplyDelete
  70. Ini membantu UMKM banget. Sebagai pembeli, saya juga senang dengan aplikasi ini karena memudahkan

    ReplyDelete
  71. Mungkin karena di rumah istri saya yg suka blanja dan juga ngurus bayar membayar, jd saya kurang update. Dari penjelasan di atas, emang sekarang makin maju ya, teknologi ga hanya unt kalangan usaha besar, tp ramah juga buat UKM. Keren...

    ReplyDelete
  72. Spots membantu penjual dalam melayani pembeli, gak perlu sedia uang receh..

    Dan tetap melayani pembeli walau gak bawa uang tunai.

    Jual beli tetap lancar .

    ReplyDelete
  73. Pelaku umkm khususnya yg mikro pasti terbantu banget deh dengan mesin kasir ini. Mudah dipakai dan lebih aman juga buat kita karena cashless.

    ReplyDelete
  74. Semakin mudah aja ya berbisnis? Asalkan ada kemauan, teknologi yang mumpuni akan mendukung

    ReplyDelete
  75. Dengan mesin kasir SPOTS, banyak ukm dan UMKM di Cianjur juga yg terbantu. Bisa melakukan transaksi transparan, bisa melayani sistem pembelian online dengan lebih baik

    ReplyDelete
  76. Menurutku,SPOTS ini tidak hanya mempermudah penjual,

    Tapi juga mempermudah pembeli, aku kalau jajan di mall bayar pake spots. Praktis dan anti ribet

    ReplyDelete
  77. Daku punya salon dan tempat berbelanja bulanan yang sudah jadi langganan dan punya mesin SPOTS ini. Jadi kalau ke sana, jarang bawa uang tunai dan nggak khawatir enggak bisa bayar kalau pakai bank tertentu, karena semua bank diterima SPOTS ini.

    ReplyDelete
  78. Yup SPOTS ini aplikasi andalan bangetya buat para pebisnis bahkan keuntungan oake aplikasi ini bukan cuma dirasakan penjual tapi juga pembeli karena membantu sekali terutama dalam transaksi pembayaran.

    ReplyDelete
  79. SPOTS ini kecil-kecil cabe rawit. Walau kecil tapi beropersi di teknologi super canggih. Bisa ngeprint secara wireless gitu, kan membantu banget ya

    ReplyDelete
  80. Asik banget ya sekarang kalau mau jajan gak usah ribet lagi bawa uang, tinggal pakai debit saja karena dibebera tempat jajanan dekat rumahku juga rata-rata sudah pakai SPOT.

    ReplyDelete
  81. makin banyak aplikasi yang mempermudah transaksi bisnis ya! Pastinya ini akan mempermudah dan menunjang perkembangan bisnis retail di Indonesia.

    ReplyDelete
  82. SPOT ini keren sih ya.. aku seneng karena transaksi jadi lebih lancar, cashless.. trus juga simple bisa menunjang perkembangan bisnis retail

    ReplyDelete
  83. Kalau bisa pakai kartu debit dan kredit juga jadi mesin EDC ini lebih luas lagi pemakaiannya dan jangkauan pasarnya lebih banyak.

    ReplyDelete
  84. Pas banget untuk membantu aneka transaksi yaa mba.. dan pelanggan pasti suka jugaa

    ReplyDelete
  85. Iya neh Kak, sekarang kalau jajan muniman atau camilan di Bandung pada pakai SPOTS, kayaknya praktis banget ya.

    ReplyDelete
  86. GoBiz selalu menajdi pilihan transaksi jaman now. jaman teknologi lebih simple dan cashless tentunya,
    cocok buat para UMKM nih heheh

    ReplyDelete
  87. SPOTS ngebantu UMKM untuk memudahkan penjualan ya kak, ngga perlu aplikasi atau mesin kasir yang repot, mahal dan besar. Cukup pake Spots dan semua masalah dapat terselesaikan dengan baik. Apalagi anak milenials lebih suka cashless, ngga perlu bawa uang tunai

    ReplyDelete
  88. Ini manfaat dari lajunya teknologi. Salah satunya SPOTS ini, manfaat banget buat pengusaha kecil dan pembeli pun.

    ReplyDelete
  89. Spots ini penting banget buat pelaku UMKM ya. Apalagi sekarang rasanya lebih nyaman dan lebih aman transaksi non tunai. Kalau aku punya usaha sendiri enaknya usaha apa ya di saat seperti ini. hmmmmm

    ReplyDelete
  90. Seru banget ya mbak ini aplikasi nya dan sangat membantu banget buat para pedagang..

    ReplyDelete
  91. Keren banget ini, membantu sekali para pelaku usaha yaaa.. sistem pembayaran modern menggunakan GoPay, membuat kita bisa melakukan pencatatan lengkap, menghindari kecurangan, merapikan catatan penjualan hingga mengurangi pekerjaan manual. Makin efektif jadinya operasional penjualan

    ReplyDelete
  92. Bener bngt sih aplikasi spot mechine ini mempermudah yg dagang Juga bikin praktis pembeli krn bnyk pilihan utk membayar ya

    ReplyDelete
  93. Aplikasi SPOT ini sudah menjamur di mana-mana yak. Jajan apapun kok mesti ada mesin SPOTS-nya. Mulai seblak sampai martabak semua nawarin pakek SPOT. Beneran transaksi digital sudah menjadi hal yang umum buat masyarakat kita.

    ReplyDelete
  94. Ternyata pakai sistem cloud, ya. ENak dong bisa mengecek kapan saja meski bos nggak di warung. Track record transaksi kan jadi lebih jelas kalau kayak gini.

    ReplyDelete
  95. Di sini sudah banyak mak. Waktu itu kaget ada warung deket sini bisa bayar pakai spots. Wow

    ReplyDelete
  96. Bisa cukup sih Mbak, kalau gajinya double digit hihihi. Tapi punya usaha sendiri memang investasi ya. Karena kita nggak pernah tahu bagaimana hidup kita di masa depan. Apalagi sekarang sudah banyak tools penunjang bisnis, salah satunya SPOTS yang memudahkan. Mudah untuk yang jualan, mudah juga untuk yang beli.

    ReplyDelete
  97. Ternyata aplikasi ini terintegrasi dengan Gobiz, gofood dll juga ya mbak? Makin memudahkan sekali buat org yang punya bisnis utk main cepat melayani konsumennya jg.

    ReplyDelete
  98. UMKM sudah banyak pakai SPOT ya, semoga ekonomi UMKM juga makin membaik dan transakis jual beli makin dimudahkan.

    ReplyDelete
  99. Mesin SPOT ini sangat mendukung bisnis UMKM yang sedang merintis mulai berkembang ya. Selain mudah laporan uang masuk dan keluar jadi gampang ya perhitungannya

    ReplyDelete
  100. Asik dan nyaman kalau belanja dimana saja bisa kayak gini Jadi tidak perlu repot atau kalau lupa bawa uang cash tetap bisa belanja

    ReplyDelete
  101. Aku jadi kepikiran melengkapi kios kelontong ibuku dengan spots ini, sepertiya memudahkan beliau

    ReplyDelete
  102. Wiihh ada 5000 udah yang makai dan mash bisa lebih, Enak penyimpanannya di cloud system jd gak menuh2in penyimpanan data pribadi/ milik usaha juga ya mbak :D

    ReplyDelete
  103. wuah aku baru tahu tentang Gobiz. lumayan membantu banget ya ngepromoin jualannya para UMKM.
    wuah SPOTS programnya emang the best lah

    ReplyDelete
  104. Keren ya membantu banget ini sih buat para pemilik UMKM. Aku juga sempat kepikiran bikin usaha kecil gitu, masih angan-angan sih tapi bisa banget nih nanti pake ini.

    ReplyDelete
  105. Dengan adanya mesin EDC, para pelaku UMKM bisa naik kelas ya ...
    Semua transaksinya bisa tercatat dengan baik sehingga bisa mendukung jalannya usaha.

    ReplyDelete
  106. All in one device gini ya, rapih sudah catatan harian maupun akumulasi kalau pakai spots ini. Tinggal klik klik saja jadi hemat waktu dan mudah ditracking, harganya termasuknya murah ya :D

    ReplyDelete
  107. Kecanggihan teknologi digital sekarang bisa dijumpai di banyak tempat ya,Kak. SPOTS ini memudahkan kita saat jajan juga :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah Berkunjung. Please tinggalkan jejak biar kenal